Malaysia Uji Coba Rudal Ingwe dari AV8 Gempita

Panser AV8 Gempita Tentera Darat Malaysia (TDM) yang diproduksi Deftech dibawah lisensi © Malaysia Defence

JakartaGreater.com – Tentara Darat Malaysia (TDM) melakukan uji coba penembakan sistem rudal anti tank berpemandu laser Ingwe buatan Denel Dynamics yang berbasis di Afrika Selatan dari atas kendaraan lapis baja AV8 Gempita, seperti dilansir dari laman Malaysia Defence.

Hanya portal Berita Tentera Darat Malaysia (BTDM) yang meliput latihan perang yang termasuk penembakan tiga varian lain dari Gempita, yakni AFV30, IFV25, dan RWS. Sebuah varian pengintai Gempita yang dilengkapi dengan akuisisi target Vintaqs II dan sistem pengawasan juga terlihat saat latihan.

Sistem pengawasan Vintaqs II ini terpasang pada Gempita kedua. Antena radar Squire mendominasi tiangnya. Sistem Vintaqs II Gempita juga dilengkapi radar pengintaian darat, Tales Squire untuk mendeteksi/melacak serta mengklasifikasi target darat yang bergerak.

Rudal berpemandu anti tank ZT35 Ingwe buatan Denel Dynamics © Darren Oliver via Wikimedia Commons

Spesifikasi Rudal Ingwe:

  • Berat: 28,5 kg
  • Diameter: 127 mm
  • Panjang: 1.750 mm
  • Penetrasi: hingga 1.000 mm (dengan ERA)
  • Jangkauan: 250 – 5.000 meter

Dilansir dari IHS Jane, BTDM menyatakan bahwa dua kendaraan AV8 Gempita ATGW terlibat dalam uji coba, yang di persenjatai dengan senapan LCT-30 GI30 kaliber 30 mm buatan Denel serta dilengkapi dengan sepasang peluncur kotak di setiap sisi turret yang berisi rudal Ingwe, namun tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Gambar dalam acara menunjukkan bahwa varian pengintai AV8 Gempita ini, dilengkapi dengan sistem akuisisi target Vingtaqs II buatan Rheinmetall dan sistem senjata kendali jarak jauh (RCWS) 7.62 mm.

Sedangkan varian IFV 25, dilengkapi dengan meriam Bushmaster kaliber 25 mm yang dipasang pada turret FNSS Sharpshooter juga ambil bagian dalam pengujian dengan BTDM yang menyatakan bahwa penembakkan senapan RCWS 25 mm, 30 mm, serta 7,62 mm juga telah dilakukan.

Tinggalkan komentar