Mei 182019
 

Helikopter AH-64D Apache Angkatan Darat AS © US Army via Wikimedia Commons

Dalam dua tahun ke depan Maroko akan mulai menerima helkopter serang Apache AH-64 dari AS, namun dengan jumlah yang belum diketahui.

Kesepakatan untuk membeli helikopter Apache sebenarnya sudah berlangsung sejak April tahun lalu, tetapi jangka waktu pengiriman baru saja terungkap.

“Maroko memiliki kebutuhan mendesak akan helikopter serang canggih baru,” kata sebuah sumber kepada outlet berita Maroko Le360.

Pemerintah Maroko sebelumnya mempertimbangkan dua varian helikopter, yakni AH-64 Apache dari Amerika Serikat dan T-129 ATAK buatan Turki, Maroko akhirnya menjatuhkan pilihan pada Helikopter Apache.

Apache AH-64 adalah salah satu helikopter tempur multi-peran paling canggih di dunia, yang digunakan oleh tentara AS dan banyak pasukan pertahanan internasional. Apache digunakan dalam Perang Teluk, dan juga dalam konflik di Afghanistan, Irak, Libya, dan Yaman.

Pekan lalu, Departemen Luar Negeri AS menyetujui potensi penjualan militer asing dari 24 helikopter serang AH-64 Apache ke Qatar, dalam kesepakatan yang bisa bernilai hingga US$ 3 miliar.

Maroko akan menjadi negara Afrika kedua yang memiliki helicopter Apache setelah Mesir, yang membelinya pada tahun 1995.

Maroko dapat menggunakan helikopter ini untuk melindungi perbatasannya dari imigran ilegal dan perdagangan narkoba.

Menurut laporan Tren Pengeluaran Militer Dunia 2018 yang dirilis oleh Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI) pada tahun 2019, anggaran militer Maroko sedikit meningkat dari MAD 29,4 miliar (US$ 3,2 miliar) pada 2012 menjadi MAD 34,7 miliar pada 2018 (US$ 3,5 miliar).

Secara keseluruhan, Maroko memiliki jumlah persenjataan dengan 62% diantaranya dibeli dari AS antara tahun 2014-2018.

Maroccoworldnews

 Posted by on Mei 18, 2019

  One Response to “Maroko Akuisisi Helikopter Apache”

  1.  

    Semua heli Apache pakai konde diatas baling2, kecuali milik TNI AD karena lik Sam tahu di Indonesia melimpah ruah tu konde lengkap dengan tusuk konde nya malahan.