Okt 122015
 
Super Hornet

Super Hornet

TNI AU menegaskan rencana pembelian Sukhoi Su-35 dari Rusia akan terus berjalan. Pesawat jet tempur generasi 4+ itu akan menggantikan skadron F-5 Tiger yang sudah digrounded.

SU-35 termasuk pesawat yang diakui cukup ditakuti oleh pihak NATO. Manuver, persenjataan dan radar milik pesawat pemburu itu akan membuat TNI AU makin bergigi di Asia Tenggara.

Negeri jiran Malaysia pun ternyata sedang melirik pesawat tempur generasi 4++. Mereka berniat mengganti pesawat F-5 dan MiG-29 yang sudah belasan tahun digunakan. Sejak awal tahun lalu, Tentara Udara Diraja Malaysia sudah mulai mencari pengganti dua pesawat jet tersebut.

Syarat pesawat generasi 4+ bukan lagi generasi 4 menjadi hal yang sepertinya mutlak. Apalagi kalau Indonesia benar-benar mendatangkan SU-35.

Yang cukup gencar menawari Malaysia adalah pabrikan Boeing dengan F F/A18E/F Super Hornet. Pesawat super canggih ini kini menjadi salah satu andalan AU AS yang terbaru.

Februari lalu, Boeing sudah resmi menawarkan pesawat tempur Super Hornet pada Malaysia. Mereka mengklaim Super Hornet sudah teruji tujuh tahun berdinas di AU AS, dan memiliki 1,4 juta jam terbang. Pesawat itu juga teruji di medan perang.

Bos Boeing yang menggawangi penjualan F/A18E/F, Howard M Berry, menjelaskan pesawat ini juga ideal bagi Malaysia yang memiliki garis pantai yang panjang. Super Hornet akan memiliki superioritas di udara untuk misi patroli dan pengintaian.

“Kami siap untuk tetap terlibat. Ini merupakan penjualan yang penting bagi kami dan akan melakukan segala kemungkinan untuk memfasilitasi Malaysia,” kata Berry kepada kantor berita Malaysia Bernama.

Apalagi kini Malaysia sudah mengoperasikan delapan pesawat F/A-18D Hornet. Boeing mengklaim tak butuh banyak perubahan bagi pilot AU Malaysia untuk naik kelas ke F/A18E/F.

Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak pun sudah menjajal terbang dengan pesawat berawak dua ini saat pameran Dirgantara di Langkawi.

Malaysia belum memutuskan. Namun pesawat pengganti MiG-29 dan F-5 ini diharapkan sudah datang tahun 2016 hingga 2020. Sejumlah negara pun menawarkan pesawatnya pada Malaysia. Seperti Dasault Rafale, Eurofighter Typhoon dan Saab JAS 39 Gripen D.

Persaingan jet tempur generasi 4+ agaknya akan ‘memanas’ di atas langit Asia Tenggara.

Merdeka.com

 

  146 Responses to “Malaysia Siapkan F/A-18 Super Hornet untuk Tandingi SU-35 Indonesia”

  1.  

    f35 siap terobos wilayah indon…

  2.  

    Ayo buat artikel (bagi yg bisa) f16 viper vs f18 superhornet menang mana? SU35 VS Superh0rnet menang mana?

  3.  

    ambil aja itu pesawat lon..malon lumaran untuk ngerudal pokok pisang

  4.  

    setujuh!

  5.  

    bukan mau bertanding DON … cuma.. mau mengimbangi.. mana lah tau .. satu hari kamu mau ceroboh .. at least we could put up a good fight.. 🙂

  6.  

    Tetangga yg baik itu kyk brunei trus mungkin pinoy. Gk panas walaupun Indonesia bli SU35 krn mrk mikir gk punya salah/masalah dgn tetangga. jd nya santai aj mrk. Beda klo sama yg punya salah/masalah. Pasti ketakutan trus buru” deh bli pespur buat pengimbang.

  7.  

    asik tuh tinggal colok USB kalau klimaks tinggal eject di hanggar….

  8.  

    Su hornet sdh batas ata kmampuan kinematik,jdi agak sush menang lwn su kalo hnya kinemtik faktor,stu satinya cara ya harus menang di pernika nya

  9.  

    Test masuk

  10.  

    Test keluar

  11.  

    seriously…. just shut up. every nation has their advantage and disadvantage

  12.  

    your mere existence is an insult to this site

  13.  

    Yonhap gemblung makan pisang dulu gih,biar gak banyak cakap.

  14.  

    Malon…. Malon…. Kami tak akan khawatir skalipun ente beli ICBM minuteman…. Ente budaknya inggris… Ingat… Ente itu budaknya inggris…, yang…. Jendralnya pernah kami gasak di surabaya… Sekalipun puluhan ribu nyawa pejuang kami melayang, tapi mereka dg hormat dan gagah menentang penjajah dan keberanian mereka adalah kebanggan bagi kami…. Sultan ente itu aslinya tukang cuci sempaknya ratu inggris….., negara ente di bangun dg menjilat kaki penjajah cz tak setetespun darah ente korbankan melawan penjajah… Yang ada ente mengemis pada penjajah agar mengirim SAS dan gurkha untuk melawan pejuang kami….
    Ingat… tunggu lah waktunya… Undang lagi itu si gurkha, tak clurit smua skalian

  15.  

    Slm…ada jugak org indonesia yg pinterrrr dlm membuat perbandingan produk…

    Pengalaman dari mig 29 & su30mkm membuat malaysia meneliti semula program mrca..hingga kini masih belum pasti sama produk mana jadi pilihan… kerana boeing dan sukhoi terlalu banyak kekurangan dari segi servis aftersale…

    Jd semua org2 indonesia…udah2 lah jgn mikirin perang aja om…bikin malu deh sama negara yg lebih superior…mereka disana tidak mikirin perang terus seperti anda…

  16.  

    Kagak moncer nih F35
    RUSSIA STROOOONG….!!!!!

  17.  

    walau apa pun indonesia pakai walausekalipun f22 raptor ….hanyalah mimpi di siang hari apa kamu lu dong yang indonesia suda lama di kenakan sekatan “embargo” dari PBB kerana konfrontasi indonesia-malaysia