Malaysia Pasang Detektor di Kapal Nelayan

Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan ancaman penenggelaman membuat Malaysia memasang alat pendeteksi di kapal nelayan. Alat pendeteksi bakal berbunyi jika nelayan Malaysia memasuki perairan Indonesia.

Jika demikian, pemerintah negeri jiran tersebut bakal meminta nelayan untuk segera berbalik. “Mereka juga tidak mendukung bangsanya menjadi pencuri,” kata Susi dalam jumpa pers, di kantornya, Jakarta, Senin (8/12).

Susi menegaskan, ancaman penenggelaman kapal tidak dirancang untuk merusakan hubungan baik Indonesia dengan negara lain. Untuk mencegah itu, dia sudah berkomunikasi terlebih dulu dengan perwakilan negara tetangga di Tanah Air.

“Duta besar Thailand sudah dua kali bertemu dan bicara. Bahkan mereka mendukung dan menyebut sudah mengumumkan ke semua nelayan mereka agar tidak memancing ke Indonesia lagi,” ucap Susi.

Dia mendapat kabar, nelayan asing mulai memarkir kapal sejak pemerintah menenggelamkan tiga kapal nelayan Vietnam. Mereka menunggu masa berlaku moratorium penangkapan ikal di Indonesia berakhir.

“Saya dengar beberapa pemain mendocking kapal mereka, tunggu moratorium habis, mereka melaut lagi. Tapi kita terus mengawasi, melakukan investigasi dan verifikasi. (Merdeka.com).

Tinggalkan komentar