May 172015
 
Roket Proton-M dipasang di Kazakhstan sebelum diluncurkan Sabtu (16/5/2015).

Roket Proton-M dipasang di Kazakhstan sebelum diluncurkan Sabtu (16/5/2015).

Roket Proton-M milik Rusia meledak di langit Kazakhstan sekitar delapan menit setelah peluncuran, Sabtu (16/5/2015) kemarin. Rusia masih belum memastikan penyebab meledaknya roket yang membawa satelit milik Meksiko itu.

Perdana Menteri Rusia Dmitri Medvedev telah memerintahkan pembentukan komisi khusus untuk menyelidiki kegagalan peluncuran roket tersebut. Pengumuman penyelidikan itu disampaikan beberapa jam setelah roket Proton-M dan muatannya meledak.

Badan Antariksa Federal Rusia Roscosmos dalam laporan pendahuluannya mengatakan masalah mesin kemudi pada roket itu muncul pada tahap ketiga peluncuran itu.

Kantor berita Rusia Interfax mengutip juru bicara Roscosmos mengatakan, perintah penyelidikan yang dikeluarkan Medvedev itu mencakup instruksi untuk menentukan penyebab pasti kegagalan peluncuran tersebut dan pihak yang bertanggung jawab.

Kegagalan peluncuran Proton-M bukan yang pertama terjadi. Sekitar satu tahun lalu juga pernah terjadi dan kemudian diketahui penyebabnya terjadi pada tahap ketiga peluncuran roket tersebut. Namun, enam peluncuran roket berhasil dilakukan sebelum terjadi insiden kembali. (kompas.com)

Bagikan Artikel :

  31 Responses to “Masih Diselidiki Penyebab Roket Milik Rusia Meledak saat Peluncuran”

  1. Mgkin karna sdh lama di simpan makanya tidak bisa meledak…

  2. beritanya terlambat beberapa hari 😀

  3. mksud anada ki rotan kog ga bs meledak? itu justru meledak kog roketnya?? jgn2 ada sabotase dr pihak musuh russia nih….jdi ingat alutsista yg pakai teknologi laser utk menghancurkan benda2…asu jg sdh pake senjata laser utk menjatuhkan rudal dan sbgnya

  4. Shabotase……..tuh.

  5. Kok page penyiksaan anak anak Muslim di Myanmar hilang? Ada yg ngehack?

  6. Semoga program Roket Peluncuran Satelit Indonesia bisa Berhasil..basis roket RX 550, 450 dan 350..Amin

  7. RX 450 SUKES MELUNCUR,

    TINGGAL UJI TEMBAK RX 550

  8. Yes

  9. kalo kopasusu kita seperti JETMAN ini pasti akan lebih di takuti dunia,

  10. abis rusia kena mesti besok2 punya asu, blm lama Mi17 yg bawa dubes jth, trus heli yg bawa tentara asu dinepal jg jth, biasa gantian, cuma kasian yg jd korbanya aja

  11. mungkin kalo roketnya dikombinasikan dg RX450 pasti sukses dahh….hehehehehe

  12. kayaknya sejak militaryofmalaysia tidur melulu jkgr jadi banyak tamu dari luar ya?

    oh ya ada yang tahu nggak arti indomitable kapal lmv singapura? soalnya saya jadi ingat indomie makanan kesukaan saya …

  13. Itu kurang sesajen. Sajen nya tot guide misile ke Indonesia.

  14. mudah2an indonesia bikin rudal brbahan nuke,jarak dekat,menengah & jauh,buat antisipasi klo sewaktu-waktu ada perang dadakan,peralatan militer jgn semuanya taruh di pulau jawa(ngumpul kaya bulu,,,?)sebar keseluruh pulau besar NKRI.mf pendapat org awam.

  15. Kalo yang gagal produk us pasti komennya rame.. 😀

 Leave a Reply