Dec 032014
 

image

Langkawi, 02/12/2014 – Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) Wilayah Utara menahan 17 awak-awak warganegara Indonesia ketika menangkap ikan di kawasan 12 batu nautika hingga 17 batu nautika selatan Pulau Balar di sini, pada Isnin.

Ketua Penguatkuasa Maritim Wilayah Utara Laksamana Pertama (Maritim) Tan Kok Kwee berkata semasa pasukannya mengadakan rondaan kira-kira 10 pagi, mereka mengesan tiga bot nelayan yang mencurigakan di perairan itu.

β€œHasil pemeriksaan mendapati bot-bot itu tidak mempunyai nombor pendaftaran, tiada dokumen perjalanan yang sah serta tiada permit menangkap ikan di perairan negara ini,” katanya pada sidang media di Pengkalan APMM di sini, pada Selasa.

Beliau berkata kira-kira 400 kilogram ikan ditemui dalam bot berkenaan, yang dipercayai untuk dipasarkan di Indonesia.

Kesemua awak-awak berumur antara 15 dan 47 tahun itu dan tiga bot berkenaan dibawa ke pangkalan APMM di Bukit Malut untuk tindakan lanjut.

Kes itu disiasat mengikut Seksyen 15 (1)(a) Akta Perikanan 1985. (Bernama.com).

  138 Responses to “Maritim Malaysia Tahan 17 Nelayan Indonesia”

  1.  

    hebat

    •  

      indonesia tahan 200 nelayan malaysia,,sekarang gantian 17 nelayan indonesia di tahan malaysia

      •  

        200 tuh menipu .. sensasi media indonesia..

      •  

        Yah elah cuma 400kg paling isinya ikan kembung. coba nelayan malaysia ! pukat harimau berton” tuna, cakalang diembat. TENGGELAMKAN

      •  

        ada yang komen, “salah sendiri masuk ke wilayah orang lain. tenggelamkan saja meski itu nelayan Indonesia.”
        berlaku asas resiprokal di sini

        saya pikir itu hanya balasan atas tindakan serupa yang konon dilakukan Indonesia terhadap nelayan Malaysia. sekarang kita sadar bahwa hal serupa dilakukan oleh nelayan kita.

        traditional fishing area memang tumpang tindih karena dulu wilayah nusantara ini memang satu.
        seperti halnya pelintas batas antara Indonesia dan PNG, meski beda negara mereka masih satu kerabat atau keluarga.
        sama juga warga di Pulau Sebatik banyak diantaranya yang keluarganya berada di Malaysia dan sebaliknya. atau orang Dayak yang ada di pedalaman Kalimantan

        jika tidak salah UNCLOS menekankan untuk masalah traditional fishing area ini “dibicarakan baik-baik secara bilateral”

        jika kita berkecimpung di industri pasti kita tahu prinsip Pareto dalam menentukan prioritas/fokus. nelayan-nelayan tradisional dengan jumlah tangkapan kecil mestinya tidak jadi fokus dalam pengamanan kekayaan laut. yang harus diburu adalah nelayan-nelayan besar yang memakai pukat harimau apalagi nelayan moderen dengan sarana pemrosesan di atas laut. mereka itulah yang menyebabkan over-fishing dan melarikan ikan tangkapannya ke negara lain.

        masalah kelautan memang kompleks. tidak bisa diselesaikan dengan kebijakan populis, pernyataan heroik. tetapi harus melalui kajian akademis dan kebijakan strategis.

        bagi warjager yang tertarik dengan topik ini, silahkan berkunjung ke jurnalmaritim.com untuk menambah pengetahuan.

        •  

          @ Bung xtrada, saya pribadi setuju dengan pemikiran anda. Harus dibedakan antara nelayan tradisional dan modern. Misalkan Nelayan dari Jepang, Korea. Yang sdh menerapkan teknologi kemaritiman dalam mencari ikan.

          •  

            Kan sudah ada MOU bahwa yang diproses itu 30 DWT keatas, sesuai juga kita kemaren tangkap ukuran 500 ton lebih, sedangkan yang ditangkap Malaysia dibawah 30 ton, jadi siapa yang gemblung???

        •  

          Bettul bung pemerintah harus smart utk mengeluarkan suatu kebijaksanaan bukan sbagai pencitraan

        •  

          betul bung Xtrada jangan hanya main tenggelamkan aja..kebijakan penanganan kegiatan ilegal di laut harus smart dan menimbulkan efek jera.. sebenarnya masih banyak hal maslah peraturan kemaritiman / Unclos yang kuarang dipahami oleh warjager..

    •  

      Berita bohong Malaysia. Mereka yg ditangkap itu paling orang2 mereka sendiri demi penguatan diplomasi menekan Indonesia. Biasanya polis marine malaysia suka menodongkan nelayan/pemancing yg hampir mendekati batas wilayah laut malaysia utk menghampiri patroli mereka. Setelah nelayan melewati batas wilayah laut, baru hukum malaysia yg digunakan, dan para nelayan dirampas mesin perahunya beserta dayungnya dipatahkan dan nelayan disuruh terjun kelaut menghampiri perahunya utk keluar dari area batas laut dgn tanpa mesin atopun dayung. Polis Marine MALAYSIA adalah PELANGGAR HAK AZASI MANUSIA yg sebenarnya. Dimana dewan HAM MALAYSIA atopun HAM PBB itu atas tindan polis marine MALAYSIA?????

    •  

      Smoga hal ini akan msnjadi pmicu perang ……

  2.  

    gantian nih..

    •  

      Makanya kalau sdh dibantu perlengkapan navigasi jg dijual pak nelayan …..lepas tergantungan kpd tengkulak yg menjerar dg dustem ijon…..mari berdayakan nelayan kita….

  3.  

    mau balas dendam nie ceritanya…hehehe

  4.  

    Balas dendam ni ye……

  5.  

    Malingsia mulai provokasi, lanjutkan saja program bu Susi dan Jokowi tenggelamkan kapal yang melakukan illegal fishing, karena yang paling banyak maling pasti Malingsia.

  6.  

    besok” awasi & larang nelayan kita mencari ikan d sana,beri pengetahuan GPS buat para nelayan agar tidak tersasar..Hukum tetap harus d tegakkan buat pelaku illegal fishing asing.

  7.  

    Kagak pake lama tenggelemin aja kapal2 Malingsia…..NKRI Harga Mati

  8.  

    indonesia masih unggul 200 – 17

  9.  

    mbah bilang apa ?

    Hah ? mbah bilang apa ?

    Makanya Ngomong yang santun ? penyampaiannya Yang baek,

  10.  

    200 – 17 = 83 ???

  11.  

    mudah2an kekhawatiran saya tdk terjadi,sebab sekali aja aparat menenggelamkan kapal negara lain,maka negara2 lain disekitar kita akan mencoba,mencari2 kesalahan nelayan kita ditengah laut.apa kita sanggup melindungi para nelayan2 kita,spt china misalnya sekalipun nelayan mrk sudah ketahuan dan ketangkap aparat kita.mrk masih bisa berbuat sesuatu dg membebaskan nelayan mrk.bagaimana dg kita..,bisakah dg keterbatasan yg ada kita mampu melindungi warga negara kita dilaut,fakta udah berbicara.mudah2an pemerintah lebih arif dan bijaksana.
    mohon maaf kalau salah…

  12.  

    ikut prihatin, smga mereka diperlakukan dgn manusiawi….dan bisa berkumpul kembali dgn keluarga

    •  

      Mcem rasa gimanoo??
      lh,hik.hik.hik..(tawa sikit.com)
      ni lo deh kesilapan sahaja kah?
      jajaan berbalas kah?…salam bung sengkuni.

      •  

        Ada ubi ada talas,ada budi ada balas.ni dah tak bisa mengelakan jajaan poros maritim(dunia).dah terlanjur.

        •  

          Ada ubi ada talas,ada budi ada balas.”(kalo nasi sudah jdi bubur,)(klo sudah begini siapa yg jdi korban,coba?.tetap saja wong cilik.lalu siapa yg mau di salahkan?..di satu sisi pengin tegas berwibawa.disisi laen tak mempersiapkan diri lebih dulu apa dampaknya nanti.seharunya sblm kita marah2 mengatakan anak tetangga reseh,suka maling tukang colong tukang klaim dst…di pekarangan rumah kita. Alangkah lebih baeknya kita intropeksi diri dulu, dan bertanya mengapa semua ini terjadi?.(sebab akibat baek buruknya ada pada kita sendiri yg selalu menutup mata akan kekurangan.dan yg selalu tampak kejelekan orng lain.(gajah di pelupuk mata tak tampak kuman di sebrang lautan tampak) .Imho

          •  

            Gajahnya adalah maling dari Malaysia (kapal nelayan ukuran 500 ton), kalo kuman memang nelayan kami yang cuma pake kapal tradisional ukuran 1-2 ton kah…kah…kah…

          •  

            NELAYAN INDONESIA ITU NELAYAN TRADISIONAL, MASIH POLOS, AWAM, MINIM BAHKAN NGGA ADA ALAT NAVIGASI, SANGAT WAJAR MEREKA MASUK WILAYAH NEGARA LAIN, BEDA DGN MALING2 DARI MALAYSIA, SDH LENGKAP ALAT NAVIGASI, TERBILANG MODERN & MEMANG PUNYA NIAT SUNGGUH2 MENGAMBIL IKAN DI BUKAN WILAYAH NEGARANYA, TENGGELAMKAN !…..”sekali layar terkembang pantang kembali ke pantai”…HAJAR BLEH !…

  13.  

    lanjudkan…!!!

  14.  

    Pakai kalkulator aja mas…

  15.  

    Jangan terpengaruh dan terjebak oleh permainan malaysia!
    Laksanakan saja kebijakan yg telah kita tetapkan, mk kewibawaan kita akan tetap terjaga.
    Tolong, segeralah tenggelamkan kapal2 si pencuri ikan itu!
    Jgn smp kita dianggap cemen olehnya.
    Bidak yg digerakkan olehnya tdk bisa menskak mat kita kok.

    •  

      Betul bung Syeikh,tp kita harus hati2 mencermatinya(kita boleh panas&marah tpi hati dan pikiran kita hrs tetap dingin)biar tak termakan ego kita sendiri.jg pikirkan efek domino nanti.salam.

  16.  

    πŸ˜€ kayak main gobak sodor jaman kecil dulu

  17.  

    Untung tidak ditenggelamkan pakai rudal. Suka mencuri ikan juga rupanya. Kasihan si ikan; padahal mereka yang punya lautan.

  18.  

    Bagi saya bila ada nelayan indonesia masuk ke wilayah maritim kami untuk mengambil ikan akan diproses sesuai hukum yang berlaku bila nelayan malaysia masuk ke perairan maritim indonesia silakan diproses sesuai ketentuan yang berlaku kerana hemat saya kedua negara punya hak untuk berdaulat diwilayah masing2, dan janganlahkita terprovokasi oleh kes semacam ini, republik indonesia ingin membakar boat pencuri ikan setelah anak kapal diamankan silakan….bila agensi maritim kami ingin membakar boat nelayan pencuri ikan setelah anak kapal diamankan itupun hak kami

  19.  

    Saya yakin kalau mbah bowo jadi mentri kelautan dan perikanan, lautan kita penuh dengan kapal” nelayan asing kaya pasar trus nelayan” kita dengan alat tangkapan sederhana jadi penonton di lautnya sendiri .

  20.  

    Wah Perang dingin malaysia dan Indonesia benar Benar Terasa.. πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

  21.  

    Saya kok gak yakin kalau nelayan kita mengambil ikan di perairan malaysia..

  22.  

    Saya numpang ketawa melihat malaysia lagi kebakaran jenggot wkwkwk πŸ˜€

  23.  

    Cina akan berkuasa di laut cina selatan,, kemana malaysia akan minta tlong…???

    •  

      Amerika Mas.. Soalnya amerika ada Rencana Pivot Asia dan pasti Kondisi malaysia ini adalah Pintu entry nya Amerika ke wilayah malaysia untuk pivot wilayah nya malaysia.. Logika nya ga mungkin Amerika membiarkan china berkuasa segampang itu di LCS pasti nanti Malaysia dan Singapura akan ada beberapa tentara AS disana… aku yakin itu…
      Tetapi Bila Indonesia mau gabung ke Kubu nya Rusia dan China maka “Dapat Dipastikan :D”
      Kemenangan china dan Rusia atas Wilayah Asean Itu Hukumnya “Pasti” Maka keputusan Amerika Pivot Asia “Tidak ada Artinya” Bila indonesia memihak China dan Rusia, Karena selain Indonesia Strategis Wilayahnya, Indonesia juga berpengaruh besar dikawasan LCS Bila Indonesia memihak Ke China Maka permainan selesai πŸ˜€ πŸ˜€
      Indonesia Paham betul ambisi china makanya Indonesia bermain cantik
      makanya china menawarkan Rudal ke indonesia tentu AS tidak tinggal diam melalui Korsel Amerika juga menawarkan teknologi Jet Gen 4,5 melalui Korsel
      Akhirnya China mulai ragu ke Indonesia dan akhirnya ambil alih teknologi Roket china sampai hari ini ga ada kabarnya.. kemungkinan china akan melakukan penawaran Spektakuler lagi kedepannya kita tunggu saja πŸ˜€ πŸ˜€
      Bisa saja China memberikan teknologi J-31 Gen ke 5 ke Indonesia Nantinya Untuk menjawab Tantangan transfer teknologi jet 4,5 Dari AS melalui Korsel πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
      Yang jelas dengan adanya konflik ini Dapat membuat Indonesia mandiri Alutsista untuk kedepannya πŸ˜€ πŸ˜€
      Bila Anda percaya maka kami Bisa πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
      Inilah Yang disebut Permainan Perfeksionis nya Versi Indonesia πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

      •  

        julio@dpt sumber dr mana anda bs memastikan jk rusia dan china bs menguasai asean,tlg jelaskan?
        Apa anda yakin indonesia berani menantang amerika dgn menjadi sekutu rusia dan china?
        Apa ada tanda2 rusia dan china ingin menjadikan indonesia sbg sekutu?
        Singapore,Thailand,filiphine,brunei dan vietnam ada dlm byg2 amerika dan barat..
        Malaysia satu2nya negara asean yg berani secara terbuka menentang kebijakan amerika dan barat melalui seorang mahathir mohammad,jd blm tentu amerika bs semudah itu mendikte malaysia…

  24.  

    Janganlah propokstor bung tak baek. bila kita punya pandangan yg baek,lebih baek kita kemukakan. Jgn mengipasi kompor yg mau mletup.salam..

  25.  

    ###########

  26.  

    Pake rudal apa dek paijo? yang benar saja, rudalnya punya berapa ratus mau di buat neggelamin kapal, yang tidak-tidak saja.

    Mbah ngasi saran buat pemerintah sekarang, yang realistis saja, kasian masak nelayan tidak bersenjata mau di Rudal ???? apa kata dunia, sangat tidak elok dan santun

    Tirulah Jaman Pak SBY, penuh kesantunan dan kearifan, baik hati, selalu ramah, tidak pernah menyakiti hati tetangga,

  27.  

    Kenapa para comen di sini tak ada satu pun comen yg mengkritisi TNI AL yg kata nya hebat,udah pnya radar pengawasan laut yg jga hebat.kok bisa ?? Tak bsa mengawasi nelayan sendiri?.dan ingat bung TNI AL selain menjaga kedaulatan perairan kta,tpi harus bisa memberi rasa aman warganya (nelayan)kita. buat apa peralatan canggih di beli tpi tak di gunakan secara maksimum. TNI menjaga kedaulatan rakyatnya(rasa aman) jga termasuk menjankan tugas negara. imho..

    •  

      apa yang di kritisi bung??
      kalau memang kondisi nya Kita yang salah yaa Susah
      seperti malaysia 200 nelayannya ditangkap mereka juga terima itu Walau mereka kebakaran jenggot dan menghentikan ekspor ikan ke Singapura Karena permainan mereka selama Ini sudah ketahuan dan Dengan adanya Pergantian menteri membuat mereka tak bisa melanjutkan permainan mereka seperti 10 tahun terakhir…
      Pemerintah Pasti akan melindungi Rakyatnya… Contonya Dulu TNI AL pernah menyelamatkan WNI dari perompak Somalia πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
      Tapi Bila memang Rakyatnya Yang salah.. Yah mau bagaimana Lagi… πŸ™ πŸ™
      Laut Indonesia Luas… mengapa 17 nelayan itu malah nangkap Ikan di Lautnya Malaysia???? dalam konteks ini TNI AL tidak dapat melindungi Nelayan yang melanggar..
      Begitu Pun Malaysia 200 Nelayannya ditangkap… Salam Hanya sekedar pendapat Saja πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

      •  

        Yup betul,sependapat. Cuman kita jgn lah terlalu berlebihan menanggapi setip ada gesekan dngn negara tetangga,alangkah elok bila kita bersikap bijak, agar tak blunder di kemudian hari. salam.bung

        •  

          Masud saya bila ada nelayan kita yg melaut.apa tdk bisa TNI AL kita mengawasinya,dan bila ada nelayan kita yg kebablasan ke arah batas wilayah tetangga kan bisa di peringatkan.(tentu dlm hal ini tni al lbih tahu) salam bung yulio.

        •  

          Tadi kan anda sendiri yang bilang bahwa gajah di pelupuk mata tak terlihat…

          nah yang punya gajah siapa? yang punya kapal tangkap ikan ukuran 500 ton dengan trawl terlarang siapa?

          jadi jangan salahkan TNI atau warjager disini yang gak bisa liat kuman di seberang lautan, wong kuman didepan mata juga harus pake mikroskop….

    •  

      boat kecil emang bisa kena radar?

  28.  

    apa yang di kritisi bung??
    kalau memang kondisi nya Kita yang salah yaa Susah
    seperti malaysia 200 nelayannya ditangkap mereka juga terima itu Walau mereka kebakaran jenggot dan menghentikan ekspor ikan ke Singapura Karena permainan mereka selama Ini sudah ketahuan dan Dengan adanya Pergantian menteri membuat mereka tak bisa melanjutkan permainan mereka seperti 10 tahun terakhir…
    Pemerintah Pasti akan melindungi Rakyatnya… Contonya Dulu TNI AL pernah menyelamatkan WNI dari perompak Somalia πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
    Tapi Bila memang Rakyatnya Yang salah.. Yah mau bagaimana Lagi… πŸ™ πŸ™
    Laut Indonesia Luas… mengapa 17 nelayan itu malah nangkap Ikan di Lautnya Malaysia???? dalam konteks ini TNI AL tidak dapat melindungi Nelayan yang melanggar..
    Begitu Pun Malaysia 200 Nelayannya ditangkap… Salam Hanya sekedar pendapat Saja πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

    •  

      Bung yulio ini kayaknya, jadi batu sandungan pertama kebijakan BIG BOS. ntar gimana menyelesaikan nya tentu kta menunggu kebijakan selanjutnya. Bila bagus saya sangat mengapresiasi bla fdk ya kita kritissi agar kedepan tentu ingin lebih baek. Saya disini ingin mengkritisi TNI AL kita agar bekerja lebih ektra.(di luar sbg penjaga kedaulatan negara jga pengayom (nelayan sendiri dari rasa aman) jgn sampe ada nelayan kta di tangkap negara tetangga lgi.salam

      •  

        kan anda sendiri yang bilang bahwa gajah di pelupuk mata tak terlihat…

        nah yang punya gajah siapa? yang punya kapal tangkap ikan ukuran 500 ton dengan trawl terlarang siapa?

        jadi jangan salahkan TNI atau warjager disini yang gak bisa liat kuman di seberang lautan, wong kuman didepan mata juga harus pake mikroskop….

    •  

      Lebih aktif& lebih kreatif nya bung(kerja ekstra keras lgi)

    •  

      ikut bung karena saya suka angka2,

      gdp ppp malon kl. 2,5x RI, peralatan nelayan mereka tentunya sekian kali lebih besar dan canggih dibanding nelayan kita.

      luas lautan kita puluhan kali mereka, klo perjanjiannya nelayan asing cuma diusir, gak ditangkap, yang terjadi berikutnya bisa ditebak…

  29.  

    Betul menipu…,yang bener 400 nelayan melon di tangkap…kah..kah..kah..

  30.  

    Marah ni??(sabar sabar) bung orang sabar di sayang tuhan,amin..

  31.  

    Oh Iya, laut jawa Butuh RUMPUN banyak tuh, Ikan2 disana HomeLess , Xixixixi

  32.  

    betul..betul..betul

    •  

      Jgn di tenggelemin, sayang jadi gak berguna. Kita kan punya ahlinya, kasihkan aja ke Haji Sukri… Lumayan bisa nambah jam kerja anak buahnya. Itung2 nambah lapangan kerja dan honornya.. Pasti semangat tuh Haji Sukri en the gank.

  33.  

    Pagi ini saya menuju base ops Halim, untuk bertolak ke Batam. Dari Batam naik KRI menuju Laut Natuna. TNI AL akan menembakkan rudal di sana. Kita lihat ya, apa nanti yang akan ditembak

  34.  

    hati2 di jalan bung diego

  35.  

    Kalo buat bantingan tuh dipikir dulu…… Sipadan-ligitan lepas tahun 2002 akhir , eranya bunda (ifyouknowwhatimean) SBY belum naik……
    “Sampai2 indonesia dilecehkan pun dia tak bergeming”
    dilecehkan tuh maksudnya yang mana? Sipadan-ligitan ato ambalat? Ato yang lain?
    Kalo masalah sipadan gw dah bahas diatas, kalo masalah yang lain, MEF bukti ketegasan SBY dan gak hanya itu aja…… Masih banyak ketegasan lain….. Lagipula gak mungkin presiden cuma diem aja mbok mikir lakh……
    Intinya gw komen panjang2 cuma pengen bilang…. With all due respect jangan2 jelek2in presiden gw….. gw gak terima presiden gw lu jelek2in entah itu soekarno, soeharto, sby….. OK?!!!

  36.  

    Tan Kok Kwee berkata semasa pasukannya mengadakan rondaan kira-kira 10 pagi, mereka mengesan tiga bot nelayan yang mencurigakan di perairan itu….hah ronda….emangnya hansip ngeronda…haaaaaa

  37.  

    Mungkin kalkulatornya produk KW buatan…… πŸ™‚

  38.  

    HA AHA AHA HA HA
    SETELAH BERSIKAP TEGAS.. SUARA SUARA (PRO?) MALAYSIA HADIR DI FORUM INI.. KELIHATAN KAN ? APAPUN MOTIFNYA.. WARGA INDONESIA SENDIRI YG MEMANAS MANASI ATAU MEMANG WARGA MALAYSIA YG SAMBANG FORUM INI DAN BERKOAR KOAR.. TAPI INTINYA LANGKAH YANG DITEMPUH PEMERINTAH SUDAH BENAR DAN SEMAKIN TERLIHAT BENAR.. TERIMA KASIH KOMENTAR KOMENTARNYA

  39.  

    Mendarat di bandara hang nadim, batam. bertolak ke KRI Hasanuddin, Barakuda dan Todak yg akan berlayar 10 sampai 12 jam ke Laut Natuna, kawasan Anambas

  40.  

    Kok ditenggelemein,…di oper aja ke Hj. Sukri dan anak buahnya. Mereka ahli loch… Gak nyampe 2 jam beres tuh kapal. Hihihi…

  41.  

    kalkulatornya buatan malon ya bung ………..he he he !

  42.  

    belum puaskah kita menerima peti mati TKI, sudah berapa banyak TKI ilegal yang dipulangin udah disuntik gila, jangan karena kepentingan pencitraan elit sok jago besok kita terima peti mati nelayan. cobalah untuk lebih elegan dan berpikir lebih pintar gunakan lawan untuk kepentingan kita bukan mencari lawan pemerintah sekarang baru seumur jagung udah sok2 an nanti kalau alutsista udah berotot kayak cina baru deh boleh belagak , ini belum ada berbuat untuk majukan alutsista tni udah suruh TNI nengelamin kapa

    •  

      trus kudu piye ? ha ?

    •  

      bung@bunawarman..
      ane gagal paham hubungan sebab akibat antara penghancuran kapal asing ilegal dengan (apabila benar) tki ilegal disuntik gila..
      apalah hasil akhirnya apabila kapal ilegal tidak dihancurkan dan juga tidak dikembalikan kepada pemiliknya?sama aja ane pikir dihancurkan ato tidak…
      apakah dengan tidak menghancurkan kapal ilegal masalah TKI ilegal juga selesai..aslinya bung ane gagal paham malam ini..
      imho..
      hehehe

  43.  

    sabar setiap peraturan yg d tetapkan pasti ada korban yg jelas cari tau dl kebenaran jgn emosi tetap bersikap kepala dingin jgn pake emosi…

 Leave a Reply