Apr 242017
 

Hishammuddin (kiri) di Kementerian Pertahanan Tiongkok didampingi Menteri Jenderal Chang Wanquan.


Komite Tertinggi Malaysia dan Tiongkok akan mengukuhkan lagi hubungan diplomatik dan kerja sama pertahanan antara kedua negara.

Menteri Pertahanan Malaysia Datuk Seri Hishammuddin Hussein menyampaikan hal itu dalam siaran pers diterima di Kuala Lumpur, Senin, berkaitan lawatan resmi ke Tiongkok selama tiga hari sejak Jumat (21/4).

Komite akan mengkaji lebih rinci bentuk kerja sama yang lebih praktis dan berpotensi dalam aspek pertahanan yang lebih terencana. Hal tersebut merupakan hasil pertemuan Hishammuddin bersama Menteri Pertahanan Tiongkok Jenderal Chang Wanquan.

Hishammuddin mengatakan bahwa dirinya telah menugaskan Panglima Tentera Darat Jenderal Datuk Seri Zulkiple Kassim dan Panglima Tentara Udara Jenderal Datuk Seri Affendi Buang untuk mengadakan pertemuan lanjutan berhubungan dengan kerja sama pertahanan dan kemiliteran tersebut.

“Malaysia dan China juga perlu mengadakan pertukaran kunjungan yang lebih sering pada masa akan datang, dengan tujuan meningkatkan aspek komunikasi, persepahaman serta memperkukuhkan lagi kepercayaan,” katanya.

Selain itu, dia berkata terkait kerja sama menteri-menteri pertahanan ASEAN, pihaknya setuju agar latihan maritim ASEAN-China yang akan datang diadakan di kawasan perairan ASEAN.

“Langkah ini bertujuan meningkatkan kerja sama pertahanan dan meningkatkan kemampuan antarnegara yang terlibat untuk membalas ancaman maritim. Perkara ini akan dibicarakan dalam waktu dekat,” katanya pula.

Dalam lawatan resmi tersebut, Hishammuddin juga bertemu dengan Pimpinan Pusat Tentara Tiongkok Jenderal Xu Qiliang, Konselor Negara Tiongkok Yang Jiechi, dan Menteri Keselamatan Umum Tiongkok Guo Shengkun.

Dia mengatakan berbagai masalah khususnya ancaman penyebaran ideologi terorisme terutama dari kumpulan militan teroris dibincangkan dalam pertemuan tersebut.

“Kedua-dua negara juga setuju untuk memberi perhatian serius dan utama terhadap keamanan global yang terus berubah dan semakin mengancam,” katanya.

Dalam kunjungan tersebut, Hishammuddin turut menyaksikan penandatanganan subkontrak antara Boustead Naval Shipyard Sdn Bhd (BNSSB) dan China Shipbuilding & Offshore International Co Ltd (CSOC) tentang pengembangan secara bersama empat kapal perang pesisir atau kapal Littoral Mission Ship (LMS) untuk Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM).

“Dua kapal pertama dari empat LMS ini bakal dibuat di China. Keahlian dan biaya yang lebih rendah di China jadi pertimbangan seterusnya akan dilakukan BNSSB untuk pembuatan dua lagi kapal di Malaysia,” katanya lagi.

Dia mengatakan perolehan LMS ini merupakan sejarah penting bagi Malaysia, karena merupakan yang pertama kali Malaysia membeli aset pertahanan dari Tiongkok.

Selain itu, Hishammuddin turut menyaksikan penandatanganan antara Universiti Pertahanan Nasional Malaysia (UPNM) dengan Universiti Peking, Tiongkok.

Sumber: Antara

jakartagreater.com

  44 Responses to “Malaysia Kukuhkan Kerja Sama Pertahanan dengan Tiongkok”

  1.  

    Well,. Setidaknya kita sdh tau arah peta politik malaysia, biar mrk gak perlu ngeles2 lg & sok “berwibawa’ d kawasan

    •  

      Hahaha… Cuma begitu sahaja. Dahulu ngotot dan sok berwibawa atas laut china selatan. Sekarang malaysia melupakan klaim laut china selatan karena takut pada militer tiongkok. Malaysia jiwa kerdil tak punya keberanian pada kekuatan besar. Makanya malaysia sampai sekarang masih sebagai alas kaki atau kasut kaki british. Macam begitu warga negaranya sok jago dan bangga jadi kasut kaki british. Lucu

  2.  

    Miaaaaaawwww…

  3.  

    Pantesan amerika seakan menyebut malaysia anak nakal. Mungkin benar kata kabar bahwa kejadian jatuhnya pesawat2 MH dan upaya penggulingan najib itu bisa jadi ulah amerika. Makanya malaysia berpaling ke china sekalian.

  4.  

    Negara bingung,punya uang nanggung,dipimpin najib gemblung,berpikir seperti katak dlm tempurung. Terhempas diterpa asap galunggung. Dasar orang kampung.

  5.  

    malon menyerahkan 😀

  6.  

    Biar mancing ikan nya tambah nyaman dan aman xixixi ..
    Tahnian malay hahaha ..

  7.  

    biarin aja, 2 ekor ini kerjasama dengan China, tapi yang untung kan jelas China, sementara nih 2 ekor tetep aja makan pisang… 😆

  8.  

    Setidaknya Lumayanlah…Karena Malaysia Lagi Turun Derajatnya…Ibarat Dulu Orang Kaya dan Sekarang Mau Jatuh Miskin….Mau Beli Kapal Perang dari Eropa Uangnya Cekak….Yaa Terpaksa ambil Alternatif Lain yg Lebih Murah dari China…..Makanya Malaysia Jangan Sombong kalau Lagi Jaya…..Biasa Ajalah…Santai Ajalah…

  9.  

    Malaysia sebentar lagi akan mengadakan acara mancing mania terbesar dan pertama di kawasan dengan para peserta nya rakyat dari negara tiongkok.. xixixixix selamt pak cik buat event besarnya.

  10.  

    salahin presidenmu HAHAHA

  11.  

    FPDA menghianati AMERIKA/SEKUTU. Tau ga sekarang ada kereta langsung INGGRIS-CHINA.

  12.  

    kerja sama di kukuhkan..
    tp pd lembik tenteranya…(LGBT…)
    hii….hii….ky yg di perempatan lmpu merah…

  13.  

    dulu pada masa perang dingin ada efek permainan domino
    kini pemain baru muncul dgn permainan baru………Mahjong dgn taruhan2 finansial yg menggoda

  14.  

    lhah urusan yang kemarin terus bagaimana
    ternyata berexit
    olalaaaa

  15.  

    Malaysia takluk pada ras yang lebih unggul.

  16.  

    Weleh2, akhirnya negara terjaguh sekawasan jatuh bersimpuh menyembah is naga api buntung! Semoga NKRI tetap Non Blok dan tidak terjebak dlm perangkap2 para perompak dan lanun dunia!

  17.  

    kerjasama dengan china dalam impor pisang..
    xixi

  18.  

    Emang utang Indonesia ke China berapa ??….

  19.  

    Kerjasama bikin BANANA BOAT !!! Mantap

  20.  

    negara dengan seribu lidah, tukang jilat kemana-mana,kaya asu = MALONDOG,

  21.  

    Malon negara tak de maruah,takut sama negara cina yg bebas curi ikan di beting ali….ckckck

  22.  

    akhirnya…
    mentok..

  23.  

    ini bukan kerja sama ini menggadaikan negara looon

    kayak malon gak ada hutang ke cina ajah ,,malah malon gadaikan negaranya buat dipinjamin wang buat bayar hutang ke arab

    gali lubang tutup wc dong namanya wakakakkakkakakaakk