Manfaatkan Ban Bekas, Korem 044 Palembang Kembangkan Cat Anti-Radar

Barang bekas ternyata tak hanya bermanfaat untuk kehidupan rumah tangga, namun juga dapat berguna untuk kepentingan militer. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Kolonel Punto dari Korem 044 Palembang, Sumatera Selatan.

Sejak bulan Mei lalu, Kolonel Punto melakukan pengembangan untuk mengubah ban bekas menjadi bahan cat antiradar. Dengan menggunakan teknik khusus, Ia terus melakukan ujicoba terhadap penemuannya tersebut.

“Ide dari Komandan Korem Kolonel Punto. Diambil dari ban bekas, dibuang kawat-kawatnya. Lalu kita proses,” ujar Kasi Ops Korem 044 Palembang, Letkol Wahyu dalam Rakornis TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Balai Samudera, Jakarta Utara, Rabu (24/8).

Letkol Wahyu menjelaskan bahwa serbuk cat antiradar itu berwarna hitam karena berasal dari ban bekas. Ia optimis bahwa jika satu bangunan atau kapal diolesi benda tersebut, maka radar musuh tidak akan bisa mendeteksi. Menurutnya, bangunan yang diolesi dan kemudian dicoba dideteksi dengan sebuah sinyal sonar, reaksinya justru menolak sinyal.

“Ini menolak sinyal. Baru kita uji pakai sinyal kita, pakai radar sonar,” ujar Letkol Wahyu.

Kasi Ops Korem 044 Palembang itu mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pengujian terhadap penemuan cat antiradar tersebut sebelum diperkenalkan kepada Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal Mulyono.

Sumber: okezone.com

Tinggalkan komentar

Most Popular

Komentar