Jan 212014
 
FINAL PLANNING CONFERENCE MULTILATERAL NAVAL EXERCISE KOMODO 2014 (photo: marinir.mil.id)

FINAL PLANNING CONFERENCE MULTILATERAL NAVAL EXERCISE KOMODO 2014 (photo: marinir.mil.id)

Marinir unjuk gigi di Natuna. Tak tanggung-tanggung dalam latihan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2014, Maret hingga April 2014, Korps Marinir TNI-AL akan menjadi tuan rumah dari pasukan 18 Negara yang berlatih di Laut Natuna, Kepulauan Riau.

18 negara yang terlibat adalah yang tergabung dalam organisasi ADMM (Asean Defense Miniters Meeting) plus, diantaranya Philippina, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, Amerika Serikat, Australia, China, Russia, Jepang, India, Korea Selatan, dan Selandia Baru.

Mengkordinasikan pasukan dari belasan negara dalam sebuah latihan perang bersama, tentulah bukan perkara mudah. Semua pasukan harus bermanuver berdasarkan skenario yang ditentukan. Belum lagi unsur komunikasi, logistik, persenjataan, serta kendaraan tempur yang dibawa oleh masing-masing negara.

Marinir akan memimpin pasukan dari 18 negara dalam sebuah latihan perang. Jika latihan ini sukses, maka bisa dibilang kemampuan organisasi di tubuh Marinir, patut diacungi jempol. Profesional.

FINAL PLANNING CONFERENCE MULTILATERAL NAVAL EXERCISE KOMODO 2014 (photo: marinir.mil.id)

FINAL PLANNING CONFERENCE MULTILATERAL NAVAL EXERCISE KOMODO 2014 (photo: marinir.mil.id)

Hingga kini mungkin belum ada satuan lain di tubuh TNI yang melakukan latihan perang yang melibatkan perwakilan negara yang begitu banyak. Kurang lebih 18 negara. Blessing in disguise buat marinir adalah, semua negara-negara itu berkepentingan dengan keamanan Laut China Selatan.

Coba kalau latihannya pindah ke Situbondo atau Cilacap, mungkin banyak negara itu, tidak akan ikut serta. Jadi pilihan Marinir mengambil lokasi latihan di Natuna, sebuah terobosan yang brilian. China saja yang menjadi semacam “common enemy” dari negara-negara Asia Tenggara dan Timur dalam kasus Sengketa di Laut China Selatan dan Timur, memilih ikut dalam latihan ini.

Dengan demikian, faktor yang paling sulit adalah menentukan negara mana yang dianggap sebagai musuh bersama. Bisa ditebak musuh yang akan disimulasikan dalam latihan adalah kelompok teroris dari negara antah berantah.

marinir-3

Menjelang latihan bersama MNEK 2014 tersebut TNI Angkatan Laut menyelenggarakan rapat Final Planning Conference (FPC) yang berlangsung selama 2 hari pada tanggal 16-17 Januari 2014 di Swiss-bell hotel Batam. Kegiatan ini dihadiri oleh delegasi Indonesia sebagai tuan rumah dan 18 negara yang tergabung dalam organisasi ADMM (Asean Defense Miniters Meeting) plus, diantaranya Philippina, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, Amerika Serikat, Australia, China, Russia, Jepang, India, Korea Selatan, dan Selandia Baru.

Rapat FPC dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. MarsetioΒ  dilanjutkan dengan pembahasan materi diskusi yang dipimpin Komandan Gugus Tempur Laut Koarmabar (Danguspurlabar) Laksamana Pertama TNI Dr. A. Oktavian, sebagai Direktur Latihan.

Rapat dilanjutkan paparan dari masing-masing bidang serta session tanya-jawab. Paparan Encap disampaikan oleh Letda Marinir Suyudi. Usai paparan, masing-masing peserta delegasi negara sahabat menajamkan hasil Mid Planning Conference (MPC) MNEK 2014Β yang telah dilaksanakan pada tanggal 13 November 2013 di Jakarta.

FINAL PLANNING CONFERENCE MULTILATERAL NAVAL EXERCISE KOMODO 2014 (photo: marinir.mil.id)

FINAL PLANNING CONFERENCE MULTILATERAL NAVAL EXERCISE KOMODO 2014 (photo: marinir.mil.id)

Tim Encap Korps Marinir yang diketuai oleh Komandan Resimen Bantuan Tempur-2 Marinir (Danmenbanpur-2 Mar) Kolonel Marinir Tri Subandiana sebagai Dansatgas memimpin jalannya diskusi dengan memberikan penjelasan rinci kepada tiap-tiap delegasi negara sahabat mengenai hal-hal yang berkaitan dengan penempatan personel negara peserta di dua kepulauan besar yaitu Anambas dan Natuna, serta asset yang akan digunakan, akomodasi, dukungan logistik dan jenis-jenis proyek yang akan dikerjakan.

Kegiatan rapat ditutup oleh Pangarmabar Laksmana Muda Arief Rudianto dilanjutkan hari kedua survey lapangan. Hadir dalam kegiatan ini Danpasmar-2 Brigjen TNI (Mar) Denny Kurniadi, Danpasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Siswoyo Hari Santoso dan Asops Kormar Kolonel Marinir Purwadi. (sumber: marinir.mil.id).

  65 Responses to “Marinir Unjuk Gigi di Natuna”

  1. (PERTAMAX DIAMANKAN) ya kita tunggu saja semoga sukses…

  2. …pilihan Marinir mengambil lokasi latihan di Natuna, sebuah terobosan yang brilian. China saja yang menjadi semacam β€œcommon enemy” dari negara-negara Asia Tenggara dan Timur dalam kasus Sengketa di Laut China Selatan dan Timur, memilih ikut dalam latihan ini…

    Dengan memenuhi undangan RI, secara tidak langsung China mengakui kedaulatan kita di Natuna, mau tak mau tentunya juga ZEE Natuna sesuai Unclos, jadi silakan koko setip segmen garis putus2 yang menjorok ke dalam ZEE tsb πŸ˜€

  3. * Menunggu Pencerahan para Suhu *

    Alasan dan kenapa2nya Sonotan balik kanan batalin ikut gabung, yg jelas bukan kekurangan BBM kan? πŸ˜€

  4. Camo marinir baru ya?
    btw, saya baca Australia tidak ikutan, downgraded cuma datang sebagai pengamat. Cocok, pengintip kemudian pengamat πŸ˜€

    • Kayaknya camo baru tp kok polanya mirip saat marinir masih bernama KKO, yg membedakan marinir dgn pasukan lainnya walau pake camo yg sama adalah lipatan camo di lengannya itu akan selalu bagian luar camo yg kelihatan. Kesatuan lain lipatan camo di lengannya kelihatan bagian dalamnya.

      • kog engga camo digital sekalian ya?

        • Adaptive Camo kaya bunglon udah ada belum ya..?
          Jadi Beneran kaya pasukan hantu/Jin jadinya πŸ˜€ πŸ˜€

          • Kalaupun pasukan khusus negara2 besar sudah pake mungkin tidak diberitakan, sedang jubah camo menutup panas tubuh untuk menghindari thermal kamera saya pikir Kopassus juga sudah pakai.

            Seragam dgn camo baru bagusnya pakai camo digital saja sekalian. Seperti yang mulai dilakukan angkatan darat secara bertahap

          • kabarnya tentera jaguh utk pasukan intainya dilengkapi camo yg dpt mengusir nyamuk.. klw mmg bnr suatu terobosan baru tuh.. dlm sejarah perang PD1 mwpn PD2 sekitar 5% prajurit tewas akibat malaria bkn krn bom..

          • bung @pedro, apa mungkin mereka tertipu membeli kelambu seharga camo? :mrgreen: ,mereka kan sebelumnya juga beli APC Pars seharga MBT bnew

          • mungkin camo itu dapat menyelamatkan 5% tentara mereka dari malaria, tetapi attrition rate mereka akan jauh lebih tinggi akibat bidikan para sniper jawara, sementara mereka hanya mampu membalas ngawur ke berbagai arah…

  5. Info A1 mana bro surya ? kangen nih..

  6. TNI AL beraninya sebatas latihan doang. AL australia tembus pertahanan TNI AL 7 kali TAKUT ngejarnya. TNI berani sama sipil, dengan tentara asing CIUT.

    • He he..ente tahu lewat baca doang.. Indonesia lebih dari Ausie kalau mau dibuka..Tentara itu menjaga pertahanan dan kemanan negara, di dalamnya termasuk berusaha menjaga point point bargaining. Kalau point bargaining ada yang kosong dibuat atau direkayasa.

      Itu bagian rahasia negara, saya tidak bisa kasih contoh, jadi bukan untuk konsumsi umum.

    • jangan usah gitu laah..
      kalo kamu bilang TNI-AL, artinya kamu menggeneralisasi TNI-AL, trus melupakan seluruh sejarah TNI khususnya TNI-AL.
      coba belajar lagi gih…
      banyak kok sejarah TNI (TNI-AL / marinir) dalam menghadapi tentara asing.
      apa mereka ciut?

  7. Keputusan Ostrali yg hadir dalam kapasitas sebagai Observer adalah pilihan sikan yang realistis ditengah situasi semangat menurunnya derajat kerjasama, mereka “wait and see” sambil menunggu suksesi 2014……kalau kondisi demikian tunggu saja blunder berikut Tn. Abot (berat) banget……..; anda lupa sikap sentiman negatif terhadap pemerintah Ostrali bukan hanya ekspresi pemerinta RI saja….melainkan juga cermin kedongkolan mayoritas masyarakat RI, berbeda dengan sikat pemerintah Abot yang justru dikritisi berbagai kalangan di Ostrali….., Penting: Kalau anda berniat Perbaiki hubungan Jangan menunda waktu, Indonesia bersama Dunia…..atau Anda memilih mengasingkan diri di belahan bumi selatan…..,

    • Prediksi saya pergantian pemerintah RI tidak akan berpengaruh, ini sentimen nasional lintas partai. Bola akan tetap ada di pemerintahan Abbot. Indonesia kan hanya bereaksi

      Pitch Black selanjutnya juga kemungkinan TNI AU tidak akan ngirim pesawat, padahal justru kekuatan udara Indonesia adalah sole lirikan mata pitch black. Kehadiran Sing, Thai, NZ dll tidak sebesar bobot pengaruh kehadiran pespur TNI AU. Efek perang dingin akan magnified pasca kedatangan Su35 dan Gripen, sedang F16 kurang greget untuk dihadapkan dgn RAAF.

      Kehadiran F15SG, upgrade 60 unit F16 blok 50 dgn biaya 2.4bn USD, kedatangan F35B, F18 Super Hornet, F35A di utara dan selatan = Su35 + pengganti F5 TNI AU adalah wajib. Latihan di Natuna ini bagaikan pisau bermata dua, bisa ditujukan pada China dan juga bisa pada blok US. Karena dgn China sedang mesra dan dengan Australia renggang maka latihan Natuna saat ini adalah tekanan bagi blok US, pengingat bahwa (jika terpaksa) Indonesia punya pilihan. Indonesia yang pro China adalah mimpi buruk geo-politik blok US di kawasan.

      • jadi mirip cinta segi 3 dan dating Bareng πŸ˜€

      • pengganti F5 ya SU35 lah, sudah tanggal tua nih..,kok gak ada berita si kilo yah?

        • dari diskusi sebelumnya Su35 sebagai pengganti F5 hanya alasan konsumsi politik luar negeri. F5 sendiri masih akan operasional sampai 2020 sementara Su35 sebagai pengganti F5 diharapkan hadir 2015.

          Issue 44 unit Gripen masuk dan melengkapi teka teki, tapi ya masih harus ditunggu konfirmasi resminya. Kalo Kilo memang belum ada lagi beritanya, tapi mungkin karena berita tidak dirilis bukan karena tidak berjalan. Memangnya harapan kita sih harusnya jubir kmenhan/TNI harus update terus biar masyarakat bisa memantau juga

      • JEBREEEET…. SEPAKAT SEKALI. Di sinilah, TNI kelihatan KALEM tp CERDAS, JENIUS. 1 lg, Indonesia akan mengatakan (pesan), “LIHATLAH, BARU TNI AL saja, kami sudah SEHEBAT ini. BAYANGKAN JIKA KEKUATAN SLRH MILITER KAMI, AL, AU, AD dan RAKYAT KAMI BERSATU, SIAPAPUN KALIAN AKAN TERGILAS KEKUATAN KAMI. SO, JANGAN PONGAH!!! PERANG MELAWAN INDONESIA, AKAN MENJADI MIMPI BURUK DAN SEJARAH TERKELAM UNTUK KALIAN!”. BRAVO TNI…!!! (sambil mengepalkan tangan ke atas).

  8. Australia tidak ikut naval exercise comodo 2014 adalah karena DICORET oleh pemerintah dan hanya diperbolehkan mengirimkan utusan sebagai observer saja
    Terakhir pihak ausy menginginkan mereka tidak dicoret dan menunggu konfirmasi untuk tetap di ikutkan dlam exercise komodo ini,,tetapi keputusan sudah bulat,

    Akhir februari tim yang memilih kilo berangkat ,,,ada 5 orang yg sudah pada sibuk mencatat titipan oleh oleh dari rekan rekannya πŸ˜€
    Februari tim yg melihat SU 35 dan nyobain teknologi Sukhoi terbaru tuk dibungkus akan juga berangkat Sedangkan disana team advance yang sudah ngendon satu bulan sudah pada milih duluan tuk dipertimbangkan dipilih team pemilih yg baru berangat
    wong dananya sudah dialokasikan kok heheheh
    oh ya denger slentingan DP pembelian bremen class sudah dibayar ..alhamdulillah kalau betul

    Ayoo siapa yang tau kira kira materi latihan/exercise apa saja yang akan ditampilkan di naval exercise comodo yang akan datang???jangan lupa pati berkaitan dgn tema nya latihan ini

    • Jumlah unit Bremen yang diDP-in? 8? atau sudah berkurang karena diambil Thailand?

      • clue terakhir kita perlu 8 real fregate terdiri dari 2 type (satunya kirvak class kale)
        cluenya lagi tahap awal memilih 3 klonengan NR class
        (retrofitnya sekalian mungkin di Lursen)

        kabar slentingan terakhir dp bremen sudah dibayar,,
        Embuh sing bener berapa …
        diotak atik dan diprediksi dulu lah

        sekalian kira kira diprediksi bremen class armament dan cms setelah retrofit apa aja
        hehehehe

        • oh yaa data dari ARC kemarin kita beli vls mica itu 6 unit lho
          mau dipasang dimana aja yaaa ??
          bingung

          • Untuk diinstal pada 3 Nahkoda Ragam dan 3 Sigma 10514.

            ” Indonesian Navy – VL MICA to be installed on three F-2000 OPV and three Sigma 10514 Frigate” = 6 unit

        • Perlu tau nilau budget alokasi real fregate dan nilai akuisisi Bremen agar bisa ngira2 jumlah dan bentuk jadinya, termasuk untuk estimasi apa meliputi SLEP saja atau upgrade elektronik dan persenjataan.

          Gali lagi infonya bung, paksa atau ancam jika perlu πŸ˜€

          • cms pasti pakai Thales lah biar terintegarasi dengan yang lainnya,,
            karena ini fregat kan mainnya di zee dibelakangnya ada pkr 10514,sigma,dan bung tomo class..
            VLS ny kalau gitu makai apa ya?

            Kalau Bremen class berfungsi sebagai fregat AAW pastinya vls nya gak makai mica tetapi bisa aster 15/30.,dan radarnya bisa makai SAMPSON AESA biar rasa daring class (apa itu maksut daring calss dan PM nya inggris kesini ?)

            walah ngarep banget:D

          • Aster 30 mantap juga tuh, VL Mica surface launcher hanya punya jarak +10 km. Belum lama ini AL Oman sukses uji coba VL Mica ini untuk sasaran yang terbang rendah, hanya saja jarak 10km lebih ke pertahanan passive daripada offensive.

            Boleh lah untuk Nahkoda Ragam, tapi Sigma 10514 pantenya punya mainan dgn jangkauan lebih jauh. Mudah2an memang Aster 30, tapi kalo saya pribadi lebih mantap jika melirik produk payung udara Russia yang lengkap dari CWIS sampai BVR+++++ :mrgreen:

          • bung @Satrio, Fatahilah class upgradenya menggunakan CMS Ultra Electronics, tapi memang Ultra sendiri adalah salah satu kontraktor untuk Thales, BAE, Raytheon dll. Sistemnya akan mudah terintegrasi antar CMS produsen2 ini dibandingkan CMS Russia

          • Kan masih ada satu type fregat lainnya yang bakalan diambil
            kalau analisa saya satu fregate lainnya dari ruskie karena nanti satu type tuk mengantisipasi melawan block barat (maka itu bisa saja kirvak class second juga diambil) biar terintegrasi dengan SU 30 mk mariime strike. dan killo /amur class dan parchim class

            kalau yang type kirvak masih abu abu banget infonya..ane hanya denger 2 type yg akan diambil,,satunya bremen.
            jamaah rusia storng pasti juga diakomodasi oleh pemerintah
            hehehehe

          • Krivak III/Talwar, amiiin.. , buat saya sendiri bukan kapal-nya tapi persenjataan kapal perang Russia yang sangar. Destroyer Russia dijuluki carrier killer karena persenjataan-nya yang manstafh

        • jika niat untuk akuisisi bremen, harus cepat2 dilobi. karena yang nungguin kapal itu banyak. jika ambil banyak jangan lupa sekalian minta bonusnya (u-206 atau marder/gepard juga nggak nolak).

    • br dtng r luar kota trus bc koment bung satrio kykx hilang semua capek. hehehehe
      berarti bremenx jadi 3 biji yg diambil mas.?syukurlah klu talwar juga diakuisisi

  9. Sebuah diplomasi militer yang cerdas. Tahun depan mungkin lokasi latihannya bisa digeser ke selatan, bisa di daerah Lombok, Sumbawa atau Flores atau sekitar Laut Aru sekalian, dan usahakan peserta makin banyak, jika perlu namanya ADMM plus plus (dengan negara tambahan Iran, Afrika Selatan, Mesir, Brazil, Argentina, Venezuela, Korut, persatuan negara2 Melanesia) πŸ™‚

    Sebuah pesan yang kuat bahwa Indonesia bersama dunia. πŸ™‚

  10. Data pasukan marinir yg ikut MNEK di natuna :

    1. Philippina, The Philippine Marine Corps (PMC)
    2. Malaysia (baru mau membentuk pasukan marinir)
    3. Singapura, (?????)
    4. Thailand, Royal Thai Marine Corps (RTMC)
    5. Brunei Darussalam, (??????)
    6. Vietnam, The Vietnam People’s Navy
    7. Laos, (?????)
    8. Myanmar, The Myanmar Navy
    9. Kamboja, (?????)
    10. Amerika Serikat, The United States Marine Corps (USMC)
    11. Australia, The 2nd Battalion, Royal Australian Regiment of the Australian Army akan dilatih mjd marinir pada th 2014
    12. China, People’s Liberation Army Marine Corps
    13. Russia, The Russian Naval Infantry, (Russian: ??????? ??????)
    14. Jepang, JGSDF 13th Brigade
    15. India, The Indian Army
    16. Korea Selatan, The Republic of Korea Marine Corps
    17. dan Selandia Baru (???????)

    semoga dl latihan tdk ada lagi berita miring kayak dulu latihan USMC dgn marinir TNI AL dlm Latihan bersama (latma) Marinir Amerika dan Indonesia yang bertajuk “Interoperability Field Training Exercise (IIP?FTX) 2009” di Situbondo dan Banyuwangi, 17-24 Oktober 2009:
    Dgn berita sbb:
    BANYUWANGI–Sepuluh prajurit Marinir Amerika yang disebut United States Marine Corps (USMC) terpaksa harus dievakuasi akibat kelelahan saat menjalani latihan bertahan hidup di dalam hutan Selogiri, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa. Staf Dinas Penerangan (Dispen) Korps Marinir Lettu Mar Mardiono melaporkan sejak Senin (19/10) hingga Selasa (20/10), tercatat 10 prajurit Marinir Amerika yang tumbang dan tidak sanggup melanjutkan latihan survival akibat kelelahan dan tidak tahan dengan cuaca tropis………………. dst
    (sumber warung sebelah)

  11. nowyoudont klo menurut saya f5 lebih baik di ganti nya dgn gripen NG,
    sedangkan SU 35 untuk tambahan skuadron sukhoi 30mk2. yg saat ini dirasa mash kurang jumlahnya. seperti halnya F 16 yg di tambah 2 skuadron lagi..

    gripen NG disamping biaya murah buat patroli/perawatannya ,ada TOT utk pespur Nasional, teknologinya juga setara F18 superhornet , Dassault Rafale /Eurofighter Typhoon, dan juga bisa mendarat di landasan pacu yang pendek.

    jd bisa mendarat di landasan pacu cirebon juga hehehehe (ngarep, liat langsung Gripen NG,,hehehe)

    jadi pengen nya dua dua nya,, su35= 1 s/d 2 skuadron dan gripen NG = 44 unit,(biar dpt TOT), itu juga klo ada anggaran nya heheheheh

    • hadeuh salah tempat [:(

      • Alamat palsu πŸ˜€

        Iya bung, kita perlu MRCA kelas berat dan medium. Jika kelas berat semua berat di ongkos, tapi jika medium/light semua juga kurang greget. Harus imbang dan lengkap, jab ada hook-pun siap

    • * Ini sekedar tebak2an z sambil ngadem2in hati gue sendiri *

      – Berapa ska Heavy Fighter ?
      – Berapa Ska Medium Fighter

      karena Lagi nge-trend Gado2 (Barat – Timur) jadi harus dikali 2.
      Jangan lupa dikali dgn jumlah Kogabwilhan.

      sekedar nebak2 ga harom x ya πŸ˜€

  12. OK kita analisa gimana kekuatan green water navy TNI AL setelah MEF 2 dengan berbagai info dan clue yang tercecer

    Kita akan membentuk 3 pangkogabwilhan juga membentuk 1 kohanla terdiri dari 3 armada dan 14 lantamal
    Kalau Armada barat dan tengah karena mengahadapi kemungkinan LCS berhadapan dengan china
    maka arsenalnya nanti bisa terdiri dari block barat
    Real Fregate yang berpatroli di zee memakai Bremen calss
    yang berpatroli ocean going multirool corvetee memakai PKR 10514 ,Sigma class,Bung Tomo class
    tier ke 3 untuk kapal permukaan dan anti kapal selam memakai Fatahilla clas
    menjaga choke point dan gerilya laut KCR 40
    Kapal selam memakai CBG class
    payung udara bisa memakai CAP (combat air patrol) F 16 dan .F18 navy hibah land based naval fighter dan pesawat ASW.CN 235

    Untuk armada timur kemungkinan menghadapi ancaman Sonotan maka arsenalnya memakai dari rusia terdiri dari:
    Ada flag ship destro Talwar class baru
    Real Fregate patroli zee memakai real fregate Kirvak II I class second
    Ocean going corvetee memakai tiger class/steregushchy class baru
    tier ke 3 untuk anti permukaan dan kapal selam memakai Parchim class
    Menjaga choke point dan gerilya laut memakai KCR 60
    Kapal selam memakai Killo class
    Payung udara memakai CAP (combat air patrol) SU 30MK2 maritime strike atau Sukhoi navy baru land based naval fighter dan pesawat ASW.C295

    Gimana ?? Cucok

    • katanya tiger class g jadi diakusisi mas.?gmn dgn rncn sovremeny class scond mas.?

    • List kapal Kirvak II/Project 1135 M

      Bessmennyy (Unchanging, 1979)
      Gordelivy (Proud, 1979)
      Gromkiy (Loud, 1979)
      Grozyashchiy (Threatening, 1977)
      Neukrotimyy (Untamable/Indomitable, 1978)
      Pytlivyy (Keen, 1982), active in Feb 2008
      Razitelnyy (Striking, 1977)
      Revnostnyy (Zealous, 1980)
      Rezkiy (Sharp, 1976)
      Rezvyy (Frisky, 1975)
      Ryavnyy (Spirited, 1980)

      Saat ini kendala kebutuhan unit dan dana menjadikan pilihan memang terbatas, mudah2an saja kuantitas minimal secepatnya segera terpenuhi dan mulai mempertimbangkan kualitas. Bete juga liat umur2 alutsista “idaman”.

      IMO pasca Kilo dan F16 hibah nanti, kedepannya alutsista semacam KS atau pesawat tempur jangan lagi pake refurbished. Indonesia lebih dari mampu, pemerintah saja yang belum juga mampu menjalankan clean government hingga infrastruktur dan kekuatan militer bernasib seperti sekarang.

      Maaf ngelantur πŸ˜€ saya lagi bete liat iklan2 politik dan berita2 korupsi

      • UNTUK yang masih bingung Bung now,danu dll ane sudah dapat info konfirmasinya
        Bremen class F208-211. 4 (empat) unit Sudah dibayar harga Paket dah include retrofit engine, sensors dan sistem senjatanya

        Kirvak II class bekas sudah dipastikan masuk dengan paket retrofit
        Talwar class specknya akan sedikit beda dengan milik navy india stataus AFIRMATIF
        Steregushchy mempunyai peluang besar masuk jadi status masih TENTATIF
        Sovremenny class berpeluang besar masuk kalau negonya sukses,,
        Flagg ship ternyata memakai Real Destro type belum dapat bocoran

        ALASAN pembelian seperti yang sudah sering saya gambarkan disini
        Bremen class sudah jelas yaa keunggulannya dan gambar fregat tersebut sudah dimasukan didalam kalender 2014
        Talwar class Real Fregat dengan sewaco/CMS yang canggih didukung radar dan EW suite yg mumpuni, kemampuan tempur 3 aspek AAW, ASuW, dan ASW
        armamentnya CUKUP MENGGETARKAN dengan 8 VLS Klub N, 32 VLS SA-N-12 Grizzly, 3 Ciws Kashtan, dan 6x 533mm torpedo).

        Krivak: II clas desainnya telah TERUJI sebagai tulang punggung armada permukaan Rusia, sistem tempur yg cukup memadai dan bisa diupgrade ke baseline terbaru (Krivak IV).

        Steregushchy class Platform ringan setara AMY /VS class kita tetapi mempunyai DAYA PUKUL yang mengerikan untuk ukuran kapal bertonase 1800 ton
        Dengan armament 8x VLS Yakhont/Switchblade, 32 VLS SAM Redut (miniatur S-400)
        .Kashtan CIWS dan two twin-tube launchers for 533mm heavy torpedoes

        Doa ane terkabul tinggal mendoakan semoga steregushchy class juga SUKSES diakuisisi menemani PKR 10514 dan Flagg shipnya destro yang bener bener MENGGETARKAN
        selamat buat jamaah rusia strong hehehehe

        • ada yang perlu di ungkap dan ada yang tidak…!

        • hahaha,bung oke sewot,tp iya jg sih tdk usah diungkapkan semua mas,ckup tipex sj sudh mantap tuh. sebagai jamaah rusia stroong ane pasti senang klu tiger class di akuisisi. btw lg bnyak duit nih smpe” ngambil talwar baru

        • Wow.., thanks bung @Satrio, itu benar2 kabar bagus. Jika output retrofit kirvak II selevel Talwar class mah mantap sekali, yang paling top tentu berita bahwa petinggi TNI sudah mulai mempertimbangkan destroyer class untuk Flagship πŸ™‚ ini baru pantas dikategorikan flexing the mucles

        • Walau tentatif tapi Steregushchy layak dibahas πŸ™‚
          VLS Redut memang turunan S400, jika jumlahnya 32 laucher kelihatannya yang digunakan adalah 9M96E (jarak 40km) soalnya mengingat ukuran Steregushchy-class dan jumlah launcher. Sedang 9M96E2 dengan jarak 120km ukurannya tentu lebih besar dan kalaupun bisa diisntal pada Steregushchy jumlah launchernya berkurang. Opsi terakhir mudah2an dipertimbangkan, tapi mengingat Sigma 10514 pake Mica sepertinya 9M96E yang akan dibawa.

          Yang Afirmatif nanti saja bahasnya ah, saya masu baca2 dulu sambil tersenyum :mrgreen:

        • Kapan datangnya.? kok spt NKB aja (Negara Kaya Baru).?…hmmmm…ngorek dmn tuh duit ya.?… πŸ™‚

          • Mungkin dari sisa dana on top MEF1 (yang beberapa bulan lalu katanya masih tersisa banyak) dan dana on top MEF2 nanti. Dana on top tidak diambil dari APBN alias diluar anggaran pertahanan per tahun.

        • Bremen nya sdh dimarikah bung?

  13. JakartaGreater…. indonesia khususnya jakarta sedang berjuang menghadapi banjir sudah banyak korban jiwa.dan banyak yang sakit .bahkan para relawanpun sudah banyak yang sakit .
    korban banjir sudah 1 minggu lebih mereka di pengungsian…kaya dan miskin..semua kena musibah ini…
    mohon bantuannya pada bapak2 dan ibu yang terhormat..
    bisa melalui tv swasta atau pmi terdekat di kota anda.
    terima kasih admind

  14. gimana pas latihan ntr ad yg salah sasaran ya…salah tembak gtu…bisa bisa WW3…hehhehe

  15. Nyimak aja

 Leave a Reply