Sep 092014
 
Karang Singa, Bintan (photo: Andreas. Muljadi).

Karang Singa, Bintan (photo: Andreas. Muljadi).

Bintan – Pemerintah Indonesia maupun Pemerintah Malaysia saling mengklaim perairan utara Pulau Bintan, tepatnya di sekitar Karang Singa. Menurut Asisten Operasi Komando Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang Kolonel Laut (P) Fauzi, persoalan tersebut terjadi karena sampai saat ini permasalahan perbatasan wilayah kedua negara belum dibicarakan tuntas.

“Harusnya Karang Singa masuk wilayah Indonesia, jika melihat peta perbatasan wilayah yang dimiliki Indonesia. Tapi Malaysia mengklaim, itu milik mereka berdasarkan garis batas wilayahnya,” ungkap Fauzi seperti dilansir Riau Pos (Grup JPNN), Selasa (9/9).

Fauzi pun menyarankan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bintan membangun suar lalu lintas kapal di perbatasan. Sehingga pemerintah Malaysia tahu jika perairan itu masuk wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dia juga mengatakan perairan Karang Singa, utara Pulau Bintan sangat berpotensi. Perairan itu dikenal memiliki lumbung ikan.

“Nelayan kita mengakui. Kami harapkan suar, setidaknya nelayan jadi tahu perbatasan Indonesia,” katanya.

Kepala DKP Bintan Wan Rudi Iskandar menyambut baik saran tersebut. Dia mengaku akan berkoordinasi dengan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) dan kementerian.

“Itu saran yang baik, sebelumnya Pemkab bersama lintas instansi juga sudah membangun tugu batas wilayah di Pulau Sentut Perairan Mapur,” sebutnya.

DKP juga berjanji akan meneruskan masukan ini ke Bupati Bintan agar segera ditindaklanjut.

“Kami akan kumpulkan dana. Apakah nanti murni APBD atau dibantu BNPP Bintan atau kementerian,’’ ujarnya.

Sementara soal pengamanan wilayah perbatasan, Wan Rudi memohon agar satuan pengamanan terkait turut maksimal menjaga kedaulatan NKRI.(riau pos/ jpnn.com).

  249 Responses to “Malaysia Klaim Karang Singa, Bintan”

  1.  

    Wah ngajak perang nih. Kira2 bakal mirip crimeanya asia…..

  2.  

    Pemerintah Kurang cepet, kurang cekatan, kurang berani, kurang tanggap, kok baru sekarang mau membangun suar lalu lintas, mestinya ya sudah dulu-dulu dibangun, Dinas Kelautan dan Perikanan itu perkerjaannya apa sih bingung saya ? strategi antisipasinya kurang

  3.  

    Test…!!

  4.  

    udah sikat aja pak Mul, kalau si Malingsia itu berulah lagi…

  5.  

    Maaf OOT , pagi ini lewat depan markas Yon Armed 105 singosari malang, ada upacara dan astros nya di jejer mengapit meriam yang lama, wuih keren..jumlahnya kurang lebih 7-8 , sayang nggak sempat ngambil fotonya (keburu buru)…
    bagi teman teman di sekitaran singosari mungkin bisa menyaksikan hari ini…
    salam NKRI

  6.  

    Jika suatu kerjaan di tunda mka 50% adlh k gagalan dan jika langsung d kerjakan mka sdh dpt d pastikan 50% brhasil dgn baik….lugas, cepat , tepat dan kerjakan….jgn tunda bngun sgra suar dn fasilitas pndkung lain nya…jgn trlalu brhrp prsden yg baru, hari ini krjakan bsk lusa adlah prjuangan untk mnjga nya….NKRI harga mati….salam hangat warjager…

  7.  

    Lebih mudah melihat kekurangan negara lain y joe ?, padahal negara anda tidak lebih baik daripada kami. bukan level kami lagi membandingkan negara kami dengan malaysia,

  8.  

    Pemerintah pusat turun tangan dong, masa membangun mercusuar saja ngandelin pemerintah daerah, bangunlah mercusuar yang mencirikan Indonesia sekalian perkuat dengan penempatan pasukan yg didukung oleh alutsista dan pasilitas yang memadai, jangan menunggu permasalahan jadi bertambah rumit, baru berkoar koar, …. gerak cepat lah !

    •  

      Hadeeeeh lucu2 komenya, abis hujat malay trus mbah bowo…lha kalo blm2 sdh penuh dgn emosi gini gimana mau perang lawan malaysia hehehe…perang jman skg ga kayak perang jaman dulu, ga asal gruduk koar2 hehehe…sabar teman2..bangsa kita bangsa besar bukan bangsa barbar, saya yakin pemerintah bersama TNI akan mampu menyelesaikan mslh ini dgn mudah…salam

  9.  

    kalo ane bilang kita punya rumpon baru yang sama dengan kasus nya phil collins hoax ga ya :mrgreen: CMWII

  10.  

    Selain kasel sonotan, apa pernah kasel sonora kita jadiin rumpon?

  11.  

    Menelaah perintah,”Lakukan yang terbaik menurut Saudara” mengenai anomali konflik perbatasan dan “Rembesan” dari luar..

    Sebuah perspektif lain dari seorang Pemangku Amanat Rakyat di tengah malam dimana hati terasa panas dan lelah melanda dgn setumpuk permasalahan yg blm terselesaikan di tambah polah “Nakal” bocah tetangga. Jika beliau seorang yg Temperamen mungkin sdh keluar “Perintah Luar Biasa” kepada para Kesatria nya yg setia kepada Negara & Bangsanya.

  12.  

    kita selalu selangkah di belakang malon karena pemimpin kita hanya memikirkan dirinya sendiri dari pada memikirkan kepentingan orang banyak “masa bodo yang disana(perbatasan) yang penting kantong gua tebel” tu pejabat pemerintahan kita
    mudah”an kewibawaan presiden sekarang pak sby bisa berlanjut ke pemimpin yg selanjutnya

  13.  

    scorpen kah bung NR ? atw midget mrk ?

  14.  

    Galang dana buat mercusuar ‘SAVE KARANG SINGA BINTANG(SKSB)’, koin untuk SKSB…he he, pertahanan rakyat semesta. Mohon maaf jika salah, moga sehat2 semua. Salam NKRI

  15.  

    Sekedar menganalisa mbah Bowo,

    apa pun komentar2 dari mbah Bowo, walau pun se-olah2 mengerdilkan nilai & semangat anak2 bangsa pada umumnya & military mania, namun secara tersirat sebenarnya mbah Bowo malah membakar semangat & mental kita untuk berani karena benar bukan asal berani kalo bahasa linggisnya, mbeguguk mutho waton.

    Se-jelek2nya komentar mbah Bowo, beliau tidak pernah menuliskan kata2 kotor maupun bawaan dari kebun binatang. Tetap ditanggapi dengan bijak & ngemong.

    Seharusnya kita yg malu sama beliau, karena kata2 bijaknya dan cara memberikan semangat lewat peran antagonisnya.

    Salut mbah Bowo

    •  

      saya setuju bung BB. Mbah Bowo begitu lihai memainkan perannya dalam membakar semangat nasionalisme dan harga diri berbangsa dengan cara yg tidak biasa dan biasanya dihindari orang lain. mungkin ini yg juga dimaksud oleh bung Ngurah Rai sebagai panggung The Art of JKGR. :).

  16.  

    Malingsial emang gak ada kapoknya..

  17.  

    Mengalahkan tanpa Berperang…galang Operasi Intelejen Pembebasan Sabah Serawak dari Semenanjung…biarkan jadi negara merdeka. Brunei, Sabah,Serawak…..bibit di sana sudah ada tinggal di Provokasi. Gunakan Kesultanan Sulu..

  18.  

    Ditunggu rumpon kebanggaan jiran sebelah bung @nr jgn lupa oleh olehnya dibabar dimari. Buat @joe apa kamu kira gampang menghancurkan indonesia yg kekuatanya hampir merata dengan luasnya seluas eropa?dulu kami berperang dengan belanda dan sekutu waktu kami jauh lebih miskin,dan jika negara anda ingin menyalurkan hasrat berperang dgn kami silahkan tabuh genderang perang saya yakin banyak yg miskin dan jlnnya rusak mendaftar jadi relawan.dipihak anda yg makmur pasti banyak yg lari ke bilik termenung! Tdk butuh waktu lama untuk bertemu anda,lihatlah kami disekitar anda,ada didepan rumah, didapur,dibelakang.maka berlakulah sopan sesuai adat timur/melayu jgn seperti majikan anda.sebab majikan anda tdk akan pernah mau di samakan dgn anda. Apakah anda tdk sadar jika selama ini sedang diperbudak oleh majikan anda? Kami adalah bangsa yg bangga dengan kejayaan nenek moyang kami di sumatra/melayu,kalimantan,jawa, sulawesi,papua dll. Kami ingin membangkitkanya kembali.

  19.  

    Itu test case utk jokowi spt apa nyalinya,,kita berharap minimal jokowi spt sby,,tangan kiri merangkul musuh sbg sahabat, mulut bicara negosiasi, tangan memegang hulu keris (kekuatan militer) yg siap ditusukkan

  20.  

    ndasmu kui Joe”

  21.  

    salam kenal semua.

    Sepertinya banyak agen rahasia asing yg ngomporin kita agar rahasia ghoib jadi keliatan waspadalah.. jgn sampe aurat kita kliatan ama mereka..
    Merdeka atau mati. merdeka sebagai pejuang dan mati dalam kebenaran

  22.  

    Mbah cuma berpesan, nanti kalau memang dengan sangat terpaksa kita harus berperang dengan Jiran, maka jangan tanggung tanggung. Hujani ibukotanya dengan Napalm bom. juga Bom fostor, agar semua menggelepar sekarat dan mati berbarengan.

    Hancur ya dihancurkan sekalian
    Kalau mau damai ya jangan pakai ribut ribut

  23.  

    Kata JOKOWI ….., WANI PIRO ?

 Leave a Reply