Jun 042018
 

Jet tempur siluman F-35I Adir di Pangkalan Udara Nevatim, Israel, 12 Desember 2016 © Tech. Sgt. Brigitte N. Brantley via U.S. Air Force

JakartaGreater.com – Seorang pejabat Israel dilaporkan merasa prihatin atas penjualan jet tempur generasi kelima F-35 kepada Turki dan masalah itu sedang dibahas dengan pejabat AS untuk mencegah transfer teknologi, seperti dilansir dari laman Haaretz.

Menurut laporan harian Haaretz, pejabat Israel mengatakan bahwa negaranya ingin menjadi satu-satunya negara di Timur Tengah yang memiliki jet tempur siluman F-35 Lightning II.

Pejabat Israel juga mengatakan bahwa yang menjadi pusat pembicaraan antara Israel dan AS adalah soal pencegahan transfer teknologi yang akan memperluas kapasitas F-35 kepada Turki.

“Israel dan AS membahas mengenai pengiriman jet tanpa perangkat lunak yang mampu untuk meningkatkan kinerja, sehingga Israel tetap memiliki keunggulan”, tulis laporan itu.

Adapun menurut sumber-sumber pertahanan Israel, mereka mengatakan akan sangat sulit untuk mencegah pengiriman 100 unit F-35 pesanan Turki karena termasuk dalam proses produksi F-35.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pada hari Rabu mengatakan di Capitol Hill bahwa dia belum membuat keputusan mengenai pengiriman pesawat tempur F-35 ke Turki.

Sekretariat Industri Pertahanan (SSM) Turki berencana untuk memasok 100 pesawat F-35A ke Komando Angkatan Udara Turki sebagai bagian dari Proyek JSF, yang mana Turki telah bergabung sebagai negara mitra, untuk memenuhi kebutuhan dari pesawat tempur Komando Angkatan Udara generasi mendatang.

Komite Eksekutif Industri Pertahanan Turki membuat keputusan pengadaan untuk 30 pesawat pertama, dan pengiriman jet tempur F-35 pertama dijadwalkan pada 21 Juni dengan upacara di fasilitas Fort Worth Lockheed Martin. Dua jet tempur pertama akan dikerahkan ke Pangkalan Angkatan Udara Luke di Amerika Serikat untuk melatih pilot Turki.

Setelah melatih pilot dan mengirim jet tempur ke Turki, pesawat itu akan dikerahkan ke Komando Tempur Utama Malatya pada November 2019. Modernisasi Pangkalan Udara Malatya untuk memenuhi persyaratan pesawat harus selesai akhir tahun ini.

Industri domestik Turki telah memainkan peran pentingnya dalam proyek Joint Strike Fighter (JSF) dan perusahaan-perusahaan yang ikut berpartisipasi ini diharapkan dapat menghasilkan laba sebesar $ 12 miliar.

Berbagi

  17 Responses to “Media: Israel Berusaha Blokir Transfer F-35 ke Turki”

  1.  

    begitu takutnya israel

  2.  

    Lobi2 Wahyudi menggurita dan komunitas2 mereka memegang posisi2 penting termasuk ekonomi dinegara2 Eropa dan Amerika!he3

  3.  

    Pasti dapat. Hanya yang kw16. Bukan yang jenis superA1 Haha.

  4.  

    Turki jelas harus was was dikasih barang KW maklum AS di pengaruhin Yahudi makanya Turki ngotot beli S 400 dari Rusia untuk latih tanding,..dengan demikian akan kelihatan F35 sejati atau bukan,.. lebih2 kalau dikasih F35 tanpa software akan sangat sulit masuk mode stealth

  5.  

    Israel lagi galau….merinding dangdut kalau 100 biji apabila telah di terima Turki.

  6.  

    Kata Si Kukuruyuk Kemungkinan F-35 di Akuisisi TNI-AU Sbg Workhouse

  7.  

    Ah.. ada2 saja sirael ini… bikin mamirika puyeng aja… kini pilihannya ada 2… mengikuti kemauan anak emasnya ato membiarkan turki melirik SU-57…. tp kayaknya mamirka akan memilih yg pertama dg kompensasi penguatan tambahan bagi sirael….

  8.  

    Kalau penjualan F35 Ke turki dibatalkan Oleh USA . Maka yang rugi adalah USA itu sendiri …
    Lagipula F35 itu juga bukan fighter planes yang bagus..
    Seharusnya turki bisa beralih ke negara lain….seperti Russia Atau perancis… dll….

  9.  

    Turkey dan Israel modelnya sama, cara berpikirnya serupa tapi tak sama.

    Keduanya suka menggonggong keras2 biar dikira hebat 😀

    •  

      Sm kek malon yg suka menggonggong bualan keras2 wkkkk…

      Nama udah bagus otak beruk provokator, mending ganti aja nama luh jadi mamat cilok yee lon wkkkkk…

  10.  

    tapi diantara keduanya yg hebat tetep aja israel kan?..

  11.  

    FNC Fox [email protected] Bedanya Israel sma Malon. Klo Israel tegas banget, jadi klo Israel merasa ada ancaman di sekitar wilayahnya pasti langsung di serang oleh Israel. Jangan kan ancaman di sekitar wilayahnya, lewati pagar pembatas aja di tembak mati.

    Nah klo malon, klo ada ancaman di sekitarnya di biarin aja. Sama nelayan China aja kabur… wkwkkwkw

    Malu dong sama kucing… Meoooooonnnggg

    •  

      Wkkkkk… Memang bangsa pengecut ko dek itu malon Kalau nelayan cina masuk sini langsung di usir kalau si si beruk mana berani, Lah merdeka nya aja ngemis2 minta wkkkk… Beda sm kita yg bertarung habis2an… Sigma kta pun di beli memang buat menghadapi ancaman tapi si malon beli Itu gowind keknya buat ngawal nelayan cina mancing dng aman wkkkkk…

 Leave a Reply