MBT-3000 Norinco Varian Baru

54
123

image

Versi terbaru dari MBT-3000, yang juga dikenal sebagai VT-4, memiliki lapis baja komposit di bagian frontal tank dan para pejabat China mengungkapkan bagian samping skirt juga terbuat dari baja komposit yang kaku di mana baja reaktif eksplosif (ERA) dapat ditambahkan.

Ketika pertama kali terungkap, MBT-3000 dilengkapi dengan senapan mesin roof-mount sederhana 12,7 mm. Kini versi terbaru dilengkapi dengan senjata baru, roof-mount, Remote Weapon System (RWS) 12,7 mm MG. Senjata ini dioperasikan oleh komandan tank dan memiliki kemampuan anti-pesawat, sehingga berguna dalam operasi perkotaan.

Sumber-sumber China juga mengatakan MBT-3000 dapat dilengkapi sistem pertahanan aktif – GL5 – tapi belum dikonfirmasi apakah itu ADS hard kill atau ADS soft kill.

Para pejabat juga menegaskan peralatan kontrol senjata (GCE) semua elektrik, dan gambar yang disiarkan oleh China dalam acara televisi menyatakan canon 125 mm smooth bore didukung horizontal automatic loader yang memuat proyektil secara otomatis.

image
Versi terbaru dari MBT-3000, yang juga dikenal sebagai VT-4, memiliki lapis baja komposit di bagian frontal tank dan para pejabat China mengungkapkan bahwa bagian samping skirt juga terbuat dari baja komposit yang kaku di mana baja reaktif eksplosif (ERA) dapat ditambahkan.

MBT-3000 membuat debut internasional pertama pada bulan Juni 2012 di pameran pertahanan Eurosatory di Paris. Selain MBT-3000, Norinco juga menawarkan MBT-2000 – yang memiliki bobot tempur 48 ton – dan VT2, yang memiliki berat tempur 42 ton.

Di Pameran Eurosatory pejabat Norinco menggambarkan MBT-3000 sebagai MBT yang paling modern yang mereka tawarkan di pasar ekspor hingga saat ini, dengan menunjuk pada fakta bahwa tank itu sepenuhnya digital, AC, dan dilengkapi dengan over-pressure NBC system dan navigasi inersial / Global Positioning System.(Janes.com).

54 KOMENTAR

      • Betul bung andri … dari semua produk apapun baik itu militer atau sipil daya tahan n detail produk eropa paling unggul dengan kualitas yg terbaik .. karena keselamatan personil yg memakainya lebih dilindungi daro accident beda ma produk cina yg penting serupa tapi kualitas n keselamatan buat usernya ga dipikir .. salam kenal

  1. Seperti tiruan hp supercopy yg dijual rp1.150.000 obral .. tiruan samung s4 s5 iphone dll . Spesifikasi ram 2gb dll kamera 4mp .. sampe motor , mobil , bus transjakarta sampe alat militer bertekhnologi rendah ak47 sampe rudal pesawat tempur canggih … j17 berbodi besi gampang dijejak rudal pencari panas .. bener2 supercopy .. menciptakan lebih susah daripada mengembangkan

  2. berarti tinggal nge hack satelit cina bisa tau mbtnya pd dimana. lalu buat antidotnya. lama kelamaan tambah canggih tapi tambah konyol. kalo fully oto di kasih virus doang kenapa, pasti berhenti dah, paling minim ngga optimal kerjanya
    heeeeeh(narik nafas panjang)

  3. Made in china..
    kapal perang udah,rudal udah,layangan udah,maenan darat udah,,,kalo perangkat nyelem belum y?
    apalagi yg belum made in china yak maenan perang2nya?hehe
    merujuk ms_p90..maenan boleh sama..taktik bisa mengalahkan ato dikalahkan..at least…..
    Sedikit pertanyaan anak awam..hehe
    nuhun

    • Masih belum nangkep neh otak saya,kbanyakan mkan oncom sya 😆
      Sama bung arumanis,sya juga msih awam,sya sipil jdi gak paham keadaan d lapangan,moga yg lain bs menjelaskanan.
      Sya gak brani bahas RI v China,
      Yg saya tau dri jaman apapun kenyataan d medan perang gak selalu si pemilik alutsista terbaik yg d pastikan menang,beda teori beda praktek,
      Cuma tau kemampuan TNI sudah sangat baik,

    • Kalau koment d kolom no.1 yg saya maksud MBT/kelas Tank Tempur Utama yaitu Leopard 2a4 juga Marder Leo utk angkut personel udah mumpuni,bahkan kabarnya lebih baik d banding Leo si upil,utk AD jgn pke MBT china,utk Tank ringan mungkin gak msalah andai produk cina
      Memang lbih berat Leo d banding vt-4,
      Speed sama Main Armament menang vt-4,Main Armament Leo 120mm punya kestabilan tinggi,kalau VT-4 meriam utama pke 125mm tapi sya gak tau stabil atw nggak,kalau msalah armor masing” tank nah ini sya gak paham klw nahan gempuran lebih bagus yg mana,,imho

      • Bung ms_p90..
        ane mah setuju bgt dng opini bung mengenai maenan tdk menjadikan kemenangan mutlak dlm bertempur..ada faktor joki dn ada faktor strategi dn faktor mental..
        tp bang..apakah hanya china ni3h yg tukang niron?perasaan mah dr dulu jg blok timur blok barat sudah sering copy paste kan?atau spt samsung niron apple?
        jd sesuatu yg wajar kan?3m..melihat..mencontoh..memperbaiki..bukan?
        Btw tengkyu bung atas ilmunya..nuhun pisan..kasep euy..

        • Iya bung,klw soal copas maenan apapun psti bnyak negara” lain juga gitu,
          Klw gak salah AS juga sempet ngajak Jerman ngembangin sebuah Tank hebat wlwpun akhirnya Jerman menolak,nah ada yg mau copas kekurangan MBT-nya tuh,
          Klw msalah copas Cina emang jagonya,bahkan mobil Verrari aja d jiplak kw-nya 😆
          Klw negara lain mungkin caranya ToT atw kerjasama membuat suatu produk wlwpun intinya ttp copas,imho
          Tanpa ToT atw Ilmuwan yg punya otak cerdas setau saya mainannya gak akan sesempurna variant aslinya,wlw punya bentuk serupa. Maaf klw sya sok tau ya bung arumanis,
          Salam hangat utk anda,,cmiiw

  4. sorry OOT,

    BEIJING – Cina akhirnya mengkonfirmasikan keberadaan rudal balistik jarak jauh baru miliknya, sebuah media melaporkan.

    Sebuah fasilitas militer di Provinsi Shaanxi, barat laut Cina telah menyelesaikan proyek rudal balistik (ICBM) Dongfeng-41 (DF-41) baru, seperti dilansir Global Times, Senin (04/08/2014).

    Pernyataan tersebut menjadi konfirmasi resmi pertama Cina tentang rudal DF-41 yang bisa membawa “multiple independently targetable re-entry vehicles”.

    Kabarnya, DF-41 memiliki jangkauan 12.000 km dan menjadi salah satu rudal dengan jangkauan terpanjang di dunia.

    Cina selama ini menuding Amerika Serikat telah memicu ketegangan di Asia Timur dengan menghasut negara-negara regional dalam aksi militer berbahaya seperti klaim teritorial di Selatan dan Timur laut Cina.

    Analis menilai, upaya Amerika meningkatkan kehadirannya di kawasan itu dapat diartikan sebagai ancaman bagi Cina. Beijing sendiri menuntut Washington agar tidak campur tangan dalam sengketa regional tersebut.

  5. Senjata Cina muktahir semua tapi sayang belum ketauan battle provennya..pengen liat Cina perang dengan negara mana gitu biar keliatan senjatanya Ganas atau bubar kabeh..ini tank full digital jadi kalau kena bom elektronik/EMP lgsg mogok ya?..gk jadi perang donk?…

  6. ga usah terlalu dianggep serius bung, mbt begini ga bakalan di beli indonesia karena terlalu mahal. per unitnya 5 jt us dollar, mending beli tank bekas dapet dua unit, tinggal cat kinclong lagi seperti baru. apalagi dapet bonus tank marder bekas juga.