Oct 162013
 

pistol_menyalak_Ilustrasi

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Fraksi PDI Perjuangan, Rieke Diah Pitaloka, kecewa dengan sikap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang tidak mengeluarkan reaksi apa pun terkait penembakan empat warga Indonesia di Malaysia. Padahal menurut Rieke, Presiden SBY seharusnya mengambil sikap tegas setelah rakyatnya ditembak di Malaysia.

“Menurut saya, apa pun alasannya, pemerintah SBY perlu mempertanyakan kepada Pemerintah Malaysia, apakah demikian prosedur penanganan terhadap orang-orang yang dianggap pelaku kriminal,” kata Rieke, dalam pernyataan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (16/10/2013) siang.

Anggota Komisi IX DPR ini menuturkan, kasus penembakan WNI di Malaysia telah terjadi beberapa kali. Pada waktu sebelumnya, tenaga kerja Indonesia asal Madura ditembak di Malaysia. Saat itu, Pemerintah Malaysia menyatakan peristiwa itu merupakan salah tembak, dan tidak ada sanksi apa pun, meski korban meninggal dunia.

Anggota DPR RI dari Fraksi  PDI Perjuangan, Rieke Diah Pitaloka (photo: pelitaOnline)

Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Rieke Diah Pitaloka (photo: pelitaOnline)

Atas dasar itu, Rieke mendesak Presiden dan jajarannya tidak terus-menerus tutup telinga dan bisu untuk menyikapi penembakan WNI di Malaysia. Bagi Rieke, permasalahan ini merupakan harga diri sebuah bangsa dan ia menuding Pemerintah Indonesia merupakan pelaku pelanggaran hak asasi manusia bila kejadian-kejadian tersebut tak disikapi dengan tegas.

“Ayo Pak SBY, daripada marah-marah soal Bunda Putri, marahlah karena rakyatmu ditembak mati di negara orang tanpa kejelasan kasus dan prosedural hukum,” tandas Rieke.

Berikut adalah catatan Rieke mengenai WNI yang ditembak polisi Malaysia hingga meninggal dunia tanpa ada pembuktian tuntas secara hukum bahwa korban penembakan merupakan para pelaku kriminal:

1. Tanggal 9 Maret 2005, empat TKI asal Flores, NTT bernama Gaspar, Dedi, Markus, dan Reni secara brutal ditembak mati oleh Polisi Diraja Malaysia.

2. Tanggal 16 Maret 2010, tiga TKI asal Sampang, Madura bernama Musdi, Abdul Sanu, dan Muklis ditembak oleh Polisi di Danau Putri, Kuala Lumpur.

3. Tanggal 24 Maret 2012, tiga TKI asal NTB, bernama Herman, Abdul Kadir Jaelani, dan Mad Noon ditembak oleh Polisi Malaysia di Port Dickson.

4. Tanggal 19 Juni 2012, tiga TKI asal Lumajang dan Sampang Madura bernama Sumardiono, Marsudi, dan Hasbullah ditembak oleh Polisi Malaysia.

5. Tanggal 7 September 2012, lima TKI asal Batam dan Madura bermana Jony, Osnan, Hamid, Diden, dan Mahno ditembak oleh Polisi Malaysia.

6. Terakhir, pada tanggal 11 Oktober 2013, empat TKI asal Batam, Yudi, Hery, Ikron, dan Hapatitu ditembak oleh polisi Diraja Malaysia di negara bagian Selangor. (kompas.com)

  31 Responses to “Malaysia Tembak Warga Indonesia”

  1. wedeeh..heran

  2. Permasalahan TKI tidak sesimple yang kita pikir, tapi yang pasti pemerintah kita tidak mampu memberikan pekerjaan dan penghidupan yg layak kepada rakyat indonesia, kemudian di malaysia persaingan kerja juga semakin berat, sehingga apapun bisa terjadi, kasus penembakan semacam ini bagi sebagian anggota dewan juga bisa dijadikan ajang kampanye gratis,

  3. ane gak tahu banyak soal TKI.
    tapi ada asap pasti ada api. mereka ditembak tentu melakukan pelanggaran. kalau mereka patuh akan peraturan di jiran, ane kira gak sampai ditembak.

  4. telusuri dulu sebab dan akibatnya ditembaknya warga indonesia di malaysia jangan menyalahkan presiden kalau sudah waktunya mau kampanye baru gembar-gembor agar salah satu partainya presiden menjadi buruk…sudah watak DPR bangsa indonesia yg begini kurang mendidik untuk masyarakatnya biar diadu domba…

  5. Politisi o’on… Gak bermutu…

  6. Mbak Oneng ini kerjanya apa ya?

  7. dr pd TKI d jadikan korban,mendingan tarik semua TKI dr malaysia…
    dan pemerintah lebih fokus buat lapangan pekerjaan d indo,dr pd sibuk ngurusi partai yg tdk ad ujung…

  8. Gaji anggota DPR tinggi, puluhan juta, kalau bener mau ngurusin rakyat kerja jangan setengah2.

    Itu daftar korban penembakan sejak 2005 mbok dilengkapi keterangan kasusnya apa (kriminal atau polisi salah sasaran), keterangan dari Kedubes apa, dst.
    Dan setiap ada kasus seperti ini ‘kan tidak mungkin Presiden langsung bereaksi, tunggu info lengkap dulu dari Dubes / Menlu.

  9. Inikan salah satu ‘obyekan’ polisi malingsia…

    Pasti:
    Jantungnya hilang.
    Paru-paru hilang
    Limpa hilang
    Mata udah berganti dengan kapas
    Dada udah dijahit.
    Isi perut, kosong melompong………

    Burung, udah terbang entah kemana…..

    Kenapa polisi kita engga ada menembak mati warga malaysia ya, selain si nurdin m markotop

  10. Kedubes di Malaysia ini kelihatannya paling sering terkena kasus korupsi ya?
    BTW salut buat temen2, tidak ada yang terprovokasi. Hebat..teruskan ah diskusinya.

  11. tki tembak mati kerena merompak guna pistol, jika di indonesia ada warga asing merompak pasti kamu tembakkan mati harus ingat setiap negara ada undang2, tiap warga dunia tak telepas dari undang2..lihat aje negara amerika ramai mexico dan amerika latin mati di tembak polis as kerena merompak, kelihatan parti PDI goblock2 bangat menpertahan perompak

  12. Anggota DPR yang ini saat ditanya wartawan TV pada tanggal 17 agustus 2013 kemarin adalah hari kemerdekaan yang ke berapa? Ternyata tidak hapal dan ngeles gak penting angkanya jawabnya…hadeh

    Selain diharapkan kita tidak terpancing
    Juga kita bisa berpikir JERNIH.
    Maksut dari eksplorasi informasi ini oleh polisi malaysia adalah sifatnya SHOCK TERAPY agar para bandit yang masih berkeliaran KEDER dan angka kriminilatas turun

    Ini SOP standart dari pihak kepolisian dan juga terjadi disini,.,Bila ada pengungkapan kasus kasus besar ataupun kasus atensi pasti akan di ekspose di media.
    Jadi jangan ketinngian chauvanisme dgn membela yang salah atau diduga berslah..

    Walaupun bisa jadi itu info diatas adalah salah satu bagian perang urat saraf bagi mereka.Untuk menaikan pamor kebangsaan dan nasionalisme malaysia dan mencegah dekadensi nasionalisme yang terjadi ditengah masyarakatnya..

    soo be wise

  13. Tuh kan cari masalah lagi ini malaysia, udah gak usah berteman musuh itu.. Nanti ujung-ujungnya ajak perang deh..

  14. kalau kejadian jaman mboke, pasti si o on bilang sudah ditangani.. walaupun kenyataannya enggak.

  15. Berita tadi pagi (disalah satu TV berita swasta): Dubes RI dengan sedan hitam berbendera merah-putih telah mendatangi Kemlu jiran untuk meminta penjelasan resmi terkait masalah ini.
    Mereka telah menjanjikan untuk memberikan penjelasan resmi dalam beberapa waktu ke depan.

    Jadi langkah yang perlu telah dilakukan, telah dilakukan. Untuk sementara gak ada lain dari menunggu.

    Yang minta SBY cuap2 itu gak ngerti prosedur standar hubungan antar negara…

    • Bagus lah kl gitu ,memang gak perlu Sby langsung sbener’a … mka’a yg gw quote kan yg sifat’a “mempertanyakan” ….ya kan ?!
      Kl di point “mempertanyakan” itu gw stuju , siapapun yg melaksanakan “pertanyaan” tsb….ya kl dsini emang tugas Dubes ataw Menlu.

  16. Bung Ahmad, saya kira pertimbangan seperti itu pantas dilakukan pada tataran diplomasi antar negara, tapi masalah reaksi rakyat Indonesia sah2 saja kok tidak mempertimbangkan hal tsb. Yang penting kan justru terlihat bahwa pola hubungan kita semakin rasional, dan masyarakat tidak mudah diprovokasi. Kita bisa membedakan mana kriminalitas mana provokasi. Mudah2an hal2 yang dulu sensitif, pelan2 mulai bisa diurai.

  17. Sudah lah bro , anda hanya akan di cap Chauvinist …percayalah.
    Saya jg mantau kok media Malaysia kyak :Malaysia Insider,CaryMy,Lowyat dll.
    Intinya penghentian pengiriman TKI ke Malaysia hrs dipercepat mnurut ane.
    Sbab kasian itu nyawa orang kita ( ane chauvinist gak kl bgini ?)
    Bahkan baca di berita, MALAYSIA menjadi negara destinasi tenaga kerja paling berbahaya di Dunia.
    Vietnam aja mengecam, dan mengancam Malaysia akan menghentikan pengiriman tenaga kerja seiring banyaknya kasus Penyiksaan, Pemerasan dan Pembunuhan di Malaysia thdp tenaga kerja mereka.

    Kejadian penembakan ini muncul setelah beberapa hari sebelumnya Menteri Malaysia berkata “Shot firts ask later” … kebijakan ini bahkan sempat dicounter sendiri sama warga mereka karena tdk menghargai Hak Asasi Manusia dan bertindak sblm ada kepastian hukum.

    Tentu kl benar2 NGAKU NGAKU NGIKUTIN BERITA MALAYSIA pasti tau kok .

    Sudah ah …. makin CHAUVINIS ane entar.

    • Ane setuju bro dengan usul penghentian pengiriman tki ini.
      Maren ntuh pas polisi malay gelar razia, dengan bantuan sukarelawan yang kejam itu, terjadi eksodus tki yang luar biasa meninggalkan malaysia.
      sempat terjadi kegunacangan pekerjaan infrastruktur di malaysia, karena 80% pekerjanya adalah tki.

      tapi, masyarakat ni, semakin dilarang semakin bernafsu untuk menjadi ilegal, hadoh… ga kapok2 nya warga kita ngadu nasib kesana.

  18. MAAF bung DESTU saya rasa koentar anda tidak rasional adapun yang sudah terjadi terhadap para TKI di sana tidak semua nya salah dari para polisi malaysia apa lagi pada TKI yang tidak resmi / ilegal.
    dan pemerintah kita pun sudah tegas mempertanyakan penyebab terjadi nya penembakan terhadap WNI melalui KBRI dan MENLU kitadi malaysia.

    harap jangan membuat provokasi atas orang yang awam tunggu saja hasil nya baru kita tau apa dan bagaimana pokok masalah nya.

    dan saya sangat setuju SBY tidak turun langsung dalam hal ini
    kalau perlu jangan di bela apabila sudah di nyatakan bersalah karna akan membuat para bandit kita yang berada di MALAYSIA jadi besar kepala merasa ada yang melindungi.
    untuk rieke diah fitaloka kan ada jajaran dari KBRI dan MENLU kenapa tidak menanyakan SIAPA YANG MENANGANI KASUS PENEMBAKAN WNI di malaysia jangan kecewa kalau SBY terlihat cuek.

    inilah DPR kita selalu aja menggunakan aji MUMPUNG
    padahal banyak tindakan mereka yang membuat masyarakat INDONESIA jadi terPROVOKASI

  19. klo jadi kepala negara saya akan prihatin… terus menggelar masing2 1 batere 18 pucuk astros II di pulau rupat, dumai & batam…
    peresmiannya akan ngundang menhan malasia & singaparno dgn hiburan tari pendet, reog & barongsai

    • Yupz… selain jadi pangkalan marinir, jadikan aja PLTN di pulau Nipah, jadi kalau PLTN nya bocor, singaporno duluan yang ngerasain radiasi nuklirnya.. wakakakk….

  20. Kita hrs jernih dan tenang dlm melihat kasus ini.jgn kayak sebagian politisi yg pura2 peduli TKI padahal cuma pencitraan

  21. setuju bung AYI apa lagi saat ini sudah memasuki jelang akhir tahun tentu banyak cara dari pihak yang bersangkutan untuk menggalang dukungan di PILPRES 2014.

  22. ak dukung tki di hentikan

  23. ahli politik begini yang bahaya. takut2 ahli politik ini ada agenda tersembunyi. bagaimana pula pekerja bank mati ditempak oleh security guard dari indonesia….?

  24. SR lgi ahh

  25. assalamualaikum wr.wb,saya ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada [AKI WOWO] atas bantuan aki.
    kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan [AKI WOWO] pula yang telah memberikan
    angka ritual kepada saya yaitu 4 angka dan alhamdulillah langsung tembus. sekali lagi makasih ya aki karna
    waktu itu saya cuma bermodalkan uang 200 ribu dan akhirnya saya menang. berkat angka gaib hasil ritual [AKI WOWO]
    saya sudah bisa buka usaha yaitu benkel mobil/motor dan toko sembako kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari
    sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hub/sms [AKI WOWO] di nomor hpnya: 085-328-880-180 dan
    ramalan AKI memang memiliki ramalan gaib” yang dijamin tembus|

 Leave a Reply