Maroko Tertarik Kapal Selam Lada class dan Bomber Su-34

Maroko tertarik membeli pesawat pembom taktis Su-34 dan kapal selam Amur-1650 dari Rusia. Rabat dan Moskow sedang membahas kemungkinan Angkatan Laut Maroko untuk bisa mengakuisisi kapal selam Amur-1650 dari Project 677 Lada-class yang dilengkapi fitur penggerak Air Independent Propulsion (AIP).

Jika Maroko akhirnya membeli Amur-1650, langkah itu akan meningkatkan kemampuan Angkatan Lautnya secara signifikan karena kapal selam akan dilengkapi rudal jelajah Club – varian ekspor dari rudal Kalibr.

Maroko juga tertarik pada pesawat tempur Rusia, khususnya varian ekspor dari bomber Su-34 yang juga telah menarik perhatian Oman dan Yordania setelah pembom taktis tersebut ikut ambil bagian dalam operasi di Suriah.

Beralasan ingin membeli persenjataan untuk melawan para pemberontak, Rabat mungkin ingin menjaga keseimbangan kekuatan militernya dengan Aljazair yang sudah lama diperkuat dengan kapal selam dan pesawat tempur buatan Rusia.

Kapal selam Lada class sebenarnya adalah kapal selam diesel elektrik tercanggih milik Rusia karena dilengkapi dengan perangkat AIP, yang sayangnya masih belum jelas kemampuan operasionalnya. Rusia saat ini hanya memiliki dua kapal selam Lada class – satu masih dalam operasi percobaan dan satu lainnya masih dalam konstruksi, dan belum ada yang bertugas efektif di dalam Angkatan Laut Rusia.

Beberapa pengamat militer menilai sebaiknya Maroko membeli kapal selam Improved Kilo dari project Varshavyanka class yang sudah terbukti kemampuannya meski belum dilengkapi sistem AIP daripada kapal selam Lada class.

Tinggalkan komentar