Oct 202015
 

 

Tentara pejuang kemerdekaan Indonesia

Semasa kepemimpinan Presiden Soekarno tepatnya pada tahun 1960-an Militer Indonesia sangat ditakuti di dunia. Kehebatan militer Indonesia mampu membuat gentar negara-negara hebat dunia bahkan Amerika, Inggris dan Jerman sempat dibuat ngeri dan was-was dengan Indonesia.

Kehebatan militer Indonesia ini bukanlah bualan belaka. Sejarah telah membuktikan bagaimana para tentara pembela kemerdekaan tanah air mampu mengusir penjajah Belanda dan jepang dari tanah air sehingga Indonesia menjadi negara merdeka sampai sekarang ini.

Indonesia juga pernah membuat ciut nyali Malaysia dan Australia. Lihat saja seperti Kopassus yang mampu menyelamatkan sandera di pesawat Garuda yang dibajak oleh teroris di Bangkok hanya dalam beberapa menit saja. Ini bukti bahwa skill dan kemampuan tentara Indonesia sangat diakui kehebatanya di dunia.

Tepatnya 1960-an, Era Presiden Sukarno, kekuatan militer Indonesia adalah salah satu yang terbesar dan terkuat di dunia. Saat itu, bahkan kekuatan Belanda sudah tidak sebanding dengan Indonesia, dan Amerika sangat khawatir dengan perkembangan kekuatan militer kita yang didukung besar-besaran oleh teknologi terbaru Uni Sovyet. Baca ternyata Amerika gentar dengan Indonesia

1960, Belanda masih bercokol di Papua. Melihat kekuatan Republik Indonesia yang makin hebat, Belanda yang didukung Barat merancang muslihat untuk membentuk negara boneka yang seakan-akan merdeka, tapi masih dibawah kendali Belanda.

Presiden Sukarno segera mengambil tindakan ekstrim, tujuannya, merebut kembali Papua. Sukarno segera mengeluarkan maklumat “Trikora” di Yogyakarta, dan isinya adalah:

1. Gagalkan pembentukan negara boneka Papua buatan kolonial Belanda.
2. Kibarkan Sang Saka Merah Putih di seluruh Irian Barat
3. Bersiaplah untuk mobilisasi umum, mempertahankan kemerdekaan dan kesatuan tanah air bangsa.

Berkat kedekatan Indonesia dengan Sovyet, maka Indonesia mendapatkan bantuan besar-besaran kekuatan armada laut dan udara militer termaju di dunia dengan nilai raksasa, US$ 2.5 milyar. Saat ini kekuatan militer Indonesia menjadi yang terkuat di seluruh belahan bumi selatan.

Kapal Perang KRI Irian

Kekuatan utama Indonesia di saat Trikora itu adalah salahsatu kapal perang terbesar dan tercepat di dunia buatan Sovyet dari kelas Sverdlov, dengan 12 meriam raksasa kaliber 6 inchi. Ini adalah KRI Irian, dengan bobot raksasa 16.640 ton dengan awak sebesar 1270 orang termasuk 60 perwira. Sovyet, tidak pernah sekalipun memberikan kapal sekuat ini pada bangsa lain manapun, kecuali Indonesia. (Kapal-kapal terbaru Indonesia sekarang dari kelas Sigma hanya berbobot 1600 ton).

Angkatan udara Indonesia juga menjadi salahsatu armada udara paling mematikan di dunia, yang terdiri dari lebih dari 100 pesawat tercanggih saat itu. Armada ini terdiri dari :

1. 20 pesawat pemburu supersonic MiG-21 Fishbed.
2. 30 pesawat MiG-15
3. 49 pesawat tempur high-subsonic MiG-17.
4. 10 pesawat supersonic MiG-19.

Pesawat MiG-21 Fishbed adalah salahsatu pesawat supersonic tercanggih di dunia, yang telah mampu terbang dengan kecepatan mencapai Mach 2. Pesawat ini bahkan lebih hebat dari pesawat tercanggih Amerika saat itu, pesawat supersonic F-104 Starfighter dan F-5 Tiger. Sementara Belanda masih mengandalkan pesawat-pesawat peninggalan Perang Dunia II seperti P-51 Mustang.

Sebagai catatan, kedahsyatan pesawat-pesawat MiG-21 dan MiG-17 di Perang Vietnam sampai mendorong Amerika mendirikan United States Navy Strike Fighter Tactics Instructor, pusat latihan pilot-pilot terbaik yang dikenal dengan nama TOP GUN.

Indonesia juga memiliki armada 26 pembom jarak jauh strategis Tu-16 Tupolev (Badger A dan B). Sahabat anehdidunia.blogspot.com ini membuat Indonesia menjadi salahsatu dari hanya 4 bangsa di dunia yang mempunyai pembom strategis, yaitu Amerika, Rusia, dan Inggris. Pangkalannya terletak di Lapangan Udara Iswahyudi, Surabaya.

Bahkan China dan Australia pun belum memiliki pesawat pembom strategis seperti ini. Pembom ini juga dilengkapi berbagai peralatan elektronik canggih dan rudal khusus anti kapal perang AS-1 Kennel, yang daya ledaknya bisa dengan mudah menenggelamkan kapal-kapal tempur Barat.

Indonesia juga memiliki 12 kapal selam kelas Whiskey, puluhan kapal tempur kelas Corvette, 9 helikopter terbesar di dunia MI-6, 41 helikopter MI-4, berbagai pesawat pengangkut termasuk pesawat pengangkut berat Antonov An-12B. Total, Indonesia mempunyai 104 unit kapal tempur. Belum lagi ribuan senapan serbu terbaik saat itu dan masih menjadi legendaris sampai saat ini, AK-47.
Ini semua membuat Indonesia menjadi salah satu kekuatan militer laut dan udara terkuat di dunia. Begitu hebat efeknya, sehingga Amerika di bawah pimpinan John F. Kennedy memaksa Belanda untuk segera keluar dari Papua, dan menyatakan dalam forum PBB bahwa peralihan kekuasaan di Papua, dari Belanda ke Indonesia adalah sesuatu yang bisa diterima.

Lalu bagaimana dengan kekuatan militer Indonesia era sekarang? Yang jelas militer Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Dan sekarang terlihat bahwa proses menuju kesitu mulai dibangun dengan menambah beberapa persenjataan canggih dan alutsita di tubuh TNI.

Sumber Tulisan; http://www.pojokmedia.com/2014/08/kehebatan-militer-indonesia-yang-ditakuti-di-dunia.html

 

  77 Responses to “Masa Presiden Soekarno Militer Indonesia Sangat Ditakuti Di Dunia”

  1. Kri irian monster laut…..

  2. Weh petramax….baru kli ini…sejak ikut warjag…

  3. Wah nostalgia masa lalu, mungkin ga alutsista kaya dulu lagi..

  4. aq merindukan pemimpin sprti beliau…
    kapan ya ada pemimpin seperti bung karno…
    hmmm.. khayal.com

    • Sehebat2nya….Hanya sekali pristiwa G30S/PKI n supersemar…itu semua leyap…n tak berdaya dlm waktu singkat…

      Dan suharto yg membuat level indonesia turun n memulai dari awal lagi dengan merk barat 😀

      Kayennn….

  5. Nasi sudah menjadi bubur klo gx di makan basi

  6. Militer kuat asu dan kawan2 malas dukun belanda mempewretahankan papua

    Militer lemah walau kekayaan alam diberikan kpd asu, indonesoa tidak lbh berharga dibandingkan apapun yang tidak memiliki nilai

    Ayo kuatkan militer, bangkitkan bela negara, perbaiki lingkungan dan energi serta pertanian

    Bantai para penghianat dengan mengirimkan bangkainya kepada negara musuh!

  7. mengenang masa lalu.

  8. indonesia hebat indonesia kuat….akhirnya 3#

  9. Hehehehehhehehehe….presiden RI yg mendunia dan mengguncang dunia…hehehheheheheh…

  10. ( Amerika di bawah pimpinan John F. Kennedy memaksa Belanda untuk segera keluar dari Papua, dan menyatakan dalam forum PBB bahwa peralihan kekuasaan di Papua, dari Belanda ke Indonesia adalah sesuatu yang bisa diterima.)
    ————————————————————————————————————————————————
    padahal belanda lg menang tuh dengan berhasilnya menenggelamkan beberapa kapal perang indonesia…
    TERIMA KASIH USA…….dan sebagai ucapan terima kasih silahkan garap FREEPORT..
    he he he….pikirkan dan renungkan

    • Bukannya Freeport setelah zaman si eyang ???

      • bukan lah…..mulai di garap besar besaran jaman eyang mulai berkuasa
        pikirkan dan renungkan
        bila bom atom hirosima dan nagasaki tidak ada.. apakah indonesia bisa merdeka…?? pikirkan dan renungkan
        terima kasih USA….he he he

    • Waktu itu belum perang terbuka bung. Indonesia baru melakukan infiltrasi dengan menerjunkan LINUD dan mendaratkan KKO. kaprang yg tenggelam merupakan kapal kecil jenis patroli KRI MACAN TUTUL, demi menyelamatkan 2 KRI lainnya komodor yos sudarso rela jadi umpan dari kejaran paspur belanda. Jika terjadi perang terbuka tampa bantuan sekutu belum tentu belanda menang karna Indonesia telah berubah wajah.

    • membuat gemes komentarnya…. gemes mau karungin nih orang…. pengkhianat full….

      • anda bodoh dan sakit jiwa

      • Hehehhehehehehhe…salam sehat bung Fuad dan bung2 warjag semua…santai aja menanggapi komen rekan yg lainnya..kecuali penghinaan thd bangsa ini spt yg dilakukan oleh para troller banci dari negara tetangga sebelah perlu kita bantai bersama.. jika ingin menyanggah sanggahlah dgn sopan dan kata2 yg tetap bijak dan memberi informasi spt yg dikoment oleh bung murai batu thd bung usa oke.. jika dapat lakukanlah pertanyaan utk mengorek informasi lebih sekaligus utk mengukur seberapa dalam pengetahuan yg bersangkutan..danblah warjag yg lain yg menilainya… Jika ada warjag yg berbeda aliran komenlah pada yg sama pemahamannya jadi tdk saling ngetroll apalagi mencaci dgn bahsa tdk punya otak dsb..itu menandakan tingkat kedewasaan yg cetek apalagi hrs mengikuti pemahamnnya yg membabi buta bahkan mengatasnamakan masyarakat yg lain..karena bodoh atau tdknya masyarakat bukan tergantung anda bukan..? Biarlah para warjag yg sdh dewasa dalam pemikiran menilai sendiri dan mengambil kesimpulannya… Disini yg dibutuhkan diskusi bukan debat.. Disini yg kita butuhkan informasi bukan sumpah serapah, dan informasi itu kita diskusikan utk dapat kita telaah dgn pemahaman masing2..benar atau tidaknya informasi akan terjawab sendiri tanpa anda hrs menjadi hakimnya bukan..? Hormatilah warjag yg lain krn anda pun tdk tau berbicara dan berdiskusi antara satu dgn yg lainnya bukan..? Salam sehat selalu warjag..

    • baca sejarah yg bener tong ,, sama aja lo fitnah soekarno ada deal ama asu klo berhasil bujuk belanda kluar dari papua ,,, udah jelas frefort di papua tu imbalan harto atas bantuan kudeta merangkaknya ,, cuci muka gih tong , klo masih tolol jangan komen , dasar jahanam lo ,, pikir dan renungkan yaa

      • udah jelas frefort di papua tu imbalan harto atas bantuan kudeta merangkaknya ,, cuci muka gih tong , klo masih tolol jangan komen , dasar jahanam lo ,, pikir dan renungkan yaa
        ———————————————————————————————–
        hoiii loe fitnah SUHARTO, pakai bilang KUDETA..
        dasar jahanam lo..! suharto bapak pembangunan

    • Benar bung ASU OKKE, Freeport mulai ingin ambil emas sejak jaman Bung Karno namun Bung Karno menolak mentah2 namun jg menyadari bahwa SDM kita saat itu belum mampu utk mendayagunakan emas dan mineral lainnya di Papua hingga akhirnya…. Kmrn sdh diulas ttg hal itu
      Kontrak Freeport hbs bsok 2021 dan pembicaraan perpanjangan kontrak bs dimulai 2 thn sblm kontrak berakhir (2019). Menurut wawancara khusus wartawan Kompas dgn Presiden Jokowi Indonesia belum mampu utk mengambil alih semua (naaionalisasi) oleh karena itu Indonesia hanya minta bagi hasil yg lbh banyak spt mendapat porsi saham 20% dr skrg yg 6%. Jd yaa gag usah terlalu banyak berharap lah itu Gunung Emas di Papua bs segera kita ambil alih kembali

    • Ada benarnya pendapat itu, walau ga 100%. Saya rasa US udah cukup lama mengetahui kekayaan alam di Papua. Tapi pada saat itu Papua kan di bawah kekuasaan Belanda, dan Belanda jelas punya modal dan teknologi untuk menambang segala kekayaan alam di Papua itu. Sedangkan Indonesia jelas ga punya modal dan teknologi. Sementara itu perusahaan – perusahaan US jelas udah ngiler ngelihat kekayaan Papua. Maka Belanda pun dikhianati supaya Papua jatuh ke tangan Indonesia. Kenapa saya bilang Belanda dikhianati? Karena jelas USA ga mau backup Belanda. Padahal jelas-jelas Indonesia waktu itu dibackup Soviet. Hukum Amerika itu selalu, siapapun musuh Soviet dia bela. Lha kok ini kenapa Belanda malah didesak untuk menyerahkan Irian?

      Jadi kita jangan berpikir presiden Kennedy bersimpati terhadap Indonesia, oh itu salah besar. Presiden JFK berpura-pura manis dan dia berhasil menipu Bung Karno, dia tau bagaimana secara psikologi “mengalahkan” Bung Karno. Semakin Bung Karno dikerasin (seperti halnya kebijakan Eisenhower), maka Bung Karno akan semakin nekat. Maka dia pake jalan sebaliknya. Tujuan JFK ngedeketin Bung Karno itu cuma 3 kok: Membebaskan Al Pope, Merangkul INdonesia masuk blok barat, dan yang terakhir supaya perusahaan2 USA leluasa mengelola kekayaan alam Indonesia – terutama di Papua. Tapi apa yang terjadi? USA merasa dikhianati. Sesudah Indonesia “dibantu” mendapatkan Papua, Bung Karno mengeluarkan kebijakan “15 tahun” bagi perusahaan2 yang mau menambang kekayaan alam Indonesia. Kebijakan ini menyebutkan bahwa sesudah 15 tahun, perusahaan2 asing itu akan seluruhnya menjadi milik Indonesia 100 persen. Yah, akhirnya kita tahu sendirilah gimana nasib Bung Karno.

      Jadi kalo dibilang ada peran USA dalam kembalinya Papua ke Indonesia, itu betul. Tapi kita ga berlu berterima kasih ke mereka karena kita ini buntutnya dirampok.

  11. Cerita dari mbah saya,dijaman itu beras langka,sembako mahal.imho.

    • Yoiiii dan jgn lp saat itu demokrasi terpimpin n Bung Karno mengangkat dirinya sbg Presiden Seumur Hidup. Maaf sejarah mmg mengatakan demikian walaupun saya msh ttp mengagumi sosok Bung Karno, keras, diktator, lemah lembut itu bs digunakan tergantung situasi dan kondisi
      Salam utk Rekan2 warjager semua

  12. Kagum dengan prinsip berdikari yang beliau lahirkan.

  13. bukankah lapter Iswahyudi itu di madiun ya..msh eksis smp sekarang sbg sarang elang botak..trs 12 kasel kelas whiskey kmn aja ya smuanya

  14. Kasel pada kmna? KRI irian jga kmna??? Kasel 401,402,,trus yg jdi musium satu…sisanya kmna??? Ada yg bisa kasih pencerahan…

    • Sisanya dipotong-potong jadi besi tua bung bersama KRI IRIAN , dan TU 16 pernah diulas di majalah Angkasa Edisi 2011 klo ngga salah

    • irian di scrap.kasel di biarin mati.

    • Apa karna soeharto pd waktu itu “paranoid” ya sama tentaranya sendiri khususnya dari AL dan AU, sehingga terjadi pelemahan alutsista di zamannya atau karna gak ada duit buat ganti tuh kapal irian dan kasel sama yang baru mohon pencerahannya bung warjag

      • Haluan politik kita sudah berubah arah bung dari timur ke barat jadi ada penekanan dari Amerika agar RI jangan pakai Alutsista uni soviet lagi salah satunya paspur diganti dengan F-86 sabre hibah dari Australia.

    • sebagian besar dibesi tuakan,sebagian dijual(nah kalo ini harus nanya alri atau tni al hehehe)sepertinya ada dijual ditaiwan kaprang kita nah ini termasuk kri irian saya kurang tahu.kalo kompas edisi awal tahun1970 operasional cm 30-35% dikasih dr biaya operasional alri nah akibat dr itu sebagian kaprang dijual,istilah gigi ompong alri jaman2 awal orde baru(info saja)

      met malam salam damai selalu:)

  15. Dalam masa damai seperti sekarang’ justru malah kesempatan kita untuk membankitkan kekuatan militer kita’ bukan tidak mungkin para penjajah itu suatu saat akan kembali menjajah negeri kita’

  16. baca sejarah yg bener tong ,, sama aja lo fitnah soekarno ada deal ama asu klo berhasil bujuk belanda kluar dari papua ,,, udah jelas frefort di papua tu imbalan harto atas bantuan kudeta merangkaknya ,, cuci muka gih tong , klo masih tolol jangan komen , dasar jahanam lo ,, pikir dan renungkan yaa

  17. waktu jaman Bung karno memang militer kita terkuat didunia bung tapi semenjak pak harto menggantikan bung karno militer kita lemah bung cumaan ekonomi kita maju dan stabil
    semua presiden ada kelebihan dan kelemahan masing masing bung.

  18. hanya masa lalu dan kenangan indah, sulit di wujudkan kembali kekuatan masa lalu

    bagaimana bung MJ, bung TT??

  19. Akankah terulang lg,,,
    Kejayaan indonesia sbg macan asia???

  20. bung karno presiden terbaik sepanjang masa

  21. mungkinkah masa RI1 SOEHARTO harus disesali , karna mereka yg dibunuh pasca tragedi G30/s bukan hnya PKI tapi juga para loyalis SOEKARNO (soekarnois)
    https://rosodaras.wordpress.com/2012/11/18/hartono-kko-tragedi-loyalis-bung-karno/?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C7283732055
    .
    nmun KITA tetap HRUS menghormati pak HARTO karna dia juga pahlawan proklamator Republik Indonesia, tanpanya mngkin RI tak-kan Merdeka.

    • bung kampungan….
      tolo9ng dilihat dulu sejarah sebenarnya siapa dan bagaimana sepak terjang soeharto.
      cara2 yang dia gunakan, yang golkar dan angkatan darat gunakan waktu itu mirip yang dipakai usa dalam propaganda di syuriah, setelah terbuka kedok nya oleh russia.
      marilah menilai dengan obyektif dan analisa yang empiris.

  22. gk lucu ah,,,dr dulu proklamator kemerdekaan ya cuma bung karno & bung hatta,,,gk ada nama bung harto

  23. usa nih siapa sih,,,orang amerika bukan,,??

  24. mengutip saran uchok sky khadafi : “bubarkan saja TNI-AU”

    • mengutip saran uchok sky khadafi : bubarkan TNI AD sarang antek usa, pengguling gusdur dan sukarno serta percobaan kudeta habibi.

      AL, AU, setia dibelakang pancasila dan uud 45, verivikasi jika tidak berkenan. trimakasih.

  25. … xixixi …

    @Lamp (enggak nyambung)

    optimis aja bung dan perbanyak ngelem Aibon supaya bisa BERKHAYAL

    sasaran matra udara tahun 2034 adalah memiliki 28 atau 36 skadron dengan jumlah 504 pesawat tempur (di atas kertas)

    sasaran matra laut tahun 2034 adalah memiliki 474 kapal perang yang terdiri atas 190 Kapal Pemukul, 114 Kapal Peronda dan 170 Kapal Bantu (di atas kertas)

    sasaran TNI AL adalah menjadi World Class Navy dan anda tahu ciri-cirinya ?

    suatu Gugus Tempur Laut yang terdiri atas Kapal Penjelajah, Kapal Perusak, Kapal Frigat dan Kapal Selam bertenaga Nuklir … damn …

    horee … horee … kena deh ditipu sama TUKANG TIPU AL NGIBULIYAH mabuk lem Aibon … xixixi …

  26. mantap … menambah wawasan ….

  27. Andai saja soekarni tidak dilengserkan, andai saja Soeharto tidak dilahirkan di dunia ini, mungkin Indonesia sekarang sudah jadi negara super power, krena setelah 70 tahun kemerdekaannya, Perushaan2 Indonesia bnyk yg menjadi prusahaan kunci di dunia, krena mereka mengelola sumber daya alamnya sndri yg melimpah jd tidk prlu repot mncri SDA di luar negeri…
    Dg sokongan yg melimpah membuat APBN Indonesia menjadi yg terbesar didunia, yahh, Indonesia memiliki Semuanya. Sudah pasti Indonesia diramalkan akan menjadi negara Adi Daya di dunia…
    .
    Tapi sayang, semua itu hanya tinggal mimipi,krena rupanya Soeharto lahir di dunia ini, seorang jendral besar yg tidak memiliki rasa nasionalisme dan haus kekuasaan krena dg mudahnya terbujuk rayu Oleh CIA untuk menggulingkan Sosok Besar yg mengguncang dunia yg sudaj diramalkan oleh peramal2 terkemuka didunia contoh saja Nostradamus.
    .
    Andai Saja Soeharto tidak lahir, Indonesia akan menjadi negara yang disegani dunia dan sudah pasti menjadi negara yang memiliki hak Veto di PBB.

  28. kalo ga salah kapal KRI Irian bantuan dari Uni-Soviet buat Indonesia ya ?

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)