May 182017
 

Frigate Brazil BRS UNIAO F 45

Laut Mediterania – BRS UNIAO F 45 merupakan kapal perang frigate Brazil yang menggantikan BRS LIBERAL F 43 sebagai Kapal Markas Maritime Task Force UNIFIL.

Pada pelayaran yang ke-39, KRI Bung Tomo-357 menggelar latihan bersama dengan kapal perang Brazil tersebut untuk meningkatkan profesionalisme prajurit kedua kapal dan membentuk sinergitas unsur unsur MTF.

Ini adalah latihan Mail Bag Transfer ketiga kalinya yang dilaksanakan KRI TOM dengan kapal perang Brazil dimana sebelumnya latihan ini juga dilaksanakan oleh KRI TOM dengan BRS LIBERAL selama dua kali.

Latihan Mail Bag Transfer antara kapal perang Indonesia dan kapal perang Brazil di laut Mediterania ini dilaksanakan 2 run dan berlangsung selama satu jam.

Latihan Mail Bag Transfer sebagai bagian dari Replenishment at Sea (RAS) atau pembekalan di laut sangat penting bagi kapal kapal yang sedang beroperasi karena latihan ini akan memperpanjang waktu keberadaan kapal di laut tanpa harus melaksanakan bekal ulang di pangkalan.

KRI Bung Tomo dan Frigate Brazil BRS UNIAO F 45 di laut Mediterania

Latihan ini menuntut kecakapan dan kehati-hatian seluruh prajurit yang terlibat karena jarak kedua kapal sangat berdekatan.

Latihan diawali dengan melaksanakan pengecekan komunikasi antar pos tempur, pencocokan waktu dan penyiapan seluruh perlengkapan personel dan material. Station pembekalan berada pada lambung kiri KRI TOM dimana KRI TOM akan mendekat melalui lambung kanan BRS UNIAO.

Pada run pertama, KRI TOM sebagai kapal pemberi barang yang diawali dengan penembakan Gun Line dari BRS UNIAO ke arah haluan KRI TOM.

Tim RAS kapal pemberi kemudian melaksanakan proses pengiriman barang ke kapal penerima dengan memperhatikan tali jarak untuk mengukur sejauh mana jarak proses pengiriman. Run pertama latihan pembekalan di laut run pertama selesai setelah BRS UNIAO memberikan tanda bahwa barang yang dikirim telah diterima.

Pada run kedua, station pembekalan tetap berada pada lambung kiri KRI TOM. Kali ini BRS UNIAO sebagai kapal pemberi mendekati KRI TOM dari arah buritan dan bergerak sejajar dengan KRI TOM sebagai kapal penerima.

KRI Bung Tomo dan Frigate Brazil BRS UNIAO F 45 di Laut Mediterania

Proses pengiriman barang dimulai dengan penembakan Gun Line dari pihak KRI TOM dan diterima oleh salah satu crew BRS UNIAO. Pengiriman barang pun berjalan dengan sukses saat salah satu prajurit KRI TOM berhasil menerima barang yang dikirim oleh BRS UNIAO.

Latihan berjalan dengan baik dan sukses serta diakhiri dengan peran parade dan manuver break away kedua kapal. Keberhasilan latihan Mail Bag Transfer kali ini didukung oleh semangat dan profesional prajurit kedua kapal. “Bravo Zulu, terima kasih atas performance yang luar biasa. Tetap pertahankan semangat pengabdian sampai tuntas, GARUDA “, ucap Komandan Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-I UNIFIL Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo selaku Komandan KRI Bung Tomo- 357 memberikan semangat kepada seluruh prajuritnya.

Dispen Koarmatim

Komentar Facebook :
Bagikan Artikel:

  17 Responses to “Manuver KRI Bung Tomo ke Kapal Perang Frigate Brazil”

  1. PERTAMAX

  2. Awal

  3. perasaan berita ini pernah dimuat beberapa bulan lalu

  4. Video nya maaanaaa??.
    Seneng bgt liat kri2 kita bermanuver di tengah lautang dalam…keren gitu deh!!

  5. meong…

  6. Sy kira KRI TOM jenis korvet??

  7. Hm…. ?

  8. manubernya mana??kalo manuver harus nya ada ngepot2nya atau klo ha nge drip

  9. itu senapan serbu FN Fal kan
    tapi moncongnya larasnya kok beda ada bipodnya lagi

  10. itu FN MAG klo buatan Pindad namanya SPM2-V2…imho…

  11. ada yg bisa jelasin nggak????…perbedaan jabatan dari helm berwarna putih,oranye,biru & kuning????…..kalo di minning pasti tau sendiri warna helm sesuai jabatannya.salam

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)