Sep 132014
 

image

Latihan Bersama Multilateral Rim of The Pacific (RIMPAC) 2014, 26 Juni 2014 hingga 1 Agustus di Hawaii, Amerika Serikat, membawa catatan manis bagi Korps Marinir TNI AL. Sebanyak 226 personel yang dikirim di bawah pimpinan Mayor (Mar) Briand Iwan Prang, menorehkan segudang prestasi selama latihan berlangsung.

“Tentara kita yang terlihat kecil dan seakan-akan tidak mampu dalam mengikuti latihan RIMPAC 2014, tetapi terbukti kita bukan tentara yunior. Tentara kita dipercaya untuk mengawaki kompi latihan selama RIMPAC berlangsung,” kata Briand saat ditemui JMOL sehabis pulang dari Hawaii beberapa waktu lalu.

Menurutnya, itu sudah menjadi tradisi bagi Marinir TNI AL sejak pelatihan ini diselenggarakan. Setiap dihelat sejak 2008, Marinir TNI AL selalu menjadi yang terbaik.

“Dua anggota kita, yaitu Serka (Mar) Riyanto Pane dan Kopda (Mar) Subiyanto menerima penghargaan berupa tradisi label prajurit tertangguh. Menurut tradisi di US Marine, label itu berlambang Godzilla,” ujarnya.

Label bergambar hewan dinosaurus (Godzilla) itu melambangkan ketangguhan, keperkasaan, dan kekuatan. Pemberian label telah menjadi tradisi bagi US Marine setiap mengadakan pelatihan untuk peserta latihan yang dianggap tertangguh selama pelatihan berlangsung.

“Ada lagi yang membuat kagum tentara negara lain, yaitu saat latihan, tentara kita tengah menjalankan ibadah puasa. Ini yang membuat mereka kaget, betapa tangguhnya tentara kita,” pungkasnya.

Selama kurang lebih 37 hari, latihan RIMPAC berlangsung. Korps Marinir TNI AL dipusatkan di Kaniohe Bay (Marine Corps Base Hawaii).

Porsi latihan yang diberikan antara lain non-Combatant Evacuation Operation (NEO), Fire Support Coordinatio Exercise (FSCEX), Combine Marksman Program (Live Fire), Operasi Amfibi/Transition MAGTF C2Ashore, Support Experimentation, Command Post Exercise (CPX), AAV Integration Exercise, Parameters in Raid Combat mechanical and Cooperation Infantry tank Exercise, Small Arms Shoot, Main Battery Shoot, Interoperability with Coalition Force, Amphibious Raids Cooperation, Night Helicopter Deck Landing, Combine Marksman Program, Transition MAGTF C2 Ashore dan Support Exsperimentation, dan Command Post Exercise (CPX). (Jurnalmaritim.com).

  110 Responses to “Godzilla Label Rimpac 2014, untuk Marinir”

  1. Mantaapppp…!!!

    • yang mantaffff itu mereka latihan militer sembari puasa…gw kagum 1000%…

    • walah telat nge refresh aq. jadi ketinggalan artikel.

    • Kecil kecil cabe rawit berani mengunyah dijamin kencret mrncret.hehehe

    • tentara bule…………kemana mana bawa roti………….perang harus bawa roti………pak obama……….tentaramu suruh jualan roti ma air aja……..

    • Keren bung Mirza,,nomuro uno terus…. salam kenal, selama ini saya SR. Beberapa kali coba nulis komentar, tapi tidak masuk, baru beberapa hari ini.

      — Selama manusia tidak menghormati kebebasan yang berasal dari sumber hidupnya, maka selama itu masih akan ada bentrokan-bentrokan diantara sesama. Kebebasan yang setia pada sumbernya, yang pada hakekatnya merupakan kesimpang-siuran hidup manusia seorang-seorang, namun penuh dengan keserasian dalam ujud keseluruhannya. Yang satu sama lain tidak saling berbenturan dan bertentangan. Apabila setiap orang menyadari keadaannya serta patuh pada hakekatnya, sumber hidupnya yaitu kekuasan Tuhan Yang Maha Tinggi, maka manusia akan menemukan kedamaian. Lahir dan batin. —
      by SH Mintarja – Api di bukit Menoreh.
      Mudah-2an relevan di jaman sekarang.

    • ini lah… tanpa makan seharipun TNI masih bisa bertahan dalam pertempuran.. apalagi klo di kasih makan.. klo pepatah gue “perut kenyang hati riang” wkwkwkwk bravo TNI.!!!

  2. hehehehehehe :mrgreen:

    Jalesu Bhumyamca Jayamahe

  3. Pertamaxxxx kah?

  4. Kecil kecil Godzilla..

  5. biyuhhhh

  6. itu kenapa TNI selalu dapat tawaran latihan bareng,garuda shield ajah masih di indo :mrgreen:

  7. 10 Besar..SDM kita memang maknyosss apalagi kalau di tambah Alutsista yg gahar…

  8. Mantaapp, Salutt..

  9. saktiii…2 jempol

  10. Iyo wajar krn naluri bertempur TNI yg tinggi menjadikannya sering juara. Dalam perang Kemerdekaan I dan II bangsa Indonesia telah terbuki berhasil mengalahkan dan mengusir Belanda dan Inggris dari tanah air, yg notabene negara pemenang Perang Dunia 2.

    Perang Diponegoro yg kemudian meluas menjadi Perang Jawa juga telah terbukti menguras kekayaan Belanda. Kalau saja tidak membohongi Pangeran Diponegoro shg kmd berhasil menangkapnya di Magelang, Belanda sudah tentu akan bangkrut.

    • Guerrilla Warfare bung WH, sepertinya Tni kita diwariskan turun menurun dan sangat ahli, tp yg terbaik di rimpac sambil puasa ini yang bikin mencengangkan ck ck ck. Bravo.

  11. mantap TNI khususon marinir belum yg AU dan AD makin bangga rasanya lanjutkan !

  12. Itulah hasilnya bila pengabdian dilandasi dengan keikhlasan dan ketulusan hati…Selamat buat Korp Marinir dan TNI…..

  13. <:D
    ?) siap !!!
    _||_ Komandan !!!
    Jalesu Bhumyamca Jayamahe
    MARINIR…. WOOOOWW KERREEEENNNN

  14. BANGGA JADI RAKYAT INDONESIA……..

  15. Siip dan mantap…kualitas pasukan khusus 3matra TNI tidak diragukan lagi dan tidak kalah dng pasukan khusus negara lain

  16. Selamat, ibadah bukan halangan unt meraih prestasi demi kejayaan dan kebesaran korp, salut bener2 prof. Moga sehat2 semua. Salam NKRI

  17. Salam 2 jempol tuk TNI……NKRI harga mati.

  18. MERDEKA NKRI HARGA MATI.

    juuuhhhhh

  19. 1 prajurit lebih berharga daripada 10 politikus.

  20. POLITIKUS … POLITIKUS
    POLI = BANYAK
    TIKUS = HAMA
    IBARATE POLITIKUS ADALAH GUDANG HAMA…..HEHEHE….

  21. Tni memang dari dulu sampai sekarang selalu jadi harapan bangsa dan negara kita,menjadi yg paling di cintai rakyat indonesia,bahkan apabila terjadi perang dgn negara lain tni tidak akan kesulitan di sebabkan rakyat indonesia yg jumlahnya 250. Juta orang siap bertempur bersama tni yg di cintainya untuk membela bangsa dan negara kita indonesia makanya sebenarnya yg paling di takuti sama bangsa lain itu dari indonesia itu adalah perpaduan tni yg tangguh dan rakyat indonesia yg terkenal militan, yg kalau dilihat dari luar memang kita rakyat indonesia sering berantam satu sama lain,tetapi pada saat harga diri bangsa mulai terasa di ganggu sama negara lain, langsung seluruh komponen bangsa bersatu padu cepat sekali tanpa komando langsung siap dikirim kemedan perang untuk menjaga harga diri bangsa dan negara tercinta indonesia raya.

    jayalah tni ku,kami rakyat indonesia selalu mendukungmu.

    Assalamu’alaikum wr wb.

  22. selamat kpd marinir kita yg tangguh dgn julukan godzila yg jika sampe indonesia menjadi godzali.he..he..(cuma bercanda)

  23. yang aku salut masih tetap puasa marinir kita

  24. marinir/tentara malon dapat penghargaan/label apa ya bung ?

  25. Hebat sekali ya TNI.
    Hebat2 TNI, Malaysia satu2nya negara didunia yg diserang Indon tapi Indon kalah total nggak bisa habisin Malaysia.
    Iya khan?

  26. jayalah tni. jayalah NKRI….!!!

  27. salut dan bangga buat anggota yg meraih godzila…dan tdk lp juga bangga untuk di semua matra angkatan…

    @admin / bung diego

    saya harap kedepan web warjager ini tolong diulas profil para prajurit nkri yg menerima gelar baik nasional maupun internasional,karena dgn kesejahteraan yg msh jauh dr sejahtera mereka para prajurit dgn ikhlas tetap mampu mengharumkan nama bangsa,misal salah satu contoh artikel diatas profile dari prajurit yg menerima gelar godzila.

    Jalesu Bhumyamca Jayamahe!!!!!

    cuma saran
    maaf cucu lancang

  28. Yang saya sangat suka dari marinir kita adalah mereka sangat ramah, rendah hati dan pandai bergaul. Saya ada kenalan beberapa marinir dari taifib cilandak. Kami pernah bersama sama mengawal sebuah acara (IGAT) di Ujung Kulon, Banten sekitar tahun ’95, yang pesertanya pemuda2 dari berbagai negara. Saya dan teman2 yang cuma anak2/lulusan SMA bisa bergaul/bercanda begitu dekat dengan mereka. Ada rasa bangga ketika itu kami bisa mengelus dan naik perahu karet marinir sampe puas 🙂

    Salam untuk pak Ramadhan, pak Agus dan rekan2 yang lain dimana pun anda berada semoga selalu dalam lindungan Allah SWT

  29. jederal moeldoko : TNI kita senyumnya masih 50%,saya berharap anggaran naik sehingga senyum mereka 100% :mrgreen:

    wawancara satu indonesia di net tv

  30. kesejahteraan TNI jauh dengan malaysia,singapura akan tetapi masih dilevel yang sama dengan thailand,filiphina :mrgreen:

  31. Pemimpin akan selalu silih berganti tapi prajurit akan selalu abadi …
    Salute …
    Bangga dengan TNI ku …

  32. Ketangguhan..kekuatan..keperkasaan adlh indikator mdptkn pnghargaan godzilla.
    Bgmn dgn negara lain yg jg pny tradisi olah jiwa yg menghasilkn kedigdayaan spt di kita.., misal india, thailand, vietnam..dll tp tdk dipercayai memegang godzilla dsana? Apakah memang kemampuan individu tentaranya msh dibawah kemampuan dr anggota marinir kt at krn gk ikut kegiatan tsb?

  33. TNI memang tentara yang tangguh dan profesoional
    bravo TNI

  34. Hem………
    lanjutkan………

  35. 🙂 🙂 tiap baca komen parawarjager selalu bikin senyum…tpi terselip ilmu….

  36. Old soldier never die, they just passed away…..kalo salah mohon di maklumi, anak pinggiran…he he he

  37. kalo komen nya kaya gini, enak tenan, inget sebelum pilpres, semua saling mendukung dan berbagi…….

  38. hebring pisan euy… mantap tni

  39. YG lagi Puasa ini bikin greget banget 😀

  40. tinggalkan ayah tinggalkan ibu…
    ijinkan kami pergi berjuang…..
    dibawah kibaran merah putih..
    majulah ayo maju…
    tidak kembali pulang….
    sebelum kita yang menang…
    biar mayat terkapar dimedan perang
    hati kita tidak akan gentar…..

    ada zg tau lanjutan lagu ini…hehehehehe

  41. Jadi inget batalyon organik 744 & 745 jaman timtim, penginderaan, penciuman, insting paling jago. Bahkan di tengah gelap malam dalam kelebatan hutan mereka bisa tau kalau ada orang yang akan datang. Batalyon kebanggannya Pak KS saat itu. Tentara asing tanpa “gadgetnya” mana bisa lawan mereka. Ada lagi batalyon dayak diambil dr putra daerah, pernah di turunkan saat jaman DOM di Aceh, GAM sempat kewalahan dgn aksi mereka. Paskal saja saja ampun ampunan di gembleng kopaska

  42. Pujian itu cobaan jangan terlena, tetap berusaha untuk lebih baik lagi paling tidak pelihara kemampuan yang sekarang sudah dimiliki..
    BRAVO TNI

  43. Tinggal kasih mainan yang mumpuni nih…TNI bisa jadi legenda macam miraclenya persia atau samurai dari jepang..

  44. Prestasi itu pantas kita syukuri sebesar besarnya & jd kebanggaan,,namun jangan membuat kita sombong & meremehkan lawan,,lawan kita pasti mencari kelemahan marinir kita & mempelajari kelebihannya juga,,,,marinir selalu mendapat tempat khusus dihati rakyat..VIVA marinir..JAYA lah Indonesiaku

 Leave a Reply