Nov 022019
 

Su-35 Tiongkok (foto : Su-35twitter)

JakartaGreater.com – Dalam beberapa bulan terakhir, Turki mengumumkan rencana untuk membeli sistem pertahanan udara S-400 canggih Rusia, sebuah keputusan yang membuatnya kehilangan kesempatan untuk membeli pesawat tempur utama Amerika Serikat, F-35.

Sejak itu, spekulasi telah merajalela tentang platform pesawat tempur apa yang akan dibeli Turki sebagai gantinya, dengan rumor awal menunjuk pada pesawat tempur generasi kelima Su-57 Rusia. Desas-desus ini didukung oleh Rusia yang mengumumkan rencana untuk akhirnya memproduksi Su-57 secara massal setelah sebelumnya tertunda, tetapi pengumuman baru-baru ini menunjukkan bahwa Turki sedang mencari untuk membeli Su-35 yang lebih tua, tetapi kemungkinan lebih mampu, lansir Sofrep.

Meskipun kurang fitur siluman seperti platform generasi kelima, Su-35 telah disebut-sebut oleh banyak orang sebagai pesawat tempur generasi keempat yang paling mampu di planet ini – yang menjadi jet tempur paling berbahaya yang dimiliki militer Rusia dan Cina.

Sekarang, dengan Cina, Rusia, dan Turki yang semuanya ingin menerbangkan Su-35 dalam operasi tempur, tampaknya patut ditanyakan, seberapa baik Su-35 dibandingkan dengan platform pesawat tempur Amerika Serikat?

Apa yang membuat Su-35 berbahaya?

Pesawat tempur Su-35 sebenarnya hanyalah Su-27 era Soviet yang sangat diperbarui, tetapi jangan biarkan itu menipu Anda. Su-35 dilengkapi dengan kerangka yang lebih ringan, avionik yang diperbarui, dilengkapi persenjataan termodern, dan kemampuan mesin vektoring 3d – menjadikannya salah satu pesawat tempur paling akrobatik yang beroperasi di dunia saat ini. Su-35 pada awalnya dibangun sebagai fighter pekerja keras Rusia selama 2010-an, cukup lama hingga Su-57 yang lebih canggih mulai operasional, tetapi Su-35 telah terbukti sangat mampu sehingga beberapa kesalahan pendanaan yang berkurang akhirnya dialokasikan untuk Su-57. Tentu saja, yang lain berpendapat bahwa alokasi ulang dana sebenarnya karena Su-57 adalah program yang sangat bermasalah.

Sementara Su-35 adalah platform yang lengkap dan mampu, dengan kemampuan vectoring dorong yang membuatnya menjadi lawan yang menakutkan dalam pertempuran udara-ke-udara. Masing-masing mesin turbofan AL-41F1S kembarnya dapat berputar ke arah yang berbeda secara independen satu sama lain. Itu berarti pesawat benar-benar dapat melakukan manuver aerodinamika yang tidak terduga. Satu-satunya pesawat tempur di gudang senjata Amerika yang dapat menyamai kemampuan ini adalah F-22 Raptor.

Mesin vektoring memungkinkan Su-35 untuk terbang dalam satu arah sementara hidung pesawat bisa diarahkan ke sudut yang lain. Kemampuan ini memberi Su-35 angle of attack yang sangat tinggi – memungkinkan Su-35 untuk membidik pesawat musuh sementara musuh tidak memiliki harapan untuk membalas tembakan. Tentu saja, melakukan manuver seperti itu mengurangi kecepatan dan tenaga pesawat tempur, tetapi berkat akselerasinya yang sangat baik, Su-35 dapat dengan cepat berakselerasi hingga kecepatan Mach 2,25 pada ketinggian tinggi – jauh lebih cepat daripada F-35 namun sebanding dengan F-22.

Bagaimana itu adil dalam pertarungan melawan pesawat tempur generasi 4 dan 5 lainnya?

Sementara Su-35 tidak memiliki fitur siluman, Su-35 menggunakan sistem jammer elektronik Khibiny L175M yang membuatnya sulit dikunci dengan sebagian besar persenjataan anti pesawat. Sedangkan radar IRBIS-E pasif (PESA) dikatakan agak berhasil melawan platform stealth, tetapi juga dianggap lebih mudah untuk dideteksi dan di jamming daripada sistem radar buatan Barat yang sebanding. Su-35 juga dilengkapi sistem penargetan OLS-35, yang bergantung pada sistem infra-red search and track (IRST) yang bisa menimbulkan ancaman lebih besar terhadap jet tempur siluman seperti F-22 dan F-35.

Su-35 setidaknya setara dengan pesawat tempur generasi keempat terbaik yang dimiliki Amerika Serikat tetapi apa artinya bagi platform generasi kelima seperti F-35 dan F-22?

F-35 dibangun dengan penekanan lebih besar pada kemampuan serang udara-ke-darat daripada udara-ke-udara, tidak pernah dirancang untuk dapat melakukan akrobat superioritas udara. Sebagai gantinya, F-35 bergantung pada fitur siluman dan sensor radar AESA yang kuat yang memungkinkannya untuk melihat pesawat tempur musuh sebelum musuh menyadarinya. Yang memungkinkan F-35 untuk menembak jatuh Su-35 sebelum pilot Rusia bahkan tahu dia dalam masalah.

Namun, jika F-35 terlibat dalam duel jarak dekat dengan Su-35, F-35 akan mendapat masalah. Su-35 lebih cepat, lebih bermanuver, dan membawa lebih banyak senjata daripada F-35.

F-35 memiliki kesadaran situasional yang jauh lebih besar dan akan sangat licin ketika menyangkut penguncian pesawat tempur musuh dengan senjatanya.

 Posted by on November 2, 2019

  23 Responses to “Mana Lebih Baik untuk Turki, F-35 atau Su-35?”

  1.  

    Karena udh ada s400 kynya Turkey lebih baik beli su35 dr pd tetap beli f35..
    Alasannya karena f35 itu akan memakan biaya yg besar dr perawatan yg sepertinya belum sempurna,sepertinya f35 di terbitkan dlm keadaan tdk sempurna soalnya tiap negara yg membeli banyak kompenen yg harus dibuat standar negara itu kaya jepang/Israel mengumumkan ada perubahan dlm f35nya..
    Kalau emang butuh yg stealth y beli aja su57 lebih murah..(-) pesawat shukoi cuma bahan bakar aja lebih boros selebihnya ok aja dan perawatannya agak murah tp kualitas bagus

    •  

      Saya rasa Turki tetap memilih F 35 bung…
      Karena Turki ikut bagian dlm pembuatnya bnyak komponen F 35 yg di buat di Turki.. Selain itu.. Turki lebih me. Butuhkan pesawat stealth dibandingkan su 35 yg msh tertangkap radar.. Utk melakukan penyerangan tanpa terdeteksi musuh

  2.  

    Klw arhanudnya s400 ya sekalian aja peasawtnya su35

  3.  

    Sudah tentu su 35
    😀

  4.  

    Terkadang yg dipilih bukan berarti harus yg terbaik, turki sudah banyak mengeluarkan uang untuk program f35 dan turki juga banyak memproduksi komponen f35 sehingga mereka akan terus memperjuangkan f35′ selain alasan tersebut dengan mendapatkan f35 turki jg punya kesempatan tuk mempelajari bagaimana cara meaklukkan teknologi satelth, jd mustahil mereka melepaskan f35,,,setelah mereka bisa memastikan bisa mendapatkan f35 ada kemungkinan besar mereka juga kan membeli su35 dan su57.

  5.  

    saking licin nya f35 sampai sujud di tanah tanda bersukur bs sampai dgn selamat sampai tujuan.

    •  

      Kelemahan f35 adalah terlalu banyaknya perangkat lunak sehingga tingginya tingkat radiasi yg mengganggu kinerja mesin, badan f35 yg kecil membuat jarak antara mesin dan pusat2 perangkat lunak menjadi terlalu dekat sehingga radiasi yg besar yg dihasilkan banyaknya perangkat lunak yg tertanam membuat mustahil dipecahkan’ solusinya cuman satu yaitu mendesain ulang f35 agar lebih besar tp efeknya akan lebih ramping jg wajib mengembangkan mesin yg jauh lebih mampu karena berat pespur bertambah atau membuatnya duble engine dan ini jelas tidak diinginkan oleh us karena ini jelas masalah apabila si pembeli kelak bentrok dengan us seperti kasus f14 iran,,,intinya siapa pun yg beli f35 adalah negara goblok karena ini pespur sangat bermasalah dan sangat mudah ditaklukan us bila kelak bentrok dengan us, us jg gk goblok memberi f35 yg sama dengan yg mereka pakai’ f35 yg dipakai us aja bermasalah dan jatuh sehingga marinir us lebih memilih f15 ketimbang f35, jd siapa pun yg mengagung agungkan f35 ane pastikan tu manusia oon tidak bisa menggunakan pikiran rasionalnya secara sehat.

  6.  

    buat turki si amer pasti mengeluarkan kartu truf nya.yaitu kartu dua pasal.
    pasal 1 si amer tdk pernak bersalah
    pasal 2 kl si amer punya salah ya kembali ke pasal 1.
    alias akal bulus

  7.  

    f35 blm tentu menang dengan mig 21

  8.  

    lawan sekmbang cm mig 15

  9.  

    mngkn sm mig 29 kalah tuh f35

  10.  

    F35 cukup dilawan super tugino

  11.  

    Konon F35 israel bisa masuk jauh ke dalam wilayah Iran tanpa terdeteksi….fitur siluman yg mumpuni klo benar beritanya.

  12.  

    Mau f-35 atau f-22 nggak ada apa apanya dibanding si super tukino

  13.  

    Apa kabar suka 35 Indonesia, takut embargo mbah amer akhirnya batal datang. Pak Prabowo juga sudah diundang makan siang di Washington. Apa mau di kata kalo pada akhirnya si vampir yang datang

  14.  

    Perduli amat! Turki mau beli apa
    😎