Mar 292019
 

Su-27 (foto:Sputnik)

JakartaGreater.com – Menorehkan prestasi dunia, pilot uji coba Soviet yang terkenal Viktor Pugachev memperlihatkan bagaimana pesawat tempur “Sukhoi” mengejutkan negara-negara Eropa saat melakukan pertunjukan udara di “Le Bourget” Prancis 30 tahun lalu.

Pada tahun 1989, Pugachev memamerkan manuver patukan kobra yang kemudian disebut sebagai Pugachev-Kobra.

Sebelumnya para jurnalis maupun pakar penerbangan tidak mengira bahwa pesawat tempur Rusia mampu melakukan gerakan seperti itu.

Selain itu yang membuat takjub dari pesawat tempur Sukhoi, sebelumnya para ahli penerbangan Prancis tidak dapat percaya bahwa pesawat tempur Soviet dapat terbang dari Moskow ke Paris tanpa berhenti, lapor Pugachev.

“Demonstrasi Su-27 dan Mig-29 – pesawat tempur generasi keempat yang sangat bermanuver – telah menunjukkan kepada dunia kemajuan teknologi dirgantara kami. Sebelumnya, telah tersebar luas bahwa tidak ada pesawat tempur yang memiliki manuver luar biasa seperti itu di Uni Soviet, “kata pilot kepada saluran TV Svezda.

Pertunjukan aerobatik dari pesawat tempur Soviet pada waktu itu membuat negara-negara lain sadar bahwa teknologi penerbangan Soviet kemungkinan 10 hingga 15 lebih maju daripada pesawat tempur negara lain.

13 rekor dunia dipecahkan oleh pilot Pugachev. Salah satunya pada tahun 1989 ia mendaratkan untuk pertama kalinya pesawat tempur berat di geladak kapal induk Soviet “Tbilisi” (sebelum menyandang nama “Admiral Kuznetsov”).

SPUTNIK

 Posted by on March 29, 2019