Dec 272015
 

lada_class

Indonesia masih belum membuat keputusan tentang jenis kapal selam apa yang akan di beli, kata Kepala Staff Angkatan Laut Indonesia pekan lalu.

Indonesia saat ini hanya memiliki dua kapal selam Type 209 buatan Jerman, sangat tidak memadai untuk negara kepulauan terbesar di dunia. Para pejabat pertahanan mengatakan Indonesia membutuhkan sedikitnya 12 kapal selam pada tahun 2024 untuk dapat menjaga seluruh wilayahnya.

Indonesia memesan tiga kapal selam Korea Selatan pada tahun 2012, dan para pejabat telah mengungkapkan awal tahun ini bahwa ada dua lagi kapal selam baru yang akan dibeli – kemungkinan besar dari Rusia – meskipun spesifikasinya masih belum jelas.

Pada tanggal 16 Desember, menurut The Jakarta Post, Ade Supandi, Kepala Staf Angkatan Laut Indonesia, menjelaskan bahwa Jakarta telah memutuskan untuk membeli kapal selam diesel elektrik, dan sedang mengkaji tiga jenis kapal selam dari tiga negara : Rusia, Korea Selatan, dan Jerman.

“Angkatan Laut dan markas militer masih melakukan tinjauan strategis dari masalah ini,” kata Supandi Selasa.

Indonesia memiliki rekor pembelian kapal selam dari ketiga negara. Hubungan dengan Rusia juga pernah merenggang semenjak pembelian 12 kapal selam Whiskey yang dibeli dari Uni Soviet selama Perang Dingin. Kapal selam Whiskey secara bertahap di nonaktifkan – yang terakhir pada tahun 1990, dan dua kapal selam type 209 buatan Jerman diharapkan akan di nonaktifkan pada tahun 2020.

Indonesia telah memesan tiga kapal selam Chang Bogo class dari Korea Selatan. Selain dari tiga negara, Indonesia juga dilaporkan pernah melakukan pembicaraan government to government dengan Prancis awal tahun ini mengenai kapal selam Scorpene class.

Komentar Supandi ini menunjukkan bahwa spesifik kunci masih belum terungkap secara terbuka atas pembelian kapal selam.

Pada September lalu, juru bicara angkatan laut Kombes. Zainuddin mengatakan bahwa Indonesia dapat membeli kapal selam Rusia, namun beliau menolak untuk menyebutkan rincian kunci seperti jenis kapal selam yang akan dibeli dan darimana pembelian itu akan dibiayai.

Titik pembiayaan sangat penting karena Indonesia telah berjuang untuk meningkatkan anggaran pertahanan di tengah kesulitan keuangan pada tahun 2015.

Laksamana Ade Supandi menegaskan bahwa keputusan mengenai pembelian kapal selam akan didasarkan pada kondisi anggaran. Ia juga menambahkan bahwa pengadaan kapal selam akan memerlukan waktu karena harus melalui tiga tahap: menyusun spesifikasi kapal selam, perencanaan anggaran dan kemudian membangun kapal selam.

Thediplomat

  76 Responses to “Masih Butuh Waktu Lama Indonesia Membeli Kapal Selam Baru”

  1. Mbulet

    • ARTIKEL PEMBELIAN KAPAL SELAM STOP JGN DI POSTING LAGI… BOSAN BACANYA,. ANGGARAN KURANG TAPI BANYAK KEMAUAN ITU INI…. DARI DULU MULEK SAJA KAYAK KENTUT DALAM JELANA….

      • yo jgn di baca toh bung….ente bikin artikel yg lain coba trus kirim ke bung@diego biar bisa berbagi dgn kita?
        jgn terlalu bnyk mengeluh,di nikmati aja bung…salam

      • ya ampun bung, ini gak ada apa”nya dbanding artikel pespur
        bejibun

      • hahahahahahahahaha….bung@T-REX,sabar bung jgn sedih gitu dong,hehehehehehe,,,,itu juga kan bagian dari kreasi para admin jakartagreater.artikel ini kan muncul biar hoaxnya juga keluar bung,hehehehehehe….kalau hoaxnya gini,kalau untuk kasel yg udah datang n yg udah di pesan kan antrinya juga panjang bung,jadi ada rehatnya dulu….xixixixixixixixixixi,mungkin gitu kali,,,salam semuanya

    • Emang mbulet. . . ngomong sama kentut ga bisa dibedakan bunyinya

    • biar ga mbulet singah di patga bung.karena patriot garuda adalah tempat tepat untuk mengali info kemiliteran strategis,menambahwwasan kbangsaan&cinta tanah air.jangan lupa singah ya bung,disana bung dapat lihat karya monumental bung nara”list A1?,karya genuine beliu yang akan diramu analisis cantik bung yayan dan dapatkan clue menarik!dijamin penasaran bung terklimaxskan.hidup patriot garuda!

  2. Wduh..jd kasel ri beneran cm 2 donk

    • Yang pasti dan di ketahui resmi yg memang cuma 2, silahkan bagi aliran2 di jkgr ini menyakini keyakinan masing, bagi aliran ghoib silahkan percaya lebih dari dua, yg resmiyah silahkan percaya cuma 2, yg kasihan aliran bingung mau percaya sama yg mana.

  3. Goreng terus sampe gosong

  4. bosen bhas ks

  5. Mao 2 kek mao 6 kek mao 12 kek yg penting laut aman. Klo mao tau jumlah yg sbenernye nyelem sendiri kaya asu waktu itu tuh. Hehe…salak jumpa lg ye.

  6. tinggal milih lon, uang dah ada, tinggal milih mau pesen ke siapa..santai ja, maen ke sini trus ya, asyik kan forumnya

  7. Kebanyakan mikir malah gak jadi beli .kalau baca tentang pembelian kasel cuma bokin kesel doang

  8. Cek pengetahuanmu berapa banyak ks malai punya, total jumlah yg baru yg lamapun, dan segera cari tahu ks mana yg hilang.. dimana dan apa penyebabnya.. :p

  9. itu berarti armada KS kita saat ini sudah cukup untuk menjaga laut kita dan tidak mendesak untuk pengadaan baru lagi,mending buat beli su35 dan s400 dulu

  10. Daripada kerjasama dg Korea, mending kerjasama dengan jerman, asal usul jelas, pengembangan jelas, jerman dgn korea dikasih tot, jerman dgn turki dikasih tot, masak dg indonesia gak bisa?? negara maritim lho ini..

  11. Gak papa lama,asal jangan kelamaan…xixii….!

  12. Nggak usah di beli, di kaji saja sudah cukup.

  13. Ada berita nich…? Pak Presiden kita sedang meresmikan Bandara Komodo…,kapan nich bandara dibangun ya tau2 dah diresmikan…? Ayo pak teruskan Pembangunan infrastruktur sampai pelosok2 pedalaman,biar merata semua…,acuhkan yg gk pro dengan kebijakannya pak…,smoga Indonesa tambah maju.

  14. Nanti saya kasih kapal selamku.warnanya kuning! Saat ini sebagian lagi menyelam di laut hitam!!! (SEPTIC TANK) . Hahaaaaa.

  15. Mulek ky’ entut kebuntel kathok!!

  16. Indonesia memesan tiga kapal selam Korea Selatan pada tahun 2012, dan para pejabat telah mengungkapkan awal tahun ini bahwa ada dua lagi kapal selam baru yang akan dibeli – kemungkinan besar dari Rusia – meskipun spesifikasinya masih belum jelas.
    Berdasarkan clue di atas berarti akan ada penambahan kasel,di luar proyek chang bogo.

  17. Nggak heran pertahanan negeri ini rapuh, cuma teori dan omong besar yg jago. Rakyat RI lah yg lebih punya rasa patriotisme dari pada pejabatnya2 yg sdh lelah lalu jadi erorr.

  18. rekr tekr
    cuma dua bung …….per aalk1

  19. Sorry, sedikit menyimpang gimana kabar Su35 yg digembar gemborkan akan di beli kok dak kabar lg. Apa memang dak jadi di beli.mohon pencerahan nya.

  20. dua akuadrun

  21. Kkkkkkkkk

  22. Aku gak ngurus mau beli apa nggak sudah bosen dengernya ……

  23. Sorry sedikit menyimpang dari ks, gimana kabar Su35 yg digembar gemborkan katanya mau dibeli, beritanya kok sekarang jadi dingin. Mohon pencerahan dari sobat warjag semua. Trims

  24. Semua jg faham kuncinya ada di presiden. Makanya klo milih presiden pikir yg baik. Kita hrs terima keadaan ini. Beli atau tidaknya KS pd hakekatnya adl keputusan warjager yg dibuat pd pemilu kemarin.

    • Gini deh jadinya kalo sarjana pengangguran…

    • hehehee bung openmind,
      ayo kita berfikir jernih bung ….
      tak perlu ingat-ingat pemilu bulan okt 2014 kmren ,

      siapapun presidennya , program MEF tetap berjalan dan dikawal oleh miiter kita dalam hal ini resntra pemikir TNI ….

      g usah kawatir , ada barang atupun tidak, yang penting sudah bisa nyumpal mulut para Malon agar tidak koar koar lagi ambalat, natuna ato blok apapun apalagi tanjung datuk

      tidak perlu show off force kaya tentara panen padi negeri Malon semenanjung , maksut hati pamerin scorpen canggih g taunya g bisa nyelem nyelem ,
      malah ada uji test nyelem pula dan diberitakan media …….

      pokokknya ada mulut Malon songong mulai ribut ambalat tanjung datuk , cukup di ping saja … pasti lari terbirit birit , melebihi naik teksi pula ……

      Kalao ihat reply supriano anak ingusan masih berlendir ingusnya … tak perlu ditanggapi …
      habisin waktu saja .

      cari MaLon yang aga pinteran dikit ters diajak debat …
      dijamin pasti seru …

      • Gue tau arah pikiran @openmind, jika waktunya pemerintah memilih alutsista dari blok barat, pasti dibilangnya antek kapitalis…sebaliknya jika beli dari rusia dibilang bangkitnya komunisme

        Gue paham sih, teman2 seorgainsasinya dulu udah pd jadi orang soalnya

      • Banyakan ngeles lu tonk, bilang aja sakit ati sama presiden yg sekarang,,, beres urusan ! wkkkk

      • @Nick Carter ga tau arah fikiran = lack of intelligentsia. Bukan pendapat ga pentingmu yg harus dipertimbangkan ketika hendak membeli alutsista tp pendapat negara lain. Klo beli dr Russia maka barat bisa memusuhi kita begitu jg sebaliknya. Memang itu sulitnya menjalani politik “bebas aktif” yg menurut pengamat militer Connie Rahakundini malah membuat kita tidak bebas dan aktif. Harusnya bebas ya bener-bener bebas termasuk bebas untuk bersekutu dengan Russia misalnya. Jujur koment sy tidak ditujukan utk kamu tp utk yg lain krn ya itu tadi, lack of intelligentsia yg kamu derita terlalu parah.
        @Kutukupret, sesuai antara nick name dan kenyataannya. Kualitasmu sdh diukur dan ditimbang, hasilnya adalah 100% kutukupret.

  25. Supriono Gendon@ Banyak omong loe,mulut berbusa tuch bnyk makan berakan mama british…? Urus negara kau yang Kapal selamnya gak bisa nyebur tuch,apa perlu ane turun tangan buat nyeburin tuch kapal eloe lon…?

    • Siapa bilang indo tak punya kasel KILO’ tu coba lihat malay panas dingin minta tambah kasel scorpene
      Kita punya 2 kasel KILO bro , dilaut kagak ada lagi yang berani macam macam cuba lihat amankan

  26. Clue yg bagus, semoga yg keceplosan tidak dihukum.

  27. sudah gk sabar pgen perang dgn Indonesia ya lon,,??malonsial

  28. bner bget bung kita orang indonesia bli alutaista lma….mkany bung blng am kwan2 bung coba aj main2 nylonong ke amblat lgi klu g nylonong ke natuna,…kan alutsista indonesia klu mau bli nyampe 10 thun mikirny,hehehe
    oh y lupa klu mau nylonong amblat atau natuna sabuk pengamany dipakai y tkutny ad ap2 lgi entr dlm perjlannya….

    • bung beny..panggilan bung adalah panggilan para pejuang kita dl di perang kemerdekaan contoh:bung karno,bung hatta dan bnyk pejuang kita yg lain..dan sekarang menjadi sapaan akrab kita di jkgr,jd utk malon kayaknya ngga cocok klu kita panggil bung

  29. Kasel KILO udah ada’ mungkin tni melurik kasel lebih canggih di atas kilo

  30. kasel KILO sudah ada bro’tuh malay mewek minta tambah 2 scorpene

  31. Siapa bilang indo tak punya kasel KILO’ tu coba lihat malay panas dingin minta tambah kasel scorpene
    Kita punya 2 kasel KILO bro , dilaut kagak ada lagi yang berani macam macam cuba lihat amankan

  32. Siapa bilang indo tak punya kasel KILO’ tu coba lihat malay panas dingin minta tambah kasel scorpene
    Kita punya 2 kasel KILO bro , dilaut kagak ada lagi yang berani macam macam cuba lihat amankan…..

  33. Hhjio

  34. Salahnya tidak bisa post gambar,kalau bisa post gambar saya akan post bukti indo sudah punya kasel KILO

  35. Sore bro

  36. Apakah malingsia punya jiwa pejuang seperti bangsa Indonesia atau Vietnam,,,,,, ataukah malingsia lebih suka jadi babunya british selamanya ? wkkkkkk

  37. Ada ga yg bisa nemuin Pa SBY… Mungkin dia tau semua… Yg ada ddlm laut…

  38. Gak bisa komen yang rahasia…haha

  39. mungkin ngetik’a buru” bung.
    bisa jadi kamsud’e record.

  40. Sudah deal kok…kapal selam kilo..ini kata paman aq yg jg pejabat penting di AL, skrg pensiun udh jadi staf ahli…tinggal nunggu berdatangan kaselnya…

    SU35 jg udh deal….

  41. Nafsu besar kemampuan gk ada

  42. untuk menenangkan suasana di kawasan… hehehehhee

  43. Yang gak kuat baca Berita Hoax yah dimaklumi, yg jelas KS kita udah merumponkan KS China yg datang tanpa diundang…

    Kapan ini artikel Gempa Natuna dibahas dsini…Bung Diego??

  44. Sokong sepenuhnya Sarawak dan Sabah keluar dari Malaysia. Rela lagi di jajah British dari Semenanjung Malaya. Dulu,sistem pendidikan British guna bahasa inggeris spenuhnya. melahirkan generasi yang berkualiti dan global. Kalau Sarawak masih di bawah pemerintahan British, guna matawang paun, terkangkang semenanjung malaya datang shopping ke Sarawak.Dahlah guru-guru baru dari semenanjung banyak di hantar ke sarawak dan sabah.peluang untuk penduduk tempatan terhad. satu di antara jajahan baru dari semenanjung Malaya. Di Semenanjung ada lebuh raya.di Sarawak dan Sabah x ada.alasan bentuk muka bumi. janji pilihan raya nak buat perbaiki jalan Pan borneo.Alahai…jalan bertampal-tampal. di sekolah pedalaman masih lagi guna genset sedangkan sarawak ada empangan hidro bakun.Anak-anak sarawak buka mata anda. jangan kabur mata semata-mata ditaburi duit apabila pilihanraya.maruah tidak ada harganya. sedarlah. sampai bila anda mandi air sungai yang keruh,berpelitakan minyak tanah, jalan berlumpur,berperahu ke pekan sedangkan kita mampu menikmati semua kesenangan itu

  45. Para pemimpin KL mana mau peduli Sabah dan Sarawak miskin atau kaya.. Mereka cuma mau undi ma…tahun lepas ada cakap mau kasi bajet untuk naik taraf beratus2 sekolah daif di kedua2 negeri, tapi sampai sekarang habuk pun tarak.. Yang daif tambah daif.. Jalanraya yg dibinapun macam jalan negeri yg belum merdeka.. Itulah kerajaan taku buat acar lumba basikal di negeri berkenaan pasal takut malu pada peserta luar negara..mujurlah ada inisiatif di peringkat negeri untuk anjur acara sukan tersebut secara ala kadar…soal pembangunan tidak payah cakapla.bikin meradang saja.. Kita bukan mahu keluar Malaysia, kita cuma mahu pihak yg bertanggung jawab sedar dan berusaha bantu rakyat terutama di luar bandar. Bukan asyik kaut kekayaan untuk kasi bunsit purut sendiri sama kaum keluarga..

  46. KS Resmi milik TNI AL berjumlah 2, yang goib lebih banyak karena memang enggak resmi.. Maksudnya enggak resmi dimiliki tapi minjem sewa kayak yang dilakukan India.. Tapi bedanya India suka banget koar2, kalau TNI beda gaya sama si India.. Mending dighoibin, barang sewaan kok dikoar-koarin, Malu sama kucing….

  47. @supriano IDN.Indonesia bukan tidak ada uang. Ingat uang bukan hanya bentuk tunai saja. Saat ini Cadangan Devisa INDONESIA urutan 10 Dunia masa depan diprediksi urutan 5 dunia. jika mendesak atau negara akan berperang misalnya Cadangan Devisa yg besar ini bisa dibuat jaminan atau diuangkan Anda bisa bayangkan berapa banyak Senjata yg bisa dibeli INDONESIA. adapun masalah kapal selam pihak TNI AL sedang mengevaluasi kapal selam mana yg cocok dengan teritori RI dan lebih canggih dari kapal selam yg ada dikawasan. Jika TNI AL beli KILO class teknologinya sama dengan punya Vietnam atau yang telah RI punya. kemungkinan RI akan beli LADA class yg berteknologi diatas KILO Class. INDONESIA telah riset jet pejuang KFX-IFX, kapal selam CHANGBOGO class, kapal tempur fregate SIGMA PKR class itu membuktikan INDONESIA banyak wang. Anda urus saja proyek MRCA ganti mig 29.urus ganti heli NURI. urus proyek GOWIND yg kesemuanya jalan ditempat ini bukti bahwa MALAYSIA tak ada wang kawan.

  48. Susun aja rencana terus menerus enggak usah beli,,,, Berita seperti ini tidak perlu diposting, angat membosankan….

  49. @supriano IDN. Apa anda lupa bahwa Indonesia sedang alih teknologi kapal.selam Changbogo. Negara kami punya visi jauh kedepan. Jika kami hanya mampu membeli berapa banyak yg bisa dibeli berapa banyak uang negara yang hilang. Berbeda jika bisa buat produk tempatan kami bisa buat berpuluh kapal selam atau sekehendak kami dan kami bisa kembangkan teknologi buatan sendiri sehingga kerahasiaan teknologi kapal selam tiada negara lain yang tahu. Selain itu kami bisa cipta lapangan pekerjaan dan kami bisa eksport kapal selam untuk tambah Devisa. Contoh dari alih teknologi adalah kapal tempur LPD yang sudah di eksport ke Filipina. INDONESIA tentu Berbeda dengan Vietnam negara mereka sedang bersitegang dengan china di LCS sehingga pembelian senjata jadi mendesak bagi Vietnam. Seharusnya negara pak cik mengikuti apa yg vietnam lakukan karena malaysia turut bersengketa dangan China. Kenapa negara anda tidak lakukan pertanyaan anda lebih cocok jika ditujukan ke pemerintah anda yaitu malaysia. Kenapa malaysia hanya ada 2 kapal selam padahal malaysia ikut bersitegang dengan china tak bisakah malaysia tiru Vietnam .jawabannya ada pada Anda pak cik?

  50. @supriano IDN. pertanyaan Anda tentang kapal selam sudah aku jawab silahkan lihat pada comant nomer 22. Kini aku jawab soalan SU 35. pembelian SU 35 sudah ditandatangani menteri pertahanan RI dan berkas sudah masuk Bapenas. adapun kedatangannya pada program MEF(minimum Ecential Force) tahap.2 tahun 2016-2019. Bagi anda yang belum faham saya fahamkan disini. Persenjataan yg telah datang dan sedang dibuat seperti tank leopard.tank BMP3.F i6.Apache.ASTROS.CAESAR. dan sebagainya itu masuk MEF 1 tahun 2011-2015. adapun senjata masuk MEF 2 lebih banyak lagi termasuk SU 35. Kapal selam selain Chang bogo. Kapal frigate.Destroyer.Tambahan Maint battle Tank. tambahan BMP 3. SAM jarak sedang/jauh dan lain-lain belum termasuk senjata buatan tempatan INDONESIA. Dan akan berlanjut pada program MEF ke 3 tahun 2019-2024 maka lebih banyak lagi persenjataan yg akan mengisi kebutuhan TNI. Setelah MEF 3 tercapai INDONESIA akan melanjutkan pada program Ideal Ecential force kemudian program Maximum ecential force. oleh karenanya kami berusaha untuk banyak melakukan riset maupun Alih teknologi dengan negara lain dan semuanya sedang berjalan. Semoga dalam waktu 10 tahun kedepan bangsa INDONESIA bisa berjaya dengan sudah bisa membuat jet pejuang. Kapal tempur.kapal selam.kareta kebal.missil dan lain-lain. JAYA INDONESIA. salam

  51. @supriano IDN. Semua pernyataan Anda sudah aku jawab pada coment nomer 4,22,32. Silahkan anda lihat. Silahkan anda bertanya apa lagi?

  52. Hebaaaaat…..juru bicara TNI AL dari Polri! Kombes Zainuddin…..wkwkwkwk……

  53. Komentar orang malon lucu lucu…baru baca artikel begini aja mereka udah emosi..kalo ntar udh liat barangnya baru dah pura2 gila buang muka…wkwk
    …santai bro jgn pada ribut…malon duduk aja yg manis jilatin muka british ntar majikan kasi kok…haha

  54. Di tutup lgi setelah bocor alus.
    ___
    Lgi nongkrong di selat Sunda, ngarep ada penampakan 401 😀

 Leave a Reply