Mar 162016
 

Kuala Lumpur – Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein 14/3/2016, segera bertemu Menteri Luar Negeri Australia pekan depan untuk membahas ekspansi militer China di Laut China Selatan.

Hishammuddin mengatakan pemerintahnya akan menanyai China tentang janji mereka untuk tidak menempatkan peralatan militer di wilayah sengketa. Pada September lalu, Presiden China Xi Jinping mengatakan tidak berencana menempatkan peralatan tempur di pos-pos di kepulauan Spratly.

“Jika laporan yang kami terima dari berbagai sumber mengenai penumpukan dan penempatan aset militer di Spratly benar, ini memaksa kami melawan China,” ujar Hishammuddin, yang dikutip Reuters.

Hishammuddin memastikan juga akan bertemu Vietnam dan Filipina jika laporan ekspansi militer China di Laut China Selatan benar terjadi. “Malaysia tidak bisa bertindak sendiri dalam menghentikan tindakan agresif. Kami membutuhkan dukungan dari negara-negara ASEAN lain, dan saya akan terus mencari dukungan,” ujar Hishammuddin. “Penting bagi kita untuk menjaga keseimbangan, dan mengekang tindakan negara adidaya, apakah itu China atau Amerika Serikat.”

China mengklaim sebagian besar wilayah di Laut China Selatan. Kawasan ini merupakan salah satu rute perdagangan paling sibuk dan menguntungkan di dunia.

Baru-baru ini, China dikabarkan segera membuka penerbangan sipil ke kawasan laut China Selatan. China juga sedang memperluas pembangunan infrastruktur di sejumlah pulau dan karang yang berada di kawasan yang saat ini diperebutkan Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam.

Tempo.co

  195 Responses to “Malaysia Tidak Akan Tinggal Diam dengan Tindakan China”

  1. Lawan lonnnn

    • Weeeeee….iseng2dpt pertamak.untuk malon kami warga indonesia siap dukung usahamu lawan cina.kami dukung sepenuh hati dgn doa.katanya negaramu kan jaguhhh di kawasan.

      • Klo aku begini…Kita harus kerjasama dgn China. Kerjasama dgn China lebih menguntungkan drpd kerjasama dgn ASU. Biarkan Malon, Vietnam,dll merasakan gigitan sang Naga. Biarkan power mereka berkurang yg secara tdk langsung mengurangi kemampuan Malon meprovoke Indonesia. Yg akhirnya mengurangi musuh potensial Indonesia. Jgn terlalu berbaik hati dgn dibilang “bangsa serumpun” kita manut, ngalah pada akhirnya mereka berkhianat mencaplok Sipadan Ligitan dan provokasi2 lain yang sangat menyakitkan bangsa Indonesia. CHINA HARUS DIDUKUNG ASALKAN TIDAK MENCAPLOK NATUNA.!!! BRAVO CHINA….

        • Ide keren..

        • kerjasama ya dengan negara tetangga . kok dengan china , ga ada yg berhasil kerjasama dengan china semua keuntungan di ambil china semua …
          ikut melawan lah , kalo pemerintah terus2 an pasif ga akan ada dukungan secara politik dan militer dari negara lain
          jangan selalu bilang ga butuh , anggaran pertahanan aja di potong jkw 5% dengan alasan tidak ada perang .. gendeng
          semua negara berusaha menaikkan anggaran.militer dan kekuatannya malah kita merasa ga ada perang , kata kata apa itu ga ada perang

        • Gak mungkin bisa untung kerja sama dengan cina…. buktinya hampir seluruhnya barang cina tidak memebrikan kualitas yang baik…. keuntungan besar akan didapat mereka, kita akan gigt jari….

      • Lon lon. Jgn sok hebat deh. Ntr negara lo kena rudal dong feng tau rasa. Ntr lo kabur lagi ke indonesia dan minta perlidungan Tni.

        • @thompson @bang pitung bukan mslh China nya yg buat kita untung atau tidak untung… tp ingat negara yg konflik ma mereka… ngakunya negara sesama asean tp dmna posisi mereka saat konflik timor-timur, sipadan-ligitan… sbg sesama warga asean harusnya saling mendukung & membantu disaat senang maupun susah… bukannya minta tolong tetangga saat susah tp pas giliran tetangganya kesusahan ga dibantu malah dikerjain, dibully, dicaplok wilayahnya… “Ingat Tidak Ada Asap Klo Tidak Ada Api”

    • kwaaaaaakkk…kwaakk….kwwwaaaaakkkk…

    • Ente percaya si makin berani lawan china? Negara banci maling bgt mana ada yg percaya berani berjuang. Paling hanya bisa memanfaatkan perjuangannegara lain, entah itu british, australia, indonesia bahkan vietnam. Tapi dunia pastinya mengakui keberanian malon yang suka mencuri-curi itu loh. Khan makin negara maling jadi keberaniannya cuma mencuri doank. Mereka sdh tdk tahu malu lagi disaat sedang Maling.

    • rakyat indonesia mendukung penuh untuk menjual senjata produk indonesia ke malaysia,asal tunai….
      kalau ikut perang lawan china ogah ahhhh

      https://www.youtube.com/watch?v=jIHPFC-4FGE
      ha ha ha

  2. Indonesia ga diajak ya malon…

  3. Hantam mereka

  4. Dasar mental penakut..bicara KERAS setelah ngajak Australia..cerita Australia pasti ujung2nya British dan Group Commontwelthnya..coba teriak tantang China SENDIRIAN..@edisi beruk malon teriak ngajak2 temen2nya..

  5. hahaaa……. takut melawan sendirian… terpaksa cari kawan….
    pengecut….

    • mereka menguasao FIR krna punya SDA n SDM nya bung….

      • karena petinggi dan politisi kita telah di “pelicin” oleh singapura. Sejak era orba, utusan singapura tinggal bilang ” tinggal tanda tangan saja agreement ini, anda tinggal mengambil bagian anda di bank kami yang aman, ada account atas nama anda sendiri dan jumlah yang melebihi penghasilan anda sampai pensiun”.
        Pasti diteken, itulah masalalu dan olokan dari singapur inilah yang kami terima hari ini.

    • Vietnam dulu sendirian melawan USA sama Prancis, gak punya otak jg??

      Gak punya Otak kok bisa menang??

    • Ga perlu ente ingetin juga pemimpin kami sudah ngeh dari dolo2… Natuna diperkuat ga treak bwa2 Asean…. Urus sndiri sana ma raksasa sipit ga usah bwa2 Asean….katanya jaguh sedunia akhirat

    • Indonesia usir PENJAJAH BELANDA, PORTUGIS, JEPANG & SEKUTU JUGA SENDIRI..masih bilang bangsa sendiri ga pake otak MIKIR..soal FIR lbh karena mental pejabat kita aja yg korup bisa diuap..coba tanya rakyat Indonesia apa iya FIR mau diserahin pengelolaanya oleh Singapore..mikir…lagi pula target pemerintah sekarang 3 tahun lg harus dikelola sendiri…mikir

    • sian ini yindon… ops silap… ini indon dah meroyan dah.. hehehe

  6. Wkwkwk….

  7. wkwkwkwk…. ngga berani sendirian

  8. Tapi kita harus hati2 karena jika sampai malon menyerah maka cina akan jadi merebut hingga perairan natuna

    • Percayalah natuna tdk akan pernh di tebut china. China tdk mau berseteru dgn indonesia. Lebih baik dia berseteru dgn malon. Krn indonesia negara yg aset besar buat pasar mereka. Jumlah sda dan sdm kita jauh lebih drpd malon

      • yoi tanpa Indonesia ekonomi china bisa terseok seok….pedagang electronic dan smartphone lesu…makanya china berteman ama kita. cintailah ploduk ploduk china label Indonesia.

      • Natuna memang tidak akan direbut tapi bagaimana dengan perairannya yang termasuk ZEE kita? Kan yang dimasukan pada 9garis putus2 pun yang diklaim memang perairannya saja bukan pulaunya.

    • Mana berani China nyerang Indonesia. Mau kapal dagangnya sama kapal tangkernya dihajar RHAN kalo lewat selat Malaka, Selat Sunda, atau Selat Lombok gitu ?? Mau lewat mana coba. Lewat Terusan Panama kejauhan dan belum tentu dibolehin sama AS, muterin Indonesia sama Philipna ?? Ntar kalo udah nyampe selatan pulau Jawa juga dihajar 401/402. Mau apa coba ?? Mau lewat jalur darat lewat Pakistan ?? Minta aja Taliban dan Xinjiang buat nyabotase. Kasih aja SS2, SPR sama RPG 7 udah cukup kok. Yah sekali2 Kopasus maen kesana buat maen petasan truk tangkinya Cina. Hahaha

  9. Kirain sendirian taunya nyari temen,,,,lembik,,,,kah kah kah,,,malon malon,,,

  10. Malon mewek …huuuuuuu.. kacian deh luuu

  11. Haduw… Malon Negara Pengecut…, Malu maluin…, Berani menantang dan melawan China TAPI dengan Bantuan dan Belas Kasihan negara lain…

  12. beruntung ane gak terlahir di negara malon jhahaha

  13. Ini mah sama aj boong. Tereak” ke org sambil ngepelin tangan kanan tp tangan kiri nyari tiang buat pegangan.

  14. spratly sudah dibangun berbagai infrastruktur oleh cina. lalu tunggu apa lagi? langsung kirim su30 MKM pesawat paling canggih di asean (katanya mereka)…
    tidak usah banyak wan cin cong

  15. mental budak pengecut malon.. braniya kroyokan..ckckckck

  16. Test aja

  17. bung Colibri siap gak jd wasitnya, tp yg adil lho ya, warjager nonton & duduk manis aja, tp siapa aja yg nyerempet2 ke wilayah kita, senggol bacook.

    • Kalo urusan sama malingsia, daripada jadi wasit, mendingan ane ikutan nimbrung walo ga dibayar bung…. kalo perlu ane yg keluar duit !!!… kwwwaaakkk…kwaaakkk…kwaaak…

  18. Kita bangsa indonesia tidak takut dngn bangsa mana pon.. 1 penjjah 1 sukarelawan.. Kami masih berdarah keturunan eyang soekarno… Klo Udah Gk ad jalan runding.. Perang jln 1-1nya..

  19. Yakin berani lawan china.??? Sekelas US saja mikir” mo nyerang china,apalagi cuman sekelas malon + Aus..dagelan apalagi ini.??? Hahahahaha….

  20. lha baru bangun tidur ni mbalondog
    negara vietnam ma negara philipina sdh protes dan persiapan perang lha ini kecamatan baru protes sdh gitu ngajak” negara lain
    ngemeng” mslh kekangan, gk sadar tuh kecamatan masih masuk persemakmuran brithis, pake sok” menjaga kesimbangan dan mengekang china ma asu lg

  21. negara yang joint di dalem Fpda. negara yg kurang ajar sama indonesia.

  22. Ayo lon hajar china…. Awas ntar kepleset kulit pisangmu sendiei lon….. Xixixiiiiiii

  23. numpang ketawa aja buat malon. wkwkwk

  24. nonton sinetron beruk malon.

    sambil ngopi.. hehehee…

  25. itumah pemimpin malayalaynya aja supaya keliatan berani dimata rakyat ,dengan harapan partei nya kepilih lagi..padahal udah keropos di hantam issu korupsi terbesar di semenanjung..

  26. cuma cari simpatik saja kah kah kah kah

  27. awak2 dri indon tak mungkin malaysia nak minta bantu indon yg lemah tak guna negara besar mmbantu kepentingan asean..kita tak susah boleh gabung australia.selndia.british.amerika.awak suka kita punya negara hancur..apa guna dikawasan tak boleh bantu..kita tak nak takut kerana kita selalu bersama..

  28. mereka menguasao FIR krna punya SDA n SDM nya bung….

  29. Kita bantu Brunai saja.

  30. Malaysia Tidak Akan Tinggal Diam Tapi akan ” TINGGAL LARI “

    • Numpang bung @nyimak….

      AYOOOO lon hajar china, kamu PASTI BISAAAA LOOON…..!!!!!

      kamu PASTI BISA hancur porak poranda.

      Dan kami siap MEMBANTU menyatukan sabah dan serawak ke pangkuan NKRI lon.

      Saatnya bilang Tubi Tukiyem……wkwkwkwwkwkkkkk

      Emang mantep dagelan malon.

      • Awak besar cakap indonpun lemah lembek apa kata jepun indon lembek..negara besar tapi tak ada berani kecik power..

        • http://jakartagreater.com/patung-jenderal-soedirman-di-tokyo/

          tengoklah pahlawan pejuang kami Jendral Besar Sudirman,

          Tokyo – Masyarakat Jepang ternyata sangat menghormati Jenderal Soedirman. Sampai ada patung sang jenderal dibangun di depan Kementerian Pertahanan Tokyo.

          Patung Jenderal Sudirman yang terbuat dari perunggu setinggi sekitar empat meter di halaman Kementerian Pertahanan Jepang merupakan satu-satunya patung pahlawan asing yang ada dan dipajang di Jepang. Ini merupakan fenomena yang unik dan sekaligus pula merupakan keistimewaan bagi Indonesia.

          Pada tanggal 17 Agustus kemarin ada upacara kecil di sana. Kelompok Masyarakat Jepang Pencinta Indonesia melakukan upacara peletakkan karangan bunga di depan Patung Jenderal Sudirman.

          berkacalah malon yg sok jaguuh kah kah kah malon bangsa pengemis…

        • Ngomong naon ari sia lon…..!!!!
          Gunakanlah bahasa indonesia yg baik dan benar karena anda berada di wilayah indonesia lon….!!!

          Bahasa malon belepotan,lidah gw jadi keseleo,nyesel baca coment malon,gelo sia mah lon.

    • Awak penakut seperti negara awak..poor country
      .

      • Kalo utk bantuin malon…. Iya… Indonesia ikhlas jadi penakut….

        Karena ga ada faedahnya bantuin bangsa yg tidak kenal budi dan biadab macam malon….muahahaha

      • Tetap ajh bung malon kaga bakalan mudeng wlw si kasih sumber terpercaya.krn malon paling jaguh bung,apalagi ada berita kaya gini otaknya langsung soax bung…hihihihiiiiii

      • klw g salah ini kan neng @wenny yg baik hati dan tidak sombong dan rajin menabung……ko jadi jahat begini sih neng….???!!!!
        jangan jangan nih si neng wenny salah konsumsi makanan….hadeuuhhhhk mulutnya dadi kotor kaya kena air comberan begitu.

  31. wihh beruk malon minta bantuan kangguru buat ngadepin naga..
    nguyen aja berani sendirian.. katanya jaguh?? xaxaxaxaxa

  32. This is not our war but we must be prepare for it

  33. Blm tentu china gak klaim laut natuna. Indonesia ga usah sekutuan sm china, krn klaim china ditentang internasional. Perkuatlah ketahanan nasional semua aspek, utk melindungi kedaulatan neg.

  34. Yaelah,,, ngrengek ke Aushit, kirain mau ngehajar sendirian….

  35. Jgn urusin negara lain…
    Indonesia Kita sndr aja blm beres”…

    mn ada negara yg benar” baik…
    Indonesia Kita dr dulu juga slalu di’remeh’kan negara” lain….
    dr negara kcl sampai negara” besar khusus amrik + Jepang + Aussie + Malaysia….

    Mendingan Indonesia Kita persiap’kan diri utk men’jaga segala kemgkinan yg akan ter’jd….

    sampai skrg, apa prnh Jepang minta ma’af dgn Perempuan” Indonesia Kita….

    Begitu juga dgn Amrik yg se’enak perut’x sndr msh mau men’dikte Indonesia Kita…

    Kita butuh pemimpin” yg berani ber’sikap & ber’tindak….
    Khusus’x utk negara” luar yg jelas” punya niat culas & jahat…

  36. malon malon malon
    majulah….
    kami tahu, inilah kehebatan tentara diraja malaysia yang tak dimiliki TNI
    https://m.youtube.com/watch?v=Y9CoFXokxz8
    HUAHAHAHHAHAHAAAAA :(( :((

    • @tejdo teruk…awak macam tahu sahaja pasukan elite kita…tak semua awak tahu..tentera awakpun tak boleh kuasa kat sini..tengok ligitan bukti tentera awak lembek tak kuat…

  37. Berani dengan nusantara pengen dipotong kupingnya sama kayak jaman majapahit….tul kan mbah bowo

  38. indon ni jahat..sama dengan awak2 semua..hilang satu pulaupun takut kenapa negara awak tak nak jaga..itupun kita sah nak punya pulau..aoa pasal awak tak bantu asean..takut china tak kasih wang ya..kasihan indon semua made in china sampai pekerja asingpun dari china tak pandai nak buat kereta cepat..

    • Emang malon bisa bikin kereta cepat.? Emang malon ga jahat sama Indonesia.? Kenapa kami membenci malon.? KARENA MALON ITU JAHAT….

    • Kebetulan masalah kereta. Malon pernah pesen gerbong ke PT.INKA kalo tidak salah -100 gerbong. Jd siapa sbenernya yg ngak bisa bikin? Kwkwkw..

      Lebar antar rel kereta kalian 1’1 Meter kan??
      Wkwkwkw.. Masihkah anda akan mengeyel?
      Oiya lon, boggi yang dipasang di semua kereta api malon adalah bikinan china.. IRONY….!!!!

  39. Judulnya aja sudah jelas kok bahwa malon tidak akan tinggal diam, alias tinggal ngacir ambil langkah seribu, terkencing kencing lari sembunyi di bilik temenung.
    Malon bangsa bual, jaguh kongkek doank.

  40. anak buah si najb koar koar. haibat benar perang lawan china . british pun belum tentu kuat lawan china . yang jelas cari simpati buat pilihan raya 2017. takut si rosmah dirogol samo hung ya ? xixixixi

  41. ikut komen,bukan meremehkan tentara diraja malaysia(mau tudm,tldm,pasukan cadangan rela mencapai 500rb)biarpun malay ikut aliansi dengan negara2 arab saudi.konteks lcs merupakan laut komplek dengan alussita mumpunin cm 2soperne dan berapa kaprang canggih juga angkatan udara cuma su30 dan f18hornet versi lama tidak akan mampu melawan armada selatan china(diperkirakan 20kasel eletrik/nuke disini,kaprang destro/frigate mencapai kurang lebih 20an,belum kapal lain22nya)belum ratusan tipe pesawat tempur,ada 4-6skadron pespur china disini(sparly/paracel) saja pelayaran lcs sudah tidak segampang/sebebas2 dulu.(pebandingan tentara pla ada +-350.000rb dan ditambah 12rb pla marinir di bagian wilayah selatan melingkupin armada selatan,guangzhou comand,tp kebanyakan ini menghadapin taiwan hehehehe,membandingkan kekuatan malaysia 110.000pasukan)

    aliansi fdpa masih berlaku ngk ya?,kalo berlaku sepertinya perlu bantuan nich amrik serikat dan inggriss untuk membackup man power,setahu aliansi fdpa dulu membendung komunisme,dan invasi indonesia,sekarang konteks sudah usang karena diutara kekuatan terus menambah arhanud,kaprang dan pespurnya.

    china belum membangun batere dan skadron dekat dengan malay,brunei maupun indonesia(peraira dekat natuna)arhanud,skadron baru dekat dengan wilayah vietnam.jd kalo melihat kepentingan lebih dekat wilayahnya

    opini pribadi kalo salah dimaafkan saja

    salam damai selalu sekalian absen:)

  42. Yg jadi pertanyaan su-30 MKMnya masih ada gak? jangan2 karatan krn terlalu lama di simpan dihanggar nya…liat dong sukhoi TNI-AU apapun misinya dan semahal apapun biaya operasionalnya tetep sukhoi Indonesia menjadi tulang punggung menjaga wilayah udara NKRI, punya Sukhoi canggih kok cuman dielus-elus saja apa sayang krn keluar duit nya….hehehe PMnya saja duitnya Jutaan Dollar di rekeningnya kok takut mengeluarkan sukhoi sekedar hanya utk patroli…dalam satu tahun ini SU-30 MKM hanya terbang saat hari HUT malasia

    • Aaah awak macam tahu aja kat sini..you sahaja su masih boleh kita punya..masih ada jaga siapapun boleh hempaskan..su 30 kita tak sama dengn su awak indon..

      • Simple saja buktikan lah….berapa kali sukhoi canggih milik TUDM terbang sekedar utk patroli ato latihan dalam tahun 2015? Mig awak juga sudah tua, Hornet gak tau nasibnya..bolehlah awak bilang Sukhoi TUDM paling canggih tapi kalo hanya diem dishelternya buat apa, mo pamer? soal pamer2an liat donk RSAF hehehe baru punya A-400m baru saja sudah janguh padahal landasan yg bisa didarati A-400 hanya ada DiKL, serawak, dan kinabalu saja, punya tentara airbone gak entar punya A-400M hanya utk antar tentara dari sabah ke serawak saja? Ato antar pisang dari serawak ke KL saja

  43. Keren bgt, SU30MKM, produk bagus harus jujur d puji

  44. Kalau Udah ga kuat, lambaikan tangan Ke Kamera Lonnn…. ga usah nangis macam anak kecil gitu.. jaguh kok cengeng.. kah kah kah

  45. Wkwkwkwkwkwk
    Askar paling jaguh sedunia tapi masuk hutan bawa maggy dan coca cola takut kelaparan.
    Malon negeri paling jagung cakap sedunia

  46. itu derita lu looon, cuciaaaan!!

  47. @harimau malaya..bang tak nak layanlah macam tu budak2 indon angkuh and arogan..kerana indon tu miskin tak boleh beli senjata canggih mereka takut nak perang..malaysia masih boleh bang..dont scare together we can do it..!!

  48. SU 30 MKM dan F18 Malon katanya paling canggih. Tapi kenapa gak pernah terlihat terbang. Dari sumber kementrian pertahanan malon mengatakan, negara tidak mampu membiayai operasional pesawat. Terutama penyediaan BBM nya. Yang lebih tragis lagi beberapa pesawat sukhoi dan hornet sudah tidak ada Engine nya lagi. Hilang dicuri. Dan beberapa pesawat lg sudah tidak ada kursi lontarnya akibat keseringan pilot molon eject kursi lontar sebelum pesawat berjalan.
    Hasil investigasi, mesin yg hilang dicuri oleh pilot malon sendiri utk dijual ke vietnam sebagai suku cadang.

  49. Malaysia tu lemah sangat,,,,saking lemahnya sampe minta bantuan Australia,,padahal diseRang pun belom,,,eh Lon sadar dikit apa kalo ATM tu lembik sangat,,,gak dibanggain angkatan bersenjatamu itu,,,disini ATM cuma kami anggap sekelas hansip,,sekali lagi malon ITU lemah…

  50. haiiiiiii indon…!!Malaysia will not give up we will not ask for help your country the country also was not able to help us remember we are still friends behind..australia.british.selandia and amerika…not important by us…

  51. Itu pasti Mak…..kah kah kah

  52. malaysia terlibat perang LCS awal dari lepasnya sabah-serawak dan brunei mengambil sebagian dari tanah yg diambil british . menyisakan semenanjung yg bankroll devisa yg minus 300 peratus . semoga doa colibri jadi benar rakyat kerajaan jadi manusia perahu

  53. Di Syria grafiti “your turn Doctor” bisa memicu perang saudara 5 tahun dan 11jt terpaksa mengungsi. Di Malaysia, memprotes pemerintah bisa dipenjara 5 tahun. Di Indonesia persatuan dan kesatuan bangsa terjaga baik dalam kebebasan demokrasi Pancasila yang dewasa.

  54. negara ga punya moral banyak cakap ni negara saye

    • Hahahahahh

      Kasih info sikit

      Sebulan lalu temen aye aang mayor muda datang ke pabrik panter di prancis. Liat pesanan yg sudah mo diambil

      Hehe ada tapi tanpa publikasi

  55. ulasan anak2 kecil semuanya……
    yang bener kapan perang terjadi masing2 merinding tercirit2 ketakutan kok lebih2 lagi keyboard warrior di laman blog ini…

  56. bitch please.. 1945 jepang menyerah kan diri china merebut kembali tanah mereka yg dijajah (manchurian), indonesia melawan sekutu untuk memperjuangkan kemerdekaannya, kerjaan kau malah mempersilahkan inggris untuk datang menjajah kembali That u call “we r never surender” hahaha…
    Very super duper extra IRONY..
    Ngak percaya perkataan saya? Coba sebutkan kapan Malaysia merdeka dan dengan apa mereka merdeka?

    • Saya suka “bitch please” nya bung…. Cucok bangget utk melon….

    • HAHAHAHHAHAHAHAHAHA !!!!! (Nusuk ke jantung) greget!!! . Ane ga bisa jawab om

      • @Potret ya memang gitu bung keadaannya. Itu akal2 supaya bangsawan kerajaan mereka tetap bisa berkuasa dan dapat uang. Sampai skr malaysia bentuk negaranya monarki konstitusi seperti UK tp bedanya UK berbuat sebisa mungkin biar rakyatnya pintar dan makmur, tp dimalon keadaan terbalik siapa saja yang hidup di sana (orang malon, buruh migran, dsb) cuma jadi sapi perah. Sayangnya mereka sendiri tidak tau karena media dibatasi.
        Pengalaman pribadi sih bung tp keliatanya emang kayak gitu, dan satu lagi orang malon sangat rasis..

  57. Indonesia sejak baru lahir sudah di doktrin “jangan lupakan sejarah”
    Jadi sampai kapanpun rakyat indonesia tidak akan pernah lupa pada dosa2 malaysia atas Indonesia….
    Salam dari warga baru

    • Salam kenal juga bung Daeng Metal, selamat bergabung……

      Maaf kalo sambutannya kurang berkenan, karena di jkgr sedang terjadi huru hara.. xixi…

  58. “Malaysia tidak bisa bertindak sendiri dalam menghentikan tindakan agresif. Kami membutuhkan dukungan dari negara-negara ASEAN lain, dan saya akan terus mencari dukungan,” ujar Hishammuddin.

    KWAAAAKKK…KKKWWWAAAAKKK…KKKWWAAAKKKKK….

  59. “Malaysia tidak bisa bertindak sendiri dalam menghentikan tindakan agresif. Kami membutuhkan dukungan dari negara-negara ASEAN lain, dan saya akan terus mencari dukungan,” ujar Hishammuddin.

    KWAAAAKKK…KKKWWWAAAAKKK…KKKWWAAAKKKKK…….

  60. Kita sebagai negara yang besar harus membantu negara se-ASEAN termasuk M*****SIA, jika perang terjadi Sabah dan Serawak akan menjadi sasaran utama ekspansi PLA, PLA akan menyerang M*****SIA dari UTARA dan TNI akan menyerang M*****SIA dari SELATAN.

  61. Tidak tinggal diam dalam arti segera menggambil langkah 1000 😀

  62. JANGGO# sudah eeq dulu aja sana pak biar gak tegang

  63. Untung ane kagak lahir di tanah malon…. Bisa 2 malu tujuh turunan ntar + turun beruk jadinya….. Xixixiiiiiii

  64. Dapat disimpulkan bahwa malon negara paling jaguh dan heibat dlm mencari bantuan shaja……
    WKWKWKWKWK

  65. Malon tak peduli apa omomg tetangga, Malon tetap spesis special karena di asia ras malon yg menganggap diri sendiri paling jaguh di kawasan, berikut ungkapan responden :
    Malon itu = Manusia bloon
    Malon itu = Dajjal
    Malon itu = Otak Mesum
    Malon itu = Katak dalam Tempurung
    Malon itu = Otak Yahudi
    Malon itu = Budak Tante Eli
    Malon itu = Biang Kerok kejahatan
    Malon itu = Bandar Narkoba

  66. wah waaah..budak malay jadi beneran gila inimaah..
    saya tengok kebelakang dibalik rumpun pohon pisang..terdengar suara keras melolong menahan perih laksana ribuan pedang menghujam sanubari seperti merasakan sakiit tak berperi..mata merah nanar mencurahkan air kepedihan ,hidung meleleh mengalirkan penderitaan tiada akhir …sungguh ..memilukan bagi yang menyaksikan…….( tu bi….tukanyut )

  67. malon obatnya diminum dulu sana.biar rilex,kalo masih belom tenang minum sianida aja biar tenang lon….bhahaha

  68. ini malon cacat kali yak otaknya,di bully kaga kapok apa yak….ahhhh cekokin sianida juga nih…

  69. indonesia perang melawan penjajah selama 350th, tanpa meminta bantuan pasukan tempur negara lain, itu bedanya malay dengan kita, usahanya beda, tekadnya beda, semangatnya beda dan yang jelas hasilnya beda

  70. Cuih mana mampu malay nantang china, 80% ekonomi malay dikuasai china blind,,, mau bubar tu negara malay ekonominya,,,, ntar petinggi army dan goverment di service ama cungkk juga melek melek….

  71. Hilangkan malon dari peta dunia..

  72. wahai si malon…emang lu bs apa….nangkep beruk botak aj kagak becus…mangap2….tangkep tu sibotak….

  73. tidak akan tinggal diam maksudnya apa Lon?? tinggal lari atau tinggal teriak ke mama elly?

  74. Kesian – Kesian – Kesian .. Malay hak zee nya dah diambil china, tanpa bs berbuat apa2. Kualat krn perbuatan nya thd Indonesia.

  75. maloooonnn ohh malonn teruk sekali nasib kau ni wkwkwkkk

  76. kira” malon kuat perang berapa jam ya..?? lawan china

  77. “Jika laporan yang kami terima dari berbagai sumber mengenai penumpukan dan penempatan aset militer di Spratly benar, ini memaksa kami melawan China,” ujar Hishammuddin, yang dikutip Reuters.

    KWAKKKKKKK…KWAAKK…KWAAAAAKKK..KKWWAAAAKK..

  78. Sebaiknya malon harus ambil hati orang orang indonesia,biar kalo diserang cina rakyatnya bisa tenang mengungsi di mari jangan malah songong

  79. opo yo wani lawan china…..????

    kl susah ingat teman…..kl makmur dikit sombong…

    kl mw hancur…sokooooooorrrrrr…..

  80. Hahahhaa PASPIKE…….Hahaha

  81. Kita hrs fokus memperkuat diri sendiri…Jgn lupa mencari kawan sepandangan utk membantu diplomasi. Indonesia bukan bangsa sembarangan, juga bukan bangsa ecek2…Ingat & yakin itu !!! Yg penting kita jgn mudah diadu domba.

  82. kabar terbaru mereka minta hibah alutista australia dan pelatihan dari australia. bukti ego mereka masih tinggi

  83. Xixixixi….. Xixixixi….. Wk wk….

  84. sepertinya malaysia ingin pamer armada tempurnya demi ikut menjaga keseimbangan kawasan….
    namun memangnya malaysia punya modal apa …berani unjuk gigi..di-LCS…..!! ! !! ! !!

  85. selama ini kalian kemana LON MALON…semua kawasan ASEAN sibuk dengan LCS kalian di bilik termenung kah…pa dengan koar koar gini kredibilitas bangsa malon naik daun…wkwkwk..ketinggalan kereta

  86. Jelas gak mungkin perang lah. Soalnya waktu mau perang Abdul halim akan memaksa siapaun PM’a untuk merelakan LCS ke cina atau jangan2 malah menyerah & ganti majikan baru (ekonomi malon sangat bergantung sama china lho lon..) biar si Abdul halim tetap punya uang & berkuasa mutlak. Kayak yg dulu2 itu..

  87. Kok ngadu ke mama eli dulu?kok minta bantuan?kan dah paling jaguh di kawasan?knp ga langsung face to face sama pejabat china langsung? Coba liat Indonesia begitu ada kabar natuna mau di caplok langsung di bahas saat kedatangan pejabat perwakilan china dan skaligus china klarifikasi soal isu natuna masuk wilayah zee mereka?hayoo mana yg jaguh…

  88. Si yono beruks malon gila tahap gaban gara2 nimbrung dijkgr wkwkwkwkwk

  89. “Malaysia tidak bisa bertindak sendiri dalam menghentikan tindakan agresif. Kami membutuhkan dukungan dari negara-negara ASEAN lain, khususnya Indonesia” 😉

  90. Selamat menikmati tidur siangmu jiran. ……….
    Vietnam borong senjata, filipina melobi us dan jepang, indonesia mengirim kapal perang ke natuna. Malasia??????

    Sebelum bermimpi, tengoklah dulu sikit:

    Jumlah penduduk malasia: 30 jt
    Jumlah penduduk indonesia: 250 jt
    Jumlah penduduk cina: 1,3 milyar!

    Jika terjadi perang, malasia hanyalah hidangan pembuka yg habis sekali hisap oleh cina!

    Pakcik … pakcik…, jelas2 menteri hisam sibuk cari sokongan dr negare2lain, kau kate takde masalah pun?! Ni pasti kau lah terkene virus bilik termenung!

  91. maklum sesama aliansi fpda.. kerjasama deh dia sm aussiee. wkwk malon2x..

  92. Kalo bner2 berani, coba tempatkan Su-30MKM yang lu punya ke kepulauan Spartly.
    palingan juga dirontokin sma J-10 & J-11 Cina :v

  93. ya amplop, yang komeng banyak amir, hampir semua menjelma jadi jemaah bung @colibri 😆 mantap dah bung @colibri

  94. Prediksi ane malaysia vs china cuman 15 menit aja untuk china mengibarkan benderanya disana.
    Salvo ratusan rudal permukaan dari spratly ke malaysia udah cukup,kagak ada kesempatan ngebales tuh sih malon.

  95. Meskipun ketinggalan berita.
    Ijin ngakak dulu bung sambil pegang si @Colibri takut beruknya ngamuk.

    Xixxixixixixixixixixxixi…. 😀

  96. sadar lon..
    dikirim dongfeng terbaru lenyap kau..

  97. Sakit kan lon jika perairan negara sendiri di caplok negara org lain…

  98. bera sekornya buat INDONESIA vs m*****a

  99. malingsial tidak akan tinggal diam malon pasti lekas lapor sama majikannya oma british,,,
    sebab itu malon selalu setia sama oma elly tuannya si malon,,
    selamanya malon di burit british

  100. sikat semua etnis cina sekalian tki indon

  101. Perjuangin dulu demokrasi lon untk demokrasi aja ga ada nyali apalagi war. Paling maen coc

  102. Yg jelas LCS akan menjadi milik china. Cara apapun yg digunakan tdk akan berpengaruh.
    Penalarannya gini.
    Cara militer : Sekuat apapun lobi negara yg terlibat tdk akan ada negara kuat yang akan 100% membantu perang melawan china, perang melawan china berarti perang sangat sangat brutal.
    Cara diplomasi : Bagai mana bisa anda akan membuat negara pemegang hak veto (china anggota DK tetap PBB) untuk menyerahkan wilayahnya ke negara lain?
    Khusus negara kita Indonesia China sudah mengklarifikasi soal garis putus2 yg ada di ZEE natuna dan china berjanji akan membuka pembicaraan soal perbatasan tersebut.
    Lets think realistik bro.. (Tp saya masih berharap naga supaya menampar beruk, paling ngak supaya beruk sekali2 dapat pengalaman perang biar klo bicara soal perang ngak songong kayak2 perang cuma maen (tembak sana bom sini) saja.)

  103. Menghina negara lain apa untungnya?
    Dan kalau kita berkata yg baik2 apa ruginya?

  104. “Malaysia tidak bisa bertindak sendiri dalam menghentikan tindakan agresif. Kami membutuhkan dukungan dari negara-negara ASEAN lain, dan saya akan terus mencari dukungan,” ujar Hishammuddin

    MALON : KEJARLAH DAKU, AKU AKAN LARI TERKECING KENCING

    HUAHAHAHAHAHAHAAAAAAA

  105. Aku dari Malaysia. Aku membaca semua komentar dalam ruangan ini. Ternyata mesej yg dinyatakan dan disampaikan mengkritik pemerintah negara termasuk mengkritik Malaysia. Seharusnya kalian semua bersatu menyokong negaramu …bersatu menyokong usaha pemerintahmu ..komander tenteramu . Aku menyokong usaha kerajaanmu kerana BERANI mempertahankan tanah airmu..perairan mu dari dicabul di masuki negara lain. Jika kamu asli indonesia seharusnya kamu menyokong dan berada dibelakang pemerintah mu. Bukan mengkritik. Lihat saja keberanian Pemerintahnya Turki. Kamu Indonesia majoritinya penduduk Islam wajib bersatu dan bersama komuniti cina Indonesia juga wajib mempertahankan negaramu. Janganlah kamu saling mengkritik rakan jiranmu ttangga Malaysia. Kita semua harus bersama dan bersatu. Hidup Indonesia !!! Hidup Malaysia!!!

    • Ha ha ha .. ngajak bersatu atas dasar islam???????. WK WKWK WWWKKKKKK…
      TRUS DIMANA DASAR ISLAM WAKTU MALINGSIANG MENCAPLOK PULAU / WILAYAH NKRI KAMI??????…..
      BISA JAWAB MALING?????????….

  106. Sok atuh tunjukin .jangan jadi pengecut.cuma bisa profokasi…tunjukan kekuatanmu pada dunia sampai dimana

  107. Ha ha ha haaaaaa….. sebenarnya akui saja kalau malingsiang HADIAH ATAU HIBAH DARI INGGRISSSSSSS….
    WKWKWKWKWKWKWKWKKKKKKKKK..
    KASIAN KEMERDEKAAN SI MALINGSIANG TANPA KERINGAT DAN DARAH .. HANYA DARI BELAS KASIHAN…. WKWKWKWKKSKSKSKSKWKWKWK…..

 Leave a Reply