Mei 182018
 

Type 001A atau CV-17 adalah kapal induk kedua Angkatan Laut China. © GG001213 via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Sama seperti kapal induk buatan China pertama, yang terbaru ini dikenal sebagai kapal induk Tipe 001A, telah dikirimkan keluar untuk uji coba laut skala penuh, media China mulai mengemukakan gagasan bahwa Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) membutuhkan empat unit lagi, seperti dilansir dari laman Asia Times.

Saat ini, China hanya memiliki satu kapal induk yang beroperasi penuh yaitu Liaoning, yang dibangun kembali menggunakan kapal induk Rusia era Soviet yang belum selesai bernama Varyag. China membangun kapal induk keduanya Tipe 001A, sendiri dan kini sedang menjalani tes. Kapal induk baru mungkin dikirimkan ke Angkatan Laut China (PLA Navy) pada akhir tahun dan akan ditugaskan dalam dua tahun ke depan, sebut  Asia Times melaporkan.

Menurut Asia Times, media China tersebut menyarankan bahwa PLA Navy butuh total enam kapal induk untuk membentuk grup tempur demi memajukan kepentingan Cina di wilayah tersebut. Outlet berita itu juga menunjukkan bahwa kapal induk tambahan akan membantu China untuk menangani “keadaan darurat di beberapa front” dalam “skenario terburuk”.

Kapal induk ketiga, menurut spekulasi Asia Times bisa dibangun di dekade mendatang. Namun, para pejabat belum secara resmi berbicara tentang masalah ini.

Meski demikian tidak semua outlet berita China mendorong cerita yang sama – laporan media pemerintah menyatakan bahwa Beijing tidak berniat untuk memulai “perlombaan senjata kapal induk” dengan Amerika Serikat, yang memiliki total 20 unit saat ini.

Wang Yunfei, seorang pakar Angkatan Laut yang bermarkas di Beijing dan pensiunan PLA Navy mengatakan bahwa China tak berniat membangun sebanyak mungkin kapal induk seperti yang disarankan, dia juga menekankan bahwa tujuan China bukan untuk menyamai AS.

“Misi PLA Navy adalah untuk menjaga kedaulatan China, integritas teritorial dan kepentingan nasional, daripada memainkan peran sebagai polisi dunia”, katanya.

Apakah para pemimpin militer China memutuskan atau tidak untuk membangun lebih banyak kapal induk, tim galangan kapal siap untuk tantangan itu, sebut Hu Wenming, ketua Perusahaan Industri Kapal China dalam wawancara televisi.

“Kami telah membentuk tim ahli dalam penelitian, desain serta konstruksi kapal induk dan usia rata-rata mereka baru 36 tahun”, kata Hu, menurut laporan South China Morning Post. “Di masa depan, jika negara ini ingin mengembangkan semua jenis kapal induk, kami punya kemampuan untuk melakukannya”.

Kapal induk Tipe 001A buatan China membutuhkan waktu selama empat tahun untuk dibangun. Tidak jelas kapan negara itu dapat mulai membuat kapal induk berikutnya.