Feb 072015
 

Indonesia akan membangun Proyek Mobil Nasional bersama Malaysia

Mobil Proton dalam sebuah pameran otomotif (photo:

Mobil Proton dalam sebuah pameran otomotif (photo: cardesignmas.blogspot.com)

07/02/2015 Shah Alam : Dalam laporan saya pada IndoDefence 2014 di bulan November, saya menyebutkan bahwa “menurut laporan Jakarta Post, pejabat PT Pindad menyatakan bahwa Malaysia telah membeli 32 panser Anoa dari mereka.

Koran itu menyatakan bahwa kesepakatan tertahan karena desakan Malaysia bahwa pengadaan tersebut dibayar sebagian melalui barter yang melibatkan produsen mobil Proton.

Akhir tahun lalu, sumber industri mengatakan kepada saya bahwa LOI untuk pengadaan Anoa memang telah dikeluarkan Pindad beberapa tahun yang lalu. Tetapi sumber ini tidak mengatakan kapan kesepakatan itu akan final.

Hari ini (Feb 7, 2015), misteri itu terjawab setelah kunjungan Presiden Indonesia Joko Widodo. Seperti dilansir surat kabar The Star:

“Proton Holdings Bhd telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk mengembangkan dan memproduksi mobil nasional Indonesia.

MoU tersebut ditandatangani antara Proton dan mitra di Indonesia, PT Adiperkasa Citra Lestari, pada upacara di Proton Pusat Exellence di kemarin

Penandatanganan MoU disaksikan oleh Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak, Ketua Proton Tun Dr Mahathir Mohamad dan Presiden Indonesia Joko Widodo.

Saya tahu mengasumsikan terlalu banyak di sini tapi tampaknya kartu “Kepentingan Nasional” sedang dimainkan. Dan seperti biasa adalah Angkatan Bersenjata Malaysia yang harus menanggung bebannya.

Jika pernyataan yang dibuat oleh pejabat Pindad seperti dilansir Jakarta Post benar, penandatanganan MOU dengan Proton kemarin mungkin akan membuka jalan ke kontrak akhir.

Di tahun 90-an, kesepakatan serupa yang melibatkan Proton, ditandatangani dengan Indonesia (mobil Proton untuk pesawat latih SME Aerotiga) meskipun tidak diterjemahkan ke dalam hubungan bisnis yang berarti antara kedua negara. Versi ekspor dari pesawat Aerotiga berakhir digunakan oleh Angkatan Udara Malaysia RMAF bukan hanya sejumlah kecil mobil Proton yang diekspor ke Indonesia.

Selain Anoa, kemungkinan juga jika kita akan mendanai MPA di RMK11, kita akan memesan pesawat CN235 dari Indonesia Aerospace, yang sebelumnya dikenal sebagai IPTN. Enam CN 235sudah dalam pelayanan RMAF yang diproduksi oleh PT DI. (www.malaysiandefence.com)

  162 Responses to “Mari Maju Bersama Malaysia”

  1.  

    Gile lu ***dro******** Kecipratan projek.

    Sayang salah gandeng. F*cuk Protol

  2.  

    MEMALUKAN….MEMILUKAN KENAPA ORANG KAYAK GINI DI TAKDIRKAN TUHAN JADI PRESIDEN BANGSA BESAR INI….?

  3.  

    mobil banyak saingan, bagaimana kita dengan malaysia berkerjasama membuat truk, karena kalau mobil kita pasti sudah tertinggal dengan merk-merk jepang,

  4.  

    kita jangan senang dulu, kok pemerintah malaysia begitu ya gk ada kebebasan pers

  5.  

    deleted

  6.  

    hadech…..sebagian besar warga JKGR kok kurang memiliki sopan santun ya. bukannya sikap kita pada orang lain harus ramah. saling menghargai dan menghormati. terhadap orang tua sajA kita harus hormat. apa lagi kepada presiden kita. indonesia terkenal dengan keramah tamahannya. jika keberatan ya ajukAn petisi ke yg bersangkutan. ke pak hendropriyono …percuma kalau hanya lewat warjag…hanya jdi ramai gak jelas.

  7.  

    well,,, dari apa yang saya baca memang ada beberapa hal yang menjadi suatu hal yang tidak bisa di lepaskan dan wajar menjadi perbincangan masyarakat

    1. Aspek politik
    Wajar saja jika masyarakat menilai bahwa kerjasama antara proton malaysia dengan pihak Indonesia, tidak terlepas dari aspek politik dalam negeri Indonesia sendiri. Adanya sosok hendropriyono sebagai katalisator kerjasama ini menunjukan atau mengindikasikan bagi masyarakat Indonesia sendiri sebagai bentuk politik balas budi dari pemerintahan jokowi kepada hendropriyono. dan ini dalah salah satu strategi sang jendral, dimana dia sedang bermetaformosis menjadi seorang pengusaha, dan kita akan melihat strategi pak hendropriyono yang sedang menyusun kekuatan, minimal finansial terlebih dahulu, untuk nanti terjun lebih dalam ke dunia politik, setidaknya jika nanti turun sebagai capres tidak perlu mengandeng pengusaha sebagai cawapres untuk mendapinginya..hehe

    2, Strategi pertahan dan keamanan
    Sudah tidak di pungkiri lagi bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang inovatif dan kreatif, hanya saja sayangnya bangsa ini tidak pernah menyadari hal itu, sifat naif dan egoisme mengakibatkan bangsa ini tidak bisa mengelola kehebatannya dengan baik, PT DI PT PINDAD serta PAL adalah industri strategis dimana Indonesia sangat diperhitungkan dalam mengembangkan industri startegis ini, minimal di ASEAN hanya indonesia yang dapat mengembangkan industri strategis ini dengan maksimal, ini membuktikan bahwa bangsa kita adalah bangsa inovatif.bagaimana dengan malaysia…mereka adalah bangsa yang pandai memanage, otak bisnis, tapi kurang kreatif, dari dulu proton tak bisa nembus Indonesia seperti halnya lagu2 nya yang angin2nan bisa nembus blantika musik Indonesia heheh…kerja sama sih ok2 saja tapi ada satu hal yang mesti di ingat jangan sampai kita kecele dengan mengorbankan dan membuka lebar2 kran TOT industri stategis kita….apakah sepadan ANOA dengan mobil proton??? hanya demi mobnas???

    Kesimpulan saya,,,kerja sama ini bagus tetapi sekali lagi bangsa ini jangan tertalu naif atau terlalu polos hanya ingin mengejar prestise proyek mobnas..for what?? apa mobil rakitan cikarang yang sudah di ekspor kemana2 ga di katakan mobnas?? well di sini lah bukti bahwa bangsa kita memang berego dan berharga diri tinggi,,,sebelum ada mobil bermerk “begawan solo’, atau “citarum” atau ” muara angke”, misal hehehe…maka kita tidak bisa dikatakan punya mobnas….satu lagi…kenapa kita begitu bernafsu punya mobnas padahal kita mampu megembangkan pesawat….ujung2nya adalah “bisnis dan strategi politik”..jadi apakah proton bakal laku??? sekali lagi bangsa ini adalah bangsa berego tinggi pasti ,,tanya saja pada orang2 Indonesia pilih Ninja atau proton???…#kehujanan ora opo opo yang penting keren heheh

  8.  

    BUANG PIKIRAN NEGATIF KALIAN…
    SAYA ORG SINTANG KALBAR
    SAYA GAK TEGA SAJA LIAT PRESIDEN D CACI MAKI SEENAK MULUT KALIAN.
    SAYA HANYA PENYEIMBANG SAJA,

    •  

      Bener bung kapuas komentar di atas tu nasionalisme kebablasan kekeke

    •  

      PENYEIMBANG BIJIMANE..EMANGNYE ENTE SIAPE…
      GINE YE ANAK PAUD, ANE AJARIN.
      PRESIDEN JOKOWI DAN WAPRES JK HRS KITA DUKUNG, PAHAM?
      JIKA MEMANG SELAMA 5 TAHUN INI INDONESIA DI BAWA KE ARAH YG LENIH BAIK, AYO KITA DUKUNG MEMIMPIN 5 TAHUN LG ( JD TOTAL 10 THN), PAHAMKAH ENTE?
      SELAMA MASA PEMERINTAHAN BELIAU, JIKA ADA KEBIJAKAN2 YG DI ANGGAP KURANG PAS DEMI KEBAIKAN BANGSA INI AYOOO KITA KRITISI. MENDUKUNG YA MENDUKUNG..BUKAN MENDUKUNG DENGAN MODAL MATA SAMA HATI DI TINGGAL DI RICE COOKER. NGERTI MAKSUD ANE?..KL GK NGERTI JUGA ENTE HRS LULUS TK DL

      •  

        @anak kapuas pastinya gagal paham bung, tk aja belum lulus !!!

      •  

        kalem aja anak Jogja. Kehormatan anda tidak akan turun, walaupun menggunakan huruf biasa dan tak naik karena menggunakan huruf kapital. Hormati sesama warjager…

      •  

        memang kasusnya belum jelas kok ini.. pak jokowi juga belum kasi tanggapan soal kerjasama dg malaysia ini..
        apa benar mau dijadikan mobnas?

        kalo benar, definisi tentang mobnas ini apa?
        a. pegawai pemerintah diwajibkan pakai mobil pronton ini atau,
        b. bebas pajak atau,
        c. cuman plintiran media yg seharusnya sama dg kerja sama bareng toyota atau perusahaan asing lainnya..

        cuma kalo benar mobnas ini bebas pajak atau dapat hak istemwa lainnya..
        ya keputusan lucu.. kalo dijadikan mobnas..

        teknologi Indonesia aj udah mampu buat,, ngapain kerjasama ama malaysia yg perusahaannya aj mau bangkrut.. penjualan terus menurun.. utang seambreg..

        kenapa tidak kerjasama dg perusahaan yg bonafit dari jepang atau jerman misalnya..

        lebih bagus lagi kalo murni 100% buatan lokal sendiri.. jadi kesan kata Mobil Nasional = Mobil Buatan Anak Negeri..

    •  

      Diskusi mnjadi tdk sehat ketika kata2 yg digunakan sangat tidak ber-etika bahkan menjurus pada penghinaan…
      Teriak- teriak NKRI HARGA MATI, tp ngasih komentar yg mnjurus perpecahan..
      Teriak- teriak KITA BANGSA BESAR, tp mulut(ngasih komentar) bau comberan……

  9.  

    trims ya infonya…. ternyata kerjasama antar perusahaan. murni bisnis. kehadiran pak joko widodo kapasitasnya sebagai saksi MoU antara 2 perusahaan lintas negarA. kerjasama bukan dari kebijakan pemerintah

  10.  

    GERAKAN MELAWAN LUPA ….

    1. JANGAN LUPA JANJI KAMPANYE
    2. JANGAN LUPA MEMAJUKAN PRODUK LOKAL
    3. JANGAN LUPA MENGANGKAT PEREKONOMIAN INDONESIA DENGAN MEMPERKENALKAN BUATAN ANAK BANGSA
    4. JANGAN LUPA MENCINTAI PRODUK DALAM NEGERI ..

    TAPI SEKARANG KOK PHP ……………

  11.  

    hadeh bung ,, anda korban media ,, sangat menunjukkan anda kubu KIH ,,
    media yang dibaca kompas ,, udah tau kompas partner sejati pak presiden ,,,
    boleh baca media tapi otak juga harus menalar ,,
    TUHAN menciptakan ,manusia dengan akal dan pikiran ,, nah sekarang pakai pikiran yg jernih ,,,
    trimzzz

  12.  

    Akan menjadi lebih baik ketika kita bisa menggali banyak informasi tentang suatu permasalahan/kasus…

  13.  

    PROTOLz kok di beli,………

    Haduh mana rasa NKRI
    Mending beli esemka . mobil lokal…

    MALON
    Cuiiiiih…..!

  14.  

    kayaknya gak tepat itu bung.
    kelebihan rekayasa ketimbang realitasnya.
    jangan ngawur dong.
    tulisan anda spt anda baru sekali ke Malaysia.

  15.  

    itukan cuman kerjaan oposisi yg udah gak punya isu gan…pimpinannya aja udah deket kepenjara…hehe

  16.  

    heu heueh u …
    belum pernah di PHP in yaks ….
    ati ati , kami juga kena PHP hahahahaha

  17.  

    kenapa tidak gandeng toyota,honda..itu mustahil..skrg sudah cukup kaya..cukup indon jd kuli fi pabrik mereka..lihat sendiri..kuli pasang mobil saja..tiada satu indon pun bisa bikin engine smpai hari ni..

    esemka produk 100% china…dr company fooday…google la..tiada lg anak bangsa indon yg mampu bikin mobil lg..

    bencilah seribu kali pd malaysia..4juta indon cari makan..sandang pangan di malaysia secara illegal..majoriti kami anggap indon saudara..malang sekali indon di dalam gua benci kami..

  18.  

    Haha. Kebanyakannya nasionalis buta. Tapi ada pendapat yang bernas. Kalo budaya melayu di malaysia kebanyakan mereka tidak senang sama yang kaya atau iri sama kejayaan orang lain.lalu disihir atau dilakukan segala mcm cara supaya mereka enggak bisa maju atau jatuh miskin. Jdi kalo warga indo iri atau sakit ati ama malaysia. Iya itu kan normal. Jd org malaysia jgn terasa ati ya sama kelakuan jiran kita indonesia. Salam damai.

  19.  

    Iya no serumpun. Haha. Jgn beli kok. Itu aja repot. Di malaysia aja yang gak mau beli gak ada masalah. Normal la. Persaingan dalam bisnes. Gua aja suka pake honda.

  20.  

    peliknye…macam irihati dengan kejayaan dan kebijaksanaan melayu malaysia.melayu dindonesia kita sebenarnya bangsa yg sgt bijak tau itu.

  21.  

    melayu malaysia dan indonesia same saje dua sgt bijak…igt tu semua.kami bangsa melayu yg bijak.

  22.  

    yg iri cina dan selain melayu yg x mengaku kebijaksanaan org melayu…dan iri hati kejayaan dan semangat sopan santun dan rendah diri…x suke bergaduh.berdiam lebih bgs dr byk ckp.yg penting tindakkn.

  23.  

    TKI memang disiapkan Indonesia untuk menginvasi malingsia secara senyap…. malingsia tetep bahlol tingkat KAMBING…NGOK !!…

    kwaaakk..kwaaak…kwaak…kwaaak…

  24.  

    Sakiit hatiku.
    Ternyata, kita harus lebih maju. Ayo, kita buat inovasi sendiri agar bisa bersaing di pasar internasional. Belilah produk dalam negeri.
    China saja ekonominya bisa tumbuh 10%/tahun. Masa kita nggak?? Padahal, wilayah kita termasuk wilayah yang strategis lho, hampir 40% kapal yang ingin lewat ke lcs melalui selat malaka dan natuna!!

  25.  

    Say no to ploduk ploduk malingsia…!

  26.  

    Silakan ke Malaysia di mana peradaban dunia sedang berkembang pesat. ambil peluang untuk belajar di international universities yang semakin banyak di Malaysia:-
    Universiti Malaya,
    Internatinal Islamic Univeristy,
    Univeristi Sains Malaysia,
    Universiti Malaya-Wales,
    Universiti Sains Islam Malaysia,
    Universiti Monash,
    Universiti INTI,
    Universiti Reading,
    Manipal University,
    Universiti Petronas,
    Universiti Herriot Watt,
    Universiti of Nottingham,
    KL Infrastructure University,
    AeU University,
    Universiti Madinah,
    Nilai International University,
    Xiamen University,
    dan banyak lagi.
    Silakan belajar menjernihkan fikiran, membuka mata dan minda.

  27.  

    sabar cak, info terakhir konon perusahaannya pak Hendro men suspend perjanjian dgn pabrikan malay tersebut dikarenakan masih ada masalah internal didalam perusahaan tersebut. kemungkingkan besar tdk dilanjutkan, konon lho… cuma konon…

  28.  

    Perbuatan Kereta ( Mobil ) mula2 percubaan semua design agak teruk… Berpetak2,,
    Lihat Honda, Toyota dan Nissan dulu kenderaan mereka berpetak2 design yang agak buruk untuk pada masa kini… tapi setelah bertahun2 berada di pasaran kenderaan mereka mula mencipta design yang agak cantik dan kualiti tinggi, tapi ingat

    Honda umur 69 Tahun
    Toyota umur 80 Tahun
    Nissan umur 84 Tahun…

    Agak tua berbanding dengan Proton ( 34 Tahun baru )

    Design Proton sekarang dah mula menjadi lebih baik ( trend 2014) berbanding zaman dahulu seperti design Honda, Toyota dan Nissan pada zaman dahulu… Tidak hairanlah sekiranya PROTON dah berumur 60 tahun akan mencipta design yang sama taraf dengan Produk Mobil antarabangsa… so PROTON bermula dengan rendah diri tidak mustahil akan menjadi sama taraf dengan Honda suatu ketika nanti… daripada terus tiada,,, sekurangnya Malaysia mengelurkan produknya sendiri… jangan kecam saya, saya hanya bagi pandangan sahaja…

 Leave a Reply