Jul 092017
 

Jet tempur pernika (pertempuran elektronika) Boeing EA-18G Angkatan Udara Australia. © actualidat.rt.com

Angkatan Udara Australia (RAAF) telah menerima 2 (dua) pesawat terakhir dari 12 pesawat tempur berkursi ganda Boeing EA-18G Growler yang dipesan oleh Australia, seperti dilansir dari laman Defense World.

Australia telah menerima 2 unit jet pertempuran elektronika (pernika) EA-18G Growler dan telah melakukan terbang lintas atau flypast di atas markas Angkatan Udara Amberley, kata pengumuman Departemen Pertahanan Australia pada hari Jumat, 7 Juli 2017.

Menteri Pertahanan Australia, Marise Payne mengatakan bahwa EA-18G Growlers itu akan bekerjasama dengan Angkatan Darat dan Angkatan Laut Australia untuk dapat memberikan kemampuan gabungan dalam jaringan bagi pasukan sehingga dapat bermanuver serta dapat bertarung dalam spektrum elektromagnetik.

“EA-18G Growler Australia telah berhasil melakukan uji senjata dan integrasi penerbangan dengan F/A-18F Super Hornet dan EA-18G Growler Angkatan Laut AS sebagai bagian dari uji dan evaluasi operasional. Kita juga telah memiliki lulusan kursus transisi operasional pertama”, kata Kepala Staf Udara Angkatan Australia, Marsekal Leo Davies.

Davies pun menambahkan bahwa melalui kerjasama dengan Angkatan Laut AS tersebut, kini Australia sudah merencanakan untuk membawa EA-18G Growler digaris depan kemampuan serangan elektronik sepanjang masa.

EA-18G Growler didasarkan pada desain jet tempur F/A-18F Super Hornet serta di lengkapi dengan avionik tambahan, sistem penerima frekuensi radio yang disempurnakan, dan paket komunikasi yang lebih baik serta jamming pita frekuensi radio.

Pesawat tempur pernika ini akan memberikan kemampuan pelengkap bagi F/A-18F Super Hornet dan jet tempur siluman F-35A Lightning II milik Angkatan Udara Australia.

Pembelian EA-18G Growler buatan Boeing tersebut mencakup pesawat terbang, sistem misi dan dukungan yang diperlukan, pelatihan dan dukungan berkelanjutan, serta pengembangan dan pengoperasian kemampuan Growler secara efektif.

Departemen Pertahanan Australia berencana untuk mencapai kemampuan operasional awal di tahun 2018.

Bagikan:

  8 Responses to “Mantap, EA-18G Growler Australia Telah Lengkap”

  1.  

    entah mengapa saya merasa australia lebih memiliki efek deteren yang lebih besar dengan pesawat ini dibandingkan hanya menggunakan f 35. sebelumnya australia terlihat gagah ketika menggunakan keluarga f 111 mereka

    •  

      betul F-111 pesawat yang lebih siluman dari F-35 tapi bukan karena sifat stealth-nya, melainkan kemampuan terbang rendah mengikuti kontur bumi sehingga sulit dilacak radar, begitu juga payload dan jangkauan yang jauh.

  2.  

    :hoax2
    gak tau mau komen apa :nohope: 😀

  3.  

    Wah mantap abis tu pesawat. Drpd f35.
    Ini baru tandingan su 35 kita.

  4.  

    Makin kalah jauh kita..
    https://youtu.be/VpogV2QOD5Y

  5.  

    10 tahun mendatang kita pasti diataanya

    •  

      maksudnya kita berminat, mempertimbangkan “akan” membeli dan mikirnya selama 10 tahun ya? hehehe

      negara lain udah tahu koq, kita mikir dan mengambil keputusan paling cepat ya 2 tahun, dalam masa itu negara lain sudah cukup waktu buat antisipasi dengan melengkapi militernya dengan persenjataan yang “diminati” Indonesia

      :ngakak

 Leave a Reply