Aug 312014
 
image

Malaysia-US Amphibious Exercise 2014 (all photos : MyJointForce)

KG TANDUO, Malaysia -Pasukan Amerika Serikat dan angkatan bersenjata Malaysia secara resmi membuka Latihan Amfibi Malaysia – Amerika Serikat 2014 di Kg Tanduo, Malaysia, 26 Agustus.

image

Latihan MALUS AMPHEX 2014 yang direncanakan selama rentang beberapa bulan, dirancang untuk meningkatkan kemampuan pasukan Amfibi dan inter-operabilitas.

image

Sekitar 500 Marinir dan pelaut dari unit 11th Marine Expeditionary akan bermitra dengan anggota 7th dan 22th Royal Malay Regimens. Sejumlah kecil pasukan dari Squadron amphibi Five dan pasukan amphibi dari Pulau Makin Amphibious juga akan bermitra dengan Angkatan Bersenjata Malaysia.

image

Komandan MEU 11, Kolonel Matthew Trollinger, mendorong para peserta untuk menggunakan latihan sebagai kesempatan belajar satu sama lain dan bekerja sama.

image

“AS dan Malaysia telah menjalin hubungan militer sejak lama dan kami sangat berterima kasih untuk membangun tradisi ini selama minggu ke depan,” kata Kolonel Trollinger.

image

Pelatihan dengan Angkatan Bersenjata Malaysia termasuk sosialisasi kapal, kemampuan medis dan dental, pengenalan senjata, latihan amfibi dengan konektor kapal-ke-pantai, latihan jarak menembak, proses perencanaan respon cepat, pelaksanaan serangan amfibi dan pendaratan, dan pemulihan.

image

Militer AS dan Angkatan Bersenjata Malaysia telah bermitra dalam operasi kontra-terorisme sejak tahun 1985 dan telah berpartisipasi dalam berbagai latihan selama bertahun-tahun.

image

Malus AMPHEX 14 adalah latihan yang realistis dan menantang yang membuat peserta lebih dekat dan meningkatkan kemampuan kedua negara untuk bekerja secara bilateral, dan lebih baik untuk memberikan keamanan regional dan global. (US Marines).

  83 Responses to “Malaysia-US Amphibious Exercise 2014”

  1. yes

    • Coba perhatikan kwalitas jalan raya di malaysia dg di pinggiran jakarta apalagi di sambas, bengkayang, sanggau kapuas hulu, kutai barat, malinau sampai nunukan…..kita memang satu hal melupakan fungsi infrastruktur untuk pertahanan…..

      • Bener bung .. sepert operasi militer di sabah .. jalan rayanya sangat bagus di picture2 .. tp yg paling pasti tentara malaysia sangat malas , waktu latihan bersama tni .. mereka berkemah pake tenda kek mapala tni pake bivak .. semangat juangnya kalah .. tetep semangat TNI

    • lebay… kita ga punya senjata nuklir ya……….tiap gram uranium yang dpakae di BATAN diperiksa IAEA ya…….. kita juga gaka punya punya sentrifugal untuk pengayaan uranium kayak punya iran….. kita cuma punya rreaktor 30 Mega watt… itu pun blum pernah dipake maksimal, paling banter 10 MG watt….untuk bikin sumber radioaktif saja

  2. loro

  3. telu

  4. borong

  5. Persiapan pembentukan pasukan marinirnya malaysia kah?

  6. pd kmana neh yg laen ????

  7. sepertinya hanya untuk percontohan bagi malingsial membentuk pasukan marien.

  8. biasa az kgx kren

  9. mal-us mkn mesra aja neh.
    ada apakah???

  10. Artikelnya bung diego ddiposting pukul 08.31 wib, baru muncul disorong pukul 10.50..kalau gini gimana bisa pertamaks?? tapi lumayan masih 10 besar..

  11. Selamat pagii semua
    Ko ga ada sangar”nya yahh..terlalu biasaaa, di indonesia mungkin sekelas kumpulan petualang off-road,mauu buat pasukan marinir kah si upin ini?

    Salam

    • sekolah buat jd merin dmelon lbh baik dpindahkan sja ke TADIKA MESRA…nak ktemu upin ipin ma’il,,memei dkk…yg melatih cikgu jasmin & atuk dalang…
      bijimane??

  12. bacanya nanti,,,yg penting absen dolo…:D

  13. Pic yang terakhir Humvee kejebak lumpur yah?

  14. Sambil sarapan nyimak dulu…Hovercraft nya besar banget Landing Craft Air Cushion (LCAC) us marine juga dibawa latihan bersama juga

  15. Melatih anak SD dgn melatih anak SMA terasa beda,,
    Memang lebih patuh anak SD, tp kwalitas nya berbeda,,, saat melatih anak sma, yg kadang kala mengalah kan gurunya sendiri,

  16. awal dari pembentukan laskar basah kuyup malaysia…..
    belajarlah dari ahlinya

  17. us marine latma ma tentara malay…
    us army latma tni ad….
    trus tni au latma ma sypa ne?

  18. ping

  19. hovernya keren. kapan yak kita punya tuh barang. dikasih 4 biji caesar, radar punya pt len, pansir 12 biji ama 1 sotong per hover bakalan serem tuh barang kagak usah beli battle cruiser dah. itu aja nyang di banyakin. satu kogabwilhan 2 skadron (kali aja ada nyang denger nih, hovernya buat sendiri kan udah bisa)

    • Iya bung setuju, kelihataanya cocok buat kita, menghemat waktu pendaratan. Denger2 kita dulu pernah mengembangkan macam ginian ya (anak kampus sukolilo)…………….? Salam NKRI

      • Duluh industri dalam negri sudah mampu membuat dan bekerjasam sm TNI untuk membuat barang sperti ini, tetapi karna sang atasan tidak mencintai produk alutsista dlm negri yg dianggap tidak safety karna belum mendapatakan uji kelayakan maka orang yg menandatangani kontrak tersebut di ancam dan produsen pembuatan hovercraf cuma 5 unit, padahal harga dan kwalitas sangat memuaskan usernya

        Lagi2 ada udang dibalik rempeyek 😀

  20. iya dulu waktu dan sarkem di latgab pasti kalah kalo kita punya ini

  21. aduh telat…ah US sejatinya hanya ingin mengukur kekuatan militer m’sia aja. lain ama TNI yg penuh misteriiii hi..hi..hi..

  22. Ntr gk bisa mndarat di pantai… Siapin ambulans

  23. TOP ! Tambah gahar aja nih Malaysia, kayaknya US Marine aja acungin jempol dan hormat sama tentara RMN, blom lg kalo Gowind Class dkk udah pada masuk barisan, tambah lagi HQ-16, ama JAS Gripen dan T-50 Pakfa. WAH, 2 jempol untukmu yg dipertuan agung….!!!

  24. Penguatan militer indonesia yg signifikn tlh mnydrkn malon utk mewaspadai kita,hal ini terbukti dg mngintensifnya latihan militer cprti marien military.Mkanya jgn Angkuh n sok Pendekar malon..Kmi dprbtsn jg mrsa sneng militer kita kuat terbukti malon ckrg mulai ramah n brfkir ulang mngusik kedaulatan kita g cprti dulu2nya..Mf analisa org yg brbtsn langsung n siap dslhkn…

  25. Liburan bos hari minggu

  26. Biasanya dalam latihan Jungle & Survival dgn Marinir TNI-AL, prajurit US Marinealam banyak yg pingsang. Tapi latihan kali ini, bs jadi prajurit ATM yg pingsan. Hehehe..

    • kalo dua2ny pd pingsan…lbh baek udahn aja latihanny…noh gda yg tau ini.. :mrgreen:

    • tapi pelik akb…. sungguh pun kalian kata tentera MY kurang pengalaman .. lemah .. tapi apa yang pelik latihan .. sebegini u.s tetap lakukan nya dgn malaysia.. hermm .. this make me wonder.. kenapa tidak dgn negara yang hebat di rantau asia ini seperti indonesia .. kenapa yeah..??

  27. Tambah gahar, dihormati ?
    Wak yonhap@ becakap tu biar betol !?
    Tentera Marine ATM takde ape-apenye, kelakar adelah. Kalau latihan ketenteraan dengan Marinir TNI-AL sudah pasti tak larat.
    Hehehe..
    Dari aspek ketenteraan marine, tentera marine Malon ni macam budak-budak TADIKA je.
    Kalau nak dibanding dgn Marinir TNI-AL secara kuantiti jauh sekali perbezaannye.

    Wak yonhap@, awak ni kn jangan belagak pulak nak becakap pakai loghat Indonesia, nak menyamar pulak kn. Malaysia dan Indonesia tu berbeza dalam berbahasa, bertutur, becakap.
    Lagipun bahasa melayu Malaysia yang sekarang tak lagi dapat dikatakan benar-benar bahasa melayu, karna dah banyak becampur. Yang betul asli adalah melayu Riau-KEPRI. Kebudayaan melayu sebenar juga terdapat di Riau-KEPRI, tanah melayu sebenar juga adalah Riau-KEPRI dengan begitu pusat kebudayaan melayu sejati juga bukan di malaysia tapi di Indonesia yakni di Riau-KEPRI.
    Maknanye, awak ni dah malu ye bertutur dalam bahasa kebangsaan awak sendiri.

  28. Menggelikan!
    Terus terang sya paling benci liat org yg sllu jumawa, memandang rendah bangsa lain dan membangga2kan tentaranya. Mau lembek skalipun tentara malay, klu disuport peralatan perang canggih yg ada kita yg kolaps bila tempur. Sberapa hebatpun skill prajurit TNI atau pnya ilmu kebal skalipun, tetap sja ga akan memberi banyak efek dipeperangan modern, apalagi perang terbuka bukan gerilya.
    Tentara negara lain udah pake drone, satelit gps etc dlm stratregi perangnya. Kita msih pake taktik tradisional. Yg ada blum smpai mendekat wilayah msuh, udah rontok duluan karna nongol dilayar monitor mereka..

  29. Monitor mane Wak Nyubie@ ???
    Jika terjadi perang dgn Malon, Saye yakin masih dapat menyusup ke Semenanjung. Saye tau dimana tempat-tempat yang aman untuk mendarat di Negeri Johor.

  30. kenapa sih masih berfikirnya menghina saudara sendiri..biarlah si malay mau latihan dengan asu…yg penting tidak menggangu kedaulatan NKRI…yg terpenting jangan sampai diadu domba sesama saudara sendiri ingat politik yg menjiwai nenek moyang kita selama 350 tahun…?berfikirlah yg matang saudara*ku…

  31. menggelikan kan juga masa moto pasukan kuhusus nya mirip banget sm RI.kata2nya mirip banget sm plang yg di batujajar..hadeuh negara tetangga ini sebenernya suka sm kita atau kurang ide…?

  32. ewas hovercraftnya guling pak!! wkwkwk

  33. Malaysia, Vietnam Thailand dan Singapore, are the best…dalam hal keseriusan (ga plin-plan dan omong besar) dalam pengadaan Alutsista…kita harus hormat dan berani belajar dari mereka….

  34. amerika sedang mengajarkan anas TK

  35. mau unjuk gigi,tapi apa daya,gigi nya palsu,mau tunjuk kemampuan,karena gak mampu akhir nya numpang sama asu

  36. ni jatahnya bung yayan untuk berbagi pengetahuan

  37. 38 hadirrr

  38. Pak SS kan dah bilang klo militer kita dah setara negara eropa umumnya..lha kok masih ributin si ipin upin…

  39. Knp lokasi yg dipilih kampung Tanduo? Latihan sama USA tujuannya hny perang urat syaraf sj untuk menakut2i teroris pengikut sultan sulu/jamalul kiram apalg jamalul kiram didukung pemberontak filiphina selatan MILF.
    Smp skrg ATM msh ketakutan sm serangan ala gerilya pengikut Jamalul kiram.apalg pengikut jamalul kiram mengubah taktik lewat serangan yg licik ( culik dan lari ) .lokasinya jg sngat dekat dgn pulau2 kecil di filiphina selatan.ATM blm mempunyai Tentara Marinir yg mumpuni apalg komando lintas laut.lihat saja ATM ngurusi sabah khususnya sebelah timur saking takutnya smp menerapkan keadaan darurat.kelihatannya ESSCOM sdh tak mempan.boleh dibilang ESSCOM itu menyerupai DOM di Acheh.Dlm hal ini ATM msh malu2 belajar dari Yonif RIDER kita gimana caranya Nggebug gerilyawan.Dan percayalah ATM tidak akan bisa tidur siang malam karena rongrongan “askar sultan sulu” tidak akan berhenti mengganggu “kemolekan perawan sabah” apalg didukung pemberontak MILF yg beranggotakan 100.000 pengikut dari Mindanao yg akan menyaplok Sabah.Salam

    • inilah pertanyaaa yang terlintas dlm pikiran saya, kenapa harus kampung tanduo ini bung yah?.
      bukankah sudah di preteli kemaren,….
      menariknya juga…. pesan ini mungkin untuk negara2 yg mendukung askar sultan sulu?
      ngomong-ngomong ada g peran indonesia, brunei dan filipin atas konflik kemaren?

  40. aku males ama artikel malaysia bikin mendidih..
    ayo malon beli semua alustista yg canggih ,perkuat tulangmu ,perkuat gigi mu ..sebelum kami mendatangi rumah2 mu dan ambil semua yg kamu miliki..ehehe

    ngemeng2 apakabar mercu suar datu ,,apa udah di bongkar pak !!
    jadi ingat..kapan ya di bongkarnya,,
    waduh..bergerak – bergerak !! ini yg ngak aku demen ..

  41. mudah2an pak muldoko nggak lupa janji untuk membongkarnya (kalau belum) ..

  42. askar marin malaysia nak memberi ilmu survival kepada askar us. Dunia dah faham dengan kehebatan askar malaysia dalam peperangan hutan

  43. Hebat apa nya?sdh tdk ada yg hebat,sebab yg hebat sdh dikirim ke britain untuk jaga gerbang dan membersihkan kamar mandi ratu.

  44. filing 3 thn lgi akan meldak

  45. wah … walaupun aku nih org malaysia .. tak pernah pulak melihat data dgn peratusan sebegitu.. mungkin buleh @ivoy boleh share dari mana maklumat sedemikian rupa buleh diperolehi… atau cuma saudara ivoy megagak sahaja..

 Leave a Reply