Jul 172017
 

Drone tempur CH-5 Rainbow 5 buatan China. © Bai Guolong

Modifikasi massal untuk kendaraan udara nirawak CH-5 atau Rainbow 5, menyelesaikan uji coba penerbangan di Provinsi Hebei, China Utara, menurut Kementrian Pertahanan China, seperti dilansir dari Defence Blog.

Kendaraan udara nirawak CH-5 ini dapat melakukan misi pengintaian, pengawasan, patroli, pemosisian target dan serangan, menurut pengembangnya. Drone tempur dikembangkan oleh China Aerospace Science and Technology Corporation (CASC).

CASC telah meluncurkan drone CH-5 upgrade yang lebih besar dalam China Airshow pada bulan November 2016 untuk pertama kalinya.

“Kami telah melakukan sejumlah modifikasi setelah debut pertamannya, dan fungsi komprehensifnya termasuk yang terbaik di dunia”, kata Shi Wen, kepala insinyur proyek drone Rainbow di China Academy of Aerospace Aerodynamics.

Drone tempur CH-5 memiliki lebar sayap 21 meter dan mampu membawa hingga 1.000 kg peralatan. Pesawat udara nirawak tersebut dapat bertahan di udara selama 60 jam, dengan jangkauan lebih dari 10.000 kilometer, tambah Shi.

Drone tempur CH-5 Rainbow 5 buatan China. © Bai Guolong

Selain untuk keperluan militer, drone CH-5 juga dapat digunakan untuk tujuan sipil seperti survei sumber daya alam, perlindungan maritim, survei bencana, untuk penegakan hukum kelautan dan tanggap darurat.

Shi Wen menambahkan bahwa mereka akan melakukan lebih banyak penerbangan uji coba dan mungkin menambahkan perubahan yang baik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Kami yakin ini akan sukses di pasar domestik dan internasional, “tambahnya.

  2 Responses to “Mantap, Drone Tempur CH-5 China Telah Selesaikan Uji Coba Penerbangan”

  1. RI menyusul kemudian dlm pengembangan drone segala type, semoga!

  2. china emang makin di depan..euy..

 Leave a Reply