Manchester United Kalahkan Liverpool di Piala FA

20210125 manchester united liverpool

Jakarta, JakartaGreater – Bruno Fernandes membawa Manchester United mengalahkan Liverpool dalam putaran ke-4 Piala FA lewat golnya yang mengunci kemenangan 3-2 di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, pada Minggu waktu setempat atau Senin 25-1-2021 WIB.

Fernandes yang baru masuk pada menit ke-66, mencetak golnya melalui eksekusi tendangan bebas yang cermat dan melaju kencang tak terjangkau kiper Alisson Becker di area tiang jauh pada menit ke-76, dirilis Antara.

Gol itu melempangkan langkah MU ke putaran kelima Piala FA menghadapi West Ham United yang kemarin sudah lebih dulu lolos melewati tim strata ketiga Doncaster Rovers, demikian catatan laman resmi FA.

Sejak awal, laga di Old Trafford sudah tampak lebih menarik dibandingkan pertemuan ke-2 tim dalam laga Liga Premier Inggris di Anfield sepekan yang lalu.

Pada menit ke-18, Mohamed Salah membawa Liverpool memimpin dengan sontekannya melewati atas kepala kiper Dean Henderson untuk menyelesaikan umpan terobosan Roberto Firmino.

Namun, keunggulan itu tak bertahan lama sebab 8 menit kemudian Mason Greenwood mencetak gol untuk menyamakan kedudukan bagi MU.

Berawal dari sebuah serangan balik yang klinis, Marcus Rashford mengirim umpan silang menawan ke lini pertahanan Liverpool yang berlubang dan bola terlalu tinggi untuk disundul James Milner sehingga jatuh di hadapan Greenwood yang menyelesaikannya dengan tembakan bagus ke area tiang jauh.

Skor imbang itu bertahan hingga turun minum dan kerapuhan lini belakang Liverpool kembali harus dibayar mahal 3 menit memasuki babak ke-2 ketika Rashford membawa MU berbalik memimpin 2-1.

Gol itu tidak lepas dari blunder yang dilakukan bek muda Rhys Williams, ketika ia gagal menyapu bola dan memberi kesempatan Rashford menusuk ke dalam kotak penalti sebelum menyelesaikannya dengan sepakan yang tak mampu dihentikan oleh Alisson.

Liverpool berusaha keras untuk membalas tetapi peluang sempit yang diperoleh lewat umpan sundulan Roberto Firmino tidak bisa diselesaikan sempurna oleh James Milner yang melesat di hadapan kiper Dean Henderson pada menit ke-58.

Akan tetapi hasil tendangan gawang dari peluang itu berujung blunder para pemain MU yang gagal membangun serangan dari belakang dan bola direbut oleh Milner di tepian kotak penalti.

Milner meneruskannya kepada Firmino yang segera melepaskan umpan tarik kembali dan gelandang gaek itu membiarkan bola bergulir melewatinya untuk disambar oleh Salah untuk menyamakan kedudukan 2-2.

Gol itu melecut semangat para pemain Liverpool dan Salah mendapat peluang untuk meraih trigol pada menit ke-67 tetapi tembakannya terlalu lemah dan mudah dijinakkan oleh Henderson.

Peluang yang terbuang itu terbukti krusial belakangan, sebab lini belakang Liverpool kembali melakukan kesalahan saat Fabinho melanggar jatuh Edinson Cavani tepat di garis kotak penalti.

Hasil tendangan bebas yang diperoleh MU dihadapi dan dieksekusi dengan sempurna oleh Fernandes untuk membawa Setan Merah kembali memimpin 3-2.

Sejak itu, Liverpool kesulitan menciptakan peluang berarti untuk bangkit dan akhirnya harus meninggalkan Old Trafford dibayangi rekor buruk 100 tahun tak pernah menang di sana dalam ajang Piala FA.

Leave a Reply