Nov 192014
 
image

(photo: Agus Siswanto / Detik.com)

Jakarta – Bentrok lagi, bentrok lagi. Anggota TNI AD dan Brimob kembali terlibat keributan di Batam, Kepulauan Riau. Pemicunya sepele, yakni adu mulut di kios BBM. Saat ini, kedua kelompok sudah didamaikan.

Tapi tetap saja keributan yang membuat satu buah ruangan di Mako Brimob ini membuat Mendagri Tjahjo Kumolo meminta tolong pada KSAL Laksamana Marsetio ikut membantu mengerahkan marinir menjadi juru damai.

Bentrokan ini untuk yang kesekian kali. Menteri Tjahjo khawatir bentrok ini akan terus terulang. Pada Rabu (19/11/2014) Tjahjo pun mengirimkan SMS ke KSAL.

“Slmt sore Yth’ pak KASAL — info sEKARANG Brimob dan Batalyon 134 di Batam bentrok lagi – mohon Marinir di Batam dapat ditugaskan sebagai penengah-sekedar usul-saya sudah koordinasi sama Gub/Wagub Kepri juga– cc Bp ‘Panglima TNI+ Bp Kapolri+Bp’MenkoPolhk Ham +Bp Seskab+ Kasad–,” demikian isi SMS Tjahjo ke KSAL.

Sebelumnya, dimediasi Wakil Gubernur Kepri Soeryo Respationo, pimpinan TNI dan Polri bertemu di Markas Brimob, Rabu siang. Hadir dalam mediasi itu, Danrem Wira Pratama 033 Brigjen TNI Eko Margiyono dan Kasat Brimob Polda Kepri Kombes Tory Christianto.

Perselisihan antara anggota Yonif-134 dan personel Brimob terjadi di depan Markas Brimob, Rabu(19/11/2014). Berawal saat 2 anggota TNI berpangkat Pratu Praka bertemu 2 anggota Brimob di kios eceran jalan Trans Barelang, Kecamatan Sagulum. Entah kenapa mereka adu mulut.

“Kejadian itu menyebar pada sejumlah anggota Batalion Infanteri lainnya. Sedikitnya 30 orang mendatangi markas Brimob untuk mengklarifikasi,” kata Brigjen Eko Margiyono.

Kombes Tory Christianto mengatakan hal yang sama. Dua anggota Brimob yang adu mulut dengan anggota TNI berpangkat Bripda. “Sekarang sudah didamaikan,” katanya.

Pada Minggu (21/9) lalu, anggota TNI dan Brimob juga bentrok di Markas Brimob. Bahkan sempat ada tembakan. 4 Anggota TNI terluka karena terkena tembakan pantulan. (Detik.com).

  102 Responses to “Marinir Juru Damai Bentrok TNI AD – Brimob”

  1.  

    Alamat abis ini ada ritual gendong-gendongan lagi….

  2.  

    Apa masalah BBM lagi?? gara2 penggerebekan kemarin?

  3.  

    bentrokan sesama aparat : hanya satu Kata “MEMALUKAN”

  4.  

    sebaiknya pendidikan ala marinir perlu ditularkan kepada satuan lain bung jalo. setahu saya, sejak peristiwa pak harto lengser, marinir selalu sanggup bertindak sebagaimana mestinya. dan saya melihat (maaf kalau salah), masyarakat mengeluelukan marinir. CMIIW

  5.  

    Untuk menghindari bentrokan susulan,,, sementara baik anggota brimob atau TNI yang bertugas disana harus segera di rotasi ke daerah lain sehingga dendam pribadi antar mereka bisa dihindari.

  6.  

    semalam dpt sms informasi sekitar jam 6 untuk warga agar di larang melintas krn ada serangan balasan

  7.  

    Tarik Brimob dari Batam dan Kepulauan Riau, Isi posisinya dengan Marinir. Hal ini sesuai dengan doktrin pertahanan dan penjagaan perbatasan dalam lingkup kepulauan.

  8.  

    Bung Jalo ane mo nanya, kenapa marinir kalo tugasnya mo evakuasi bawa truk ginian? Emangnya udah disuwuk ama mbah dukun biar kebal peluru gitu. Apa gak ada yang lain buat evakuasi coz infonya banyak infanteri nenteng laras panjang tembak sono tembak sini?

    •  

      Kalau masalah perlengkapan di marinir sana saya gak tahu, mungkin itulah perlengkapan mereka. Masalah kebal gak lah, ini masalah tugas dan tanggung jawab aja bung….

  9.  

    Yang serang duluan siapa

  10.  

    Yang mengherankan kenapa setiap satuan bisa dengan mudahnya mengambil senjata, apakah senjata itu di simpan di ruang biasa dan bisa di ambil tanpa sepengetahuan atasan? terlepas itu brimob atau TNI…Semudah itukah?…saya mengerti kalo misalnya itu daerah konflik seperti papua…tapi ini batam yang meskipun daerah perbatasan tapi ya memang daerah aman tanpa konflik senjata, kalo konflik ekonomi meungkin saja…dimana PROTAP TNI -BRIMOB?? kemana atasan mereka? sampe bisa di “kadalin” anak buah buat ngambil senjata??

  11.  

    Perseteruan ini sdh lama dan intinya itu2 juga. Sekarang tampaknya terjadi pembamgkangan terhadap komandan.
    Jadi penyelessainnya harus drastis : likuidasi yon 134, ganti dengan Yon lain.

  12.  

    Semuanya sdh salah urus di Indonesia ini..!

  13.  

    Komandannya kemana ini? Jadi ingat cerita masa Benny Moerdani dulu sewaktu menengahi bentrok antara RPKAD dan KKO. Komandannya kalau ikutan pasti anak buahnya makin menjadi-jadi. Panglima TNI harus turun tangan juga kalau begini termasuk Presiden kalau perlu. Rakyat pasti yang ujungnya menjadi korban. Lebih baik rakyat saja dipersenjatai kalau kelakuan aparat yang disetujui komandannya seperti ini.

  14.  

    dari sisi TNI,..kaya’nya yg bnyak masalah di institusi TNI, tuh dr kalangan AD,..deh…selalu yg ribut dr AD,…malu donk ama marinir n paskhas,…mestinya sistem pembinaannya meniru AL n AU,…KSAD nya gmn neh,..dr dulu gak ada perubahan…

    •  

      Hemm..sudah 3 korban jiwa di pihak Yonif TS. Ini berpotensi terjadi lagi konflik di masa datang mengingat sudah 3 korban di pihak TNI dan tidak ada korban di pihak Brimob. Semoga para pihak yang terlibat bisa menahan diri.

    •  

      Betul @bung KS boy…kebanyakan kasus begini antara TNI AD vs POLRI…tanya knp..mgkn karena kedua institusi ini sama2 punya wilayah teritorial di masyarakat, contoh yg ditingkat kecamatan aja koramil ama polsek, sering kedua badan ini berebut wilayah pengamanan didaerah mereka…itu yg saya liat dari kacamata awam saya sih, kalo mau ada yg kasih pencerahan ya monggo…

  15.  

    Y aahhh…sebenarnya perlu di kaji ulang.

    Harusnya Polri itu di bawah menteri Pertahan atau dalam negri

    jangan di bawah Presiden seperti sekarang ini

    ……Kalau ga di rubah selamanya akan ada kerusuhan antara TNI dan POLRI

    Presidennya tuch di kasih tahu

  16.  

    Hehehe… satu sisi ya kecewa karena ribut sama saudara sendiri,
    Tapi di satu sisi lagi kok saya merasa bangga ya karena ternyata nyali mereka besar juga ya jika masalah perang.

  17.  

    kedudukan sementara 2-0 untuk brimob. parah ni tni… dua kali bentrok selalu korbannya dari TNI

  18.  

    aq pernah tinggal dan kerja/ngojek dibatam,hampir tiap malam minggu motor ku disewa oleh anggota TN*.untuk sekedar jalan22 tao cuci mata.kesenjangan sosial\hidup adalah alasan yang utama biarpun itu hal klasik.dulu emang suasana tenang\damai karena ‘segala urusan pribadi’\kerja sampingan yang dilakukan anggota TN* tada yang diotak atik oleh POLI**.tapi semenjak ada BRIM**,keadaan semakin memanas karena ada beberapa kawasan yang dibekingii & dijaga TN* mulai diusik mereka.maka peristiwa ini akan terus terjadi setiap saat slama ‘ wilayah pribadi TN*”,dimasuki dan diobok obok.apalagi kini korbannya anggota tni lagi.dendam yang bakal sulit terlunturkan oleh waktu…

  19.  

    pujasera,ruko casino,club dan masih banyak lagi.tapi ada beberapa kawasan ta bisa disentuh oleh AD apalagi poli**…bahkan hingga sekarang..yaitu’kawasan pribadi’milih AL.bahkan poli**akan berhenti mengejar bila maling itu masuk diwilayah pribadi AL [sekedar hoaxxxxx..]

  20.  

    Indonesia itu negara kepulauan dan perairan kita lebih luas dr daratan, tp herannya kenapa bukan kapal perang kita yg diperbanyak atau atau angkatan laut kita yang diperkuat…? Inilah faktanya….!! Selanjutnya kalau itu terealisasi q yakin bentrok akan bisa diminimalisir

 Leave a Reply