Marinir AS Terima Pesawat F-35 C Pertama

36
97
Marinir AS menerima satu dari 67 F-35C yang akan ditransfer ke Eglin Air Force Base, Florida untuk latihan pilot. (Foto: Lockheed Martin).
Marinir AS menerima satu dari 67 F-35C yang akan ditransfer ke Eglin Air Force Base, Florida untuk latihan pilot. (Foto: Lockheed Martin).

Korps Marinir AS (USMC) menerima pesawat Carrier Variant (CV) Lockheed Martin F-35C Lightning II Joint Strike Fighter (JSF) pertama, pada tanggal 22 Desember.

Pesawat CF-19 ini akan dipindahkan dari fasilitas produksi Fort Worth Texas ke Fighter Wing 33 di Eglin Air Force Base, Florida, di mana pesawat akan bertugas di Angkatan Laut AS (USN) VFA-101 Grim Reapers untuk pelatihan pilot.

USMC akan memperoleh armada campuran pesawat F-35B (STOVL) dan F-35C  CV.  Rencana pesawat McDonnell Douglas AV-8B Harrier II akan digantikan oleh 353 F-35B, dan Boeing F / A-18 Hornets akan digantikan oleh 67 F-35C.  Operasional untuk F-35B dijadwalkan terwujud dalam beberapa bulan mendatang, sedangkan untuk F-35C diharapkan pada tahun 2018.

CF-19 merupakan produk yang ke 36 dan Pesawat F-35 terakhir akan dikirimkan tahun ini. Pesawat yang disampaikan pada tahun 2014 terdiri dari:  23 pesawat take-off dan landing konvensional (CTOL) F-35As ke Angkatan Udara AS (USAF), dua F-35As ke Royal Air Force Australia, empat F-35Bs ke USMC, enam F-35Cs ke USN, dan satu F-35C ke USMC.

Program produksi sekarang masih rendah namun setelah tahun 2016, Lockheed Martin bermaksud meningkatkan penuh laju produksi sekitar satu pesawat per hari. (Janes.com).

36 KOMENTAR

  1. Pupt cuma membyangkn seandainya Penerbal TNI-AL jg mengoperasikn pesawt tempur seperti halnya TNI-AU.untk mendukung Poros Maritim jg di gunakn untk Maritim Strike.slama ne TNI-AL hanya mengoperaskn pesawt jeniscn 235 mpa untk patroli maritim.mudh2an ke depn Penerbal bs menggunakn Pespur SU 34.

  2. indonesia pernah ditawari untuk mendapatkan pesawat ini dari USA. tapi indonesia menolaknya dengan halus.

    pemerintahan saat ini belum ada getar-getarnya akan menambah alutsista terutama untuk pesawat fighter yang masih sangat kurang. mungkin masi fokus ke tol laut dan ilegal fishing,

  3. Yang perlu dicontoh, tahun 2016 besok Lockheed Martin akan meningkatkan secara maksimal kemampuan produksi sekitar satu pesawat per hari.
    Perbulan bisa produksi sktr tigapuluh pesawat..

    Selanjutnya, akan sangat mudah bg mrk memenuhi pesanan negara sekutunya..

  4. ini pesawat mmg bner2 mantep..klo indonesia mau bersaing ya harus punya pesawat sejenis,entah itu pesawat siluman,jin atau apa aja dah!
    klo su35 kayaknya nggak bs nglawan pesawat ini,yg ada malah su35 jd bulan2an f35,diajak maen petak umpet aja dah bingung tuh su35

  5. emang pemerintah ada blg mo beli pak-fa bang Supar Tukino..su35 aja cm menjadi alternatif terakhir dr bbrp pilihan pswt tempur barat dan amerika(su35 msh lama utk diekspor)..masalahnya cm duit,ada duit pasti langsung beli..nggak ada uang makanya cm sebatas wacana doank,klopun beli pasti yg diambil produk klo nggak amerika ya barat lah..

  6. Sebenarnya indonesia bisa hidup mandiri lho, di lihat dari sumber daya nya aja dari jaman belanda sampe amerika ngerukin emas, minyak bumi gk ada abis-abisnya. Sebenarnya kita itu kaya cuman, kita itu mudah di perdaya sama negara paman sam” istilahnya hanya di manfaatkan saja” kalau kita bersatu, bisa ngelola sendiri macam negeri matahari terbit (jepang). amerika, inggris, jerman, australia, apalagi belanda lewat semua. Tapi indonesia ya indonesia memang begitu kehidupannya susah di ubahnya lagi, biarpun dia kaya tapi tidak cerdas lebih baik cerdas tapi miskin. Seperti ilmu lebih bermanfaat dari pada harta