JakartaGreater.com - Forum Militer
Jan 112018
 

dok. Pesawat Malaysia Airlines MH370 (wikipedia).

Kuala Lumpur, Jakartagreater.com – Malaysia menyatakan pada Rabu 10 Januari 2018 akan membayar perusahaan Amerika Serikat hampir satu triliun rupiah jika perusahaan penjelajah dasar laut itu berhasil menemukan bangkai pesawat Malaysia Airlines MH370 dalam 90 hari di samudera Hindia Selatan.

Pesawat dengan 239 penumpang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur menuju Beijing pada 2014 itu hilang dan menjadi salah satu kegaiban terbesar penerbangan di dunia. Australia, China dan Malaysia sudah menghabiskan 200 juta dolar AS pada Januari 2017 tahun lalu untuk menyisir daerah seluas 120.000 km persegi demi mencari bangkai pesawat itu, namun tanpa hasil.

Pada Rabu 10 Januari 2018, Menteri Angkutan Malaysia Liow Tiong Lai mengatakan bahwa perusahaan asal Houston, Ocean Infinity, akan mencari MH370 di wilayah prioritas seluas 25.000 km persegi. Dalam kesepakatan itu, Ocean Infinity akan pulang dengan tangan hampa jika tidak menemukan apapun.

“Pada saat ini, kapal Seabed Constructor dalam perjalanan ke wilayah pencarian itu, mengingat cuaca di samudra Hindia Selatan tengah bersahabat,” kata Liow Tiong Lai kepada wartawan. Pencarian akan dimulai pada 17 Januari 2018, kata direktur pelaksana Ocean Infinity, Oliver Plunkett.

Ocean Infinity akan menerima bayaran 20 juta dolar AS jika pesawat ditemukan di area 5.000 km persegi, 30 juta dolar AS dalam jarak pencarian 10.000 km persegi, dan 50 juta dolar AS dalam 25.000 km persegi.

Di luar wilayah tersebut, Ocean Infinity akan dibayar 70 juta dolar AS (hampir satu triuliu rupiah), kata Liow Tiong Lai. Prioritas Ocen Infinity adalah menemukan lokasi bangkai atau rekaman kokpit, untuk kemudian melaporkan bukti-bukti lengkapnya dalam waktu 90 hari.

“Mereka tidak bisa terus-menerus mencari atau memperpanjang waktu sampai 6 bulan,” kata Liow Tiong Lai. Kapal Seabed Constructor membawa delapan kendaraan selam otomatis yang akan menjelajahi dasar lautan dengan peralatan pemindaian. Mereka juga membawa 65 kru, termasuk 2 orang wakil pemerintah Malaysia.

Menurut Oliver Plunkett, kapalnya sanggup menyelesaikan pencarian selama 3 atau 4 pekan, dan memindai area seluas 60.000 km persegi dalam 90 hari. Usaha utama Ocean Infinity adalah industri minyak dan gas, dan juga layanan eksplorasi untuk pemetaan dasar laut. Pemegang saham perusahaan akan menanggung biaya pencarian, kata Oliver Plunkett.

Bangkai MH370 akan menjadi petunjuk mengenai apa yang terjadi di pesawat sebelum jatuh. Selama ini banyak yang percaya bahwa ada pihak yang sengaja mematikan transponder pesawat sebelum berbelok rute dari tujuan. Hingga kini, hanya ada 3 bagian pesawat ditemukan di Samudra Hindia dan sepanjang garis pantai Timur Afrika. (Antara/Reuters)

Bagikan :

  25 Responses to “Malaysia Siap Bayar Rp 1 Triliun Bagi Penemu Pesawat MH370”

  1.  

    Wow Nyari Bangke Dapet 1 T!. πŸ˜†

  2.  

    Murah bener, lah biaya buat pencarian tuh pesawat bisa ratusan juta dolar USA kok mau ngasihnya cuma 1triliun Rupiah yg nilainya sekitar USD 74,6 juta. Ya gak balik modal lah. Aneh.

    •  

      Emang penginnya mau dibayar berapa bang ??…

      Klaim asuransi MAS aja cuma dapet satu triliun-nan……..alasannya bangkai pesawat tidak ada, jadi ga mungkin dapat klaim lebih.

      Yg aneh lagi, katanya penumpang korban baru dapet RP. 500 juta…… padahal pres rilis menyatakan korban bakal dapat RP. 2 milyar, dgn syarat bangkai pesawat diketemukan (sekali lagi).

      Yang paling aneh…….. kenapa penumpang korban warga Amirikia dapet klaim asuransinya lebih tinggi dari korban dari negara lain……….. hadeeuuhh koplak…. πŸ˜†

  3.  

    ini repot kalou pesawat jantuhnya engak kebawah….jadi sukar diketahui

  4.  

    Raja bomoh kelapa dapat temukan

  5.  

    Kalau sudah lama terkubur di dasar lautan dalam, gimana cara mencarinya?

  6.  

    kalo sy punya peralatan sendiri, pasti akan bantu semampunya dg ikhlas tanpa pamrih, gak usah pake hadiah deh … khawatir hadiahnya cuman ngomonk doank

  7.  

    Agato paling kawatir kalau ongkos pengeluaran & sebagainya yg 1 triliun itu blm dipotong pajak yg sisanya dibagai ramai

    Hahhaahaaaa

  8.  

    Agato paling kawatir kalau ongkos pengeluaran & sebagainya yg 1 triliun itu dipotong pajak yg sisanya dibagai ramai

    Hahhaahaaaa

  9.  

    Pantesan saja M17 dirudal… siluetnya memang mirip dengan pesawat kepresidenan Russia

    •  

      Bentar, itu kan yg nembak MH-17 kan pemberontak Ukraina dukungan Rusia?? Masak iya mau nembak pesawat kepresidenan Rusia sendiri?? Jeruk makan jeruk dong. Hhhhhhhhhh

      •  

        Itukan tuduhan dari hasil investigasi barat… yang secara langsung menuduh pemberontak Ukraina dukungan Russia… bahkan bukti yang disampaikan juga tidak secara mutlak bisa membuktikan kalau pasti di lakukan pemberontak…

 Leave a Reply