Mau Naik “Taksi” ke Luar Angkasa ?

Anda ingin jalan-jalan ke luar angkasa ? Inilah yang sedang dilakukan oleh NASA. Saat ini NASA sedang mengambangkan sebuah teknologi untuk perjalanan berbayar bagi masyarakat umum., tentu saja biayanya tidak murah. Untuk dapat menikmati perjalanan ke luar negeri, anda harus merogoh kocek sebesar 70 juta dolas AS per orang.

Dua orang astronot Amerika belum lama ini bertolak ke luar angkasa untuk memasang perangkat parkir untuk “taksi luar angkasa” Mereka adalah Komandan ISS Jeff Williams dan teknisi penerbangan, Kate Rubins.

Nantiya, selain untuk misi penerbangan wisata dan penelitian, pemasangan perangkat parki luar angkasa ini bertujuan untuk mengurangi ketergantungan Amerika terhadap Rusia dalam perjalanan ke luar angkasa.

Tahun 2015, NASA sudah pernah melakukan misi yang sama dengan mengirim astronot ke luar angkasa, namun misi tersebut terpaksa dihentikan setelah adanya gangguan komunikasi di baju salah satu astronot mereka.

Saat ini dua perusahaan luar angkasa di Kalifornia milik pengusaha teknologi Elon Musk, SpaceX berencana memulai uji terbang kapsul Dragon-nya ke luar angkasa pada tahun 2017. Sementara itu, Boeing akan melakukan uji pertama pesawat luar angkasanya CST-100 Starliner pada tahun 2018 mendatang.