Mar 102018
 

Sistem pertahanan udara jarak menengah, MBDA Aster-30. © Georges Seguin via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Singapura telah mengumumkan pertama kalinya bahwa mereka telah mengoperasikan sistem pertahanan udara jarak menengah MBDA Aster-30 yang telah dipesan pada akhir musim panas 2013, seperti dilansir dari Defense Aerospace.

Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen telah mengkonfirmasi pengiriman sistem pertahanan udara jarak menengah tersebut dalam sebuah pidato dihadapan komite pertahanan parlemen tanggal 2 Maret.

Ng Eng Hen mengatakan bahwa MBDA Aster-30 adalah sistem pertahanan udara yang digunakan oleh militer maju seperti Prancis dan Italia. Kemampuan Aster-30 berkali-kali lebih kuat daripada sistem pertahanan udara berbasis I-Hawk saat ini.

“Sistem Aster akan memungkinkan kita untuk melawan banyak ancaman secara bersamaan dan dari jarak yang lebih jauh. Ini akan melengkapi sistem Spyder yang telah kita operasikan dan bersama-sama, mereka akan menyediakan perisai pertahanan udara berlapis”, jelas Ng Eng Hen.

Sebuah lembar fakta tentang Aster-30 diterbitkan pada waktu yang sama di situs web Kementerian Pertahanan Singapura.

Sistem jaringan pertahanan udara generasi ke-3 Angkatan Udara Singapura. © Singapore MoD

Pada saat itu juga, CEO MBDA Eropa, Antoine Bouvier, mencatat bahwa Aster-30 telah dipilih oleh Singapura mengalahkan sistem pertahanan udara Amerika dan Israel berkat “kinerja” dan juga “harganya”.

“Langit kita akan lebih terlindungi dengan sistem persenjataan canggih, kita juga baru saja menambahkan sistem pertahanan udara Aster-30”, kata Ng pada tanggal 2 Maret.

Meskipun Aster-30 baru saja dikirim, kemungkinan itu akan menjadi bagian dari sistem Island Air Defense (IAD) Angkatan Udara Republik Singapura (RSAF). Jaringan IAD yang mencakup seluruh wilayah Singapura (seluas 966 km per segi), menghubungkan semua senjata RSAF dan sensor pertahanan udara, termasuk jet tempur, sistem pertahanan udara dan radar.

Bagikan:

  24 Responses to “MBDA Aster-30 Singapura Kini Telah Beroperasi”

  1.  

    Nasam.kpan tiba

  2.  

    Kita jgn kalah hrs ada s 400 dong pak rr? Jika ga ada dana min hrs hq 9 tel yg terbaru masa kalah dengan singapura? ?? Singapura yg kecil tpi kaya dah punya ga pantas !

  3.  

    NASAMS 2 Vs MBDA Aster-30

  4.  

    Perkiraan …
    Jarak terdekat Sing ke Batam 13.5 km
    Jarak Sing ke Airport Batam 24 km

    Aster 30 punya dia mampu menyapu seluruh ruang udara pulau Batam !!!

  5.  

    Itu hanya payung udara gak usah khawatir nak buru2 beli s 400 TNI cukup beli iskander-M saja,yakin dech sin gak akan tidur nyenyak siang malam.

  6.  

    SINGAPURA ANCAMAN NYATA NKRI…

  7.  

    Singapura dgn luas wilayah kecil tapi persenjataannya sangat berlebihan dlm kuantitas jg kualitas, emang sapa yg menjadi acuan negara yg dianggap mengancam kedaulatannya?he3. Sementara NKRI yg sangat luas masih kekurangan persenjataan baik kuantitas dan kualitas padahal potensi ancaman sangat besar!he3

  8.  

    lama bnget ya’….kontrak thn 2013,..baru operasional thn ini,…kaya’ny yg bikin lama,..memadukan antara sistem spyder dgn aster 30 ini,…atau operator singapur butuh bbrapa tahun belajar menggunakannya??….

    •  

      Kyknya yg lama setting dan sdmnya bung…, hikmah buat pemangku kepentingan negeri ini, sdh jgn berputar putar issue dalam negeri saja…

      Marilah berorientasi “luar” ,lihatlah negara tetangga sdh pada menyiapkan diri semua dan bahkan berhitung proyeksi ancaman luar..

      Marilah lengkapi dengan pengawasan paling luar ” pagar”ini. Bila perlu beli s400 tanpa berputar putar deal maupun issue.
      Niscaya negeri ini perlahan tapi pasti disegani

      Cmiiw

  9.  

    Jangan kalah, bahaya nih,minimal beli brahmos apa kembangin rhan kita dengan sistem yang baik

  10.  

    wajar sj Upil dpt Duit dr Koruptor & dana nasabah indonesia utk membeli alutsista canggih

  11.  

    Tp aster ga dpt serang invasi drone kecil yg terbang rendah kan?

  12.  

    Nasam 2 & s 400 wajib beli

  13.  

    Menurut saya kembangkan satelite militer dulu jika satelite sudah mumpuni anti missile akan lebih mudah di operasikan karena sisyem persenjatan moderen sekarang ini mengunakan sistem yg berbasis satelite

  14.  

    #wp_comment_post curang lagi
    tulisan susah payah ngukirnya dimakan mentah mentah

  15.  

    kasihan Indonesia . gak apa biar merangkak yg penting ada usaha lah

  16.  

    singapura klo d tembaki arteleri apa bisa nangkis? nympe ga ya ?

 Leave a Reply