Oct 182016
 

400px-kulbit-1-copy

Selain manuver Pugacev Cobra, pilot andalan Rusia lainnya juga memiliki manuver unik yang tidak kalah hebatnya yakni manuver “Kulbit” (Frolov chakra). Kulbit yang dalam bahasa Rusia berarti jungkir atau Frolov Chakra yang berarti “putaran” yang dipelopori oleh pilot uji Rusia Yevgeni Frolov.

Kulbit adalah manuver udara loop yang sangat ketat, lebih ketat dari panjang pesawat tempur itu sendiri. Berbeda dengan loop standar yang memanfaatkan momen menjatuhkan pesawat saat melakukan loop. mnauver Kulbit menurunkan kecepatan pesawat secara drastis yg diikuti manuver loop ketat yang bisa membuat pesawat musuh yang mengejar menjadi overshoot.

Dalam pertempuran dogfight sebenarnya, manuver ini sangat berguna untuk menghindari kejaran dan incaran pesawat tempur musuh secara cepat dan tidak terduga, dan membalik keadaan menjadi pihak yang memburu pesawat tempur musuh.

Dalam situasi kritis, manuver Kulbit juga bisa digunakan untuk mengecoh rudal udara-ke-udara AIM-120 AMRAAM.

Menggunakan sistem penjejak Seeker Active Radar Homing, rudal AIM-120 menggunakan informasi dari perbedaan frekuensi efek doppler dari pesawat target yang menjadi incarannya. Metode seeker AMRAAM ini memiliki kelemahan karena hanya bisa mendeteksi target yang bergerak dalam kecepatan tertentu.

Saat melakukan manuver Kulbit, kecepatan jet tempur Sukhoi mendekati mach 0 sehingga tidak menimbulkan efek doppler, dan rudal AMRAAM akan mengira pesawat target yang diincarnya sudah “menghilang” sehingga akan terus melesat tanpa penguncian.

  66 Responses to “Manuver Kulbit – Hanya Bisa Dilakukan Pesawat Tempur Super Manuver”

  1. Legend

  2. NGAWURRRRRR
    Manuver ini hanya bisa dikecepatan rendah
    Kalau Dog-Fight bisa ngeblank / Pingsan si Pilot terkena gaya G yang teramat besar

    • BIARKAN SI PILOT YANG MENENTUKAN DIA INGIN PINGSAN APA ENGGAK !

    • Angkatan Laut kita ada yang bisa nyeberang Selat Sunda, tuh.
      Bisa dinalar atau gak tuh begitu giliran elu yang nyemplung?

      Maksud gue ada banyak orang-orang di luar sana yang gak hanya gila otaknya tapi juga gila fisiknya.

      • Itu posisinya sedang ditembaki kanon 20mm atau tidak ?
        Orang edan………………
        wong orang Olahraga dibandingkan orang sedang Perang (Dog-Fight)

    • pilot pesawat tempur memakai pakaian khusus bung untuk mengatasi efek G saat bermanufer
      cara kerjanya dapat dibaca di google
      trims

      • Pakaian G-Suite itu hanya membantu sampai G tertentu.
        Pesawat tempur nya sendiri juga ada G Limit sampai 12G
        Rudal AIM-120 bisa mencapai 70G, karena ngak ada pilotnya.
        sama dengan UCAV masa depan dapat melakukan manuver sangat ekstrim, karena ngak ada pilotnya

  3. NGAWURRRRRR
    Manuver ini hanya bisa dilakukan dgn kecepatan rendah.
    Kalau Dog-Fight bisa Pingsan si P terkena rangsangan G-Spot yang teramat besar

  4. LOLOT!!!

  5. Ah yang komen sok tau.g pernah naik aja kok

  6. ude pernah

  7. Yang bisa menafsirkan pingsan ato enggak-nya setelah manuver Kulit, ya cum pilotnya. Orang” awam jangan sembarangan ngejudge deh.. hehehe.. 😀

  8. ah, tuh kan atraksi aerobatik sahara!, andaikan perang sesungguhnya, mampukah teknik ini dilakukan??? he he he

  9. paling cuma di game aja kan…hahahha

  10. Yg penting punya kemampuan spt itu dulu baik pesawat maupun skill pilotnya, perkara benar atau tdk atau bisa pingsan masalah lain… pencuri aja kalo kepepet bisa manjat tembok 3 meter dengan kawat berduri lg he he

    • Bagaimana dengan yang makan beling?
      Be’ol nya gimana tuh?

      • ya warnanya kuning2 kemerahan dan ada blink2nya gitu.. wkwkwkwkw

      • Beling kalo dimakan dan dikunyah dengan benar. Akan hancur di perut. Keluar menjadi festes.
        Kalau dikunyah dengan cara yang salah, belum masuk leher sudah hancur itu mulut. Itu bisa dipelajari dan dipraktekkan. Tidak sampai 1 minggu bisa kok.
        Kalau anda tinggal di daerah Pasar Minggu Jak-Sel, coba cari yang namanya Pak Ali. Beliau purnawirawan marinir. Sejak purna jadi satpam khusus jaga malam di salah satu pabrik di Pasar Minggu.
        Mbok jangan nggumunan (jangan mudah heran), semua yang orang lain lakukan, bisa dipelajari dan dipraktekkan. Kecuali yang melakukan adalah Rasul, Nabi dan Wali.
        Jangan mudah heran, supaya bangsa kita bisa cepat menguasai ilmu pengetahuan.
        Salam.

  11. G–SPOT oh G–SPOT bila sdah mencapai G–SPOT , MR.P akan bermanufer secara otomatis yang lebih dahsyat dibandingkan dengan manufer kulbit..

  12. BIARKAN TIDUR NYENYAK DI HANGGAR MUSIUM, ITULAH SATU SATU NYA CARA AGAR PESPUR AS F22 DAN F35 TETAP BISA DIPANDANG, ATAU KEDEPAN BAKAL PUNAH POPULASINYA DI MANGSA PREDATOR SUKOI FAMILY JIKA MASIH DI PAKSAKAN MENGUDARA.. HHAAAA….

  13. mr gabusss…
    menurut info dari kakek saya no.7 yg kerja sebagai staf ahli penelitian pesawat super manuver kemenhan..
    hihihihihi…

    tehnik ini sangat diperlukan dalam pertempuran udara(bukan sekedar akrobatik)

    manuver seperti cobra, frolov chakra, kulbit adalah salah satu taktik untuk membuat “gap lock on” atau “track-breakin’ hingga pesawat ” hilang” dr deteksi radar musuh..
    dgn mengurangi kecepatan tiba2(0mach) radar dan rudal pemandu radar mendapatkan blank spot..
    dgn cttn countermeasure ini dilakukan jika rudal berpemandu radar “masih agak jauhan dikit” , hihihihi..

    rudal seeker radar atau radar pesawat tempur pd umumnya menggunakan pulse doppler (memanfaatkan efek doppler yg dihasilkan pesawat bergerak )
    jika pesawat bergerak lambat (kulbit) atau manuver kesamping kiri kanan, otomatis efek doppler frekuensi akan “hilang” diradar pencari musuh..

    jd g ada relevansi dgn kanon f16 atau akrobatik seperti komen “ASAL NYOCOT” diatas..(@indonesia raya)

    NB: ini info dr kakek sy yg kerjanya bukan diBAPENAS lhoo…
    hihihihihi…..

  14. kalau ada yang meremehkan manuver diatas , saya rasa mereka lupa sejarah bagaimana f 4 phantom 2 (dan seluruh psawat tempur sejaman yang mengagungkan kecepatan) adalah pecundang saat pernag vietnam. hanya canon vulcan dan sekolah top gun yang menyelamatkan riwayatnya.

  15. Kedua negara ini diibarat Rusia seperti HONDA dan Amerika YAMAHA. Karna selama ini yamaha selalu memulai produk yang baru setelah itu dgn cerdiknya Honda menyusul dgn membaca kekurangan dri produck pengeluaran terbaru yamaha dan menjadikan kesempurnaan produck HONDA kedepan. Maka dengan ini sama halnya segala kekurangan teknologi kemampuan pespur US akan disempurnakan oleh Rusia dgn menambahkan fitur2 teknologi yang tdk ada pada pespur US.

    Contohnya F15 dgn SU27,30. F22 dgn SU35 dan F35 dgn Pakfa.

    Yuhuiiiiii…..

  16. Pilot sukhoi nkri harus sering dilatih manuver pugachev sm manuver kulbit

  17. Manuper murahan… Manuper hebat itu eject kat hangar… Wkwkwk

  18. Hebat bener. Wajib borong

  19. bukan bro @ lelaki kardus, kakek nya 8 dewa mabuk tuh paling banyak akibat neneknya @8 dewa mabuk suka gang bang dengan para kakek-kakek… ha ha ha…

  20. SEPERTI FRESTYLER NIH SUKHOI , TRIK MENGECOH LAWANNYA MANTAP

  21. wus..wussss.wussssss
    sukhoi akan segera tiba di nkri.

  22. loh, @8 dewa mabuk, kan bukan salah saya, anda sendiri yang menjelaskan menurut info kakek anda yang 7, dan kakek anda yang 8, memang dulu waktu muda nenek anda cabe-cabean yah?? ha ha ha jangan-jangan bapak anda nggak kenal sama ayah nya??Jangan-jangan bapak anda , dulu nya anak haram yah, lahir akibat zina waktu nenek anda mabuk@ 8 dewa mabuk… makanya @8 dewa mabuk , ibarat cucu yang nggak jatuh dari pohon nya… ha ha ha…

  23. loh, @8 dewa mabuk, kan bukan salah saya, anda sendiri yang menjelaskan menurut info kakek anda yang 7, dan kakek anda yang 8, memang dulu waktu muda nenek anda cabe-cabean yah?? ha ha ha jangan-jangan bapak anda nggak kenal sama ayah nya??Jangan-jangan bapak anda , dulu nya anak haram yah, lahir akibat zina waktu nenek anda mabuk@ 8 dewa mabuk… makanya @8 dewa mabuk , ibarat cucu yang nggak jatuh dari pohon nya… ha ha ha… preketiew

    • NYOCOT apaan sih…??
      hihihihi…

      awas STROKE…!
      hihihihihi…..

      • maka nya, kalo ID orang jangan di pelintir-pelintir… dasar reseh lu jablay@8 dewa mabuk… kalo lu rubah id gue jadi mr gabus, gue akan panggil id loe @ 8 anak haram… mau loe tokai??? Gue enggak marah, tapi hargai hak asasi orang membuat ID…OK… Ha ha ha… lu sumpahin orang mikir dulu, nggak takut lu kena sendiri karna berlaku zholim??? ha ha ha

  24. sungguh nggak ngerti maksud mr gabus..

    apa maksudnya..
    mr gabus adalah sebenarnya ANAK HARAM gitu???

    sudahlah g perlu dirisaukan mr gabus..
    nanti bisa STROKE loh….

    bhuahahahaha…
    bhuahahahaha…

  25. ah banyak nyocot lu @ 8 dewa mabuk… lah yang punya kakek ke 8 dan kakek ke 7 siapa yah, dasar @ 8 anak haram…. ha ha ha…

  26. buusssyyyyeeeeetttttt….
    hihihihihihi….

  27. @patih pragota, meski pilot yang menentukan dia pengen pingsan atau tidak, tapi otaklah yang jadi penentu efek dari Gaya G bagi tubuh pilot… pengaruh gaya G pada tubuh tergantung arah gaya G ini dan toleransi tubuh terhadap gaya G. ini sumber nya https://id.m.wikipedia.org/wiki/Fisiologi_dirgantara silahkan di baca salam damai om…

  28. Kalau sopir metro mini tunggangannya kaya sukhoi ini bisa doggy doggy ,,,

  29. ini gaya G bro, kepanjangan dari gaya Gravitasi bukan nya GSpot kaya yang lu pikir tong, ngeres aja pikiran lu…. mirip mbah bowo ketemu dek carin… ha ha ha

  30. Yg komen kaya udah naik ..aja..xixi..

  31. cucok manuver nya bray,,kalau bener bisa kayak gitu d kecepatan tinggi…soalnya belum nyobain,,gue kasih 50:50 aja deh

  32. Koreksi:
    Peran rudal dan radar menjadi penentu terbesar saat ini dan kedepannya.

  33. Seperti pengamat bola aj, klo menilai pertandingan bisa mencela ini itu, giliran Suruh nendang boro boro masuk gawang, kena saja kagak

 Leave a Reply