May 182018
 

Type 001A atau CV-17 adalah kapal induk kedua Angkatan Laut China. © GG001213 via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Sama seperti kapal induk buatan China pertama, yang terbaru ini dikenal sebagai kapal induk Tipe 001A, telah dikirimkan keluar untuk uji coba laut skala penuh, media China mulai mengemukakan gagasan bahwa Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) membutuhkan empat unit lagi, seperti dilansir dari laman Asia Times.

Saat ini, China hanya memiliki satu kapal induk yang beroperasi penuh yaitu Liaoning, yang dibangun kembali menggunakan kapal induk Rusia era Soviet yang belum selesai bernama Varyag. China membangun kapal induk keduanya Tipe 001A, sendiri dan kini sedang menjalani tes. Kapal induk baru mungkin dikirimkan ke Angkatan Laut China (PLA Navy) pada akhir tahun dan akan ditugaskan dalam dua tahun ke depan, sebut  Asia Times melaporkan.

Menurut Asia Times, media China tersebut menyarankan bahwa PLA Navy butuh total enam kapal induk untuk membentuk grup tempur demi memajukan kepentingan Cina di wilayah tersebut. Outlet berita itu juga menunjukkan bahwa kapal induk tambahan akan membantu China untuk menangani “keadaan darurat di beberapa front” dalam “skenario terburuk”.

Kapal induk ketiga, menurut spekulasi Asia Times bisa dibangun di dekade mendatang. Namun, para pejabat belum secara resmi berbicara tentang masalah ini.

Meski demikian tidak semua outlet berita China mendorong cerita yang sama – laporan media pemerintah menyatakan bahwa Beijing tidak berniat untuk memulai “perlombaan senjata kapal induk” dengan Amerika Serikat, yang memiliki total 20 unit saat ini.

Wang Yunfei, seorang pakar Angkatan Laut yang bermarkas di Beijing dan pensiunan PLA Navy mengatakan bahwa China tak berniat membangun sebanyak mungkin kapal induk seperti yang disarankan, dia juga menekankan bahwa tujuan China bukan untuk menyamai AS.

“Misi PLA Navy adalah untuk menjaga kedaulatan China, integritas teritorial dan kepentingan nasional, daripada memainkan peran sebagai polisi dunia”, katanya.

Apakah para pemimpin militer China memutuskan atau tidak untuk membangun lebih banyak kapal induk, tim galangan kapal siap untuk tantangan itu, sebut Hu Wenming, ketua Perusahaan Industri Kapal China dalam wawancara televisi.

“Kami telah membentuk tim ahli dalam penelitian, desain serta konstruksi kapal induk dan usia rata-rata mereka baru 36 tahun”, kata Hu, menurut laporan South China Morning Post. “Di masa depan, jika negara ini ingin mengembangkan semua jenis kapal induk, kami punya kemampuan untuk melakukannya”.

Kapal induk Tipe 001A buatan China membutuhkan waktu selama empat tahun untuk dibangun. Tidak jelas kapan negara itu dapat mulai membuat kapal induk berikutnya.

  30 Responses to “Media China Sarankan Beijing Miliki Enam Kapal Induk”

  1.  

    Halah, percuma China buat kapal induk, ntar juga ngebul lagi kayak Kuznetsov. Atau kalo masang mesin nuklir juga berisik banget Ampe kedengaran ratusan mil laut. Buat kasel nuklir aja masih berisik apalagi kapal induk yg gede.

    Lagian China juga belum punya doktrin yg mapan dalam strategi penggunaan kapal induk dalam misi militer/non militer. Ketemu Jepang, disikat habis tuh China. Hhhhhhhhhh

    •  

      Masih ngaur juga, kpl induk kuznetsov itu blm menggunakan energi nuklir, klu loe tdk mau berisik kpl induk yaa loe sorong itu kpl, yaa semoga loe kgk dikejar hiu.

      kapal induk tiongkok itu bkn kapal induk tempur sama sprti kapal induk amerika bukan kpl induk tempur, tapi hanya kapal induk penggendong armada tempur yg kapl induk trsebut sudah memiliki antisivasi tingkat ancaman yg datang, tapi bukan berarti kapal induk tempur.

      klu mau kpl tempur sprti fregat & sebagainya, klu utk didalam laut yaa kaselpur kapal selam tempur, tapi cuma kuznetsov kpl induk tempur

      Hahhaahaaaa

      •  

        Menarik, Kuznetsov itu kalo mau ganti ke nuklir harus bongkar Hull dan itu biayanya hampir sama dengan membuat baru. Tahun lalu aja Kremlin udah motong setengah dari total anggaran buat perbaikan Kuznetsov. Lah gimana caranya mau masang reaktor nuklir?? Emangnya tuh kapal mau diiket di rudal SATAN apa??? Hhhhhhhhhh

        Nah, doktrin militer Uni Soviet waktu buat Admiral Kuznetsov itu hanya untuk defensif, makanya dipasang rudal P-700 Granit yg jaraknya hanya sampai 625 km dan pespur Su-33 hanya disiagakan untuk menghadapi serbuan udara musuh. Masalahnya, armada kapal induk Rusia belum punya cara untuk bertempur secara kolaboratif dari jarak sejauh 800 km, sedangkan kapal induk USN mampu melakukan serangan pada jarak 800-1200 km. Kapal induk Rusia belum mampu membawa pesawat AEW&E sedangkan Nimitz class bisa bawa 2-3 biji E-2D Hawkeye. Jangkauan terbangnya aja 1000 km, jangkauan radar 540 km dan dg AN/APY-9 UHF, Hawkeye bisa mendeteksi pespur generasi kelima seperti J-20, J-31 dan Su-57 dari jarak 540 km juga. Jelas Kuznetsov bukan menjadi ancaman berarti untuk Nimitz class bila terjadi pertempuran terbuka.

        •  

          loe bandingkan pula kapal induk jadul dgn yg sekarang, tapi masih untunglah kgk loe bandingi kapal induk nimitz dgn kapal ikan.

          tapi apapun yg loe bilang tentang kapal induk amerika? blm pernah brperang setlh perang dunia kedua

          hahhaahaaaa

  2.  

    Mau perang sama siapa

    •  

      Nah itu dia, si Chino buat kapal induk itu mau dipake buat perang sama siapa coba. Hhhhhhhhhh

      •  

        Mungkin mau mencaplok amerika kalleeee, krna utang blm juga dibayar

        Hahhaahaaaa

        •  

          USA nyetak uang aja, kelar tuh utang. Hhhhhhhhhh

          •  

            Yg Ada Malahan AS Kena menyebabkan Inflasi Kebutuhan Hidup Makin Mahal Sekaligus Nilai USD Anjlok Drastis. 😆

          •  

            Klu nyetak uang semudah itu ngapai ngutang, jual senjata dan perdagangan2an lainnya! Ma’af Gak logika komennya bung.

          •  

            Loh, banyak orang diseluruh dunia ingin The FED mempertahankan suku bunga dan tetap mengeluarkan quantitative easing agar lebih banyak uang Dollar yg dicetak. Inflasi justru yg dicari USA setelah hampir satu dekade mengalami deflasi. Loh, ngutang itu juga pake US Dollar juga bung, jadi itu uang ya muter lagi di USA. Makanya walopun total utangnya udah lebih dari 100% dari GDP USA, mereka gak kuatir tuh. Beda dg Indonesia yg baru naik jadi 30% aja ributnya kayak mau kolaps nih negeri. Hhhhhhhhhh

          •  

            Lha Klau Emang Begitu Ngapain AS Gk Ngelakuin Itu?. 😆

          •  

            katanya sih, tiongkok tdk menerima dolar dlm bentuk pembayaran utang, tapi tiongkok hanya menerima emas dlm bentuk pembayaran utang.

            tapi yg namanya utang jk dibayarkan akan membuat keuangan berkurang, gk mungkin bertambah, kecuali hasil utang tersebut produktif

            hahhaahaaaa

  3.  

    sudah bisa diperkirakan, kemarin presiden xi jinping bilang tahun 2050 china akan menjadi negara superpower.. Kalau target 6 unit kapal induk sampai tahun itu sangat realistis, mungkin 3 konvensional 3 nuklir.

    https://www.globalfirepower.com/navy-destroyers.asp
    Kekuatan PLA Navy sekarang 2 kapal induk(1 sea trial), 29 destroyer, 50 fregat, 39 Korvet, 70 kapal selam, 200 kapal sekelas KCR.

    Tahun 2050 atau 32 tahun dari sekarang pasti lebih garang kemungkinan diperkuat.. 6 kapal induk, 60-70 Destroyer, 75 fregat, 60 korvet, 80 kapal selam.

    Bayangkan jika dlm satu gelar kekuatannnya 1 kapal induk dikawal 10 destroyer, 15 fregat, 10 korvet. semoga saat itu Indonesia sudah siap memiliki minimal 6 destroyer, 10 heavy fregat, 15 fregat KRI REM Class, 25 korvet, 20-30 kapal selam U-214 + KSS-III/Soryu class/Barra uda class. ??.. semoga saja..

  4.  

    Indonesia cuma mengharap beli dan hibah ALUSTITA baru dari USA bung jika perang dg CHINA gak perlu puyeng kok hahahaaaa

  5.  

    Beli barang bekas lgsg dijiplak ditambah perbaikan2 design, tp tetap kualitas permesinan masih dibawah barat, mn HK sales produk China nih?he3.

  6.  

    Taiwan cuma di blokade dg tiga armada kapal induk dah nyerah..

    Kl indo tak pandai memilih kawan dan lawan..
    China bisa berang dan jln terbaik adlh blokade jawa dg armada kapal induknya slesai urusan…
    Mau minta bantuan sapa..
    india usa blg waduch kl kirim senjata sih boleh boleh aja tp kl bertempur dg china scr lgsung bisa tekor bandar..

    Ha ha ha

    Blokade=embargo+sangsi+tetekbengek

    Ha ha ha

    •  

      Pertanyaannya, emangnya China Berani??? Yg dibelakang Taiwan hampir seluruh negara kuat di Dunia loh. Ntar bukannya Taiwan yg diblokade malah jadi China yg diembargo. Hhhhhhhhhh

      •  

        Hare gene masih tanya nyalii china…

        Ha ha ha

        Contoh kecil tengok lcs pakistan thailand dan yg masih samar samar sedap indo menyusull

        Ha ha ha..

  7.  

    Kl sudah begini saran saya indo harus byk produksi kasel dan rudal..

    Ha ha ha

  8.  

    Indonesia harus segera bikin kasel yg banyak terutama kasel mini 100 biji dah cukup, banyakin roket setara astros untuk di taruh di kapal kapal patroli bakmala dll, 500 tank boat dengan senjata anti kpal dan udara untuk nenghajar kpl dan pesawat musuh, heli anti kasel sebanyak mungkin, banyakin korvet sekelas buyan dan instal rudal sekelas yahont dan brahmos

  9.  

    Kira2 diadu serudukan dgn kapal induk amrik menang mana yah?

 Leave a Reply