Mar 232019
 

Uji tembak perdana Brimstone 3 dari lapangan Uji Vidsel, Swedia © MBDA Systems

JakartaGreater.com – Sistem rudal presisi ultra-tinggi Brimstone 3 telah berhasil mencapai tonggak utamanya dengan menyelesaikan uji coba penembakan perdana dari lapangan Uji Vidsel di Swedia, seperti dilansir dari rilis pers perusahaan pada hari Kamis.

Mampu bertahan dalam kondisi cuaca ekstrem dengan suhu di bawah -30 °C, rudal itu diluncurkan dari permukaan terhadap sasaran truk pick-up. Semua tujuan uji coba telah sepenuhnya tercapai dengan pembuktian rudal, melalui unit telemetri, dengan panduan pencari (seeker) canggih untuk melacak dan mencapai target.

Russell Jamieson, Chief Engineer, mengatakan bahwa “Uji coba lebih lanjut membuktikan pendekatan platform Brimstone 3 yang sepenuhnya fleksibel, menyediakan kemampuan satu rudal untuk beberapa platform, seperti peluncur permukaan, jet tempur, sistem udara dikendalikan dari jarak jauh (RPAS), helikopter serang, platform darat dan maritim, semua menggunakan rudal yang sama. Hasilnya benar-benar sukses luar biasa, dan terima kasih atas kerja keras dan tekad seluruh tim”.

Kemampuan permukaan ke permukaan yang ditunjukkan ini, dibangun di atas panduan lanjutan dan kemampuan penargetan yang dikembangkan selama program Brimstone dan dari ratusan operasional penembakan yang sukses terhadap target dalam struktur, tank tempur utama/kendaraan lapis baja, kapal maritim, truk, mobil/motor yang bergerak cepat dan bermanuver dan target individu di tempat terbuka.

Uji tembak perdana Brimstone 3 dari lapangan Uji Vidsel, Swedia © MBDA Systems

Brimstone 3 adalah sebuah produk dari Program Kemampuan Keberlanjutan (CSP), yang diumumkan pada bulan Maret 2018, yang akan memberikan rudal Brimstone baru untuk Angkatan Bersenjata Inggris dalam rangka mengisi kembali inventaris negara dan untuk mempertahankan keunggulan medan perang Inggris di masa depan. Brimstone 3  juga diharapkan untuk dapat memberikan kemampuan dan sepenuhnya memenuhi kebutuhan pasokan ekspor saat ini dan masa depan.

Rudal Brimstone 3 yang baru dibangun akan menggabungkan seluruh aspek peningkatan fungsionalitas yang ditawarkan oleh peningkatan spiral Brimstone yang telah berlangsung selama beberapa tahun terakhir yang mencakup pencari laser semi-aktif dual mode (SAL) / gelombang milimeter (mmW), upgrade autopilot serta motor roket dan hulu ledak baru yang tidak peka terhadap amunisi, semuanya bergabung untuk memberikan kemampuan kinerja yang unik dari Brimstone 3 terhadap target yang paling menantang. Serta standar perangkat keras baru juga akan memungkinkan tambahan peningkatan kemampuan lebih lanjut di masa depan.