May 152014
 

image

Analisa Umum Pasifik
Bagian 3 : RUSIA

Rusia secara tidak langsung masih dipandang sebagai metamorfosa Uni Soviet dan untuk saat ini sebagai kontender utama Amerika dalam pentas negara super power. Secara umum terdapat perbedaan respon penanganan antara Rusia dan RRC oleh barat. Baik Amerika maupun Eropa masih berkeinginan agar Rusia bersedia bergabung dengan NATO, namun sifat individualisme dan rasa superioritas Rusia menjadi ganjalan bagi harapan mereka. Tampak barat secara hati – hati berusaha merajut tujuannya dengan secara konsisten menyudutkan Rusia pada posisi dimana ia tidak memiliki opsi lain selain bergabung dengan NATO, dan disinilah China kemudian datang mengacaukan segalanya. RRC tidak tinggal diam sebab apabila semua itu terwujud maka posisi RRC akan terjepit dari segala penjuru.

Bila Rusia bergabung maka NATO akan menjadi organisasi dengan kekuatan ekonomi dan militer terbesar di dunia. Namun kemenangan terbesarnya adalah keberhasilan barat dalam menjinakkan beruang merah dan mengambil keuntungan jangka panjangnya. Dengan tujuan akhirnya menghilangkan potensi reinkarnasi Uni Soviet, serta perkuatan kekuatan dalam menghadapi kebangkitan Asia yang dimotori oleh China. Secara teoritis, bila sebaran kekuatan dunia semakin homogen maka dunia akan dapat lebih mudah untuk dikendalikan. Masih tidak jauh – jauh dari rencana imperialisme kaukasoid, hanya saja kali ini dengan modus legalisme.

Sebagaimana dengan RRC, Rusia juga tengah menghadapi taktik isolasi geografis Amerika dan NATO. Dengan dalih untuk menangkal roket – roket pejuang Palestina dan terorisme Amerika mencoba memagari halaman Rusia dengan rudal – rudal pertahanan udara. NATO pun tidak tinggal diam dengan terus menggerus negara – negara pecahan bekas Uni Soviet agar bergabung dengan NATO hingga akhirnya merembet ke Ukraina. Namun nampaknya langkah pendekatan pada Ukraina lebih didorong oleh upaya balas dendam atas Georgia, pecahan Soviet yang kini mendekat pada Barat dan rencananya akan resmi menjadi anggota NATO pada 2014 ini. Seperti yang telah diketahui pada 2008 silam Rusia pernah menyerang Georgia dalam upayanya menciptakan negara boneka Ossetia Selatan. Serangan itu masih meninggalkan luka dan duri dalam daging Georgia hingga sekarang. Georgia tidak mampu berbuat banyak untuk mengambil kembali Ossetia Selatan sebab Ossetia berada dalam proteksi Rusia. Papa bear mengancam akan mengambil tindakan tegas atas setiap upaya militer terhadap Ossetia Selatan.

Setelah mendapatkan sukses besar di Arab dan Afrika Timur, jaringan invincible hands barat mencoba menciptakan pergolakan di Ukraina dengan tujuan menurunkan Presiden incumbent yang pro Rusia. Tujuan utamanya adalah mendesak posisi Rusia untuk terus mundur ke belakang dengan menutup basis militer Rusia di Crimea – Ukraina. Crimea sendiri adalah tempat bagi pangkalan utama angkatan laut Rusia di Laut Hitam, berfungsi sebagai fasilitas pengontrol kawasan dan pintu gerbang menuju Eropa dari Front timur. Jika rencana tersebut berhasil maka akan menjadi pembalasan dendam yang amat sangat manis, Rusia akan kehilangan posisi strategisnya dan akan menangguk kerugian ekonomi yang besar pula.

Melihat gelagat itu, dengan dalih menyelamatkan warganya yang selama ini ditempatkan di Crimea untuk mendukung fasiltas pangkalan lautnya, Rusia tanpa basa basi langsung mengerahkan militernya mengamankan Crimea, sebab jika Rusia memilih diam menunggu situasi maka Crimea akan benar – benar lepas begitu pemerintahan baru yang pro NATO resmi operasional. Setelah secara de facto Crimea berhasil dikuasai Rusia kemudian secara sistematis melakukan legalisme atas akuisisinya pada Crimea dengan melaksanakan referendum, yang mana pasti berhasil sebab sebagian besar pendduk Crimea adalah warga Rusia. Sebuah langkah cantik yang secara tidak langsung juga menunjukkan kepada dunia bahwa imej Rusia “beda” dengan Barat.

Tidak adanya perlawanan dari militer Ukraina terkait invasi Rusia disebabkan oleh adanya kemandulan pada kursi komando dan tidak adanya jaminan nyata dari NATO dan Amerika selain upaya simbolik saja. Barat hanya bergeming ketika Georgia yang merupakan sekutu dekat NATO di invasi oleh Rusia, maka apalah arti Ukraina yang bukan sekutu siapapun. Selain itu Ukraina memiliki ketergantungan energi yang tinggi dan menanggung hutang miliaran dolar pembelian gas pada Rusia. Dan Rusia telah mengurangi pasokan gasnya semenjak tergulingnya presiden incumbent yang pro Kremlin, menyebabkan Ukraina tertimpa krisis karena sebagaian besar industri Ukraina berhenti. Meninggalkan Ukraina pasrah dengan apapun yang dilakukan Rusia.

image

Tidak berhenti di situ, setelah menjamin posisinya di Crimea, dengan menggunakan taktik yang sama invincible hands Rusia mulai mengaduk – aduk Ukraina dan membalikkan situasinya 180 derajat. Hasilnya kini Ukraina terancam perang saudara antara warga yang pro Rusia dengan pemerintah yang pro NATO. Amerika dan NATO hanya bisa melihat dan menanggapinya dengan tambahan sanksi ekonomi serta kecaman – kecaman retorik. Sementara itu masih dalam upayanya merangkul Ukraina, Barat melalui IMF mencoba memberikan pinjaman senilai 17 miliar dolar guna menyelesaikan hutang serta mengatasi krisis ekonomi Ukraina, tentu saja pinjaman tersebut diikuti syarat – syarat yang pada intinya menggeser posisi Ukraina lebih ke arah Barat. NATO juga berupaya menyelesaikan krisis energi Ukraina salah satunya dengan mengusulkan wacana impor gas dari Amerika, namun untuk yang terakhir ini Amerika sendiri masih ragu – ragu.

Di saat yang sama Rusia menawarkan paket kredit lunak 15 miliar dolar pada Ukraina dalam bentuk ekspor gas dengan harga khusus, yang secara tidak langsung turut ikut mempengaruhi rakyat Ukraina untuk berpihak pada Rusia. Dan ujung – ujungnya uang yang dikucurkan IMF pun akan jatuh pada Rusia. Hal ini menjadi berat bagi Barat, selain mereka sendiri sedang mengalami krisis mereka masih harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar tanpa imbal hasil sama sekali. Terlebih lagi uang tersebut dikucurkan pada saat pemilu Ukraina sudah dekat, menjadikan barat semakin jatuh telak dalam rencana Rusia. Maka Crimea pun menjadi salah satu kemenangan perang yang paling brilian dalam sejarah. Rusia berhasil mengamankan posisi strategisnya, mendapatkan uang dan wilayah baru, dan semuanya terjadi hanya dengan bermodalkan ongkos bensin dan solar serta tanpa menembakkan peluru sama sekali. Magnificient, BRAVO, Standing Applause!!!

Nampaknya Rusia jauh hari sudah memperkirakan bagaimana respon Barat atas Ukraina, kendala ekonomi telah menghalangi mereka untuk mengambil tindakan militer yang mana hanya akan memperburuk keadaan. Menanggapi sanksi– sanksi ekonomi Barat Rusia hanya tersenyum simpul, sebab sangsi Barat tidak akan berdampak pada Rusia dalam jangka panjang sebaliknya ini hanya akan memperlambat proses penyembuhan ekonomi Eropa. Rusia bisa saja memutuskan setiap saat pasokan gasnya ke Eropa dan mengalihkan penjualannya ke China, langkah ini akan sangat memukul Eropa terutama negara – negara yang memiliki ketergantungan gas pada Rusia. Namun Rusia lebih memilih untuk menggunakan ekspor gas-nya sebagai alat tawar menawar diplomatik. Lagi pula jika pasokan gas ke Eropa benar – benar diputus maka akan berpotensi memicu perang yang sesungguhnya, dan yang akan menari – nari di atasnya adalah China, satu hal yang tidak diinginkan semua pihak.

image

Sebagai sekutu Rusia, RRC kemudian menyediakan jalan keluar bagi Rusia dalam menghadapi sangsi Barat, RRC menempatkan dirinya sebagai pintu masuk menuju pasar Asia yang sangat potensial dan terus berkembang. Agaknya langkah ini sudah direncanakan jauh – jauh hari pula dan menjadi satu paket dengan rencana invasi Ukraina. Selain minyak dan gas dagangan utama Rusia yang paling diminati adalah industri senjata, sebagai tanggapan atas sanksi ekonomi barat maka Rusia akan semakin berusaha menggenjot penjualaan senjatanya. Sehingga hampir bisa dipastikan, akan ada semakin banyak senjata – senjata top tier papa Bear bersirkulasi di Asia. Dan ini tentu saja akan secara langsung meningkatkan derajat ancaman asimetrik di dunia serta mempersulit Barat dalam menanamkan pengaruhnya pada negara – negara kawasan. Demikian karena mereka yang memegang senjata akan cenderung lebih keras kepala dan lebih percaya diri –masih ingatkah dengan UU minerba Indonesia?.

Rusia dalam kaitannya dengan konflik pasifik lebih menempatkan dirinya sebagai pengamat dan tukang kipas. Sebab pada dasarnya Rusia memang tidak memiliki kepentingan langsung dalam konflik pasifik. Sebagaimana Barat Rusia juga akan mengipasi negara – negara kawasan agar tetap dingin dan tidak gerah, di saat yang sama Rusia juga akan ikut menjaga agar apinya tidak padam. Sebab ketidakstabilan politik pada suatu kawasan akan mendorong terjadinya perlombaan senjata, dan di sanalah para negara – negara produsen senjata memainkan perannya dan mengeruk keuntungan. Oleh karenanya Rusia akan memanfaatkan momen ini untuk menunjukkan dan menonjolkan sisi “baik”nya untuk membangun hubungan diplomatik jangka panjang melalui perdagangan dan kerjasama strategis. (by STMJ)

  193 Responses to “MAP of CONFLICT SERIES (3)”

  1. uno

    • salam damai bung stmj
      komik yg bagus,saya suka itu
      satu pertanyaan mengapa rusia permainan politik
      luar negrinya kasap mata banget?
      knp ga spt indonesia di kasus lcs kan sopan tp ada nilai tawarnya.tq

      • Salam damai juga untuk anda bung Cheng Ho.
        IMHO, Rusia politiknya halus bung, seperti pemain catur. Bukti sederhananya bisa dillihat dari sekutu yang jatuh dengan telak dalam rencana Rusia, ya walaupun sebenarnya kekalahan mereka lebih karena kurangnya analisa dan terlalu terburu buru. Dalam LCS Indonesia tidak berkonflik tapi terancam “terseret” dalam konflik.

        • Woooow..! Bung STMJ, hebat banget..! Ulasan dan analisanya sangat detail. Seperti biasa, smart article..! Terima kasih bung..! Saya tunggu series berikutnya. Salam hangat untuk anda dari saya bersama keluarga di KL..!

          • Matur teng kyu bung Yayan, saya masih harus banyak belajar dari bung Yayan 😀

            Salam hangat juga untuk anda dari saya dan keluarga di Indonesia 🙂

        • bung stmj kita adalah bapaknya asean
          kita adalah pemilik nusantara2 itu bukan sejarah yg
          tinggal kenangan,konsep itu masih ada bung
          suka tidak suka anak2nya akan minta tolong ama bapaknya bung
          bukan ama rika panda ato bear mereka cma ngeruk keuntungan
          doang baik dari sda maupun jualan senjata ini emang udah di bikin bung
          bukan kebetulan.salam damai bung

          • Di artikel seri kedua kemarin saya sempat menyinggung masalah cari untungnya pihak ketiga, mungkin bung Ceng Ho bisa intip sebentar, salam damai juga bung

        • Membaca arftikel bung STMJ, saya jujur aja khawatir akan nasib bangsa ini pasca presiden SBY lengser… Jika presiden yg akan datang tidak mempunyai visi dan pandangan yang luas akan bahaya yang akan dihadapi bangsa ini bila dikaitkan dengan pertarungan 3 poros kekuatan besar yaitu nato, rusia dan china maka bisa jadi RI sudah menjadi incaran dari invisible hands 3 poros kekuatan diatas untuk dipecah belah… Mengingat SDA kita terutama mineral yg melimpah dan juga posisi yang strategis… Mudah – mudahan sampai tahun 2014 ini, Minimum essensial force TNI sudah tercapai dan dapat diandalkan untuk mengatasi segala kemungkinan terburuk …Amin ya rab

    • Numpang pertamax bung,
      Mamarika itu negara pecundang paling berani main keroyokan itupun yg diserang negara lemah walaupun terbilang kuat tpi ditopang senjata impor seperti libya,irak. cara kita berambisi mandiri dl alutsista sudah sangat tepat walaupun masih bertahap.
      Bravo bear brand
      Bravo koko panda
      Bravo kacang garuda !!!!

      • separo aja ya bung
        salam kenal bung
        ya bung mama rika emang curang
        tp tinggal tunggu waktu pasti jatuh kok
        sebetulnya mereka takut darah bung
        yg pting kita biasakan diri kerja keras
        demi nusantara tercinta

        • as memang sudah jatuh bung, sebagai ganti israel menjadi negara super power,,suka tidak suka, mau tidak mau NWO sedang berjalan

          *saya bukan pendukung barat

          • Itu tanda kutip dibawah gara gara trauma dituduh antek barat bung Mike? Bisa saja anda hehehe

          • Betull bung cengho itu nwo dari para superkapitalis yg benar2 berbahaya, kita harus slalu waspada dan rukun

          • @ bung STMJ heheh ga trauma kok bung, cuma takut dibilang dari jiran ;p

    • oh….gitu

    • Om Cubran, dibeberapa artikel lain, dibahas tentang TOT pespur. (Kalau saya pribadi sangat awam dengan TOT pespur, tapi yang sekilas saya pahami TOT bagian per bagian, nah puzzle TOT pespur seperti apa, saya tidak paham)

    • bung@Cubran

      …mana mau mereka lha wong buat R and D udah banyak ngabisin duit kita dapat T.O.T merka dapat T.O.L.O.L sekali lagi ha ha ha…belilah 5 skuadron atau lebih bisa jadi TOT lancar juga……

      gini aja bung yg sederhana… semuanya mungkin dapet TOT

      ya kalau dagangan kgk laku, pasti diobral lah yg penting blik modal, kgk rugi2amat. ibarat org dah sekarat pasti syarat apapun dilakuin biar hidup lagi.
      sekedar cubitan kecil.
      salam kenal bung@cubran

      • Begini saja bung analisa orang awam. Dibanyak ulasan lainnya oleh sesepuh warjag spt bung nara, bung jalo dll bahwa kita sdh bisa membuat pespur gen 5, itu berarti kita sdh mendpt TOT. Kalo bicara tot berarti kita sdh membeli pespur ini dgn minimun order. Jadi mungkin inilah yg perlu dianalisa kaum hoaxer. Btw saya suka dgn ulasan bung cubran, mungkin krn satu aliran. Salam kenal bung cubran.

    • bung cubran coment atau bikin artikel ya …he..he…he…salam

      • salam juga bung sicurut.gmana kabar bung sehat sehat ajakan?.udah makan apa belum?lho saya kok jadi sok akrab gini????becanda becanda mah saya. saya hanya sekedar komen.rasanya saya belum pantas untuk nulis artikel karena pengetahuan saya masih dangkal dan perlu banyak belajar.saya tidak ada apa apanya di banding para sesepuh di sini yang sudah teruji dan di akuii artikel dan komenternya

    • bung hiu laut mana nie kaenya ini sudah bisa dibikin comedinya he…he..he…

  2. Salam semua sesepuh. Masih sepi he………..he……….

  3. 5 ? besar

    • Saya minta maaf kalo postingan saya kemarin mungkin sara sampe di buang admin
      @ bagol
      Suse amir nya posting di warung sebelah padahal ntu yang ane posting hanye empat mata bukan clasi lagi. Napa momod sana dibaca dulu langsung hapus,nape gimane, padahal udah masuk. Pas ane liat lewat hp ilang hadeuh. Suse amir nyari forum nyang aman neh. Kalo admin sini bukan gmail aja ane kirimin neh.

  4. Beuuuh ulasan yg cetar membahenol bung stmj. Mencerahkan sekali…

  5. 10 besar

  6. nyimaks

  7. papa bear & panda vs murican

  8. No 4.ulasan bagus bung STMJ. Tinggal analisa bagaimana posisi non blok dan negara2 asean. Terutama vietnam, kamboja dan Thailand

    • Roger cak Wie, sedang saya uleg bumbunya, tinggal menunggu penyedapnya turun hehe

    • Utk thailand dan kamboja, menurut pengetahuan saya ada hubungannya dgn keberhasilan indonesia menghentikan pertikaian senjata antara thailand dan kamboja dlm perebutan satu wilayah yg ada peninggalan candi-nya. Utk kamboja, indonesia jg sdh banyak jasanya utk negeri ini yg dulunya saling bertikai antar fraksi2 disana skg malah giat membangun.

  9. artikel manttaap..:-)

  10. 10 besar

  11. Sambil ngopi ikut gabung ndan

  12. Respon barat hanya itu2 saja..ancaman dan selalu ancaman..btw nice article bung..

  13. Salam hangat bung STMJ, artikel analisa yg menarik dan membuka cakrawala dan wawasan kami neubie dlm politik danstrategi negara di percaturan dunia.

    Mantap bung lanjutkan

  14. yang menarik, indonesia menegaskan pemberlakuan uu minerba.
    kayaknya indonesia sangat pede dengan segala kekuatan yg di miliki.
    Salam hormat untuk bung@STMJ.

    • Begitulah bung Bima, malah Indonesia beberapa waktu ini terlihat percaya diri sekali membocorkan warna dalemannya, sudah tidak malu-malu lagi. Tanya kenapa? Colek bung Nara, bung Satrio

      Salam hormat juga untuk anda bung Art-Mbojo/Bima

  15. Dan liciknya barat menempatkan tentara2 bayaran macam black water/academy utk ”menekan” rakyat ukraina yg pro rusia, ijin ikut nimbrung

    • @semprul1 : ada info seperti itu kah bung??berarti sama seperti di irak dan afghanistan, meskipun sudah ada prajurit2 reguler, barat selalu menggunakan jasa semacam blackwater ini untuk pengawalan..

  16. Ulasannya mantep bung STMJ. Perang politik & psikologis antar negara sebenarnya sudah dan selalu terjadi, namun selalu kekuatan militer menjadi background terhadap kekuatan sebuah negara. Rusia bisa memainkan kekuatan strategisnya seperti militer, gas, dan posisi strategisnya di eropa untuk memenangkan situasi. Kalau bukan rusia, sudah pasti akan di gang bang sama barat.

    Saat ini posisi kita adalah sedang memperkuat diri untuk paling tidak bisa bertahan dari agresifitas kekuatan besar dunia. Dengan melihat map konflik di atas, pertanyaan yang bisa diajukan adalah, apa dan bagaimana kita bisa punya keuntungan dari kondisi konflik itu untuk saat ini dan ke depannya? Selain militer, potensi apa saja yang kita miliki sebagai senjata politik & psikologis? mungkin para sesepuh/warjager punya pandangan…

    • Terutama persatuan dan kesatuan BUNG ! Kemudian militer harus mempunyai Taring yg KUAT kunci ketakutan dunia {BARAT} ……terhadap negara damai dan makmur dalam arti SDA nya . Semoga akan muncul negara negara baru didalam mengimbangi barat terkhususnya ‘ TURKI .IRAN. INDIA. INDONESIA DAN BRASIL Karna Rusia dan TIONGKOK yang saat ini slalu mengimbangi napsunya barat pun [ NATO DAN ASU ] berat rasanya {.terus menerus bergejolak }. SDA . SDM .YANG MILITAN ..PENCAPAIAN TEKNOLOGI TINGGI STAR WAR MERUPAKAN KUNCI DUNIA SAAT INI DAN INDONESIA BERJALAN KE SANA !!!!!!!!!!! sayang sdm yang telah mampu untuk itu banyak bertebaran di negara negara yang rakus sehingga tanpa sadar mereka menciptakan sesuatu yang kemudian negerinya sendiri yg kena imbasnya. SALAM NKRI.

    • Terima kasih bung Pertamax, kalau pokok bahasan itu nanti akan coba saya bahas di artikel penutup, ini masih bersambung jadi mohon sabar dulu. Kita intip tetangga tetangga kita dulu baru nanti ke bahasan pandangan ke Indonesiaannya, biar enak menguyahnya bung Pertamax jadi pahamnya nanti kita bisa bareng bareng 🙂

      @Afiq0110, terima kasih kembali mas Afiq, saya yang pemula ini juga mohon dituahi wawasannya mas Afiq

      @Flangker Bravo, benar kata bung Afiq, sepertinya bung ETT sedang terlalu bersemangat, take it easy bung Flanker hehe

      • Seep bung STMJ…ditunggu Seri lanjutannya..????

      • Bukan juga apa yang diuraikan di atas , semula hanya sebagai pembaca yang setia dng warjager ini tapi melihat dari komentar komentar dari mbah BEJO , dari hari ke hari akhirnya terjebak juga memasuki dunia maya……..karna sejak reformasi kita sadar tidak sadar menuju disintegrasi bangsa dgn riak riak kecil hampir diseluruh NKRI dan atas perlindungan yang kuasa toh akhirnya berjalan dengan keutuhan negri sampai skrg.

        Tv . radio terkhususnya berita nasional maupun internasional slalu memberi berita berita yang sangat kontroversi ,kita mau memberi respon/tanggapi tak ada jalan beruntung acara TVRI dgn acara bapak SOEGENG SURYADI yang memberi angin sejuk cara pandang berbangsa dan bernegara ,akhirnya saya berani masuk di warjager ini dgn segala kekurangannya

        Tanda huruf besar semua hanya mau menunjukan bahwa kita sebagai rakyat harus benar sadar akan segala permasalah berbangsa dan bernegara………
        Jangan sampai kita terbawa oleh pemikiran pemikiran barat yang tidak mempuyai atau berbeda pandang dalam hubungan antar manusia yg jauh dari kemanusiaan kemufakatan dan kearifan sesuai yg dipertontonkan dunia .saat ini

        Salam NKRI

  17. artikel bagus, salam bung, ditunggu artikel artikel selanjutnya

  18. Rusia diajak bergabung dengan nato? Sama saja memberikan posisi aktor figuran , meskipun diberi akses ekonomi dan militer yg luas oleh nato.mimpi rusia ingin kebali menjadi sutradara seperti zaman unisoviet dulu,blm lagi sakit hati rusia terhadap nato dan asu, yg memecah belah wilayahnya pasca soviet runtuh,gmana sakit hatinya kita sudah merasakan ketika tim tim lepas. Di dunia ini sebenarnya banyak anggota bsh (barisan sakit hati)terhadap nato/sekutu.dikarenakan narasi yg ditulis israel dan dieksekusi oleh pamam sam(tatanan dunia baru ) harus menumpahkan darah yg banyak.dunia seperti apa yg diinginkan oleh amerika adalah dunia yg tunduk dan patuh.kita sdh tahu arogansi orang kulit putih terhadap kulit berwarna itu jualah yg mendorong penjajahan,karena kita ikut permainan mereka maka kita dengan mudah diatur mereka,gmana kalau kita buat aturan main sendiri?

    • Bisa kok, asal poros non-west bikin skenario baru: China agresi bukan ke LCS, tapi laut timur, terus hingga Alaska. Rusia stop migas ke eropa, trus ekspansi hingga eropa barat dan UK. Brazil, Venezuela, Equador, Meksiko rebutan USA. Indonesia cukup ke selatan dan timur menyatukan Asutrali dan NZ serta rubah nama jadi Nusantara. Semua dilakukan hampir bersamaan dengan serangan penjualan obligasi USA, cegat export asutrali dan NZ ke Asia serta kegiatan lain yang mengganggu nadi ekonomi mereka, Nasionalisasi perusahaan tambang yang tidak punya smelter dan yang sdm manajemennya kebanyakan asing. Dilakukan terkoordinasi antara poros Moscow-Beijing-Jakarta. Rinciannya gimana supaya tercapai dengan modal GDP yang ada di masing-masing negara, monggo para warjager buat skrip skenarionya, lumayan latihan otak, sapa tau usul terbaik dilirik oleh Pad De Pur ato Pak de Moel, minimal bikin mereka manggut-manggut 🙂

    • mantabs artikel nya bung STMJ, ada benarnya kata org “disetiap konflik pasti ada seorang kulit putih yang bertambah sangat kaya”.
      IMHO: Jadi perang apa ga jadi perang yg pasti senjata udah laku berpaket2, kalo yg terjadi malah perang, pasti ada “sedikit org” jauhh lebih untung, karena mereka akan menghutangi kedua fihak dan mengambil bunganya, siapapun pemenang tdk jadi soal, krn pemenang dlm setiap perang akan menanggung seluruh hutang yg kalah.
      yg paling menderita tetep rakyat kecil kebanyakan, krn negara akan membayar smua hutang dengan pajak dari rakyatnya, bukan begitu bung stmj,
      utk preeport, mungkin sebaiknya dimulai dari pemiliknya, jimmbobmofat, siapa dia? siapa majikan yg dilayaninya? us gov hanya alat, utk memastikan smua berjalan spt rencana, kita semua di anggap nya goyim yang harus ada selama dibutuhkan, dari sini mulai dijelaskan keseluruh org papua dan indonesia lainya, tentang posisi kita sebenarnya… bukan kita yg membuat mereka miskin, bukan kita yg ambil harta buminya, memang ada segelintir pemimpin kita yg sengaja mengabdi utk kepentingan kapitalis terkuat yg masuk ke indonesia dgn dipaksakan oleh us gov,
      benteng terbaik adalah sebuah komunitas yg kompak. hindari smua perselisihan apalagi pertikaian yg berbau sara sampai kapanpun, mulailah berangkulan,
      utk sakala lebih luas(pemerintah RI) bisa di mulai dr mandiri dalam seluruh financial negara, mandiri dalam ilmu kesehatan, mandiri dalam perekonomian dan mandiri militer.
      hanya sisa tiga negara didunia ini yg masih mandiri dalam financial, (korut,kuba,iran), tapi tdk seimbang dalam menerapkan mandiri2 yg lain 🙂
      smoga ada yg bisa melengkapi dan mengoreksi.. maaf

  19. Jadi kapan giliran Indonesia dibully global imperium of kaukasoid?

    • Pertanyaan yg vulgar dan to the point.

      Rencana mrk sudah ada sejak dulu, tp sementara terganjal dgn Isu LCS ….Invisible hand Amerika sedang butuh Indonesia utk mengepung Tiongkok.
      Selagi mrk butuh kita dan “kepentingan” mrk terwakili sementara ini, mungkin Pengeroyokan Papua akan terdelay smentara.

      Bila mereka (US)memaksakan …..justru bs menjadi Bumerang …..Tiongkok dan Rusia akan senang mengambil kesempatan ini utk mencoba menggoyah hegemony amerika di asia lewat Indonesia dgn cara mendukung Indonesia.

      Menariknya ….bila Tiongkok menang di LCS mka bs dipastikan isu Papua “akan hilang” ….andai kmenangan Tiongkok di LCS terjadi, mka akan menguras fokus Amerika.

      Tp jgn lupa kita pun ada “bersinggungan” dgn Tiongkok (9 dash line) di ZEE Natuna.

      Sementara itu….waktu yg tersisa hrs dipergunakan utk membangun kemandirian trutama militer.

      Kembali mengenai pertanyaan kpn Indonesia di Bully Kaukasoid ?mka perkiraan tergantung kasus perseteruan diLCS.
      Bgitu LCS selesai (andai US menang) … mka Darwin menjadi gerbang theatre Invisible Hand Amerika di Papua.

      Cuman analisa pribadi ….maaf kl ngawur
      Salam kenal bung Kobu

      • @ s&y

        urusan lcs america bisa SENDIRI tampa indonesia,..
        DAN
        masalah papua tidak ada hubungannya dengan LCS,
        yang pasti..SUMBER DAYA ALAM DAN AGAMA

        ingat ..poso,ambon ,timtim,papua, (agama) bila indonesia timur hancur , maka akan ada JALAN TOL dari australia ke asia (lihat peta)

        *santai aja bang

        • Memang bisa ….tp akan hancur2an itu terlalu beresiko…..paling mending kl menggalang2 boneka2nya utk mengepung Tiongkok ….Amerika tinggal kasih support.

          Justru sy jawab diatas adlh analisa sy thdp pertanyaan “kapan Indonesia dibully kauskasoid?”….mka dgn maraknya dan menghangatnya kasus LCS mka konsentrasi Amerika terpecah ….termasuk rencana mrk dlm “Balkanisasi Indonesia Timur” dimulai dr Papua ter-delay.

          Andai tidak ada kasus LCS mka Rencana Balkanisasi Indonesia timur tentu sdang dlm proses “setup”.

          Memang perpecahan AGAMA adlh pintu gerbang mereka ….disusul human right sperti biasa.

          Gerbang Balkanisasi Indonesia Timur adlh PAPUA.

          Papua aman mka lainnya aman (efek domino)….. bgitupun sbaliknya

          Salam kenal bung okelah

        • @ S&Y

          baik lah bang….bila dunia ingin damai….hanya 1 kata
          hentikan “Operation Jubileeum” abad 21
          sy yakin dunia aman dari peperangan antar negara.

          * maaf analisis sales panci

      • Kurang lebihnya saya setuju dengan anda bung S&Y, memang ada indikasi Indonesia hendak dipecah belah melalui efek domino, racunnya sedikit demi sedikit sudah dituang oleh barat. Nanti di bagian terakhir seri artikel saya akan coba saya ulas.

        Salam

        • mestinya warga bangsa indonesia sadar akan hal pengkotak2an mama rika terlebih lewat sara… sedih mbayanginnya. tokh di beberapa lokasi jazirah arab, irlandia, sesama agama juga pecah. intinya perlu mendukung satu sama lain, entar apa stempel yg disandang, asalkan masih warga NKRI, mutlak sejahtera dan bersatu… NKRI harga mati… bukan hanya sampe mati… reinkasrnasi berkali kali pun tetep dukung NKRI….

        • Mantap….bung STMJ ditunggu kelanjutan artikelnya ….

          Salam hangat bung

      • Maaf ya beda analisis saya,rasanya tidak mungkin indonesia sampai dipecah oleh asu sama ausie deh asal tidak melakukan tindakan extrim,indonesia adalah pasar mereka,konsumen produk mereka,jadi buat apa merusak pasar mereka sendiri?…..dan tentang papua rasanya juga aneh mengingat di waktu kita rebutan sama belanda yg bantuin kita kan si amrik ini,jdi asal kepentingan mereka lancar buat apa menghancurkannya,selama ini juga amrik ini menyerang hanya ke negara produsen….tapi apapun itu saya gak tau pastinya :mrgreen: hanya opini

        • Ini juga yang menggelitik pikiran saya bung, coba seandainya ya mereka berhasil memecah belah indonesia menjadi beberapa negara, apa mereka gak kerepotan mengurus ijin? untuk melewati nusantara yang ada sekarang ini kalo terpecah bakalan susah mereka lewat, satu aja negara menutup alur laut dan udaranya bakalan ribet jadinya. Tapi ini hanya pemikiran awan lo, karena saya pribadi tidak ingin NKRI dipecah pecah oleh kekuatan manapun. banyangin anda dari papua mau ke jakarta harus izin beberapa negara untuk nyampe. Dan saya selalu berdoa semoga kita semua warga negara Indonesia tetep bersatu dibawah azas Pancasila dan UUD 1945.

        • Salam juga,Urusan tetangga ini memang susah ya bung,Walaupun katanya harus saling rukun dan gotong royong ya tetep saja apabila dahan pohon tetangga masuk pekarangan kita dan daunnya jdi sampah pasti kita sebel juga,apalagi kalau sampai maling tanah sejengkal..Hehehe :mrgreen:

        • Kalau masalah pasar, Indonesia di pecah menjadi seratus negara pun akan tetap menjadi pasar, bahkan pasar nya akan lebih besar karna mati nya industri strategis.

  20. Nice… Artikel bung stmj!, salam kenal.teruslah berkarya.jaya nkri.

    • Terima kasih bung Orca.
      Btw, jika bung Orca lihat lambang elang Rusia dan Inggris ada kemiripan tidak? Sebenarnya mereka masih satu rumpun dan menyatukan imperium Eropa adalah tujuan NATO. Alasannya apa dan apa untung ruginya kurang lebih seperti yang saya tulis di atas. Salam kenal juga untuk anda bung Orca 🙂

  21. analisa yg sangat mengesankan bung stmj

  22. Nice artikel bung STMJ, semoga dengan pengembangan perkuatan alusista kita, daya tawar kita terhadap dunia international semakin diperhitungkan dan tdk mudah lagi di dikte, keep posting bung STMJ, salute….

    • Terima kasih bung MP119, harapan saya juga sama seperti anda, Indonesia menjadi Garuda besar yang membumbung tinggi di angkasa. Salam hangat untuk anda!

  23. Bung STMJ ,
    mohon diulas hubungan Indonesia-Rusia yang seakan Indonesia itu adik kesayangan Rusia , terima kasih.

  24. Dari ulasan di atas ! bahwa semula aliansi” SEKUTU ” telah pecah karna lawan tandingnya tak ada , pembagian kue yang tidak merata [sekutu] sehingga timbul aliansi nato {barat} untuk menekan dunia ke 3,yg selama ini dipertontonkan pada dunia dan justru negara negara yg berpandang non sosilis yang menjadi korban , nato sudah salah jalan karna menyerang negara negara non sosialis sehingga mereka mau mempergunakan ”RAS”[ war 2 ] atau Sosialis sebagai hembusan permusuhan tidak relevan lagi karna semua tahu bahwa nato saat ini ” LAPAR’ Dan ketidak adilan yang dipertontonkan selama ini dunia tahu , jadi apa yang dihembuskan hanya semata mata rakus dgn SDA dari negara negara yang diincar. RUSIA DAN TIONGKOK MERUPAKAN SEKUTU ; PBB ‘ DIBUAT PUSING.

    Bagaiman rakyat ‘ INDONESIA ‘ bersikap atas pandangan diatas ?,,,,,,,,,,, Jawabannya ?????? ????????????????? BERSATU KITA TEGUH BERCERAI KITA RUNTUH

    • Benar bung, dunia dgn satu world order yg dikemas satu tatanan dunia baru ala amerika dan israel sgt tdk baik bagi negara2 yg berseberangan terutama negara2 berkembang dan kecil. Akan timbul tirani dan ketidakadilan. Dunia yg lbh seimbang adlh yg bipolar dimana ada 2 kekuatan sbg penyeimbang.

      Khusus utk negara kita indonesia lbh baik masih merangkul dua karang ini dengan tetap memetakan siap sebenarnya yg mengancam dan siapa kawan kita. Untuk itu kita hrs segera prepare for everything, perkuat. Ekonomi, militer dan kemandirian. Tingkatkan persatuan dan kesatuan. Indonesia besar sulit terwujud tanpa persatuan, utk terwujud kearah itu perlu pemerataan di setiap daerah. Mantapkan bahwa mereka merasa memiliki indonesia dan indonesia tanah air beta.

      Dengan merangkul dua karang ini sangat banyak manfaat bagi kita, kita harus pede sbg negara strategis yang kuat baik secara militer maupun ekonomi dan sda. Kedudukan yg strategis ini akan meningkatkan daya tawar kita dlm berdiplomasi. Kita jgn terperangkap menciptakan poros asean yg berarti akan bersinggungan dgn sahabat kita cina. Baik secara ekonomi maupun militer kita dan cina hubungannya sgt besar sekali. Kita jg hrs ingat bahwa dunia ini msh ada PBB dimana cina dan rusia punya hak veto, bila kita bersinggungan dgn amerika dan australia di irian jaya, kita masih punya veto cina dan rusia utk diplomasi internasional di PBB

  25. Bung STMJ. Di artikel nya bung ps tentang u212 saya mengungkapkan ada skenario besar jika melihat semua artikel nya jkgr. Salah satunya adalah seperti artikelnya bung stmj ini. Saya rasa masih ada yang lain, mudah2x an dapat terumgkap do artikel berikutnya. Salam Bung STMJ.

    • Yup sy sepakat bung Indonesia, rusia yg diketahui sangat kuat militernya tdk menyurutkan niat barat mewujudkan ambisinya, terbukti dg kondisi rakyat ukrainia diambang perang saudara.Kelak ketika militer kita cukup kuat rakyat Indonesia mampu mewaspadainya seiring dg menebalnya rasa nasionalisme.

    • Katanya ada yang mau mengisengi kita bung Indonesia, artikel – artikel pecah ban di JKGR beberapa hari ini intinya sebagai adalah soft-therapy kepada si tukang iseng. Yang intinya seperti hendak mengatakan “jangan nakal, nanti saya cubit lho”, katanya sih begitu bung hehe

      • ooh gitu yah om STMJ, jd kita ni diplototi trus dr ujung rambut pe ujung jempol yaa?

        • Sepertinya begitu bung lemadang, web trafic JKGR rata rata 65k per hari, masa dari angka itu tidak ada orang luar yang ikut nongkrong disini hehe

        • Web trafic JKGR rata rata 65k per hari, masa dari angka itu tidak ada orang luar yang ikut nongkrong disini, jadi sepertinya sih begitu bung Lemadang hehe

          • Betul bung STMJ, jkgr ini dipantau terus, klo nggak salah kt bung diego oang luar yg mau masuk banyak dan mjd spam .
            Jujur saja sy dari artikel2 yg jkgr ini yg sy suka sekali artikel dari bung stmj, bung jalo, dan bung Yayan . Ibarat thesis nilai A.Maaf bukan merendahkan artikel sesepuh yg lain. Sy juga ngasih nilai A+ bagi artikel kewiraan bung satrio
            Klo artikel bung PS dan bung nara untuk membangkitkan nasionalisme sy kasih A tp klo dipake sbg thesis sy nilai B.
            Maaf pendapat pribadi.

          • Wow, corat coretnya kuli bangunan seperti saya diberi nilai A oleh bung Gatot. Ngomong – ngomong bung Gatot punya peniti? Rasa rasanya jidat saya sekarang sudah mulai terasa menggelembung hehe

      • @ mas STMJ

        “jangan nakal, nanti saya cubit lho” <<>> lu ganggu gue, gue bacok lu

        jangan pernah lupa, kita sedang berurusan dengan orang-orang yang hanya mengerti bahasa kekerasan karena mereka memang tidak dibesarkan dengan budi pekerti

        • @ mas STMJ

          maaf jadi salah upload… maksud saya seperti ini

          “jangan nakal, nanti saya cubit lho” …. jangan terlalu lembut, nanti mereka besar kepala

          saya lebih suka menggunakan kalimat… “berani ganggu gue, gue bacok lu”

          jangan pernah lupa, kita sedang berurusan dengan orang-orang yang hanya mengerti bahasa kekerasan karena mereka memang tidak dibesarkan dengan budi pekerti

          • Saya orangnya kalem ndak suka kekerasan (kata saya sih) jadinya dicubit saja, kan Indonesia kakak besar, yang lainnya adik kecil hehe

  26. likeeee…rupanya diluar pagar rumah kita makin ramai, ada yang menari ada pula yang menangis…indonesia harus belajar …..artikel bgus,

  27. Patut dipuji langkah-langkah yang sudah ditempuh pemerintah. Meskipun nampak laten, penguatan di sisi makro dan aspek pertahanan telah didesain untuk menyikapi keadaan yang dapat terjadi kemudian. Dengan kemandirian di bidang alutsista, Indonesia bukan hanya saja berusaha mengeliminir kebergantungan dalam bidang politik sejajar dengan kebutuhannya akan pertahanan yang mumpuni. Beberapa negara ASEAN melihat ini sebagai patron yang harus ditempuh untuk tidak terjebak pada politik kubu yang kemudian menyeret mereka pada konflik yang justru tidak mereka ingini. Bagi sebagaian penyimak warjager yang apriori akan berita-berita di sini, inilah jawaban mengapa pemerintah mengambil opsi yang sangat luas terhadap kepemilikan alutsista teknologi tinggi.

  28. salah satunya ya adanya kogabwilhan wilayah di timur bung @lamberth dan meliputi juga rencana penempatan marinir dalam jumlah besar serta armada tempur yg gahar secara signifikan nantinya

    • Betul bung Kelana… Selain itu, salah satu aspek yang sangat sentral untuk mempertebal rasa persatuan bangsa adalah lewat jalur pendidikan. Pemerataan di segala bidang saya kira sekarang menjadi satu isu yang bisa saja dimanfaatkan oleh elemen2 tertentu untuk mengobok-obok rasa persatuan kita sebagai Rakyat Indonesia. Menurut saya persatuan tidak akan mungkin tercapai kalau pemerataan pendidikan, kesehatan, ekonomi tidak dibangun dengan sebaik2 nya.

  29. Antisipasix utk kita… HIDUPKAN WAJIB MILITEEEEERR!!! ane mau daftar… ASU,sonotan,sonora sma si upil macam2 sma Ibu
    Pertiwi…. Tak Clurit sampean… Ku Tujah kau… Ulun Mandau ikam … NKRI HARGA MATI….!!!!!

  30. RI harus belajar “main catur” sama Rusia

  31. Aksi “arogansi” NATO sebenarnya berpangkal pada bidang ekonomi. Ekonomi asu memerlukan sumber daya yang besar, baik berupa energi maupun barang tambang. jika hal ini tidak terpenuhi maka akan memyebabkan kemunduran ekonomi. Kemunduran ekonomi membuat ketidak stabilan politik yang akhirnya berimbas pada keamanan. Tiongkok dan asu berusaha memperebutkan sumber2 energi dan bahan mineral utk memperkuat dompet. Dan memberi makan ke rakyatnya. Selain itu juga mereka memperebutkan pasAr utk memasarkan produk2 yg mereka hasilkan(monopoli). Perang hanyalah motif ekonomi yang dibalut isu HAM.

  32. seandainya pak karno msh ada

    • @bung kopploxx..biarlah pak karno sdh tenang disana..skg ini giliran kita2 kedepan utk Indonesia yg jauuuh lbh baik,tentunya tanpa melupakan js pak karno sbg pendiri bangsa..ok, slm kenal bung…

    • Saya setuju dengan bung Corporal, biarlah pak Karno istirahat dengan tenang sebab tanggung jawab atas apa yang terjadi di bumi Indonesia sekarang ini sudah dilimpahkan pada kita yang masih hidup. Tongkat estafet sudah dilimpahkan pada generasi penerus, dan saya masih sangat yakin bahwa orang sehebat pak Karno tidak cuma satu, bila tidak maka sudah pasti buramlah masa depan negeri ini.

      Salam

  33. @STMJ : ulasan yang bagus bung…tidak pernah bosan apabila mengulas mengenai strategi jitu om Putin..selain ukraina, barat tidak bisa pula sembarang mengutik2 Suriah.. salam

    @lamberth : ulasan mengenai Papua memang belum segamblang seperti ulasan mengenai LCS bung, tetapi banyak clue2 yang disampaikan oleh punggawa2 jkgr…melihat anak bangsa menghisap darah saudara sendiri itu sungguh menyedihkan..

  34. Absen dulu ah…! SR lagi……

  35. artikel yang mantap bung stmj ijin nyimak

  36. Betapa bahagianya negara dengan sda yang melimpah + industri militer yg maju.
    Efek tawarnya menakutkan SEKALIGUS menggiurkan.
    Semoga produk hukum yg ada dan yg akan ada di Indonesia selalu bisa mengawal penggunaan sda dengan cerdik.

    • ini berbanding sejajar dengan info 2 ttg pelataran luar yg masih bisa diliat dunia, bahwa org Indonesia di PBB sering membuat tercengang karena kemampuan menguasai lebih dr 6 bahasa dengan penguasaan dialek2nya…. ajib banget… ud gt hampir selalu olimpiade eksakta yg diadakan, Tim Indonesia selalu membawa pulang medali ( thanks for Prof Surya ). potensi Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi dan militer bakal mendekati kenyataan. yg penting kurangi konflik internal di grass root… di pintarkan lg anak2 kita… dan kembalikan mereka pada akhlak agamanya dan bangsanya… niscaya 10 thn Indonesia jd mercusuar… Mamarika bakal mendengarkan mamarieke…

  37. Bung @STMJ, ulasan yang menarik! Terima kasih bung! bisa menjadi penambahan wawasan saya tentang peta politik dunia. Salam hangat saya untuk Anda dan keluarga, semoga anda diberi kesehatan & dapat menulis artikel2 yang bagus lagi bagi para warjager semua. Amin!

  38. Bagus bung stmj…kesimpulan akhir, perang dingin sedang dimulai & tdk menutup kemungkinan ww3 akan benar2 terjadi mengingat di seluruh penjuru dunia sekarang bnyak trjadi konflik2 antar negara yg disebabkan pengaruh polisi dunia tunggal as & raksasa calon adidaya baru yaitu china yg merupakan ancaman nyata perdamaian!!!

    • Terima kasih bung Joeanz, IMHO perang dingin belum dimulai dan WW3 juga masih jauh, dan ya anda benar, kemunculan raksasa baru apalagi yang berfalsafah “tidak ada dua harimau yang hidup di gunung yang sama” akan sangat mengancam perdamaian.

  39. asslmkm warga jkgr…apa yg di praktekkan oleh asu cs tk lbh dari imperialisme gaya baru, dan tujuannya hnya satu seperti semboyan mereka “NOVUS ORDO SOCLORUM”
    lambangnya thu ada di pecahan uang satu dolar asu.

  40. asslmkm warga jkgr…apa yg di praktekkan oleh asu cs tk lbh dari imperialisme gaya baru, dan tujuannya hnya satu seperti semboyan mereka “NOVUS ORDO SOCLORUM”
    lambangnya thu ada di pecahan uang satu dolar asu.
    maaf lw salah.

  41. lho kog jd dobel maaf bung diego di hps aja satunya drpd ngotorin forum.

  42. Kembali lagi kepada JASMERAH, Soekarno dulu sudah memperingatkan akan bahaya NEKOLIM, yang bahkan beliau sendiri ikut merasakan akibatnya. Walaupun sekuat apa pun militer kita, tanpa dukungan intelejen yang tangguh sama dengan mengulangi kesalahan yang sama….

    Ingat, jaman Soekarno Indonesia adalah kekuatan utama di Asia, namun bisa digulingkan pula dengan bantuan Amerika, Aussie dan Inggris melalui perang politik & intelejen.

    Solusi ampuh adalah memperkuat intelejen negara, ingat Mesir pun kuwat secara militer namun bisa digoyang melalui perang intelejen, bagaimana pula dengan Venezuela, kematian Presiden Hugo Sanches karena keracunan radio aktif?

    • Setuju Kamerad…..

      Tapi yg lebih penting jangan hanya Mengingat sejarah masa lalu…. harus diimbangi dengan membuat sejarah masa kini dan masa depan….. didik diri kita dan anak anak kita… jangan jadi saksi sejarah…. BUATLAH SEJARAH…..! MERDEKA

  43. Om Lamberth:

    Sebagaimana Rusia menjadikan pasokan gasnya kepada eropah sebagai alat tawar, indonesia juga bisa memainkan peran yang sama (kalau RI-1nya dan BUMN2 nya tidak menjadi budak barat) yaitu menjadikan freeport sebagai alat tawar yang ampuh terhadap amerika.

    Freeport-Papua adalah dapur sekaligus merangkap halaman belakang amerika serikat. jika dapurnya tidak mengepul maka akan mengganggu putaran roda ekonomi amerika serikat secara signifikan (yaitu sumber segar EMAS dan plutonium/uranium dalam jumlah yang dahsyat! yang tak terbayangkan oleh siapapun).
    Mereka akan senantiasa terus berusaha mati-matian untuk bercokol sampai hari kiamat di papua.

    Segala cara akan dicoba…:
    – menyuap petinggi pusat dan daerah, anggota DPR, baik sipil dan militer, untuk melindungi eksistensi mereka di segala lini, yang bermuara kepada PERDA, UU, KEPRES, KEPMEN yang secara hukum akan melegalkan kehadiran mereka disana.
    – menciptakan proses pengkaderan di segala komunitas di RI yang pro kepada kepentingan AS.
    – jika upaya suap gagal, mereka (AS dan antek2nya) akan mencari2 kesalahan terhadap pribadi indivudu orang2 yang “mengganjal” dijalannya. Isu Harta, Wanita, Tahta akan diangkat ke publik, hingga orang yang mengganjal tersebut terjungkal dari posisinya, dan dengan segala cara mereka akan berupaya mencari pengganti yang senafas dan pro dengan mereka.
    – menciptakan situasi dan kondisi yang tidak aman di papua, dengan tujuan akhir papua lepas dari RI, dan dengan segera bisa menjadi negara boneka AS.

    • @desperado : catatan penting dari ulasan anda benar bung, yaitu “menciptakan situasi dan kondisi yang tidak aman di papua, dengan tujuan akhir papua lepas dari RI, dan dengan segera bisa menjadi negara boneka AS”…hal ini yang sebenarnya harus diwaspadai, apakah dengan pemimpin yang berganti nanti UU Minerba akan istiqomah untuk dikawal atau bahkan bisa sebaliknya… salam

    • “freeport sebagai alat tawar yang ampuh terhadap amerika”, ini kesannya apa tidak seperti menghisap darah saudara sendiri bung Desperado?! IMHO cmiiw

      • @ stmj

        sepertinya free port bukan alat tawar tetapi adalah BAGIAN KOMPENSASI bagi USA..sebagai penengah karena berhasil mencegah perang antara RI dan belanda pada thn 60 an
        sebagai tambahan nyawa kenedy pun hilang

        * maaf analisis sales panci

        • Tahun 60 masih masanya pak Karno, sulit sekali saya membayangkan seorang ultra nasionalis seperti pak Karno menggadaikan Papua sebagai kompensasi perang (perang yang mana juga?). Sepemahaman saya, eksplorasi besar tambang Papua adalah bagian dari kebijakan jalan pintas pak Harto untuk menghasilkan devisa dan mengisi kantong pribadi. imho cmiiw

        • @ stmj

          ya…ya..ya…

          coba anda pikirkan..pada saat itu thn 60 an di sekitar papua…belanda FAKTANYA telah perang dengan indonesia ,dengan menenggelamkan beberapa kapal cepat torpedo..,tetapi..TIBA2 bisa ngalah tampa syarat di atas meja…? berita apa yang di dengar belanda dari USA..
          indonesia punya kapal selam 12 buah kah,..mig 17.19, atw 21.?
          atw kri irian..?? sebegitu takutkah belanda..?? yang punya kapal induk..?.berita apa yang belanda terima dari USA…?.kenapa free port pemimpin indonesia tidak berani kutak kutik,…? adakah perjanjian TERSELUBUNG antara sukarno dan kennedy..?apakah benar USA hutang ribuan ton emas..?

          oopsss ..saya yakin sesepuh2 di sini mampu menjelaskan…

          * maaf sy cuma sales panci

        • Heee harga yg hrs dibayar spy raja nusantara ke2 bisa naik sbg raja; dan mamrika tentu akan lbh gampang berurusan dgn raja 2 yg kartunya mrk pegang dibandingkan berurusan dg beatrix van oranye yg sekutu nato mrk:) just imho

        • Benarbung, freeport adlh hadiah dari raja nusantara 2 dan atas bantuan mafia barkeley jg krn telah membantu duduks raja dimaribkan krn usa membantu kita perang dgn belanda, tanpa bantuan usa pun kita sdh byk menerjunkan pejuang kita disana. Kapal induk karel doorman dihadapi dgn kri irian, tu 16, ks whiskey. Pespur mustang lawas belanda dgn mig2 kita yg lbh canggih ditambah prajurit gagahbi dari paskhas, kko dan RPKAD. Belanda bukanlah lawan yg setarakita

    • Terima kasih bung @Desperado atas ulasannya! Di sini sy hanya mau sampaikan bahwa potensi untuk lepasnya Papua mungkin agak kental di sini!! Saya tinggal di Timika. Sekarang saja di sini situasinya agak mencekam karena setiap konflik sekecil apapun itu bisa menjurus ke unsur-unsur lainnya yang lebih rawan (separatis misalnya)… Ada satu ungkapan yang di sini yang kadang-kadang kita miris mendengarnya, di mana masyrakat suku asli di sini sering mengatakan kepada pendatang (masyarakat luar papua) ‘Ini kau punya tanahkah?’ Ungkapan seperti ini tidak pernah mungkin kita dapatkan ketika kita pergi ke daerah lain. Pernah saya mengalami di sekolah tempat istri saya bekerja, teman istri saya yang mengajar materi menggambar. Lalu dia meminta anak2 siswanya untuk menggambar bendera negara Republik Indonesia. Lalu sebagian anak2 malah menggambar bendera Bintang Kejora.
      Ok…itu sj yg mgkn saya mau share kepada bung Desperado dan semua suhu dan warjagers sekalian…. Mohon maaf kalau ada salah kata.

      • Menurut saya, yg harus dilakukan kita skg adlh memperbanyak perlajaran kewiraan disana. Terus terang kecintaan saya dgn negeri ini juga krn perkenalan di dunia pendidikan kita terutama PMP dan sejarah tapi saran saya jgn terlalu banyak teori yg membosankan tapi hrs diperbanyak studi kasus tentang kejayaan kita di masa lalu dan perjuangan para pahlwan kita yg rela mati utk bangsanya. Tanamkan pendidikan kewiraan disana sejak dini mungkin krn itulah waktu yg terbaik utk menyerap perlajaran jgn sampai kita didahului oleh antek2 asing yg berkedok utk memberikan pendidikan gratis disana dgn materi pendidikan yg anti bangsa indonesia. Perbanyak sekolah2 negeri utk SD dan Smp disana.

        • thx atas atensinya bung Ihsan. Memang sekarang yang menjadi momok juga adalah adanya beasiswa dan pendidikan gratis yang bisa saja sudah disusupi mata2 pihak asing. coba tengok mereka (anak2 papua) yang mendapat beasiswa pendidikan di luar negeri, pernahkah kita berfikir bahwa mereka sedang dipersiapkan untuk suatu ‘project’ yang lebih besar ke depannya? Bisa saja kan mereka sudah mendapat ‘brain washing’ untuk anti terhadap Indonesia sperti yg bung Ihsan sebutkan? Bagaimana menurut pendapat bung Ihsan?

  44. analisa yang bagus bung STMJ.
    dilanjut ya artikel yng epsd 4nya..
    salam hangat

  45. Artikel yang bagus sekali bung STMJ. Ditunggu kelanjutannya.
    Saya begitu salut pada para Sesepuh dan pembaca Warjag. Cukup lengkap para ahli yang hadir disini, militer, ekonomi, politik, teknik, pertambangan, hukum, sosial kemasyarakatan, sejarah dan lain-lain. Saya bersyukur sekali sudah bisa ikutan nyimak dan belajar disini. Moga Warjag ini bisa menguatkan lagi jiwa nasionalis kita yang membacanya. Sehingga jika terjadi eksekusi terhadap NKRI kita semua tidak tinggal diam untuk mempertaruhkan nyawa dan harta demi NKRI tercinta.
    “NKRI HARGA MATI”.

  46. Strategis sekali posisi Gas rusia, tapi bagaimana dengan Gas indonesia yang di jual sangat murah ke China oleh mantan Presiden M?

  47. disambung terus artikelnya……

  48. daripada berpihak ke barat,mendingan berpihak ke rusia.. :v hahaaa

  49. merdeka merdeka merdeka

  50. Assalamualaikum dan salam sejahtera bagi kita semua..
    Selamat siang para sesepuh dan warjagers semua

    Artikel dengan ulasan yg mendalam bung STMJ!!
    Harus kita akui keberanian om putin dan ciamiknya permainan catur rusia.
    Bisa saja kita meniru permainan catur rusia namun harus dibersihkan dulu itu tikus-tikus di pemerintahan dan harus ada kesatuan pemikiran, visi dan misi antara pemerintah dengan bapak-bapak yang terhormat di leglisatif untuk membangun dan membesarkan bangsa ini.
    Seperti yang kita semua tahu bahwa belum cukup banyak kesepahaman tersebut dikarenakan saat ini kepentingan bangsa dan negara tergadaikan untuk kepentingan partai. Indonesia cukup rajin membuat aturan namun untuk implementasinya masih kurang. Dengan penguatan di bidang hukum untuk menjaga agar pindi-pundi negara tidak digerogoti para tikus maka pembangunan di tiap lini bidang bisa dijalankan dan kesejahteraan rakyatpun tercapai.
    Memang siapapun RI1 akan cukup berat tugasnya namun bukan tidak bisa, bila ada kesepahaman tersebut dijamin bangsa ini akan kembali kepada fitrahnya sebagai bangsa yang besar. Hal ini diketahui dengan baik oleh orang-orang barat sehingga amerika dengan kroninya sekuat tenaga menggoyang bangsa ini dan meracuni generasi mudanya dengan ideologi-ideologi mereka yang mana nantinya mudah untuk mereka atur. Mereka akan menggunakan segala daya, upaya, usaha dan tipu daya agar bangsa ini tidak menjadi besar (lagi).
    Putin dan rusia dengan segenap rakyatnya sadar dan tahu betul tujuan barat di ukraina oleh karena itu merekapun memainkan bidak caturnya dengan cantik dan hasilnya amerika cs hanya bisa teriak-teriak dan menyaksikan kegagalan triknya.
    Semoga RI1 yg baru dan pemerintahan serta para anggota dewan yg baru lebih memandang kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan partai sehingga bangsa ini bisa menjadi bangsa yang besar (lagi).
    Maaf bila oot..ini hanya pendapat nubie.
    Ijin kembali SR di pojokan
    Jayalah NKRI!!!

    • bung Gatot, brngkali bs dimulai dr pembenahan otonomi daerah ya bung, soale sering terdengar perda2 tu bnyak berbenturann dg kepentingan pusat, otonomi yg kebablasan,gubernur yg ga mau patuh sm induknya, bupati tdk patuh ma gubernurnya, p camat, rw. rt, seenaknya nerapkan aturan & pungutan yang semuanya bermuara pd apatisnya rakyat hdp bernegara.

      • Betul bung lemadang..otonomi daerah itu sebenarnya bagus, membuat daerah kreatif dalam mengelola keuangannya dan menggunakan untuk kemakmuran masyarakatnya karena kepala daerahlah yg tau permasalahan dan kebutuhan daerahnya. Namun saat ini hal tersebut “agak sedikit” kebablasan yg menjadikan para kep.daerah berpikir mereka adalah “raja keci” yg mana mereka membuat aturan main sendiri yang seringnya berbenturan dengan peraturan diatasnya. Inilah salah satu masalah di otda..banyak kep. daerah setelah selesai masa jabatan merekapun memperoleh predikat baru yaitu “tsk/tdw/napi”.

    • Terima kasih bung Gatot, negeri kita ini memang masih harus banyak berbenah diri baik dari segi politik, ekonomi, sosial dan hankam. Sadar atau tidak negeri ini terpecah pecah secara geografis ( tidak satu pulau), terdiri atas banyak suku dan beragam bahasa, agama dan kepercayaan. Benar benar sangatlah tidak mudah untuk memimpin dan membangun negeri ini, hingga bisa dikatakan pencapaian Indonesia hingga saat ini sudah sangat luar biasa.

      Kita tidak bisa / masih belum bisa membandingkan diri kita dalam hal modernitas dengan negara negara besar di barat, sebab mereka memiliki start yang jauh lebih awal dari kita. Namun saya secara pribadi, tidak menyukai bila ada orang – orang negeri ini yang membanding bandingkan Indonesia dengan negara sekecil Singapura atau dengan Malaysia, skala dan konteksnya sudah jauh berbeda!

      Bagaimana pembangunan berkelanjutan di Indonesia dapat terus dilanjutkan, itu akan kembali pada kita dalam pemilu nanti, jangan golput dan jangan salah pilih,.. pesan moral hehe

      • Betul bung STMJ..jangan bandingkan bangsa ini dengan negara-negara kecil namun kita juga jangan meremehkan mereka bung.
        Usia bangsa ini memang masih muda banget namun apa yang dicapai bangsa ini sungguh luar biasa.
        Pembenahan memang harus dilakukan di segala bidang dan sinergi.
        Secara pribadipun saya juga yakin bahwa kita akan kembali menjadi bangsa yang besar (lagi). Semua ada di negara ini, sdm banyak sda melimpah (ini yg menjadi alasan kita dijajah baik secara fisik, ekonomi dan lainnya dari dulu hingga sekarang) tinggal bagaimana pemimpin, pemerintah dan anggota dewan yang terhormat mengelola dan memaksimalkan semua sumber daya tersebut.
        Salut terhadap JKGR yg tlah menjadi ajang untuk meNumbuhkan kewiraan, nasionalisme dan menambah pengetahuan.
        JAYA NKRI!!

  51. Ulasannya sangat bagus bung STMJ, utk menambah kasanah pembelajaran warjag dr strategi negara2 besar dan kejelian Rusia mengamati pergerakan pasukan AS 60 % dibawa ke Asia Pasifik serta keyakinannya akan mendptkan durian runtuh ttp malah menjadi simalakama wilayah Eropa Timur pecahan Unisoviet dibiarkan terlantar. Sdgkan Rusia dg China sdh menjalin bisnis besar2 antara lain pesawat dg bahan bakar yg sangat dibutuhkan utk pertumbuhan ekonomi China, sdg kan AS dg bendera yg penuh bintang dikibarkan dg seperangkat militernya menuju pangkalan Asia Pasifik dg tujuan mendapatkan gorengannya (intelejen AS) utk bisa menjual alutsistanya dan Rusia sangat cerdik melihat situasi Asia Pasifik yg dibuat memanas oleh AS maka kesempatan dlm kesempitan utk menambah pertumbuhan ekonomi Rusia dg menguasai negara2 eropa timur yg dahulu menjadi pengaruhnya hrs direbut kembali shg tdk ada lagi pengusik saluran bahan bakar terus mengalir ke Uni Eropa.Rusia mengambil Crismea utk menguasai laut hitam dahulu krn dg mudah kapal2 Rusia dpt menggunakan laut hitam sbg pancangan perdagangan antara Rusia dg China, selanjutnya Rusia menguasai Ukraina bagian timur jadi gerakan militer Rusia mengarah ke barat oleh karena bagian laut hitam pantainya akan dikuasai dan yg menjadi kan masalah Rusia adalah Bulgaria sdh siap kapal2 AS latihan diwilayah pantai utk Serbia (dahulu Yugoslawakia) masih menggunakan pesawat Mig 29 dg harapan kalau Ukraina sdh mengadakan Referendum maka Rusia dpt main mata dg Serbia utk menjepit Rumania dan Muldova. Dr kasus Ukraina utk Indonesia sbgmana program MEF hrs tetap berjalan utk menguatkan alutsista kita dilanjutkan dg penguatan PT Pertamina hrs dpt mengambil kilang2 minyak asing dan dg kekuatan pengambilan minyak asing sdh mrpk strategi utk mendomplang kekuatan militer asing dr wilayah Indonesia, Salam…………………

    • Terima kasih bung Harisantoso, ulasan yang menarik dari anda, hanya saja saya agak bingung membacanya hehe. Salam hangat juga untuk anda bung Harisantoso

  52. Asalam nice artikel bung STMJ patut dpt 4 jempol smoga cak stmj & para sesepu diberi kesehatan shg tulisannya berlanjut s/d 100 seri, ngomong2 itu gbr kartun dpt dr mana maaf kayaknya kok lebih perform kerjasanma dg beruang disamping cakarnya kuat kokoh taktiknya jitu punya pngalaman sakit hati di pecah belah ri aja hilang tim2 walau dibanding propinsi lainnya paling mlarat rasanya bukan kepalang. Cina kartunnya panda/naga ri garuda/macan, asu gbr uncle sam. Tuk comen om nara & no 39 myun lemadang yg novus ordo soclorum kt om nara tata dunia baru = yg sesuai dg asu bisa di atur di kendalikan mending di uang ri dng rahmat tuhan yg maha esa nilai luhur jasmerah yg baik kita hanya melanjutkan, mengisi tuk yg lebih baik salam trim

  53. Kabarnya pembuatan the next fighter KFX/IFX bakal ditangguhkan oleh pemerintah Korsel untuk waktu yang belum ditentukan. Alamat akan ada kemunduran atau bahkan mungkin pembatalan kerja sama pembuatan pesawat tempur siluman.

    Media asing juga menyatakan pesimistis tentang proyek kerja sama pesawat tempur ini.

    Apakah ini pesanan pihak ketiga atau bagaimana…?

    • Gosipnya karena masalah keuangan dan perkembangan regional diKorsel Pak Besar. Korsel juga butuh dengan proyek ini jadi bukan karena pesanan pihak ketiga, imho

  54. http://failzoom.com/YzZuY0xpSGNVaWM0

    Siapa yang bisa menolong orang-orang kaya gini……

    Maaf OOT

  55. Terima kasih bung Lamberth, mengenai ASEAN dan tetangganya mohon sabar dulu, insya’Allah akan coba saya ulas dalam artikel tersendiri. Salam hangat untuk anda dan terima kasih atas atensinya.

  56. Tulisan Siiiip bung STMJ….mencerahkan…..sejarah selalu terulang……makanya jasmerah……sebagai bangsa yang besar dan “kaya” cerita rusia baik di osetia maupun crimea harus dijadikan pembelajaran…..jangan sampai terlambat antisipasi sebagaimana Yugoslavia (Balkan)….Sikap Nonblok itu harus memberikan keuntungan bagi kepentingan Nasional ……sampai dengan saat ini semoga para pemimpin kita telah mengarahkan kemudi pada jalur yang benar…..bangsa yang Unggul disegani lawan dan dihormati kawan……sekali trimaksih pencerahannya bung STMJ

    • Terima kasih bung Sastro, tidak hanya itu saja, semoga pemimpin kita lebih peduli dan dapat melindungi rakyatnya,.. maaf oot saya masih gerah dengan link video kiriman bung Java diatas

      Salam

  57. Nyimak sr mode on

  58. benar bung @ java indonesia terlepas bnr tdknya teori konspirasi tntang mereka(asu cs) pasti bung JI fhm protocol of zion dan di pasal yg ke12, mereka akn sebisa mgkn menguasai media demi kelancaran propaganda mrk dan pasal ke 20, mrk hrs mengluasai sistem ekonomi demi kpntngan mrk.
    jg di pasal ke 22, mereka hrs menguasai SDA sekalipun dg jln kekerasan.
    dan skrg klw menurut bung@JI apa sdh trjadi di negara kita?
    maaf klo slh maklum pemikiran kuli angkut.

  59. Tenang aja bapak besar, nanti ifx akan duluan mengudara ketimbang kfx,kita juga punya proyek rahasia lain dgn negara lain untuk pesawat tempur,tunggu aja tanggal mainnya,colek bung nara ah,benerkan bung, kfx itu hanya isu pengalihan aja, jadi ada pesawat ifx yg maknyooooos rasa indonesia.

  60. Monggo silahkan bung Mas Tampan, salam.

  61. Luar biasa blog ini, para warganya sangat aktif berdiskusi yang berbobot dan sangat berkualitas,,sungguh kualitas setiap posting dan komment menandakan keterdidikan yang tinggi, berbeda dgn forum sebelah yang bisanya hanya kalimat pendek pendek, becanda ala abg dan kata kata cemooh murahan pada setiap komentnya…dan disinilah letak perbedaan kualitas nya, Bravo

  62. Semoga ulasan selanjutnya adalah indonesia,kalaupun bukan pada ulasan selanjutnya ,atau serie yang ke sepuluh,sesuai dengan masuknya indonesia di G20 dan kita berada di posisi ke sepuluh,kalaupun tidak di ulasan serie ke 10 ya ke 15 swbagaimana posisi kita yang ke 15 dalam ukuran negara dengan kekuatan militer

  63. mandiri alutsista harga mati,yakin kita belinya ngeteng bung cubron…?

  64. Bung STMJ tolong dibuatkan juga tentang perang NEO CORTEX, Yang telah terjadi di negara kita ini sampai UUD 45 ter amandemen seperti sekarang adakah keterlibatan MAMA rika didalamnya.
    Matur nuwun BUNG STMJ SUKSES SELALU BUAT ANDA DAN KELUARGA AMIN.

    • gosipnya ada ruangan di gedung MPR yg digunakan sebagai kantor dlm membuat amandemen UUD’45 dan peraturan2 terkait.

      terima kasih kepada yg pernah diberi gelar/memberi gelar bapak reformasi, berkat mereka negara kita jadi negara liberal dan bukan Pancasila lagi. Tanya kenapa?

    • Bung Kawulo Alit, sebelumnya saya minta maaf terlebih dahulu. Perihal perang neo-cortex di Indonesia saya belum mendalami itu dan bukan pula ahlinya ketatanegaraan, tema ini kalau ditelisik bisa panjang dan”njelimet”. Dalam penulisan artikel konsen saya saat ini sedang ada di kelanjutan seri artikel ini, jadi saya tidak bisa menjanjikan itu. Kiranya bung Jalo dan bung Satrio atau bung yang lainnya yang lebih memahami lika liku dalam ketatanegaraan bisa lebih membantu menanggapi permintaan bung Kawulo Alit ini. Sukses selalu juga bagi anda dan keluarga bung Kawulo, aamiin.

  65. account fb nya apa bung JI ????

  66. Bung STMJ, mantap ulasannya. Kalau boleh saya tambahkan, kondisi Eropa Timur agak berbeda dengan beberapa kawasan termasuk Asia. Masyarakat Eropa Timur pada umumnya memiliki rasa etnisitas sangat tinggi dan sangat sulit menyatukan beragam etnis dalam satu kesatuan besar, hal ini menjadi salah satu alasan mengapa mudah sekali Eropa Timur bergolak dalam isu etnisitas (cth; Cekoslovakia, Bosnia, Ukraina-Crimea). Pelajaran yang saya rasa sangat perlu kita ambil dari Eropa Timur adalah kita sebagai salah satu negara multi etnis harus memiliki wawasan kebangsaan yang lebih luas dan tidak terjebak dalam isu primordial yang cenderung digunakan beberapa pihak untuk memecah negara Indonesia

  67. Hahaha…. ya ya. 🙂

    He who knowest, smile
    He who filled half-way, contend
    And he who knowest-NOT, will have loudest cheer.

    Tabik.

 Leave a Reply