Sep 012017
 

Pekanbaru – Sebanyak 20 pesawat tempur F16 dari Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin dan Republic of Singapore Air Force (RSAF) menggelar manuver di langit Provinsi Riau, sebagai bagian dari persiapan peringatan 50 tahun hubungan bilateral kedua negara.

“Nantinya ‘flypass’ akan digelar di Marina Bay Cruise Center Singapura pada 17 September 2017,” ujar Kepala Penerangan Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Mayor Sus Rizwar di Pekanbaru, Jumat, 1/9/2017.

Selain 10 pesawat tempur F16 dari masing-masing negara, simulasi terbang yang dilakukan pada Kamis (31/8/2017) melibatkan lima unit F15 dari RSAF.

Dalam simulasi tersebut, seluruh pesawat tempur secara bersamaan terbang dan membentuk sejumlah formasi di udara.

Dari pantauan Antara saat simulasi dilakukan di langit Pekanbaru, ke-20 pesawat terbang secara bersamaan dengan membentuk beberapa formasi cantik. Bahkan, simulasi yang sebagian besar di langit Kota Pekanbaru ini mengundang perhatian warga ibu kota Provinsi Riau dan mengunggahnya ke media sosial.

Rizwa mengatakan nantinya, seluruh pesawat tempur buatan Amerika Serikat ini akan unjuk kebolehan di depan kedua kepala negara pada 17 September 2017.

dok. Pesawat F-16 TNI AU (RAAF / Cpl. Casey Gaul)

“Rencananya ‘fly pass’ yang dilakukan akan disaksikan langsung Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong,” tutur Mayor Rizwar.

Indonesia dan Singapura sudah menjalin hubungan bilateral sejak 1967. Kedua negara bertetangga menjalin kerja sama pada sejumlah sektor. Tahun 2017 merupakan peringatan ke-50 hubungan baik kedua negara.

Sementara mengenai RISING 50, dijelaskan RISING merupakan singkatan kedua negara yakni Republik Indonesia dan Singapura. Sementara angka 50 merupakan lama hubungan kedua negara yang telah terjalin. Antara, 1/9/2017.

  19 Responses to “Manuver Pesawat F-16 Indonesia-Singapura di Pekanbaru”

  1. buyback segera pasir pulau sentosa

  2. numpang maen ke pelataran tetangga

  3. Hati2… ama negara penampung koruptor….

  4. Latihan Manuver utk puncak acara “PENGEMBALIAN FIR 2017” ???

  5. Sayang banget gak turut ambil bagian ya. Klu Gacoannya dipake mengudara buat latihan dogfight antara Su-27 vs F-15 ntu lebih seru neh……

  6. Pesawat yg menggunakan mesin tunggal seperti F16 & pesawat lainya itu hanya hebat dibiayaya operasional, kalau utk bertarung dilangit? kecil kemungkinan menang walau sudah memiliki radar aesa, karena tingkat manuvernya sangat lambat, jadi mrk hanya mengandalkan radar aesanya yg mengikuti & sambil membidik gerak gerik pesawt, tanpa pesawat harus bermanuver mengikuti gerak gerik bidikannya.
    Tapi aesa juga memiliki kelemahan, sulit mnbidik dgn cepat pesawat jenis siluman, karna aesa tidak memiliki rumus utuk itu, kedua; jika pesawat bidikannya bermanuver 180 sampai 360 derajat? Maka bidikan yg ada dilayar kokpit pesawat akan hilang walau masih di jangkauan radar aesa, kecuali pesawat menggunakan mesin tunggal tapi serasa memiliki energi mesin kembar & memiliki manuver cepat, sangat mungkin menang bertarung dilangit.
    Hahahaaaaaaa

  7. ngr penampung uang maling

  8. Negara yg tidak tahu diri….

  9. Bantar gebang siap menampung F16 broo, gimanaaa

  10. FIR gmn kabarmu kok senyap aja gak ada progres kedepannya? Enak jg Sikucing bs latihan memakai wilayah udara RI!

 Leave a Reply