Apr 202016
 

Beberapa hari yang lalu, pesawat tempur Su-27 Rusia menyergap dan melakukan manuver yang dianggap AS berbahaya terhadap pesawat pengintai RC-135 yang terbang diatas laut Baltic. Saat itu Su-27 dengan kecepatan tinggi menyergap dari samping dan hanya berjarak 15 meter dari ujung sayap pesawat RC-135, Su-27 kemudian melakukan manuver ‘roll barel’ atau berputar ke atas dari sisi kiri ke sisi kanan pesawat pengintai dengan jarak yang tetap saling ‘menempel’ ujung sayap pesawat RC-135.

img_9618
Manuver Roll Barel pesawat tempur Su-27 dan Su-30 TNI AU

Manuver roll barel adalah salah satu manuver yang biasa dimainkan saat pertunjukan akrobatik ataupun saat ‘dogfight’ di udara. Namun bisa sangat berbahaya apabila dilakukan berdampingan dengan pesawat berbadan besar. Manuver roll barel berdekatan dengan tetap menempel pesawat berbadan besar memerlukan ketrampilan khusus, dan hanya bisa dilakukan oleh seorang pilot professional.

Walau hanya mendapat tekanan gaya gravitasi 2-3G positif, namun untuk tetap bisa fokus dan tetap dijalur terbangnya, terlepas dari gangguan visual seperti cahaya matahari atau gumpalan awan, manuver tersebut beresiko sangat besar dan harus dilakukan dengan perhitungan yang sangat matang, salah perhitungan sedikit saja bisa berakibat fatal.

Manuver roll barel dalam kondisi normal, biasa dilakukan pilot pesawat tempur. Saat berpatroli di udara terkadang pilot melakukannya, terutama untuk mengcover titik-titik ‘Blank Spot’ atau area yang tidak terlihat oleh pandangan pilot.

  43 Responses to “Manuver Liar SU-27 Membahayakan Pesawat Pengintai RC-135 AS (2)”

  1. Manukver yg keren sekali

  2. Manuver berkelit dari kejaran KPK.mantap juga nich sukhoi.cocok buat gedung kura2.

  3. Petakilan…

  4. membuktikan kualitas pilot russia. berarti y mengintersep rc 135 adl pilot senior/berpengalaman

  5. BERITA LAWAS…

  6. Sya rasa amerika tak kan brani tembak jatuh pswt rusia. mesti bnyak pertimbangan. mcm turki yg cuba2 brani tembak sukhoi. jika rusia nak mahukan bls eksen turki bolh habis tu negaranya.

  7. tukang usil di usilin
    pasti pilotnya waktu balik ke pangkalan di traktir vodka sama menhamnya tu karna bikin iklan sukhoi gratis bisa dongkrak pasaran SU

  8. kalo su 27 aja kaya gtu apalagi su 35 tuan ..?
    😀

  9. #ahmad fikri jadi bahan cemoohan di formil terkait artikelnya yang menulis: sukhoi 35 bisa menjadi pesawat stealth krn bisa mengubah-ubah kecepatan scr mendadak shg bisa dianggap hilang dari layar radar dan bisa membantu memadamkan kebakaran.

    Herannya artikel bal-abal gitu kok laku dimuat dimana-mana….fikri-fikri?!!!!

  10. @encok linu-linu

    Emang abang kasusnya apa?

  11. @encok

    Waduuuuh….ajak-ajak dong?!!!

    Tar ane ajarin ngelesnya

  12. Coba kalian bayangkan, seandainya kalian pakai sepeda motor melakuan manuver zig zag (manuver Roll Barel versi motor) dari belakang truk tronton yg berjalan lamban ke arah depan tronton, apa yg ada dibenak sopir tronton? Kaget, lalu memaki dan barangkali bila ada kesempatan bertemu pak sopir tronton bakal memberi bogem mentah pd pengendara motor itu.

    Barangkali perasaan pilot pesawat RC135 USAF juga seperti sopir tronton itu. Mau membalas manuver tdk bisa karena pesawat bongsor seperti RC135 tdk selincah SU27. Sang pilot hanya memaki dan lapor pd kumendan pangkalan yg membawahi operasi pesawat ini….

  13. waaah burung besinya papa bear nekat” wkwkwk,,asunya cuma bisa gong gong hihihi guraw paman SAAM

  14. patga diblokir gk isok mlebu, hadech ( numpang mengeluh min)

  15. Bole jg dicontoh itu agar pelanggar ruang udara RI kapok, trauma dan gak momogi. Sangat sayang krn udh buang avtur juta rupiah tp hanya kasi peringatan biasa-biasa aja. Yg agak seru dikit gpplah

  16. latihan menembak tumohawk dr ks dibatalkan sehingga rudal jatuh

  17. provokasi trus…
    itung” promo klinchan shukoi secra grtis…
    russia memang jenius cnderung licik.. tpi gpp klw asu yg jd korban ny mh.!!!

  18. kembali… boys and girls…. don’t try this at home… tergantung siapa tukang ojeknya

  19. amrik hanya berani sm negara kecil,jumpa yg sepandan..wkwkwkw…sejarah mengatakan negara pemilik peralatan militer canggih pun bisa kalah,bukti nya amrik kalah di vietnam,korea.

  20. SU.27 gak ada habisnye,.. katanya gambar diambil dari pilot TNI AU yang lagi manuver di atas pulau Spratly… katanya seh.

 Leave a Reply