Mantan Penjaga Kamp Nazi Dihukum Lima Tahun Penjara

Mantan penjaga kamp konsentrasi Auschwitz di selatan Polandia, Reinhold Hanning, divonis lima tahun penjara oleh pengadilan di kota Detmold, Jerman. Hanning adalah seorang anggota tentara SS di Auschwitz tahun 1942 hingga 1944.

Persidangan terhadap Hanning telah dimulai sejak bulan Februari 2016.

Pria berusia 94 tahun itu, dinyatakan terlibat dalam pembunuhan terhadap 170.000 orang ketika menjadi penjaga di kamp konsentrasi Nazi Jerman itu. Hanning didakwa menjadi bagian dari Nazi yang membantu melakukan pembunuhan massal.

Dalam persidangan, Hanning mengaku mengetahui peristiwa tersebut tetapi tidak bisa mencegahnya.
Dikutip dari kantor berita AP, sebelum persidangan, Hanning sempat meminta maaf kepada korban Nazi dan menyatakan ia malu bekerja untuk organisasi kriminal.

“Saya malu bahwa saya menyaksikan ketidakadilan dan tidak pernah berbuat apapun terhadapnya dan saya minta maaf untuk itu. Saya sungguh-sungguh minta maaf,” kata Hanning.

Namun permintaan maaf Hanning tampaknya tidak cukup mengobati luka keluarga para korban. Keputusan pengadilan yang menghukum lima tahun penjara juga dirasa belum memuaskan mereka. Bagi para penggugat, kasus pembunuhan massal yang dilakukan Nazi harus diungkap demi generasi mendatang.

Kamp Konsentrasi Auschwitz
Kamp Konsentrasi Auschwitz

Nazi dinyatakan telah membunuh 1,1 juta orang di Auschwitz, yang kebanyakan dari mereka adalah bangsa Yahudi.

Pengadilan terhadap mantan penjaga kamp konsentrasi Jerman ini bukan yang pertama. Tahun 2011, John Demjanjuk, divonis empat tahun penjara karena aktivitasnya sebagai pekerja di kamp konsentrasi Nazi.

Tahun 2015 lalu, pengadilan Jerman juga menjatuhkan hukuman empat tahun penjara kepada Oscar Groening, berusia 94 tahun, atas dakwaan membantu pembunuhan sedikitnya 300.000 jiwa di Auschwitz. Groening dituduh sebagai orang yang bertugas menghitung uang yang dirampas dari para tahanan di Auschwitz.

Tinggalkan komentar

Most Popular

Komentar