Marinir Indonesia dan Amerika Latihan Bersama di Situbondo

Situbondo, JakartaGreater  –   Wadanpasmar 2 Kolonel Marinir Purwanto Djoko Prasetyo mewakili Dankorps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono melaksanakan Briefing Awal Latma antara prajurit Intai Amfibi Korps Marinir TNI AL dengan United States Marines Corps (USMC) Reconnaissance Unit di Titik Tinjau (T.12) Puslatpurmar 5 Baluran, Situbondo, Jawa Timur, pada Kamis  3-6-2021

Latihan bersama (Latma) dengan sandi Reconex 21-II yang dipimpin Danyon Intai Amfibi 2 Marinir Letkol Marinir Supriyono selaku Komandan Satgas Latihan (Dansatgaslat) tersebut diikuti 171 personel dengan rincian 156 personel dari Korps Marinir TNI AL (Taifib) dan 15 personel USMC, dirilis Situs TNI AL pada Kamis 3-6-2021.

Komandan Korps Marinir, dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Wadan Pasmar 2 menyampaikan ucapan selamat datang kepada Delegation United States Marines Corps Reconnaissance Unit di medan Latihan Korps Marinir Indonesia Puslatpur 5 Baluran Karang Tekok, Situbondo, Jawa Timur.

Semoga Delegasi dapat menyesuaikan diri dengan kondisi dan iklim Indonesia dan Latihan Bersama yang dilaksanakan dapat meningkatkan Mutual Trust Dan Mutual Understanding antara Korps Marinir TNI AL dengan United States Marine Corps (USMC).

Latma Reconex 21-II, lanjutnya, merupakan latihan yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali antara TNI AL dalam hal ini Korps Marinir dengan United States Marine Corps sebagai implementasi kesepakatan antara pemerintah RI dengan pemerintah AS untuk memperkuat kerjasama bilateral bidang pertahanan.

Latma Reconex 21-II tahun 2021 merupakan serial pertama antara Korps Marinir TNI AL bersama USMC yang melibatkan satuan Intai Amfibi Marinir dengan Reconnaissance Unit dengan materi mengenai operasi intai amfibi.

Dankormar juga menyampaikan bahwa penyelenggaraanya dibagi menjadi 2 tingkat yaitu Reconex 21-I Team Level yang dilaksanakan di Camp Pendelton AS dan Reconex 21-II Platoon Level yang dilaksanakan di Puslatpurmar 5 Baluran Karang Tekok, Situbondo dan Puslatpurmar 7 Lampon, Banyuwangi, Jawa Timur.

Tema latihan yang di usung pada latihan kali ini adalah “Batalyon Intai Amfibi Korps Marinir TNI AL menyelenggarakan latma Reconex 21-II (Platoon level) dengan United States Marines Corps Reconnaissance Unit di wilayah Karang Tekok, Lampon Jawa Timur dan sekitarnya dalam rangka meningkatkan interoperability dan capability satuan Intai Amfibi Korps Marinir”.

“Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan interoperabilitas dan kemampuan satuan Intai Amfibi Korps Marinir TNI AL dan USMC Reconnaissance Unit melalui latihan teknis dan taktis serta latihan satuan setingkat Peleton dengan fokus pada operasi intai amfibi,” terang Dankormar.

Selanjutnya  Dankormar megatakan, bahwa materi latihan yang menitikberatkan pada pelaksanaan operasi intai di tingkat Peleton pada operasi amfibi, akan menjadi suatu pelajaran, pengetahuan serta pengalaman baru bagi prajurit Taifib Marinir, guna mewujudkan prajurit Taifib Marinir yang handal, tangguh serta profesional dalam melaksanakan operasi intai amfibi.

Dankorps Marinir dalam mengakhiri amanatnya, berharap dengan dilaksanakannya kegiatan latihan ini, dapat saling berbagi taktik dan strategi tempur demi meningkatkan profesionalisme prajurit Korps Marinir TNI AL khususnya prajurit Intai Amfibi Marinir, selain itu juga untuk mendapatkan mutual trust dan mutual understanding serta meningkatkan interoperability dan capability bersama antara Korps Marinir dan USMC.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Staf Ahli Dankormar Bidang Kersamil Kolonel Marinir Didit, Pabanren Sops Kormar Letkol Mar Ukki, Komandan PLP 5 Baluran Letkol Mar Agus Wahyudi, Komandan PLP 7 Lampon Letkol Mar Dodik Eko, Atase USMC Letkol Usmc Lee, Pabandya Ops Kormar Mayor Mar Aristoyudo dan Kasubsilatmar Disopslatal Mayor Mar Halley.

Tinggalkan komentar