Manuver Pilot India Setelah Pesawat Tempurnya Tabrak Burung

Pesawat pembom tempur Jaguar India (foto: IAF)

Jakartagreater.com – Sebuah pesawat tempur Jaguar milik Angkatan Udara India mengalami kecelakaan kecil saat dalam penerbangan untuk ikut ambil bagian dalam pelatihan tempur ketika ditabrak seekor burung.

Mesin pesawat tempur Jaguar mengalami serangan burung segera setelah lepas landas dari pangkalan udara Ambala pada Kamis pagi. Pilot jet tempur yang waspada dengan cepat menjatuhkan tangki bahan bakar eksternal dan mendarat kembali.

“Pilot membuang tangki bahan bakarnya dan senjata di cantelan termasuk sekitar 10 kg bom latihan untuk menambah ketinggian dan berhasil mendarat kembali dengan selamat,” kata Angkatan Udara India. Menjatuhkan tangki bahan bakar dan bom eksternal adalah bagian dari prosedur operasi standar Angkatan Udara ketika ada pesawat yang mengalami kegagalan pada salah satu dari dua mesin. Bom kecil yang dijatuhkan oleh pilot telah ditemukan, kata sumber IAF pada media ANI.

IAF akan memerintahkan pengadilan penyelidikan untuk mencari penyebab di balik insiden tersebut. Pangkalan udara berada di jantung kota Ambala di Haryana dan selama bertahun-tahun telah dikelilingi oleh populasi burung.

Defenceworld

Tinggalkan komentar