Nov 142018
 

Letkol Inf Paiman selaku Katim Dukungan Teknis Penerangan pada Latancab di Komando Latihan, Baturaja menjelaskan pada Senin 12-11-2018, bahwa masyarakat umum dapat menyaksikan secara langsung latihan puncak antarkecabangan TNI AD.

Baturaja, Jakartagreater.com  –  Masyarakat Sumatera Selatan, khususnya yang berada di wilayah Martapura, Baturaja dan sekitarnya dapat menyaksikan secara langsung puncak latihan antar kecabangan TNI AD, yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 November 2018 mendatang, di daerah latihan Puslatpur Kodiklatad Baturaja, Sumsel.

KasubdispenmedtakDispenad, Letkol Inf Paiman selaku Katim Dukungan Teknis Penerangan pada Latancab di Komando Latihan, Baturaja menjelaskan pada Senin 12-11-2018, dari titik tinjau latihan di daerah Batumarta, bahwa masyarakat umum dapat menyaksikan secara langsung latihan puncak antarkecabangan TNI AD.

“Silahkan masyarakat termasuk kalangan media/wartawan untuk menyaksikan langsung dan meliput dari Titik Tinjau latihan yang telah ditentukan. Karena, latihan ini juga merupakan bentuk pertanggungjawaban TNI AD kepada rakyat, bangsa dan negara atas anggaran yang dipertanggungjawabkan kepada TNI AD sekaligus untuk menunjukkan tingkat kemampuan profesionalisme prajurit TNI AD,” ujarnya.

Adapun tujuan latihan antarkecabangan TNI AD yang berlangsung sejak tanggal 5 s.d 22 November 2018 ini adalah untuk meningkatkan kemampuan tempur tingkat perorangan sampai dengan satuan setingkat Brigade dan kerjasama antarsatuan / kecabangan dalam wadah Brigade Tim Pertempuran melalui penyelenggaraan operasi tempur yang didukung oleh operasi intelijen dan teritorial.

Pada puncak latihan antarkecabangan ini nantinya akan ditinjau dan disaksikan secara langsung oleh :

  1. Kasad Jenderal TNI Mulyono.
  2. Pangkostrad.
  3. Dankodiklatad.
  4. Para Pangkotama.
  5. Kabalakpus.
  6. Para pejabat TNI serta undangan lainnya.

“Dalam latihan ini selain melibatkan lebih dari 2.500 prajurit Brigif 13/Galuh jajaran Divisi Infanteri 1 Kostrad sebagai pelaku dan sekitar 1.500 personel penyelenggara, juga mengerahkan berbagai Alutsista, termasuk Alutsista terbaru yang dimiliki TNI AD seperti Tank Leopard, Helly Fennec, Roket Astros, dan berbagai Alutsista lainnya,” ujar Letkol Paiman.

Ditambahkan oleh Letkol Paiman, bahwa dalam rangka puncak pelaksanaan Latancab TNI AD TA. 2018, Kodiklatad selaku penyelenggara latihan, telah melaksanakan berbagai rangkaian tahapan latihan mulai dari tahap perencanaan, persiapan dan drill/ latihan-latihan pendahuluan.

“Sejak beberapa hari yang lalu baik penyelenggara maupun pelaku telah berada di daerah latihan Puslatpur Baturaja dan hari Senn 12-11-2-18  kita juga terus melaksanakan persiapan dan pematangan kerjasama antarsatuan serta latihan-latihan pendahuluan /gladi guna memastikan dan meyakinkan agar puncak latihan yang dilaksanakan nantinya dapat berjalan dengan maksimal, aman dan lancar serta terkoordinasi dengan baik”, tuturnya.

Pada pelaksanaan Geladi tersebut, diperlihatkan bagaimana peran dan tugas masing-masing kecabangan/satuan secara terintegrasi dan terkoordinasi serta kerjasama dalam Brigade Tim Pertempuran, dimana seluruh pelaku dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan baik, sesuai dengan tujuan dan skenario latihan.

“Melalui gladi ini, bila ditemukan adanya kekurangan dan kelemahan dapat segera diperbaiki dan disempurnakan serta disinkronisasikan, sehingga pelaksanaan pada hari “H” nantinya dapat berjalan dengan aman, lancar dan optimal”, pungkasnya. (tniad.mil.id)

Bagikan:

 Leave a Reply