Manuver Berbagai Alutsista di Latihan Antar Kecabangan TNI AD 2021

Manuver Berbagai Alutsista di Latihan Antar Kecabangan TNI AD 2021 6

JakartaGreater – Berbagai Alutsista terbaru dan berbagai manuver dilakukan militer Indonesia dari prajurit TNI AD dalam Latihan Puncak Antar Kecabangan (Latancab) TNI AD Kartika Yudha 2021. Manuver itu termasuk: penembakan Senjata Mesin Berat (SMB), penembakan oleh Tank Leopard, manuver kendaraan tempur, kerja sama pasukan Infanteri, tembakan helikopter Apache dengan roket Hellfire dan Hydra, serta penembakan amunisi SS-40 Astros.

Manuver Berbagai Alutsista di Latihan Antar Kecabangan TNI AD 2021 2

Alutsista canggih milik TNI Angkatan Darat yang diujikan dalam latihan ini diantaranya: sembilan unit kendaraan tempur Tank Leopard 2RI, dua Leopard 2A4, persenjataan Kavaleri, Tank Marder dan ARV, Roket Astros dan Meriam 155mm Caesar dari kecabangan Armed.

Manuver Berbagai Alutsista di Latihan Antar Kecabangan TNI AD 2021 7

Alutsista lainnya adalah Helikopter Apache AH-64E, Helikopter serang BO 105 dan Helikopter serang AS 550 Fennec dari kecabangan Penerbad.

Dalam latihan militer ini dikerahkan juga M3 Amphibious Pontoon Bridge (Jembatan Pontoon) yang merupakan alutsista terbaru dari Satuan tugas pasukan Zeni Tempur (Zipur) untuk mendukung serangan dalam operasi tempur, yakni membuka dan mempermudah gerak maju pasukan, baik personel maupun materiil serta PUB GPS dari kecabangan Bekang untuk mendukung Bekul Munisi dan Rantem pada pasukan Manuver depan dan berbagai jenis Alutsista lainnya.

Manuver Berbagai Alutsista di Latihan Antar Kecabangan TNI AD 2021 5

Manuver Berbagai Alutsista di Latihan Antar Kecabangan TNI AD 2021

Latihan Puncak TNI AD Kartika Yudha 2021 yang dilaksanakan mulai 2 November 2021 dengan melibatkan tidak kurang 2.492 pelaku dan penyelenggara dari 15 kecabangan Matra Darat. Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme tempur tingkat perorangan sampai dengan satuan setingkat Brigade dan kerja sama antar satuan/kecabangan dalam wadah Brigade Tim Pertempuran.

Manuver Berbagai Alutsista di Latihan Antar Kecabangan TNI AD 2021 8

Manuver Berbagai Alutsista di Latihan Antar Kecabangan TNI AD 2021

Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kaskostrad), Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad datang langsung ke Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Kodiklatad, Martapura, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Kamis, 18/11/2021, untuk menyaksikan Latihan Puncak Antar Kecabangan (Latancab) TNI AD Kartika Yudha 2021.

Baca juga: IFV Lynx KF41: Di Medan Perang Masa Depan, Fleksibilitas Adalah Kunci

Hadir pula dalam latihan Puncak Antar Kecabangan (Latancab) TNI AD ini Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (WAKASAD) Letjen TNI Bakti Agus Fadjari, Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putranto, para Danpussen, Irjenad, Danpuspomad, Asops Kasad, Aslat Kasad, Pangdam I/BB, Pangdam 2/Sriwijaya, para Kabalakpus, Pangdivif 1 Kostrad, Letnan Jenderal TNI (Purn.) Johannes Suryo Prabowo, serta sejumlah pejabat TNI lainnya untuk menyaksikan langsung Puncak kegiatan latihan.

Manuver Berbagai Alutsista di Latihan Antar Kecabangan TNI AD 2021 77

Manuver Berbagai Alutsista di Latihan Antar Kecabangan TNI AD 2021

Wakasad mengatakan latihan ini bertujuan untuk membina, memelihara kesiapan operasi dan meningkatkan profesionalisme Prajurit TNI AD serta meningkatkan kerja sama satuan kecabangan TNI AD untuk mendukung tugas pokok TNI AD menjaga kedaulatan wilayah NKRI.

Baca juga: Tanggapan Pakar Rusia Soal Uji Rudal Hipersonik AS

Manuver Berbagai Alutsista di Latihan Antar Kecabangan TNI AD 2021

Manuver Berbagai Alutsista di Latihan Antar Kecabangan TNI AD 2021

“Banyak sekali kita belajar dari latihan yang saat ini kita laksanakan.  Saya berharap latihan ini akan semakin meningkatkan kualitas dan kemampuan baik Prajurit maupun satuan,” kata Wakasad, dikutip Pen Kostrad, 18/11/2021.

Manuver Berbagai Alutsista di Latihan Antar Kecabangan TNI AD 2021 3

Manuver Berbagai Alutsista di Latihan Antar Kecabangan TNI AD 2021

Mengakhiri pengarahannya, Wakasad menyampaikan misi dari Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa yaitu “TNI Adalah Kita” yang dmplementasikan pada latihan ini dengan banyaknya masyarakat yang antusias hadir dan menyaksikan latihan Antar kecabangan TNI AD Kartika Yudha Tahun 2021. “Di manapun kita berada, masyarakat bagian dari kita dan kita bagian dari masyarakat”, ungkap Wakasad.

Tags:

Leave a Reply