MBDA Sukses Uji Rudal Pertahanan Udara CAMM-ER

CAMM ER Live Firing 1

Alutsista – Perusahaan pertahanan MBDA berhasil menyelesaikan uji penembakan rudal pertahanan udara CAMM-ER terhadap target manuver, yang menegaskan kemampuan dari sistem rudal keluarga CAMM ini. Uji tembak berlangsung di lapangan tembak Italia.

CAMM-ER merupakan rudal yang jaraknya ditingkatkan dari sistem pertahanan udara CAMM family generasi baru, dirilis MBDA, 24/6/2021.

Semua rudal anggota keluarga CAMM berbagi sistem pencari radar aktif dan soft-launch mutakhir yang sama, dengan CAMM-ER menampilkan motor roket yang lebih besar yang dirancang oleh AVIO untuk memberikan jangkauan yang lebih jauh hingga lebih dari 40 km.

CAMM-ER dirancang untuk menggantikan amunisi Aspide di Medium Advanced Air Defense System (MAADS) Angkatan Udara Italia dan sistem pertahanan udara GRIFO Angkatan Darat Italia.

CAMM-ER adalah rudal yang akan digunakan dalam sistem NG Albatros, yang menyediakan solusi pertahanan udara berbasis angkatan laut (NBAD) yang dioptimalkan untuk meningkatkan kemampuan pertahanan armada angkatan laut.

Rudal CAMM-ER mampu memberikan pertahanan diri dan area lokal terhadap ancaman udara pada jarak 40 hingga 45 km.

rudal CAMM ER Live Firing

MBDA Sukses Uji Rudal Pertahanan Udara CAMM-ER, 24/6/2021. (@MBDA)

Rudal untuk peluncur Albatros NG

MBDA mendapatkan kontrak pertama, 3-3-2021, untuk memasang peluncur Albatros NG pada Rudal pertahanan udara berbasis CAMM-ER (Common Anti-air Modular Missile Extended Range) yang baru.

Pesanan pertama dari pelanggan internasional yang dirahasiakan ini menandai validasi lebih lanjut dari daya tarik keluarga Rudal pertahanan udara CAMM-ER di pasar global.

CAMM-ER adalah Rudal dengan tingkat tembakan yang tinggi untuk menetralisir beberapa target sekaligus di dalam medan pertempuran yang sengit dan berlapis.

Rudal ini diluncurkan secara soft vertikal untuk mengurangi jejak peluncuran yang bisa dideteksi lawan dan untuk meningkatkan kinerja Rudal.

Rudal dengan panjang 4,2 meter, diameter 190mm dan bobot 160 kg yang ringkas, memungkinkan beberapa Rudal muat di ruang terbatas.

CAMM-ER juga kompatibel dengan sensor pengawasan untuk penargetan Peluncuran vertikal cakupan 360 derajat di semua sektor peluncuran.

Peluncur Albatros NG merupakan sistem Naval Based Air Defense (NBAD) generasi baru, untuk mengoperasikan Rudal CAMM-ER dengan jangkauan 40 kilometer.

Berdasarkan ketentuan pesanan yang diterima MBDA, Albatros NG akan beroperasi pada tahun 2024.

Albatros NG, mendapatkan namanya dari sistem Albatros lama yang telah digunakan oleh Angkatan Laut Italia dan beberapa pelanggan ekspor selama bertahun-tahun.

Sistem Rudal ini cocok untuk berbagai jenis kapal yang menyediakan kemampuan pertahanan udara untuk platform mulai dari kapal patroli dan korvet hingga kapal perusak.

Sistem Albatros NG memungkinkannya menjadi lapisan pelengkap untuk kapal yang lebih besar seperti fregat dan kapal perusak yang sudah dilengkapi dengan sistem pertahanan udara jarak jauh.

Albatros NG dapat diintegrasikan, tanpa perubahan signifikan ke dalam desain kapal. Command & Control (C2)-nya dirancang untuk memungkinkan integrasi yang fleksibel dengan Sistem Manajemen Tempur (CMS) kapal perang angkatan laut yang baru atau yang sudah ada.

*Foto: MBDA Sukses Uji Rudal Pertahanan Udara CAMM-ER, 24/6/2021. (@MBDA).

Leave a Reply