Sep 092014
 
Karang Singa, Bintan (photo: Andreas. Muljadi).

Karang Singa, Bintan (photo: Andreas. Muljadi).

Bintan – Pemerintah Indonesia maupun Pemerintah Malaysia saling mengklaim perairan utara Pulau Bintan, tepatnya di sekitar Karang Singa. Menurut Asisten Operasi Komando Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang Kolonel Laut (P) Fauzi, persoalan tersebut terjadi karena sampai saat ini permasalahan perbatasan wilayah kedua negara belum dibicarakan tuntas.

“Harusnya Karang Singa masuk wilayah Indonesia, jika melihat peta perbatasan wilayah yang dimiliki Indonesia. Tapi Malaysia mengklaim, itu milik mereka berdasarkan garis batas wilayahnya,” ungkap Fauzi seperti dilansir Riau Pos (Grup JPNN), Selasa (9/9).

Fauzi pun menyarankan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bintan membangun suar lalu lintas kapal di perbatasan. Sehingga pemerintah Malaysia tahu jika perairan itu masuk wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dia juga mengatakan perairan Karang Singa, utara Pulau Bintan sangat berpotensi. Perairan itu dikenal memiliki lumbung ikan.

“Nelayan kita mengakui. Kami harapkan suar, setidaknya nelayan jadi tahu perbatasan Indonesia,” katanya.

Kepala DKP Bintan Wan Rudi Iskandar menyambut baik saran tersebut. Dia mengaku akan berkoordinasi dengan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) dan kementerian.

“Itu saran yang baik, sebelumnya Pemkab bersama lintas instansi juga sudah membangun tugu batas wilayah di Pulau Sentut Perairan Mapur,” sebutnya.

DKP juga berjanji akan meneruskan masukan ini ke Bupati Bintan agar segera ditindaklanjut.

“Kami akan kumpulkan dana. Apakah nanti murni APBD atau dibantu BNPP Bintan atau kementerian,’’ ujarnya.

Sementara soal pengamanan wilayah perbatasan, Wan Rudi memohon agar satuan pengamanan terkait turut maksimal menjaga kedaulatan NKRI.(riau pos/ jpnn.com).

  249 Responses to “Malaysia Klaim Karang Singa, Bintan”

  1. Buat ulah lagi si malon…???

    • Jangan sampai kejadian di pulau sipadan-ligitan terulang lagi,kita harus lebih tegas…..!!!

      • Di peta sebelah mana ya…biasanya ada ilustrasinya…..yg penting jgn sampai dibangun property malaysia…..jgn sampai kejadian tanjung datu terulang….kalau perlu kegiatan nelayan kita karang singa tsb dpt terproteksi dg baik…

        • Sepertinya mau ngetes pak Presiden baru kita. kalau di Ambalat dulu Pak SBY langsung turun dengan naik kapal perang dan dikerahkan armada yang setiap hari patroli disana. Terus mulai borong alutsista dari berbagai negara.
          Ini saatnya Skuadron2 drone karya pak Jokowi berkiprah, semoga minggu depan sudah mulai patroli MQ-Reaper dan Predator pesenan dari USA “ngarep.com”.
          Jangan tunggu lama Mr. President, seluruh rakyat dibelakangmu. PPh sudah disetor tinggal dibelanjain MEF-II tahun depan. Semoga Indonesia makin berwibawa

          • iy bung…sprtiny melon mu ngtes nyali presiden baru qt…plus rada jumawa krn diajkn asu latihan prang breng2…
            hayo pak…jgn prnh ksh clah bwt si melon berulah…saatny mnunjukn taji

          • orapopo. ambil aja yg penting kursi saya aman

      • Menurut saya, tidak perlu menempuh cara cara diplomasi-diplomasi basi lagi dengan malaysia.
        GUnakan saja kekuatan militer. Kita harus meniru CHINA dalam hal ini. Dirikan mercu suar dan fasilitas2 di pulau tersebut yang mencirikan Indonesia, dengan di back UP kekuatan militer…

        KEPADA TNI:
        Kalau sampai daerah ini sampai sukses dicaplok Malaysia, MENDING GA USAH LATGAB-LATGAB LAGI DEGCH.!!!

        Kagak Ngaruh sama malaysia…!!!

        • Bener Bung. Diplomasi untuk malon adalah diplomasi kapal perang dan marinir. Itu wilayah harus dipatroli lebih intensif. Tuh malon negara tamak dan licik. Ingat bung, era sekarang kita harus lebih agresif untuk menjaga satus quo wilayah NKRI, tak ada itu bangsa serumpun, mending kita berkawan dengan israel sekalian daripada malon bangsa yang sok jumawa padahal nenek moyangnya juga dari Indonesia. Dasar sial tuh malon….

        • benar bung@desperado,LATGAB TNI selama ini,yang telah memperlihatkan kekuatan TNI yang semakin modern,sepertinya tidak ada pengaruhnya sama sekali bagi Malaysia,Singapore,Aussie,PNG,terlebih2 ASU,yang lebuh parah lagi,tidak dipandang sama sekali oleh antek2 asing.sepertinya bahasa diplomasi tidak usah dipakai lagi.

      • bung lepasnya dua pulau tsb ada aroma $ dibelakang harinya sama seperti tanker dan indosat….klo besok jkw jd pres jgn harap bung mirza…karena dah ada kejadian…$$$$$$

    • Utk Bpk.SBY dan TNI sya mohon dgn sangat dirikan bangunan di perairan dan kpulauan terluar/perbatasan sbagai bukti kuat milik Indonesia. .
      Ingat kasus Sipadan n Ligitan,waktu itu Malon main claim sepihak sperti ini,LICIKnya diam-diam si Malon membangun fasilitas Pariwisata d k Dua Pulau tersebut sebelum mengajak penyelesaian DAMAI tapi LICIKnya k Mahkamah International,
      Alhasil ketika kedua negara sepakat membawa sengketa kepemilikan Pulau Sipadan n Ligitan ke Mahkamah Internasional di Den Haag, Belanda, pihak Indonesia kalah. Penyebabnya, atas dasar hukum bukti okupasi efektif berupa fasilitas pariwisata.
      Mau bukti lain k LICIKAN MALON ??!!
      Malon juga membangun fasilitas wisata d Tanjung Datuk !!
      Bangunlah Mercusuar d batas perairan wlwpun kecil”an,Pos TNI d pulau” perbatasan/terluar wlw kecil”an.
      Harapan dri rakyat kecil yg juga rakyat Indonesia,tolonglah jgn mau d dikte Asing lagi.
      Wasallam 😈

    • kalo kita ngeklaim serawak dan sabah jadi kalimantan utara boleh enggak?
      kalo kita ngeklaim semenanjung malaya jadi provinsi malaka boleh enggak?
      kalo kita super power semua itu bisa dilakukan, sehingga negara ini akan memiliki wilayah yang sempurna
      kalo semua itu terjadi, kita akan membuat pangkalan militer terbesar di dunia yang berpusat di malaka untuk menghadapi utara, barat dan timur

      Salam perjuangan. Merdeka!

    • Hebat nih malon dan ausi….

      Kalau pendapat saya sih…. Ini taktik pecah belah ala malon dan ausi…

      Kelihatannya malon dan ausi berusaha agar militer indonesia hanya fokos di utara dan membuat pangkalan militer di utara mendekati LCS. Dan cenderung mengabaikan selatan.

      Haduh ini ada udang di balik batu kelihatannya.

      Atau targetnya papua kah?

      Wuih ini perlu analisis mendalam.

      Monggo para sesepuh menganalisisnya.

    • Pak Moel, tempatkan pasukan 3 matra disana , untuk menghindari hal-2 tidak di inginkan ,
      bila perlu pasang senjata berat / browning dan peluncur roket ,
      dijamin Nelayan Indonesia aman dan nyaman melaut , tak perlu ladeni tingkat diplomasi maupun perundingan, belajarlah pengalaman cina tak banyak suara tapi actionnya jelas

      bila perlu rakyat sukarela dimintai sumbangan untuk membangun mercusuar,

      sekali lagi , jangan ikut larut dalam perundingan, bila faham kita jelas tanpa mencla mencle maka negar lain pun akan segan, tak perlu pembahsan sampai tingkat DPR/pemerintah, apalagi tingkat presiden

      Ingat, Negara kita di gerogoti ketika pemerintahan kita Lemah, bila Kita kuat mereka akan takut sama Indonesia ini ,

      Indonesia , Negara seribu Pulau dan juga seluas benua eropa, Negara lain akan kepincut “menikmati: kekayaan alam Indonesia, bila perlu gratis tanpa lewat perang

      Sadarlaha wahai pemimpin negeri ini , hanya ikuti urusan perut kalian , negara ini bisa akan terjual dengan murah sendirinya

      Gak usah kakean bacot ( tak perlu banyak cakap ) betawi-jawa ,

      saya rasa komponen bangsa seluruh nya akan meng-amini

      satu Lagi , awas papua, moment pemerintahan baru inilah yg ditunggu-2 mereka untuk proses referendum

    • Jgn salahkan Malingsial. Sedikit sedikit Malingsialan disalahkan. Menyalahkan Malingsial kok sedikit2. Saatnya kita menjadi pribadi2 bangsa yg cerdas. Saatnya pola fikir kita beralih pada introspeksi. Ya, introspeksi ke dlm. Wajar saja apa yg dilakukan Malingsial. Pemimpin negara mana yg tdk menginginkan wilayah negaranya luas & lbh luas..???

      Pemimpin di negeri ini yg hrs introspeksi dan WAJIB dievaluasi. Puluhan tahun negeri ini tdk menghadirkan pemimpin “visioner”. SBY, hebat? Ya, mungkin (satu sisi). Tetapi seorg SBY bisa saja “tenggelam” krn lbh banyak dikelilingi para pembantu (menteri) yg banyak diisi sosok2 yg tdk memiliki integritas, kapabilitas dan kapasitas dibidangnya. Masih di sangkal? Dlm konteks perkembangan militer, Alutsista kita, hrs kita akui bhw SBY membawa negeri ini kembali layak disegani minimal di Asia Tenggara. Tp bgaimana dlm konteks konsep pengamanan wilayah khususnya perbatasan? Jawabannya, LEMAH!!! Masih disangkal??? Lihat saja bgaimana Malingsial dgn sekonyong2 membangun suar di perairan Tanjung Datu. Skrg Malingsialan itu kembali berulah dgn mengklaim Pulau Singa, Bintan. Dan, stlh muncul klaim dari Malingsial, BARU muncul wacana pembangunan suar di pulau itu. Pertanyaannya, knp tdk dari dulu bangun suar di titik2 perbatasan? Knp stlh ada klaim dari negara SIALAN itu, kita baru koar2 akan bangun suar? Knp negara dan bangsa sebesar Indonesia yg kita cintai ini terus saja istiqomah mempertahankan budaya “LATAH”??? Kenapa kita tdk belajar dari pengalaman dgn melakukan upaya antisipasi di titik2 dan pulau2 yg jls rawan akan klaim negara2 usil sprti Malingsialan itu?

      Flashback, lepasnya Ligitan dan Sipadan dari ibu pertiwi lbh krn kecerdikan Malingsialan, bukan murni hak teritorial mereka. Ya, bgaimana Malingsialan itu melakukan upaya2 nyata dgn menempatkan bbrp warganya menempati pulau itu. Segelintir warga Malingsialan itu diberikan fasilitas gubuk (rumah yg seolah2 sudah puluhan tahun berdiri) serta pemenuhan fasilitas pendukung kebutuhan hidup utk segelintir warga di pulau tersebut. Tentu saja upaya itu utk mendukung bukti klaim Malingsial trhdp pulau2 trsbt di sidang Mahkamah Internasional. Dan hasilnya, klenyeeeeer…. Malingsialan dinyatakan menang dan berhak atas Sipadan dan Ligitan…!!!!!!! Kita bangsa Indonesia gigit jari, marah, menghardik dan habis2an “menghujat” Malingsialan. Dampak panjangnya, kita terus saja “digiring” utk membenci Malingsialan (trmasuk saya, heheheee…) tanpa prnh introspeksi dan belajar dari kesalahan2 masa lalu. Smntr bangsa Malingsialan, terus saja tersenyum nyengir. Mereka tdk hanya berhasil menguasai dua pulau eksotis milik kita, tp juga mendapatkan pelajaran penting: gunakan strategi cantik dgn bukti2 otentik utk memenangkan klaim di MI. Saudaraku, tidakkah kita belajar dari “kekalahan” masa lalu? Bkn lg zamannya menghardik, menghujat. Saatnya kita bangunkan dan kita dorong para pemangku di negeri ini utk tdk tidur dan cerdas menyikapi smua “pergololakan”. Saatnya kita dukung dan kawal Jokowi-JK agar tdk hanya keduanya yg VISIONER, tetapi para menteri2nya jg hrs diisi oleh manusia2 visioner.

      Lihat bagaimana Pulau Nipah yg dulunya hanya seonggok pulau kecil diperbatasan yg sama sekali “tak berwibawa”, kini menjadi pulau GAGAH nan GAHAR stlh berdiri Pangkalan Militer di sana? Pertanyaannya, knp pulau2 lain di titik2 perbatasan tdk berikan sentuhan yg sama?
      Di Natuna saja, pulau perbatasan yg begitu kaya SDA, baru muncul wacana akan dibangun pangkalan militer stlh ramai muncul klaim LCS oleh Tiongkok!!! So, mari manjadi pribadi2 bangsa yg cerdas. Negara kita yg besar ini akan benar2 terlihat besar jika diisi oleh pribadi2 bangsa yg besar pula.

      Mhn maaf, tdk ada mksd melecehkan dan merendahkan siapapun, opini ini murni suara hati saya yg awam dan skdr mangingatkan dan ajakan utk saya sendiri, syukur2 bisa mnjd pengingat dan ajakan utk warjagers.

      #EdisiHancurkanGalau

      • Sdh ada hantu laut disna dari tahun 2010.

      • Intinya klw saya pikir kekalahan kita krna kesalahan membawa ke Mahkamah International karena saat itu kita tahu MI itu angotanya Blunder para mister2nya. Mending tetep ngotot dengan berbagai cara bahkan dngan memakai sedikit sentilan sekalipun ke mlysia, itulah kenapa pemimpin itu harus cerdas, licik dan tegas! Saya klw sama halnya gmana dengan klaim RRC??:D

  2. Pertamax

  3. 3…hajaarrr

  4. pertama

  5. jiah mulai lagi dah tuh..ngga kapok kali..tanjung datuk gagal skrg karang singa..hadeuh..

  6. hajaaarrrrr

  7. Malon mulai bertingkah….

  8. Waspadalah..si malay mulai berulah

  9. ngejak gelut malingsia ki…

  10. Big five …

  11. malon tukang maling
    sekali-kali di kasih klepon atau pensil nga apa-apa

  12. Biarin aja..biar pk Jokowi semangat beli Alutsista…

    • ini klaim udah dari 2009 dan panas 2010 …dan tetap ngak bisa apa2 dan sekarang 2014 di munculkan lagi,,….seolah2 aku baca ini pulau bintan sebelah utara diklaim baru 2014
      karena pemerintah sekarang mau habis bulan oktober..

      salam bung tom@

      • kementrian yang mengurus perbatasan selama ini apa yg dikerjain ya? apa iya gak ada anggaran cuma buat bikin suar di tempat2 yang rawan diklaim seperti ini? media sebaiknya memberitakan program2 kerja semua kementrian biar rakyat tahu apa aja program yg sudah, akan dan sedang dikerjakan…

        Kalau mau diurutkan musuh RI yang paling utama, ya negara maling ini nomor 1. Karena dia bermuka saudara serumpun tapi menusuk dari belakang. NJijiki…! (maap pagi2 esmosi nih)
        Kalau negara yg lain memang karena faktor kepentingan sehingga jadi berpotensi menjadi lawan kita.

      • Salam mas Waduh..itulah kalau punya senjata di umpet2in..jadi gk ada efek deterennya. ” KITA PIKIR ” mereka takut..tp kita yg mikir bgtu, m’sia gk berpikir begitu. jadi spt kita ke GRan sendiri. Mereka tau kita punya 2 KILO tp ttp berbuat spt ini berarti kan mereka gk takut sama KILO kita?…kalau alutsista itu memang ada ya wajib ditongolin lah. soal Jumlah dan Penempatannya itu yg dirahasiain..kecuali alutsista itu tidak ada, hanya bunga2 tidur saja…

  13. pre empetive .. gebuk dulu sebelum

  14. malingsialan

  15. berulah lagi aja ini tetangga usil

  16. mau kembali kan sejarah era Megawati kalee

    • Saya penasaran apa nantinya sikap Bu.Mega atas kasus” claim si Malon.
      Kasus Sipadan n Ligitan memang d era Mega,lantas apa sikapnya kali ini atas claim Malon yg mengclaim kepulauan juga perairan yg kali ini lebih banyak d claim si Malon.
      D era Pa.Joko x ini langsung maupun tdk langsung ya sbenernya mrupakan kembalinya eranya Bu.Mega juga.
      Bila d lepas lagi mending angkat kaki sajalah beliau,esmosi sya

      • tolong di liat beritanya ini pulau singa sebelah utara di klaim sejak 2010 bung
        MS_P90@..jadi masalah klaim ini udah 5 tahun…,,masalah berbatasan ini sangat berlarut2 ,banyak berbatasan diklaim tetangga ..dan di biarkan berlarut
        tapi aku berharap di masa pemerintah pak jokowi ada real atw kejelasan masalah ini katakan ini kedaulatan nkri dan jgn di ganggu ,, dan yg abu2 sebaiknya di bagi ,,dan pulau bintan ini adalah salah satu kedaulatan nkri

        nkri harga mati ..tawaran untul malaysia angkat kaki atw mati !!

        • Semoga tahun ini masalah perbatasan dengan Malaysia selesai dengan keliahaian Diplomasi pak JK.
          Masalah perbatasan dengan singapore barusaja kelar di 2014

        • Iya sya paham bung waduh,,tpi coba deh d telaah,ini Malon kyak melihat titik lemah d Ibu Mega yg dulu pernah d perdaya dgn kelicikan mereka.
          Tiba” d munculkan kembali scr membabi buta,blum selesai masalah claim yg lain lalu menambah claim lama yg d tegaskan kembali oleh si Malon.
          Spertinya mreka mo ngetest Ibu Mega berharap bisa d perdaya kembali.
          Pengalaman Ibu Mega ttg masalah kLicikan si Malon ini kan beliau tlah paham,semoga gak terulang kembali d masa Pak Jokowi x ini,

        • gagal paham bung @waduh…yg dimaksud “dan yg abu2 sebaiknya di bagi ,,?” setau ane bagi NKRI tdk ada yg abu2 bung…mhn penjelasan…?

  17. Kaya di parodi pilpres di you tube .. pak prabowo malaysia mengklaim batik kita .. prabowo : malaysia ? Apa itu malaysia .. di peta hilang map malaysia .. semoga pak jokowi jk juga bisa tegas .. salam

    • ini orang mulutnya gak pernah disekolahin kali ya,,joe sekolah dulu sana belajar ngomong yang sopan

    • Serawak Sabah kita balas … claim juga….

    • Di malaysia ga ada orang ambon jadi pekerja brur .. orang2 ambon ada dimalaysia besok kalo beta perang disana potongin kepala tentara malon

      • Meski Gaduh , tapi kalau urusan dengaar MALON , pasti semua bersatu , sebab Negara-mu itu Negara jelmaan tanpa identitas, ga tau asal muasal tiba-2 sim salabim , Ada kadab ( semenanjung…..)

        tp rakyatnya banyak dari India, Cina , Malay suka malas- malas

      • Whe heheee , ane setuju ( Koplak )

        jangan bawa sebutan loe, ente, ane, apalagi sebutan Nyong ambon disana , bisa bisa pulang tinggal nama kau……

        Dasar Malon Kesasar di jakarta greater, ngotor-ngotori diskusi aja ….
        Pulang sana ke Top*x, ga ada tempat yaa dsana, diserbu sama Anak-anak Indonesia

      • Istri kau lagi teruk laki berangkat kerja istri kau kenak kongkek bangla dasar malas tau isap dadah je tak tau buat kerja lain ke malon bangsa tak de maruah tau tak budak sekolah kat malon ramai jadi bosia saya paling seronok kongkek budak malon bagi rm30 je dah puas

    • Haiyahh…. lo olang kalo mau ke indosial lewat gelogol, jangan pake malu – malu apa lagi sampe kesasal ke kantol gubenol :mrgreen:

    • Hei Joe, Cocotmu jangan njeplak, Malaysia itu yang curi budaya negara lain. G ada sejarahnya B angsamu itu punya Jati diri

      merdeka saja,dikasih British, ingat british sdh pernah takluk sama Surabaya, 1945 bukan lagi Indonesia, apalagi sama Negara indonesia

      makanya jangan baca Koran Milik negaramu , karena selalu di kontrol pemerintah ,

      Dassar……..!!! negara Tak Punya identitas.

    • Tenang , sebagian ditampilkan HUT TNI di surabaya ,
      silakan ditunggu dan bawa Gadget masing-2

    • heh berook malon!!
      banyak cakap je kau!!!
      ngoceh bau aja lo !! dodol

    • Kami tidak buta sejarah. Makanya kami bisa ucapkan dengan lantang
      MAJAPAHIT BUKANLAH SEJARAH MASA LALU BANGSA INDONESIA. MAJAPAHIT ADALAH MASA DEPAN BANGSA INDONESIA.
      So, Tumasik, Melaka, Campa dan sekitarnya akan jadi bagian dari Indonesia.
      Suatu saat nanti

      Bersiaplah. Bersiaplah

      Salam damai dari cah Kadipaten Ngrowo, Bagian dari Kerajaan Majapahit

    • ermm.. betol kah.. atau.. ber fantasi sahaja.. hehehe… aku boleh cakap macam tuh.. tapi hakikatnya.. cuma tulisan sahaja…

      adakah pernah anda fikir si JOE nih .. adalah provocator.. kebanyakan commenter kat sini .. yang bernas sudah semakin kurang .. yang banyak semuanya .. menyumpah seranah .. memaki hamun..

    • kamu berkata dari sudut pemahaman kamu yang cetek tentang malaysia..

      “Aku mampu berhujah dengan 10 orang yang berilmu tetapi aku pasti kalah dengan seorang yang jahil, kerana orang yang jahil itu tidak pernah faham landasan ilmu” – Imam Syafie.

  18. Pembuktian jokowi jka..apa bisa bertindk tegas.

  19. Sikaattt,,,!!

  20. mulai ni, hehe..

  21. ini perhatian, pemerinta sudah berulang kali harusnya cepat tanggap..
    jangankan yg abu-abu, tanjung datu aja yg jauh dari abu-abu bukan hanya mreka klaim melainkan mreka buatkan suar, apalagi yg abu-abu, makin brani aja tu dia..
    bagaimana kronolgi sipadan-ligitan..?? itu harusnya jadi pelajaran.
    pengen coba grtakan presiden baru apa yg lama..???

  22. patre melon bokne ancox

  23. Berani kah pResidEn YG BaRu teGas saMa tetangGa sebElah.???

  24. Bener bung .. malaysia australia singapura n papua nugini bertingkah pada waktu transisi di pemerintahan kita atau pas lemah .. terbukti .. tp ingat pak sby masih jabat sampe bulan november 2014 .. bisa ambil keputusan hebat seperti .. tenggelamkan saja kapal perang malaysia bila masuk wilayah kita di akhir jabatannya yg mendukung modernisasi alutsista kita .

  25. kita patut berterimakasih kepada malingsial, krn berkat provokasi mereka,Indonesia tidak kehilangan semangat utk memperkuat TNI dalam segala sisi.

  26. Tolong jangan ada sejengkalpun tanah air ini yg hilang lagi pak,,,sudah tiba waktunya kekerasan itu harus berlaku,,,tak usah dikasih hati lagi nihh malon maling,,,haajaaarrrr biar plong hati para prajurit yg selama ini hanya bisa nahan geram

  27. tongolin aja otot2 baru kita…

  28. Jaga kedaulatan kita di pulau terluar

  29. Hajar bleh……

  30. klo yg jadi presiden pak prabowo saya rasa malon kgak berani macam”,tunggu respon jokowi brani ambil kputusan yg tegas pa gk

  31. tapal batas memang simpang siur jika pmrntah tk tegas..ap lg jika wilayah yg dklim bnyk mngandung kkayaan brlimpah..

  32. sekali2 harus dibuat kerah pemerintah malaysia itu, kalau tidak begitu ya beginilah akbtnya

  33. kirim kaprang yg ge jaga di lcs

  34. Pancingan ini ya? Mancing2 tgl 20 okt
    Mungkin hbs ini gantian sonotan dan di lanjut si upil yg mainin peran

  35. nah ini bahasan yg aq tunggu…darah dah naik ke kepala…

    NKRI HARGA MATI

  36. Tak aneh. Natuna sj pernah diklaim. Apa lg yg lain. Mereka tau yg berkuasa sekarang adalah presiden Dari partai yg pernah mereka kalahkan. Hajar Aja dah

  37. Cepat bangun suarnya,,,sebaiknya pembangunannya dikawal paling tidak KCR

  38. Nilai strategisnya pulau itu apa ya?….
    Masuk hitungan ekonomis kalau di jual ke tetangga, lumayan buat nambah APBN pemerintahan baru, pulau yg ada penduduknya sm nilainya starategis saja banyak yg tidak diurus(papua, kalimatan, sulawesi, natuna dll) mungkin itu kali ya yg ada dalam pikiran tim transisi jika mendengar kabar ini

    NOTE: Ini cuma tebakan saya loh, tidak ada niat kehilangan sejengkal wilayah NKRI 😀

  39. Busyet dah ga jemu jemu ni tetangga, coba ngeclaim trus…hati hati lho malay, bisa bisa nanti kejadian kayak crimea….dianeksasi sama Indonesia mau??

  40. MBAH TIDAK SETUJU PERANG, MBAH CINTA DAMAI

    Sekarang BBM akan naeik, Listrik naek terus melebihi kenaikan sembako, Barang barang pada naek, apa apa naek. Yang penting Rakyat damai pak, Beras MAHAL PAK, Banyak yang tidak mampu beli beras !!!! kasian pak, Kalau mau ambil ambil saja silahkan pulau pulau terluar lagian siapa yang mau mengurus.

    SEKARANG HARUS KERJA DAN KERJA, HIDUP SUSAH PAK, LETAKKAN SENJATA DAN CARI MAKAN SEBANYAK BANYAKNYA.

    Mbah ini sudah sepuh. Lebih paham apa yang terbaik bagi bangsa.

  41. Kerahkan ks siluman hiu di situ seperti kasus tanjung datu..macam2 ae si upin ini

  42. indonesia selalu diusilin tetangga mulai dari aushitt,singaporrn dan malon,negara belum merdeka ajah belagu :mrgreen:

  43. Lagian juga kurang bergengsi kalau melawan malaysia !!!!

    LAWAN UTAMA YANG CHINA UTARA YANG GANAS, JANGAN CARI LAWAN MALAYSIA YANG KELAS TERI,

    MBAH MAU BERTANYA PADA ADEK ADEK SEMUA ?

    KALAU AMBALAT YANG DISEROBOT KENAPA SEMUA PADA BAKAR BENDERA MALAYSIA.

    KALAU NATUNA YANG DISEROBOT ? BERANI NGAK BAKAR BENDERA MERAH ? HAH ? PALING CUMA DIEM AJA, KETAKUTAN DAN PUCET DAN CARI ALASAN INI ITU.

    KENAPA KOK GITU YA ?
    MONGGO Mbah diberi pencerahan adek adek semua yang lebih paham dari mbah ?

  44. giliran Konflik dengan Malaysia semua komentar pada membabi buta, seolah olah siap perang semua, siap mati. Siap berperang

    Nah kalau giliran yang dihadapi China berani ngak bersikap yang sama ?

    • Mau cina mau amerika mau israel, kalau macam macam ya disikat lah.
      Aku ini anak medan mbah bowo, kalau ada yg macam2, jgn kan bendera nya, sak orang orang nya pun sini ku bakar.

      • Sabar Baang.. Bodat yg 1 itu ya mmg kek gt kelakuan nya.. 🙂

      • Yakin dek Berewok berani Lawan China ? Belum tau pedang bengkok china yang tajam ? hah ?

        Boleh boleh semangat, tapi ingat dek, PERANG ITU KEJAM, kalau lawan china leher kita bisa disembelih seperti ayam, dan itu sangat indah tapi mengerikan.
        Maka dari itu mbah sangat menghormati china, sang Negeri Yang Agung”

        • Ah pengecut kau, mati aja kau. Pedang bengkok aja takut kau

          • Makanya dek brewok lihat youtube. Banyak video orang disembelih di youtube. Mbah lihat sendiri ngeri banget, mbah sampai ngak mau berak selama 3 hari.

          • Hahaha.. ngakak mbah.. yang di youtube video orang disembelih tu yang di Upload ISIS… nggak bisa mbedain mana orang China dan mana orang Arab.. Ha Ha Ha

          • pdang bengkok cina emg tajam mbah…tp sy lbh ngeri ma senjata “silet punya banci taman lawang mbah”… :mrgreen:
            rsany lbh perih bila menyayat tiap jgkal anggota bdn mbah…mbah jgn cb2 maen ktaman lawang y mbah…klo udh tua byk istirht…jaga kesehatan ya mbaah… :mrgreen:

        • mbah-mbah, sampun dalu, njenengan sareh kemawon mbenjing enjing diterusake malih. lek cengkal saget dados STROKE loh mbah bowo…

        • China yg ga berani mbah .. semua diklaim dikirim kapal perang kecuali perairan natuna .. dan tni sedang mencari mbah mbah yg udah berumur diberi bom ditubuhnya buat ranjau … wakakakak

        • bodo amat, kalo macem macem sama negara ya tebas, mau dari selatan, utara, timur, dan barat,
          apakah anda sudah lupa pahlawan kita melawan meriam dan tank dengan hanya bermodal bambu runcing dan semangat juang,
          untuk apa kita mau menjadi negara hebat dan maju kalo dengan lawan yang hebat sedikit saja sudah pesimis,

    • Produk Sana gk perlu dirusak ntar jg cepat rusak sendiri..gk perlu dibakar ntar jg kbakar sendiri kok Mbah..

    • Mbah gak kenal pahlawan” Indonesia ya ?
      Mbah wktu SD tidur klw pelajaran Sejarah ya ?
      Klw dahulu Pahlawan” RI beserta Rakyatnya ngikutin caranya Embah Bowo sya jamin plajaran Sejarah semua anak SD dpt nilai 100 krna gak perlu menghafal nama” Pahlawan 🙂
      Rakyat Indonesia punya perawakan tubuh tinggi putih,mata biru n rambut pirang dan gak ada nama INDONESIA d Atlas krna gak ada kemerdekaan d karenakan semua rakyat Indonesia jiwanya AYAM 🙂

      • Iya tapi jangan beraninya sama malaysia saja dek, lawan yang seimbang itu China, itu baru jantan.

        Kalau lawan malaysia itu buat apa ? sudahlah percaya mbah, malaysia itu cuma genit genit saja ke kita, untuk mencari perhatian kita.

        Buktinya, sampai sekarang TKI dan TKW terus mengalir ke Malaysia,

  45. bataspekarangan ame pinoy n upil udah tuntas tas taaasss dgn dame,,,,, tggal ame malon kapan rampungeeeeee….

    • agak susah bung kalau punya urusan sama malingsial apa lagi menyelesaikan masalah perbatasan,nunggu digebug dulu baru kapok dan ngga berulah lagi itu malingsial

  46. Sekali kali upin ipin kasih pljran biar tau diri

  47. Wuih ada yg pake nick name ane nih ko sama bung baguz

  48. Kalo bangsa ini mau lebih bijak,,,belajarlah pd masa lalu dan cepat mengambil keputusan dan bertindak. Awasi lebih ketat dan bangun sarana dimana berbatasan dgn malay, sbg tanda bahwa kita ada.Sebab bukan sekali dua kali kasus dg malay, jgn lantas setelah kejadian baru kebakaran jenggot. Salam NKRI.

  49. yu ah sigap…..cepetan….jangan pake lama….bangun menara suar…..jangan lupa dikawal…..mumpung isunya belum tambah besar………

  50. mbah bowo dtg aku pasti datang (vampire vs jurig)

  51. Woi…apa ada yg lihat bowo !!!!!!!…tu anak lepas lg….tau aja kunci gembok pasungan disembunyikan…ayo le mole le mesa’ke mak mu golei…..

  52. Selalu terlambat……selalu telat….selalu bgini….gw harap gk usah nunggu pemerintahan baru…wong masih tanggung jwb pemerintahan sekarang..klo mo bangun suar bangunlan sekarang….pemerintahan baru blom juga dilantik #jauhkan hamba dri prasangka buruk….????

  53. hehehehheheehe… :mrgreen: panggung The art of JKGR kembali dibuka oleh mbah bowo 😆

  54. Kita tunggu aja nih presiden yg baru yg dari wali kota solo itu loh, mungkin kita bsa dengar aku ya ropopo,ehhhhhhhh kali yah, kali yeh.

    • jangan menyalahkan presiden dek ngak baek….

      Jangan mengkritik,

      Inilah kebiasaaan buruk, selalu mengkritik ini salah itu salah, ayo mbah tantang berani ngak pidato di atas panggung acara 17 agustusan? giliran di suruh maju ke atas panggung untuk memberi sambutan 17 agustusan saja kaki pada gemeteran, wajah pucet, ngomong langsung gagap.

  55. percuma tiap thn latgap, trus kpn perang sama malaysianyaaaaaaa. gemes aku rek…

  56. Aduh wo…piye to koe iki ko ganggu wong wae le..ayo mole le..sesok ta tukono kodok yo

  57. mbah bowo mana yah..
    mah, gimana ya kalo malaysia invasi negri kita, kira kira dia brani ga?
    aku mau denger wejangan embah aah, masalah nurut atau gak, gimana wejangannya dulu deh, hehee

  58. Bedebah satu ini wajib di habisi karena sudah menghina negeriku yang tercinta. Tunggulah saat negeri kami tiba di ibukotamu. Dan jangan menangis karena kaulah yang mengundang kami.

  59. mulutmu itu belum pernah makan bangku sekolah ya,,ngomong yang sopan jangan asal jeplak

  60. boleh boleh aja deh.. aku ga pakek leopard, takutnya t90 terlalu mudah hancur, aku pilih bambu runcing aja, khusus buat orangnya. hehe

  61. Mbah pakek laptop apa CPU, gpp lah terserah Mbah, adek nurut saja..
    Mbaah.. sejak kapan adek gak hormat sama Embah, Mabh suka begitu aah.. 🙂
    Embah blm jawab pertanyaanku diatas tuh.. 😉

  62. @joe ini bukan orang malaysia…orang indonesia juga. gaya bahasanya ketahuan.

  63. mbah bowo=joe…coba perhatikan,dia pura2 marah
    pernahkah mbah bowo marah?????

  64. NKRI harga mati

  65. Kesempatan aneksasi malon sekalian kan sudah ada legalitas. Gak usah takut sama mamarika karena dianya lagi sibuk ngurusin Ukraina sama isroil hajar saja tuh malon…

  66. Maap warjager, ingon2ku ucol……
    Ker….ker….ker….ker…. sini ayo masuk kandang udah malem

  67. Baca comen para warjager jadi cengar-cengir…????…salam mbah bowo

  68. Maap warjager, ingon2ku ucol……
    Ker….ker….ker….ker…. sini ayo masuk kandang udah malem

  69. Jangan terpancing dg bung Joe. Memang tugasnya dia utk “membakar”.

    #SR lagi sambil baca berkas..

  70. Malam mbah, bobok mbah udah malam entar kumat tuh encoknya,semoga mbah bisa tenang di alam sana,eh sori ya mbah cuma guyon,habis mbah gemesin banyak warjag nih.

  71. MBAH BOWO, BAPAKKE BOWO, MAKKE BOWO satu keluarga ya?? 🙂

    • hahahaha…AKUN AKUN PENENTANG MBAH BOWO MULAI BERKELIARAN

      SABAR MBAH.. SEMOGA HATIMU KUAT MENGHADAPI KLONENGAN PENENTANGMU..

      gw dukung mbah bowo aja dehhh…

      kebetulan kakak saya kerja di amerika juga bilang, harus berhati hati dengan china.. amerika serikat sekarang dah mulai melemah, sekutu2nya juga dah mulai hilang kepercayaan dengan amerika

      kalo amerika dan china, lebih potensial china musuhnya
      tapi musuh terdekat dengan indonesia bukan amerikanya, melainkan antek antek amerika..
      jadi kesimpulannya musuh indonesia nanti adalah:
      1. China
      2. tetangga antek2 amerika (amerika paling bantu sedikit, tapi bukan musuh utama)..

    • bukannya menentang bung, tp mbah, bapak, sama emak pada kumpul semua dsini..hahaaa…
      setuju dgn anda bung, utk ancaman terbuka yg lebih dekat kayanya tiongkok, kalau Amrik kayanya gak, soalnya terlalu bnyak kepentingan amrik di negeri kita ini.

      • Mf kalau ada salah kata..
        salam hangat utk anda bung loki 🙂

      • salam hangat bung temos… hehe
        tapoi semoga aja nggak ada konflik yang besar terhadap tiongkok. soalnya perdagangan kita dengan tiongkok sangat besar.. yang saya khawatirkan adalah blokade di LCS bakal menyulitkan kita untuk kerjasama dengan jepang dan korsel yang juga mempunyai kepentingan perdagangan yang besar juga..dan saya rasa ketika kapal induk CHina dah mulai banyak, kemempuan blue water navy mereka sudah setara amerika, blokade LCS bakalan dilakukan oleh LCS demi mendapatkan sumber energi baru untuk mensejahterakan rakyatnya. entah kapan hal ini terjadi, saya yakin gesekan dengan indonesai pasti akan terjadi..kalo seumpama negara asean lain yang bersinggungan dengan dengan china suatu saat diam, indonesia saya yakin nggak akan diam dan menyulut peperangan dalam skala kecil. dan mungkin akan dibantu oleh vietnam dan beberapa negara lain jika indonesia memulainya.

        dinasti china memang terkenal ekspansif.. meskipun ketika ekspansi, china berada di kekuasaan mongol, namun mental “serakah” mereka diturunkan ke generasi sekarang. china saat ini sudah menunjukkan gejala ambisinya untuk mengklaim LCS. semga aja jika emang china kebeblasan dan merugikan banyak negara asean, Indonesia bisa menghancurkan blokade tersebut. minimal bisa mengerem ekspansi CHina..

        NKRI Harga Mati

      • maafbung, salah nulis nama.. Bung Termos… hehe

        NKRI Harga Mati

  72. Assalamualaikum wr.wb
    memakai cara yang tidak kelihatan namun tetap mempertahankan kedaulatan.
    karena bisa jadi malaysia hanyalah pion untuk memancing kita.
    layaknya kasus MH370 dan MH17 dimana pesawat-pesawat tersebut hanyalah umpan.

    kalau salah ya maaf 😀

  73. Makanya pesawat mu jatoh terus malon .. malaysia airways mau bangkrut juga belagu .. pesawat sipil jatuh ditembak buk yg lain ilang dilaut di lempar batu .. jangan songong .. asaam lomba menembak di ausie aja ga pernah dapat medali tentaramu cuman dapat nasi bungkus doang mau ngelawan tni yg tiap tahun menang ..

  74. aku ngak setuju dgn pos marinir ini , apa setiap ada masalah sengketa musti dirikan pos berapa byk pos yg akan didirikan ..ini hanya masalah manajemen komunikasi..,,ya klu malaysia kepala batu ,,pecahin aja kepalanya ma batu..,,aku harap kedepan tim diplomatik kita pintar silat ,,jadi saat dedlock benjotin aja ke meja kepala org malon,, biar tahu diri !!

    salam bung bejo@

  75. Pasti ada hubungannya dgn semakin dekatnya Hut TNI… hehehehe….

  76. Wooyyy Malingshit…!! Kami tak pernah gentar sedikitpun menghadapi negeri ”pecundang ”sepertimu..!! cium aja tuh p**tat si mama ely..!!


  77. Print E-mail
    Edisi – September 2010
    Wednesday, 15 September 2010 14:26
    Indonesia Menolak Peta Wilayah yang Diklaim Malaysia
    Suhana
    Kepala Riset Pusat Kajian Pembangunan Kelautan dan Peradaban Maritim

    PEMERINTAH perlu mewaspadai insiden penangkapan petugas Pengawas Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di perairan Bintan, Kepulauan Riau, agar tidak berakhir seperti kasus Sipadan dan Ligitan. Ini perlu kita cermati secara mendalam, agar jangan sampai insiden tersebut dijadikan strategi untuk mengklaim perairan Bintan sebagai wilayah kedaulatan Malaysia.

    Seperti diketahui, perundingan perbatasan Indonesia dengan Malaysia di perairan Bintan, tempat terjadinya insiden tersebut, hingga saat ini masih mengalami kebuntuan. Dalam hal ini ketegasan sikap sangat diperlukan. Pemerintah Malaysia sebelumnya juga pernah mengklaim wilayah perairan tersebut sebagai wilayah kedaulatannya dengan mengeluarkan peta secara sepihak, namun Pemerintah Indonesia sudah melayangkan penolakan atas peta tersebut.

    Namun demikian upaya Malaysia untuk mengklaim perairan tersebut ternyata tidak berhenti sampai disitu, mereka terus melakukan berbagai upaya untuk menunjukkan bahwa perairan tersebut masuk kedalam kedaulatan mereka.

    Karena itu jangan sampai kelengahan Pengawas Perikanan Indonesia dimanfaatkan oleh mereka. Sebagaimana kita ketahui, bahwa jumlah hari operasi Kapal Pengawas Kelautan dan Perikanan pada 2010 ini mengalami penurunan dari 180 hari menjadi 100 hari, sebagai dampak dari kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan yang merealokasi anggaran KKP di 2010 ini.

    Akibatnya pengawasan terhadap pencurian ikan di perairan Indonesia menjadi lengah. Sehingga tidak heran kalau aktivitas pencurian ikan di perairan Indonesia saat ini cenderung meningkat. Data KKP menunjukkan, bahwa sampai akhir Juni 2010 tercatat dari 116 kapal ikan ilegal yang tertangkap oleh kapal Pengawas Perikanan, 112 diantaranya merupakan kapal ikan asing, termasuk kapal Malaysia.

    Pencurian ikan yang dilakukan oleh lima kapal nelayan Malaysia di wilayah perairan Bintan diduga ada unsur kesengajaan. Karena bila tidak ada tindakan protes dari aparat Indonesia, mereka dapat mengklaim perairan tersebut sebagai wilayah kedaulatannya.
    Jika melihat kembali dokumen beralihnya Pulau Sipadan dan Ligitan, di mana perundingan Indonesia dan Malaysia saat itu mengalami kebuntuan dan akhirnya disepakati status quo.

    Namun dalam kondisi status quo tersebut pemerintah Malaysia memanfaatkan kelengahan Pemerintah Indonesia atas pengawasan terhadap kedua pulau tersebut dengan cara memberikan izin untuk membuat berbagai sarana wisata dan upaya tersebut tidak mendapat protes dari Pemerintah Indonesia.

    Sidang Mahkamah Internasional tahun 2002, sempat memutuskan bahwa berdasarkan traktat, tidak satu pun dari Pemerintah Indonesia dan Malaysia yang berhak atas Pulau Ligitan dan Sipadan. Namun pertimbangan Mahkamah selanjutnya berpihak pada yang memiliki hak kepemilikan (tittle) atas pulau-pulau yang disengketakan tersebut berdasarkan penguasaan efektif (effectivites) yang diajukan.

    Dalam kaitan ini, Mahkamah menentukan apakah klaim kedaulatan para pihak didasarkan atas kegiatan-kegiatan yang membuktikan adanya suatu tindakan nyata pelaksanaan kewenangan secara terus menerus terhadap kedua pulau tersebut, antara lain misalnya adanya itikad dan keinginan untuk bertindak sebagai perwujudan kedaulatan.

    Berdasarkan effectivites tersebut, maka pada 17 Desember 2002, Mahkamah Internasional mengakui penguasaan efektif yang telah dilakukan oleh Pemerintah Malaysia atas Pulau Ligitan dan Pulau Sipadan.
    Ketegasan Pemerintah terkait perundingan perbatasan perlu ditingkatkan disamping memperkuat pengawasan di perbatasan, dan mendesak negara lain untuk segera menyelesaikan perundingan perbatasan.

    sumber ;
    http://www.tabloiddiplomasi.org/previous-isuue/105-september-2010/922-indonesia-menolak-peta-wilayah-yang-diklaim-malaysia.html

    kalau bisa di akhir masa pemerintah sekarang ini di selesaikan ..buat apa pxxxde klu masalah tapal batas ciatttttt….

    Karena itu jangan sampai kelengahan Pengawas Perikanan Indonesia dimanfaatkan oleh mereka. Sebagaimana kita ketahui, bahwa jumlah hari operasi Kapal Pengawas Kelautan dan Perikanan pada 2010 ini mengalami penurunan dari 180 hari menjadi 100 hari, sebagai dampak dari kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan yang merealokasi anggaran KKP di 2010 ini.

    salam admin@

  78. Namun demikian upaya Malaysia untuk mengklaim perairan tersebut ternyata tidak berhenti sampai disitu, mereka terus melakukan berbagai upaya untuk menunjukkan bahwa perairan tersebut masuk kedalam kedaulatan mereka.

    ini malon emang sengaja cari gara2 pada 2010 sampai sekarang..

    kita tunggu saja pemerintah yg baru

  79. Joe ini memang orang malaysia (maaf gak tak panggil bung)
    Lokasinya terdeteksi di Tanjung Malim Perak Malaysia ‘

    Tetapi sebaiknya gak usah ditanggepi ,sama aja dengan nanggepi mbah bowo yang lagi ngompor ngomporin

  80. Mikirkan dulu rame warga negeri Yang miskin,rame Yang engak mampu ke sekolah,jalan raya Yang engak pernah di baiki,fasalitas umum Yang parah,rame rakyat Yang masih tinggal di bawah kolong,preman preman termasuk aparat Yang memeras rakyat,pak menteri Yang korupsi,lokasii minyak di kuasai asing,lahan milk perusahaan asing,bbm subsidi di larikan ke Singapore,gubenor Yang korupsi.rame warga Yang masih nanggur terpaksa menjadi tkw Dan tki.mau perang? Emang indosial ini memalukan

  81. Wah ngajak perang nih. Kira2 bakal mirip crimeanya asia…..

  82. Pemerintah Kurang cepet, kurang cekatan, kurang berani, kurang tanggap, kok baru sekarang mau membangun suar lalu lintas, mestinya ya sudah dulu-dulu dibangun, Dinas Kelautan dan Perikanan itu perkerjaannya apa sih bingung saya ? strategi antisipasinya kurang

  83. Test…!!

  84. udah sikat aja pak Mul, kalau si Malingsia itu berulah lagi…

  85. Maaf OOT , pagi ini lewat depan markas Yon Armed 105 singosari malang, ada upacara dan astros nya di jejer mengapit meriam yang lama, wuih keren..jumlahnya kurang lebih 7-8 , sayang nggak sempat ngambil fotonya (keburu buru)…
    bagi teman teman di sekitaran singosari mungkin bisa menyaksikan hari ini…
    salam NKRI

  86. Jika suatu kerjaan di tunda mka 50% adlh k gagalan dan jika langsung d kerjakan mka sdh dpt d pastikan 50% brhasil dgn baik….lugas, cepat , tepat dan kerjakan….jgn tunda bngun sgra suar dn fasilitas pndkung lain nya…jgn trlalu brhrp prsden yg baru, hari ini krjakan bsk lusa adlah prjuangan untk mnjga nya….NKRI harga mati….salam hangat warjager…

  87. Lebih mudah melihat kekurangan negara lain y joe ?, padahal negara anda tidak lebih baik daripada kami. bukan level kami lagi membandingkan negara kami dengan malaysia,

  88. Pemerintah pusat turun tangan dong, masa membangun mercusuar saja ngandelin pemerintah daerah, bangunlah mercusuar yang mencirikan Indonesia sekalian perkuat dengan penempatan pasukan yg didukung oleh alutsista dan pasilitas yang memadai, jangan menunggu permasalahan jadi bertambah rumit, baru berkoar koar, …. gerak cepat lah !

    • Hadeeeeh lucu2 komenya, abis hujat malay trus mbah bowo…lha kalo blm2 sdh penuh dgn emosi gini gimana mau perang lawan malaysia hehehe…perang jman skg ga kayak perang jaman dulu, ga asal gruduk koar2 hehehe…sabar teman2..bangsa kita bangsa besar bukan bangsa barbar, saya yakin pemerintah bersama TNI akan mampu menyelesaikan mslh ini dgn mudah…salam

  89. kalo ane bilang kita punya rumpon baru yang sama dengan kasus nya phil collins hoax ga ya :mrgreen: CMWII

  90. Selain kasel sonotan, apa pernah kasel sonora kita jadiin rumpon?

  91. Menelaah perintah,”Lakukan yang terbaik menurut Saudara” mengenai anomali konflik perbatasan dan “Rembesan” dari luar..

    Sebuah perspektif lain dari seorang Pemangku Amanat Rakyat di tengah malam dimana hati terasa panas dan lelah melanda dgn setumpuk permasalahan yg blm terselesaikan di tambah polah “Nakal” bocah tetangga. Jika beliau seorang yg Temperamen mungkin sdh keluar “Perintah Luar Biasa” kepada para Kesatria nya yg setia kepada Negara & Bangsanya.

  92. kita selalu selangkah di belakang malon karena pemimpin kita hanya memikirkan dirinya sendiri dari pada memikirkan kepentingan orang banyak “masa bodo yang disana(perbatasan) yang penting kantong gua tebel” tu pejabat pemerintahan kita
    mudah”an kewibawaan presiden sekarang pak sby bisa berlanjut ke pemimpin yg selanjutnya

  93. scorpen kah bung NR ? atw midget mrk ?

  94. Galang dana buat mercusuar ‘SAVE KARANG SINGA BINTANG(SKSB)’, koin untuk SKSB…he he, pertahanan rakyat semesta. Mohon maaf jika salah, moga sehat2 semua. Salam NKRI

  95. Sekedar menganalisa mbah Bowo,

    apa pun komentar2 dari mbah Bowo, walau pun se-olah2 mengerdilkan nilai & semangat anak2 bangsa pada umumnya & military mania, namun secara tersirat sebenarnya mbah Bowo malah membakar semangat & mental kita untuk berani karena benar bukan asal berani kalo bahasa linggisnya, mbeguguk mutho waton.

    Se-jelek2nya komentar mbah Bowo, beliau tidak pernah menuliskan kata2 kotor maupun bawaan dari kebun binatang. Tetap ditanggapi dengan bijak & ngemong.

    Seharusnya kita yg malu sama beliau, karena kata2 bijaknya dan cara memberikan semangat lewat peran antagonisnya.

    Salut mbah Bowo

    • saya setuju bung BB. Mbah Bowo begitu lihai memainkan perannya dalam membakar semangat nasionalisme dan harga diri berbangsa dengan cara yg tidak biasa dan biasanya dihindari orang lain. mungkin ini yg juga dimaksud oleh bung Ngurah Rai sebagai panggung The Art of JKGR. :).

  96. Malingsial emang gak ada kapoknya..

  97. Mengalahkan tanpa Berperang…galang Operasi Intelejen Pembebasan Sabah Serawak dari Semenanjung…biarkan jadi negara merdeka. Brunei, Sabah,Serawak…..bibit di sana sudah ada tinggal di Provokasi. Gunakan Kesultanan Sulu..

  98. Ditunggu rumpon kebanggaan jiran sebelah bung @nr jgn lupa oleh olehnya dibabar dimari. Buat @joe apa kamu kira gampang menghancurkan indonesia yg kekuatanya hampir merata dengan luasnya seluas eropa?dulu kami berperang dengan belanda dan sekutu waktu kami jauh lebih miskin,dan jika negara anda ingin menyalurkan hasrat berperang dgn kami silahkan tabuh genderang perang saya yakin banyak yg miskin dan jlnnya rusak mendaftar jadi relawan.dipihak anda yg makmur pasti banyak yg lari ke bilik termenung! Tdk butuh waktu lama untuk bertemu anda,lihatlah kami disekitar anda,ada didepan rumah, didapur,dibelakang.maka berlakulah sopan sesuai adat timur/melayu jgn seperti majikan anda.sebab majikan anda tdk akan pernah mau di samakan dgn anda. Apakah anda tdk sadar jika selama ini sedang diperbudak oleh majikan anda? Kami adalah bangsa yg bangga dengan kejayaan nenek moyang kami di sumatra/melayu,kalimantan,jawa, sulawesi,papua dll. Kami ingin membangkitkanya kembali.

  99. Itu test case utk jokowi spt apa nyalinya,,kita berharap minimal jokowi spt sby,,tangan kiri merangkul musuh sbg sahabat, mulut bicara negosiasi, tangan memegang hulu keris (kekuatan militer) yg siap ditusukkan

  100. ndasmu kui Joe”

  101. salam kenal semua.

    Sepertinya banyak agen rahasia asing yg ngomporin kita agar rahasia ghoib jadi keliatan waspadalah.. jgn sampe aurat kita kliatan ama mereka..
    Merdeka atau mati. merdeka sebagai pejuang dan mati dalam kebenaran

  102. Mbah cuma berpesan, nanti kalau memang dengan sangat terpaksa kita harus berperang dengan Jiran, maka jangan tanggung tanggung. Hujani ibukotanya dengan Napalm bom. juga Bom fostor, agar semua menggelepar sekarat dan mati berbarengan.

    Hancur ya dihancurkan sekalian
    Kalau mau damai ya jangan pakai ribut ribut

  103. Kata JOKOWI ….., WANI PIRO ?

 Leave a Reply