Sep 142014
 
Mayor Inf Warto, Perwira Dengan Segudang Prestasi

“ Selama berkarir dalam dunia militer, Mayor Inf Warto telah banyak mengukir prestasi yang cukup membanggakan serta mengangkat nama baik TNI Angkatan Darat dalam berbagai event. Perwira Menengah ini merupakan sosok dibalik Sukses Petembak TNI di Kancah Internasional.”

Pada tanggal 16 Desember 1962 di sebuah desa pinggiran kota Solo Jawa Tengah, tepatnya daerah Karanganyar, lahir seorang bayi mungil berjenis kelamin laki-laki yang diberi nama Warto. Dia merupakan anak ke 4 dari 7 bersaudara dari pasangan ayah bernama Warjo (Alm) dan ibu bernama Surip (Almh), yang berprofesi sebagai buruh tani dengan kondisi yang serba kekurangan.

Masa kecil Warto dihabiskan untuk membantu orang tua demi untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup keluarga sehari-hari. Saat ia menempuh pendidikan mulai dari SD hingga SLTA berbagai kendala harus dilaluinya. Biaya sekolah yang utamanya harus dipenuhi tetapi faktanya kerap kali tersendat. Bahkan pernah ia mengalami putus sekolah karena ketiadaan biaya. Akhirnya semua itu meski tertatih-tatih dapat diatasinya sendiri dengan cara menggadaikan diri sebagai buruh tani pada sebuah lahan cocok tanam milik tetangganya.

Pada tahun 1982 setamat SLTA, Warto mendaftarkan diri di Rindam V/Jayakarta sebagai calon Tamtama TNI AD. Setelah lulus Secata Warto yang menyandang pangkat Prajurit Dua dipercaya untuk mengemban tugas di jajaran Kostrad, tepatnya di Batalyon Infanteri 328/Kostrad Cilodong. Selama bertugas di Yonif Linud 328/ Kostrad, barbagai kegiatan dijalaninya dengan penuh rasa tanggungjawab. Aktivitas yang rutin dilakukan diantaranya adalah tugas operasi karya mengikuti pemusatan latihan, mulai dari latihan atletik, oramil, beladiri, menembak, dan terjun bebas. Di bidang atletik, Warto tergabung dalam pelari jarak menengah dan estafet. Di bidang oramil, seluruh materi oramil dikuasainya. Di bidang beladiri karate, ia merupakan penyandang Dan-II (Black Belt) dan pernah meraih medali perunggu pada even turnamen antar angkatan di bidang kumite kelas bebas. Di bidang menembak, sejak tahun 1985 hingga sekarang ia bersama tim TNI AD berhasil menorehkan tinta emas prestasi. Di bidang terjun payung, ia tergabung dalam tim Persatuan Terjun Payung TNI AD (PTPAD).

Riwayat berkarier di militer, Warto menyandang predikat Tamtama selama 5 tahun. Karena keberhasilannya saat mengemban tugas operasi di Timor-Timur pada tahun 1988. Warto memperoleh kepercayaan untuk mengikuti pendidikan Secaba tanpa tes. Setelah selama 5 tahun pangkat Bintara disandangnya, kemudian karena prestasinya ia memperoleh kepercayaan dari pimpinan TNI AD untuk mengikuti pendidikan Secapa. Dari 1.350 siswa Secapa, ia berhasil menduduki peringkat 5 besar.

Selama berkarier di militer, beberapa kursus yang pernah diikuti yakni ; Hirbak, Bakduk, Freefall, Batih Muda. Padas sus Batih Muda ia berhasil menjadi lulusan terbaik. Pada tahun 1991 ia dipercaya untuk memperdalam materi terjun bebas di Pert Australia. Sejak tahun 2005 Warto dipercaya pimpinan untuk menyiapkan tim petembak TNI maupun TNI AD.

Kepercayaan yang diberikan pimpinan kepada Warto ternyata tidak salah. Hal itu terbukti pada pelaksanaan lomba tembak BISAM di Brunei Darussalam, sejak tahun 2005 sampai dengan sekarang TNI berhasil menyandang predikat sebagai juara umum. Selain itu untuk lomba tembak AASAM di Australia yang diselenggarakan sejak tahun 2008 hingga sekarang, kontingen TNI AD masih bertahan sebagai peraih predikat juara umum.

Berbekal kemauan yang keras untuk maju Warto tidak saja menjadikan dirinya berprestasi, akan tetapi potensi yang ada padanya sanggup ditularkan kepada para prajurit lainnya sehingga mampu berbicara di kancah nasional bahkan internasional. Negara-negara maju yang kita kenal sebagai kekuatan adidaya seperti Amerika, Inggris, Perancis, Australia, Jepang Singapura dan negara kawasan Asia Pacifik lainnya, ternyata tidak sanggup menundukkan kemampuan yang dimiliki oleh putra terbaik bangsa. Kepada redaksi Palagan Warto mengungkap kunci keberhasilannya sebagai pelatih, yakni ; harus mau berkeringat, menguasai materi, menguasai kondisi psikologi para petembak, berani mengambil keputusan, berani menegakkan disiplin petembak, berani membina fisik dan mental petembak, menguasai senjata, menguasai karakteristik munisi, program latihan harus tepat, dan harus memiliki semangat yang tinggi.

Dalam kurun waktu 32 tahun Warto berdinas, waktunya banyak dihabiskan di lapangan. Selama 26 tahun dihabiskan di Batalyon Infanteri 328/Kostrad, selebihnya ia pernah bertugas di Pussenif/Pusdikif, Kodam Jaya, Kodam XVII/Cenerawasih, Dispenad dan saat ini bertugas di sebagai Kepala Staf Kodim 0508/Depok.
Mengenai kehidupan keluarga, Warto beruntung memiliki pendamping setia asal kota Bogor bernama Ipa Suarsih kelahiran 1966 yang juga berprestasi dalam rumah tangga. Terbukti dari tiga orang putra didikannya, anak pertama bernama Guntur Bayu Bima Pratama (23) telah berhasil menjadi Dokter. Putra ke dua, Guruh Amba Sadewo (19) kini menjadi catar Akmil, dan si bungsu bernama M. Gandhi Dewantoro kini baru menapak di bangku SLA. Namun si bungsu, adalah penyandang Dan-I dan memiliki prestasi sebagai penyandang juara nasional karate.

Mayor Infanteri Warto di usianya yang sudah diatas setengah abad, meski jarang berada ditengah keluarga, namun dengan dukungan penuh dari keluarga, tetap gigih menorehkan prestasi bagi kejayaan TNI maupun TNI AD. Dengan situasi demikian sang istrilah yang sepenuhnya membina ketiga putranya. Mereka berdua selalu menjalankan amanah dengan penuh ikhlas dan berserah diri kepada Allah SWT.

Maju terus Mayor Inf Warto. Kepakkan terus sayapmu hingga mencapai langit tertinggi !!!!!!

Sumber : tniad.mil.id

Bagikan:

  40 Responses to “Mayor Inf Warto, Perwira Segudang Prestasi”

  1.  

    Mantappp….!!!

    •  

      Mantab banget dah,berkarier mulai tamtama sampek perwira dilakukannya,sudah sukses berkarier di militer ber imbas sukses pula di keluarganya,patut menjadi contoh dan suri tauladan bagi kalangan militer maupun sipil di negeri ini….selamat pak mayor inf warto,kami bangga padamu….

      •  

        prajurit sejati yg ditempa oleh kerasny pengalaman hidup…namun usha dan semangat terus brkobar..
        salut & slam hormat kpd beliau…. 😀 2jempoll !!!

      •  

        saya secara pribadi selalu memperhatikan bahwa prajurit2 berprestasi/bagus seperti ini pasti selalu lahir dari daerah2 atau pelosok dan bukan dari “maaf” keluarga yang berkecukupan…apakah semuanya seperti itu ya??
        salut untuk Pak Warto…sebentar lagi pensiun ya Pak..?

        •  

          Akur bung dewakembar,kebanyakan memang begitu,dengan segala keterbatasan biasanya selalu bekerja sungguh2,dan itu biasanya berhasil,bukan hanya manusia,negara pun juga begitu,biasa nya negara dengan segala keterbatasan biasanya akan menjadi negara yg ber prestasi alangkah bagusnya jika manusia atau negara yg punya kelebihan etos kerja dan pola pikirnya seperti orang/negara yg punya keterbatasan….ma’af kalo salah,selamat siang bung dewakembar.

    •  

      batalion 328/kostrad cilodong …..pernah merasakan lapangan tembaknya di akhir 80an….gratis peluru heeee

  2.  

    mayor hebat

  3.  

    Coba peruntungan numerouno!

  4.  

    Penembak TNI blm ada yg berprestasi di Olympiade.

  5.  

    Keren…. salut dgn prestasinya

  6.  

    Hebat

  7.  

    Mantab Pak Mayor..Biarpun Penembak TNI belum ada yg berprestasi di olympiade..tp saya bangga dgn Kemampuan TNI..Dr pd saya sama sekali ga punya Prestasi..hehe

  8.  

    Affirmative 😈

  9.  

    Semuanye berawal dari niat yg baik,maka diakhiri dg beribu kebaikan juga yg didapat..salam bung gue yg udah ngasih artikel yg mencerahkan ini..!!! Begitu juga para warjager semua niatkan yg baik agar mendapatkan ilmu & silaturahmi terjalin..!!!

    …..NKRI HARGA MATI….

  10.  

    Salut pak mayor..harumkan terus nama bangsa indonesia ini. Sukses terus TNI

  11.  

    bangga dan salut buat pak mayor.jayalah TNI jayalah NKRI

  12.  

    Eduuuuun euy….

  13.  

    juossss iki,yang penting kesejahteraan TNI harus terus naik agar bisa senyum 100%,percuma terus berprestasi tapi kesejahteraan ahhh sudahhlahhh :mrgreen:

  14.  

    takon mbah bowo kie,prestasi prajurit CHINA opo mbah? di event internasional gak ada suaranya,latihan ajah bareng kopasus wkwkwkwkwkwkwk ?:mrgreen:

    http://www.youtube.com/watch?v=xZa0cOJFj5c

    http://www.youtube.com/watch?v=_F3AvfaCunU

    •  

      Prestasi prajurit cina yang utama yaitu berani mengklaim laut China selatan, berani mendekat/ mengusirpesawat ASU yg lagi recon mission, prajurit2 China ngga takut dan tidak pernah Di Embargo militer oleh ASU, lah wong hutang ASU ke China aja besar dan belum dilunasin. Prajurit China memakai product dalam negeri mereka sendiri seperti HQ 9 yg diminati oleh Indonesia dan Turkey

  15.  

    Hormat dua tangan buat mbah warto, semoga tuhan selalu memberikan karunia kesehatan buat beliau supaya dapat terus berprestasi..
    DIRGAHAYU…

  16.  

    Salut

  17.  

    lanjut kan…

  18.  

    Dari sebelum msk TNI aja hidupnya sdh penuh gemblengan, gak heran prestasinya luar biasa ketika sdh menjadi anggota TNI…salut pak Warto

  19.  

    saluto bung warto……soal bidik membidik tak ada yg bisa mengalahkan bang lare sarkem hingga saat ini

  20.  

    lumayan pensiun letkol. tapi apa ngga ada bonus dalam karir ya. bukannya kalo dulu lulusan sma langsung secaba walo udah jadi tamtama ato pelda kalo kuliah

  21.  

    halah ngelantur maning secapa dhisik sih tas pelda

  22.  

    Salut, contoh Putra terbaik dan nembaknya pake senjata produk negeri sendiri. Bangga deh……, semoga jadi awal kebangkitan industri alutsista lainnya. Moga sehat2 semua. Salam NKRI

  23.  

    salam hormat buat mayor warto,orang2 sprti inilah yg sbnarnya layak dan sangat layak dipensiunkan pada jabatan golongan jendral,

    salut dengan perjalanan karirnya sampai tingkat mayor

    @bung gue
    terima kasih sudah posting profile para prajurit nkri yg berprestasi, keep posting prajurit2 yg berprestasi.

    walaupun hanya sebuah artikel profile,an ltetapi setidaknya jakartagreater n penghuni warjag sudah bisa membuat bangsa ini bangga khususnya keluarga mayor warto,hingga kelak cucu dan cicit mayor warto bisa mengenang prestasinya walau hanya sebuah coretan web.

    salam hormat mayor warto
    maaf cucu lancang

  24.  

    Salam hormat Dirgahayu,,,setia,perkasa,rendah hati..sebagai anggota langsung yonif linud 328 saya sangat bangga & hormat terhadap senior saya mayor inf warto…

  25.  

    Semoga Alloh SWT selalu memberikan kesehatan & kesuksessan buat beliau…
    Amiinn..

  26.  

    smoga keselamatan&perlindunganNYA,slu myertai beliau.slam NKRI….

  27.  

    Salut! Ini tipikal prajurit TNI yang sederhana, jujur tulus, dan berprestasi. Prestasi tertingginya terlihat pada anak anak yang dia didik dan besarkan, baik anak kandung ataupun anak didiknya. Keren!

  28.  

    Hebat ini merasakan semua tingkatan dari tamtama, bintara, sampe perwira, jarang jarang loh kea gini biasa bintara pensiun kapten aja susah, ini dari tamtama

 Leave a Reply