Nov 192014
 
image

(photo: Agus Siswanto / Detik.com)

Jakarta – Bentrok lagi, bentrok lagi. Anggota TNI AD dan Brimob kembali terlibat keributan di Batam, Kepulauan Riau. Pemicunya sepele, yakni adu mulut di kios BBM. Saat ini, kedua kelompok sudah didamaikan.

Tapi tetap saja keributan yang membuat satu buah ruangan di Mako Brimob ini membuat Mendagri Tjahjo Kumolo meminta tolong pada KSAL Laksamana Marsetio ikut membantu mengerahkan marinir menjadi juru damai.

Bentrokan ini untuk yang kesekian kali. Menteri Tjahjo khawatir bentrok ini akan terus terulang. Pada Rabu (19/11/2014) Tjahjo pun mengirimkan SMS ke KSAL.

“Slmt sore Yth’ pak KASAL — info sEKARANG Brimob dan Batalyon 134 di Batam bentrok lagi – mohon Marinir di Batam dapat ditugaskan sebagai penengah-sekedar usul-saya sudah koordinasi sama Gub/Wagub Kepri juga– cc Bp ‘Panglima TNI+ Bp Kapolri+Bp’MenkoPolhk Ham +Bp Seskab+ Kasad–,” demikian isi SMS Tjahjo ke KSAL.

Sebelumnya, dimediasi Wakil Gubernur Kepri Soeryo Respationo, pimpinan TNI dan Polri bertemu di Markas Brimob, Rabu siang. Hadir dalam mediasi itu, Danrem Wira Pratama 033 Brigjen TNI Eko Margiyono dan Kasat Brimob Polda Kepri Kombes Tory Christianto.

Perselisihan antara anggota Yonif-134 dan personel Brimob terjadi di depan Markas Brimob, Rabu(19/11/2014). Berawal saat 2 anggota TNI berpangkat Pratu Praka bertemu 2 anggota Brimob di kios eceran jalan Trans Barelang, Kecamatan Sagulum. Entah kenapa mereka adu mulut.

“Kejadian itu menyebar pada sejumlah anggota Batalion Infanteri lainnya. Sedikitnya 30 orang mendatangi markas Brimob untuk mengklarifikasi,” kata Brigjen Eko Margiyono.

Kombes Tory Christianto mengatakan hal yang sama. Dua anggota Brimob yang adu mulut dengan anggota TNI berpangkat Bripda. “Sekarang sudah didamaikan,” katanya.

Pada Minggu (21/9) lalu, anggota TNI dan Brimob juga bentrok di Markas Brimob. Bahkan sempat ada tembakan. 4 Anggota TNI terluka karena terkena tembakan pantulan. (Detik.com).

Bagikan :

  102 Responses to “Marinir Juru Damai Bentrok TNI AD – Brimob”

  1.  

    Hadehh… Ribut lagi kapan damai

  2.  

    B

    •  

      Barusan baca batam pos…bentrok antara TNI dan brimob mengakibatkan seorang anggota TNI di kabarkan tewas tertembak setelah sempat di rawat di rumah sakit.korban tertembak di bagian tubuh bagian atas yakni dada dan pundak kata petugas RS.beberapa petinggi TNI telah datang menjenguk korban dan wartawan di larang masuk untuk meliput oleh para tentara yg berjaga di depan…..

  3.  

    Bravo Marinir

  4.  

    Waduh. Bentrok trus…

    •  

      Lucu, kok malah mendagri yang (ngomonk) dan sms KASAL ya….

      Menkopolhukam kemana ya..???? ATau Pers yang latah nih, bukannya nyari berita ke Menkopolhukam, eee… ini malah nyari berita ke Mendagri…

  5.  

    “Nyimak wae Lah..! Biar ga bikin tambah Runyam..

  6.  

    kok riiiibut, pasti ada udang dibalik rempeyek. ujung2nya kesejahteraan. ingat waktu masuk untuk mengabdi pada negara bukan cari kerja

  7.  

    walah walah damai aja deh 😀

  8.  

    Ibu pertiwi menangis lagi….please damailah wahai saudaraku….!!!

  9.  

    Kalau mereka bersenjata..sikat kata Panglima TNI

  10.  

    kayak nya harus dibikin gelanggang tinju antar kesatuan pasukan yg ada di indonesia
    biar klo ada masalah di selsaikanya secara jantan satu lawan satu di ring tinju oleh anggota yg berselisih tersebut, baik yg dari tni atau pun polri
    biar tidak merusak pasilitas yg sudah di bangun setiap ada bentrokan
    abisnya kesel juga sering banget berselisih dan bentrok.

  11.  

    Seperti tahun 98 yang waras otaknya cuman KorMar. Komandan nya ngga malu ya jadi beban bukan jadi solusi.

  12.  

    “DAMAI ITU INDAH”

  13.  

    bikin kotor baju TNI aja. huuffff., janjane sing waras sing ndi to.,

  14.  

    Anak” lagi unjuk gigi

  15.  

    Wis lahhh liquidasi aja dua2nya. Ganti sama satuan lain.

  16.  

    Bentrok pecattt.. Sekalipun sekompi ikut bentrok… PECAATT !!

    BERESS..!!

  17.  

    Teringat waktu kejadian Pak Harto turun , yang mendamaikan MARINIR bukan satuan Lain , ada yang aneh di berita ini , kok bisa SMS pak Tjahyo KumoLo di perLihatkan dan di COpy paste Lagi sama dengan SMS yang dikirimkan???

  18.  

    semoga bisa damai

  19.  

    Berantem klu diring tdk membahayakan kedua belah pihak,bhkn bs jadi hiburan & menjadi ajang cari nafkah.Sbb ada aturan,wasit,dan penonton yg mau membeli tiket.
    Sedangkan yg ini kebalikannya,membahayakan,merugikan,dan membuat rakyat ketakutan.
    Tdk ada manfaatnya sm sekali!
    Kayaknya mrk perlu diwajibkan utk mengikuti pengajian.
    Panggillah Kyai/Ustad scr rutin utk mengingatknya & mengisi kekosongan ruhani mrk.
    ‘Al insan mahallul khoto, wannisyan’
    Manusia itu tempatnya keluputan kelupaan. [Hadis Nabi]

    •  

      Saran saya sering2 diadain adu tinju Bung, sklian deh jual tiket gelar tiker..kayaknya lebi seru itu Bung..

      biar emosinya tersalurkan Bung, di adu aja di ring tinju.hhee

  20.  

    SUNGGUH”” MEMALUKAN?????????

  21.  

    Emosi terkadang mengalahkan akal sehat

  22.  

    Lucu sekali, kirim aja tuh tni n brimob yg bentrok ke palestina biar perang lwn Israel, palingan urusan duit, perut, trus jdi berantem skrg tni n polri pada mikirin materi aja, singapur, malon, PNG, ausshit pa a ketawa kebahak2 pastinya….memalukan

  23.  

    Biasalah
    Hanya segelintir oknum aja

  24.  

    Batam. Surga di dunia jalan raya ke neraka di akhirat.

  25.  

    Waduh2 lagi..lagi..lagi dan lagi
    Kyak nya ni butuh latgab bareng biar mereka bisa mengekspresikan diri

  26.  

    Mereka tidak tau apa yang.mereka perbuat

  27.  

    kalau gak berantem gak laki. . .

  28.  

    sampai saat ini masih terjadi tembak-menembak di markas brimob..lihat di tv Oxx.live

  29.  

    Wadeh memalukan…….

  30.  

    Kalau marinir selalu bisa berpikir jernih dalam kondisi seperi ini kenapa satuan yang lain tidak? Apa ada yang salah pada pembinaan satuan lainnya?

  31.  

    Sedih rasanya mendengar berita ini. Yang bikin saya sangat sedih statment shuriken bintang dua ketika ditanya reporter TV One. ” Anggota saya sebagian besar sudah kembali ke barak. Hanya sebagian yang belum kembali. Saya juga sudah menghimbau mereka agar segera kembali ke barak. SEORANG JENDERAL HANYA MENGHIMBAU ANAK BUAH.

    PERINTAH JENDERAL. INSTRUKSI JENDERAL. PECAT YANG BERSALAH BAIK DARI BRIMOB MAUPUN TNI. HARUS TEGAS. MEMALUKAN. SI UPIL KETAWA KETIWI MELIHAT BENTROKAN INI.

  32.  

    Anak sekolah kalau berantem pake modal/senjata sendiri. Lha ini berantem pake modal negara. Seumur2 tak rela pajak yg aku setor ke negara buat beginian.

  33.  

    Ah bosen denger nya bentrok lagi bentrok lagi , rakyat udah susah gara” BBM naik ini malah bikin suasana gak tenang , lain kali kalau brantem senjatanya dikasih peredam, nanti rakyat biar tau nya di berita pagi aja .

  34.  

    Bang kalau itu saya juga tau tp coba kita berfikir etis apakah dibenarkan brimob menembak angotta tni di dlm barak brimob sendiri sedangkan negri ini ada hukum bang apa ngak bisa angota tni diserahkan ke pomad atau garnisun tdk senaknya ditembak seperti itu

  35.  

    Pecatttttttttttttt

  36.  

    Maaf bang ini pemikiran saya sebagai tukang becak kalau masalah anggota tni yg menjadi beking itu memang salah tpi apakah tdk lebih salah lagi angota brimob menembak seenaknya di dlm kesatrian brimob bukannya diserahkan ke pomad itu aja aparat yg tertangkap apalagi masyarakat biasa mungkin bisa lebih dari itu perlakunnya kalau ketangkep brimob

  37.  

    Ada benarnya jg bung LP!
    Hehehe!
    Maaf klu sy ga bs naruh komen dibawah komen anda.
    Itu karena hpnya atau penggunanya yg baru bs pencet hp.
    Ga tahu deh.

  38.  

    g rela..setoran pajek ku d gae tembak2 karo konco dewe..kae loh opm,tembakono…lek g ngunu maling2 berdasi kae tembak en…opo maling2 seng turut laut…hadeh..kuciwa..kuciwa..

  39.  

    haaaaaa… mo gimana nih penyelesaiannya…. apa ke dua kubu taro di lapangan aja,trus di suruh perang aja….

  40.  

    Kyk anak kecil… ga jauh beda dgn anak sekolah SMK VS SMA

  41.  

    Saya lebih percaya informasi dari batam pos, karena langsung dari tkp. Ooh iya, itu tembakan keatas yg disampaikan pak Fuad itu gimana ceritanya? Nanti kia denger sendiri dari teman2 wartawan dan Wagub yg berada di tkp, hayulah gak usah ditutup2i..

    •  

      Meurut ane Bung Jalo..adain aja adu tanding antara Brimob dan TNI mana yang jago dan kualitasnya bagus..pada berani kan bawa senjata..coba suruh pada duel…males pada ribut mulu…

  42.  

    Masih simpang siur beritanya, aparat yang tidak bisa memberikan contoh bagi masyarakat harus ditindak tegas

  43.  

    Lagi cari tjap siapa yg paling batel prupfen.. ntar yg menang langsung dapet tiket ke natuna, uji nyali lawan balatentaranya kaisar yg di sembah2 mbah bowo.. 😛

  44.  

    Intinya masalah penembakan 4 org anggota yg mungkin hasil investigasinya kurang memuaskan.
    Yg kalo di lihat tim dr tentara cupu banget kalo dah gabung sama tim investigasi polri

  45.  

    otak udang..

  46.  

    Alamat abis ini ada ritual gendong-gendongan lagi….

  47.  

    Apa masalah BBM lagi?? gara2 penggerebekan kemarin?

  48.  

    bentrokan sesama aparat : hanya satu Kata “MEMALUKAN”

  49.  

    sebaiknya pendidikan ala marinir perlu ditularkan kepada satuan lain bung jalo. setahu saya, sejak peristiwa pak harto lengser, marinir selalu sanggup bertindak sebagaimana mestinya. dan saya melihat (maaf kalau salah), masyarakat mengeluelukan marinir. CMIIW

  50.  

    Untuk menghindari bentrokan susulan,,, sementara baik anggota brimob atau TNI yang bertugas disana harus segera di rotasi ke daerah lain sehingga dendam pribadi antar mereka bisa dihindari.

  51.  

    semalam dpt sms informasi sekitar jam 6 untuk warga agar di larang melintas krn ada serangan balasan

  52.  

    Tarik Brimob dari Batam dan Kepulauan Riau, Isi posisinya dengan Marinir. Hal ini sesuai dengan doktrin pertahanan dan penjagaan perbatasan dalam lingkup kepulauan.

  53.  

    Bung Jalo ane mo nanya, kenapa marinir kalo tugasnya mo evakuasi bawa truk ginian? Emangnya udah disuwuk ama mbah dukun biar kebal peluru gitu. Apa gak ada yang lain buat evakuasi coz infonya banyak infanteri nenteng laras panjang tembak sono tembak sini?

    •  

      Kalau masalah perlengkapan di marinir sana saya gak tahu, mungkin itulah perlengkapan mereka. Masalah kebal gak lah, ini masalah tugas dan tanggung jawab aja bung….

  54.  

    Yang serang duluan siapa

  55.  

    Yang mengherankan kenapa setiap satuan bisa dengan mudahnya mengambil senjata, apakah senjata itu di simpan di ruang biasa dan bisa di ambil tanpa sepengetahuan atasan? terlepas itu brimob atau TNI…Semudah itukah?…saya mengerti kalo misalnya itu daerah konflik seperti papua…tapi ini batam yang meskipun daerah perbatasan tapi ya memang daerah aman tanpa konflik senjata, kalo konflik ekonomi meungkin saja…dimana PROTAP TNI -BRIMOB?? kemana atasan mereka? sampe bisa di “kadalin” anak buah buat ngambil senjata??

  56.  

    Perseteruan ini sdh lama dan intinya itu2 juga. Sekarang tampaknya terjadi pembamgkangan terhadap komandan.
    Jadi penyelessainnya harus drastis : likuidasi yon 134, ganti dengan Yon lain.

  57.  

    Semuanya sdh salah urus di Indonesia ini..!

  58.  

    Komandannya kemana ini? Jadi ingat cerita masa Benny Moerdani dulu sewaktu menengahi bentrok antara RPKAD dan KKO. Komandannya kalau ikutan pasti anak buahnya makin menjadi-jadi. Panglima TNI harus turun tangan juga kalau begini termasuk Presiden kalau perlu. Rakyat pasti yang ujungnya menjadi korban. Lebih baik rakyat saja dipersenjatai kalau kelakuan aparat yang disetujui komandannya seperti ini.

  59.  

    dari sisi TNI,..kaya’nya yg bnyak masalah di institusi TNI, tuh dr kalangan AD,..deh…selalu yg ribut dr AD,…malu donk ama marinir n paskhas,…mestinya sistem pembinaannya meniru AL n AU,…KSAD nya gmn neh,..dr dulu gak ada perubahan…

    •  

      Hemm..sudah 3 korban jiwa di pihak Yonif TS. Ini berpotensi terjadi lagi konflik di masa datang mengingat sudah 3 korban di pihak TNI dan tidak ada korban di pihak Brimob. Semoga para pihak yang terlibat bisa menahan diri.

    •  

      Betul @bung KS boy…kebanyakan kasus begini antara TNI AD vs POLRI…tanya knp..mgkn karena kedua institusi ini sama2 punya wilayah teritorial di masyarakat, contoh yg ditingkat kecamatan aja koramil ama polsek, sering kedua badan ini berebut wilayah pengamanan didaerah mereka…itu yg saya liat dari kacamata awam saya sih, kalo mau ada yg kasih pencerahan ya monggo…

  60.  

    Y aahhh…sebenarnya perlu di kaji ulang.

    Harusnya Polri itu di bawah menteri Pertahan atau dalam negri

    jangan di bawah Presiden seperti sekarang ini

    ……Kalau ga di rubah selamanya akan ada kerusuhan antara TNI dan POLRI

    Presidennya tuch di kasih tahu

  61.  

    Hehehe… satu sisi ya kecewa karena ribut sama saudara sendiri,
    Tapi di satu sisi lagi kok saya merasa bangga ya karena ternyata nyali mereka besar juga ya jika masalah perang.

  62.  

    kedudukan sementara 2-0 untuk brimob. parah ni tni… dua kali bentrok selalu korbannya dari TNI

  63.  

    aq pernah tinggal dan kerja/ngojek dibatam,hampir tiap malam minggu motor ku disewa oleh anggota TN*.untuk sekedar jalan22 tao cuci mata.kesenjangan sosial\hidup adalah alasan yang utama biarpun itu hal klasik.dulu emang suasana tenang\damai karena ‘segala urusan pribadi’\kerja sampingan yang dilakukan anggota TN* tada yang diotak atik oleh POLI**.tapi semenjak ada BRIM**,keadaan semakin memanas karena ada beberapa kawasan yang dibekingii & dijaga TN* mulai diusik mereka.maka peristiwa ini akan terus terjadi setiap saat slama ‘ wilayah pribadi TN*”,dimasuki dan diobok obok.apalagi kini korbannya anggota tni lagi.dendam yang bakal sulit terlunturkan oleh waktu…

  64.  

    pujasera,ruko casino,club dan masih banyak lagi.tapi ada beberapa kawasan ta bisa disentuh oleh AD apalagi poli**…bahkan hingga sekarang..yaitu’kawasan pribadi’milih AL.bahkan poli**akan berhenti mengejar bila maling itu masuk diwilayah pribadi AL [sekedar hoaxxxxx..]

  65.  

    Indonesia itu negara kepulauan dan perairan kita lebih luas dr daratan, tp herannya kenapa bukan kapal perang kita yg diperbanyak atau atau angkatan laut kita yang diperkuat…? Inilah faktanya….!! Selanjutnya kalau itu terealisasi q yakin bentrok akan bisa diminimalisir

 Leave a Reply