Okt 182016
 

polish-mig-29-1

MiG-29 dan F-16 adalah dua pesawat tempur ringan andalan Uni Soviet dan AS yang pernah menjadi musuh bebuyutan pada jamannya. Keduanya memang belum pernah saling berhadapan di medan perang, tetapi pernah memanaskan persaingan dalam pameran dirgantara di Farnborough tahun 1988. Konfrontasi rahasia ini hanya diungkapkan oleh pilot uji Rusia dalam sebuah film dokumenter.

Pesawat tempur MiG-29 didesain oleh Biro Mikoyan era Uni Soviet dan dikembangkan pada pertengahan 1970-an, hampir bersamaan dengan project Sukhoi Su-27. Jet tempur Su-27 dan MiG-29 memiliki kemampuan dan kekuatan setara dengan jet tempur F-15 dan F-16 andalan AS, sehingga keempatnya sering dibandingkan satu sama lain.

Militer AS dan NATO pada saat itu hanya mengetahui sedikit kemampuan tempur dari MiG-29 dan Su-27. Peluang datang ketika Uni Soviet mulai mengadopsi kebijakan militer terbuka dengan mengikutsertakan jet tempur MiG-29 dan Su-27 diajang Airshow Farnborough 1988 di Inggris.

Saat itu pilot dari Uni Soviet mengakui belum memiliki pengalaman terbang bersama dengan pilot dari Amerika. Pilot uji Anatoly Kvochur dan Roman Taskaev harus menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari gerakan-gerakan yang dilakukan oleh pilot F-16 Amerika. Dari sana, keduanya berhasil melakukan pertunjukan udara yang indah dan menunjukkan kelebihan MiG-29.

Salah satu manuver yang paling menarik adalah waktu tercepat MiG-29 melakukan putaran dogfight. Semakin cepat waktu yang ditempuh, maka pesawat bisa meluncur dengan putaran tajam yang bisa memberikan keuntungan untuk menyerang dan menembak jatuh pesawat tempur musuh.

Pilot Soviet mengamati, F-16 membutuhkan waktu hingga 2 detik untuk melakukan manuver putaran dogfight, MiG-29 kemudian hanya memerlukan 1.8 detik untuk melakukan manuver yang sama.

Keesokan harinya, Pilot F-16 Amerika membalas dengan melakukan manuver putaran dogfight hanya dalam 1.8 detik, namun pilot MiG-29 berhasil memaksa pesawat menyelesaikan putaran serang hanya dalam waktu 1.6 detik.

Pihak General Dynamics, perusahaan yang merancang dan memproduksi F-16 pun akhirnya mengakui kekalahannya dari jet tempur MiG-29 Uni Soviet.

Dengan manuver begitu mengesankan, MiG-29 berhasil melakukan debut yang sukses di Airshow Farnborough 1988 dan menjadi bintang utama dari pameran dirgantara terbesar di dunia kala itu.

 Posted by on Oktober 18, 2016

  32 Responses to “Manuver MiG-29 Pernah Mengalahkan F-16”

  1.  

    Mantabs

  2.  

    Memang rusia selalu mampu kalahkan asu, dari jet tempur, mbt dan rudal, rusia induk dari segala armada tempur dunia….rusia strong bgt

  3.  

    Saat ini karena soviet runtuh , posisi superior udara msh di pegang AS dgn F22 raptor nya… Dan rusia tertatih2 menyalip utk mengimbangi kekuatan AS.. 2020 mgkin bisa sejajar dgn T 50 pakfa nya . tp bukan berarti pakfa juga mulus tanpa masalah.. Salah satu nya mesin yg belum jadi.. Begitu juga raptor awalnya..

    •  

      Yup bwetul. Persepsi anda jempol. Namun sejak TH 2000 analisa kekuatan udara dan laut boleh di ukur ulang USA Vs Rusia. dimana pertahanan dan serbu udara untuk pespur RUSIA varian SU bisa berjaya menghadapi F16 dan F35 mungkin juga RAPTOR sebagai penyeimbang duel One by One asal jangan keroyokan seperti kata bung @SR

      Untuk Laut skor tetap RUSIA jaya

    •  

      Sori mungkin beda persepsi bung, rusia mungkin bukan yg terbesar..tapi tetap bisa mematikan usa..

      Teknologi militer mereka imbang…bahkan sering kali usa mencuri teknologi rusia..ingat kasus..pembelotan pilot rusia. ??

  4.  

    saat perang balkan.para pilot serbia sudah jatuh mentalnya..hampir seluruh eropa dan amerika mengeroyok..jadi keyakinan buat menang sudah hilang.

  5.  

    untuk itu MiG-29N Malaysia PENSIUN DINI, ngak kuat dengan biaya service nya

  6.  

    Mig29 fulcrum adalah pesawat serba bisa di era nya…meski skrg ini pesawat sdh tua, soal manuver dan daya jelajah tdk ada yg bisa menandingi kemampuannya….apalagi skrg sdh mulai di upgrade system persenjataannya dan perangkat elektronik. Soal duel di udara, jgn harap pesawat sekelas f16 bisa menjatuhkan apalagi si hornet….mereka saja yg akan tumbang.

  7.  

    Bknx bermaksud berpihak ke rusia atau as, walau pesawat f-22 lebih dulu masuk layanan USAF belum tentu lebih unggul dari fakpa rusia, ini bs dilihat dari f-15 yg lebih dulu di produksi di banding su-27 yg lahir kemudian sbg penyeimbang f-15 as dan beberapa pihak mengunggulkan su-27….so kita sbg pembeli hrs pintar memilih brg yg bagus dan yg penting anti embargo.

    •  

      Hanya teori bung
      F-15 sudah melanglang buana di medan pertempuran
      Su-27 hanya bisa jadi MACAN KERTAS
      pada perang “kecil” di Suriah kemarin, Rusia mengakui banyak kelemahan pada Alutsistanya, termasuk Su-27/30/35

      Kalau anda membeli suatu barang Elektronik semisal HP
      Mau beli yang sudah teruji oleh konsumen, atau……… barang yang hanya tahu di iklan produsen saja ?

  8.  

    Faktor penentu dlm perang udara modern bukan hanya kemampuan manuver nya, tp teknologi radar & rudalnya punya pengaruh yg besar (first look first win).

  9.  

    Kedua negara ini diibarat Rusia seperti HONDA dan Amerika YAMAHA. Karna selama ini yamaha selalu memulai produk yang baru setelah itu dgn cerdiknya Honda menyusul dgn membaca kekurangan dri produck pengeluaran terbaru yamaha dan menjadikan kesempurnaan produck HONDA kedepan. Maka dengan ini sama halnya segala kekurangan teknologi kemampuan pespur US akan disempurnakan oleh Rusia dgn menambahkan fitur2 teknologi yang tdk ada pada pespur US.

    Contohnya F15 dgn SU27,30. F22 dgn SU35 dan F35 dgn Pakfa.

    Yuhuiiiiii…..

  10.  

    huuussss.. alay dr mana nih?

    coba belajar lagi sana sm eyang google atau eyang cabul, eyang raffi ahmad, eyang sinto gendeng, eyang uya kuya dll.

    pesawat mig29 negara moldova( eks uni sovyet ) dibeli siapa??
    israel nyewa pesawat apa?

    nih mig29 “DIOPREK” abis2 oleh asu n israhell untuk membuat antidotnya lalu dicangkokkan ke f 16..

    gile lu lay..
    hihihihihi….

  11.  

    kalo mig 29 vs f16 tipe lama belum tentu f16 menang hehehehe,coba tanya berkas pakta warsawa mengapa polandia masih memakai mig 29(emang ongkos+service lebih mahal dr f16 juga,daya hidup lebih cepat drpd elbot),juga napa mig 29 rusia diubah menjadi mig 29m embel2nya diugrade.

    kalo ditanya mengapa perang balkan,perang iraq/teluk sering hancur ini mig29,karena sering dipakai dogfigth bertempur sendiri tanpa pendukung.istilah kalo bertempur harus ada pendukung baik didarat maupun udara(awacs,sistem radar darat/laut.pengacak eletronick,sistem arhanud mendukung,refueling) tanpa ini sehebat apapun man behind gund tetap kalah,pespur anda terbang sudah terlacak belum apa sudah ada missile meluncurkan,mengharapkan dogfigth jarak dekat sepertinya susah.

    kalo salah maafkan saja salam damai selalu:)

  12.  
  13.  

    Makanya bung Indonesia beli pesawat tanker, Awact, ground suport macam A-10 adalah wajib hukumnya, dulu kita punya OV 10 bronco,
    sekarang pensiun, penggantinya si Tukino, ndak tahu apa bisa ground support atau cuma latih saja…

  14.  

    keturunan hamba belanda 7 keturunan. hina dan jijik.

  15.  

    Masa sih? Klo ngaku org hebat, bicara pake otak, jgn malu2in bangsa Indonesia.

  16.  

    biasa kalo udh bicara tentang media internasional banyak di manipulasi negara2 barat, menghebat-hebatkan barangny sperti f16 dan f15 karena mereka mampu menghabisi pesawat rusia yang notabene banyak di beli oleh negara kecil semisal yugoslavia, belum ad cerita yg beredar jika f16 bertempur dengan mig 29 full support, yang ada hanya perang tidak berimbang yang di besar2kan oleh media mereka. salah satu contohny artikel di web ini ,silahkan di baca (http://alutsista.net/read/16/Pesawat_Tempur_F-16_AM_Belanda_Tembak_Jatuh_Mig-29_Yugoslavia)