Jul 062017
 

Dok. Latihan Marinir Indonesia dengan US Marine Corps (Wikimedia.org)

Sidoarjo – Korps Marinir TNI AL dan US Marine Corps mengadakan latihan bersama untuk meninggikan kemampuan perencanaan pertempuran setiap elemen Marinir. Latihan militer Subject Matter Expert Exchange (SMEE) Military Decision Making Process (MDMP), dilaksanakan sampai Jumat 7-7-2017 di Sidoarjo, Jawa Timur.

Latihan dibuka oleh Komandan Batalyon Infanteri-3 Marinir Letkol Mar Prasetyo Pinandito, di Markas Yonif-3 Marinir Gedangan, Sidoarjo. “Latihan ini meningkatkan kerja sama pertahanan Marinir kedua negara, juga untuk meninggikan kemampuan perencanaan pertempuran dari setiap elemen,” ujar Letkol Mar Prasetyo, dilansir Antara, 5-7-2017.

Dari beberapa tahun latihan SMEE MDMP, telah menunjukkan hasil yang besar dalam hal perencanaan, operasional dan taktik secara garis besar.

“Hasil latihan ini diharapkan memberikan kontribusi positif, sehingga latihan selanjutnya bisa mengikutkan lebih banyak peserta,” katanya.

Orang nomor satu di Hiu Petarung (sebutan Yonif-3 Mar) itu meminta kepada semua peserta latihan untuk saling mengenal, sehingga dapat membangun hubungan persaudaraan Marinir yang baik (marines brother hood).