Nov 252018
 

Ilustrasi sistem pengacau sinyal (jammer) © Southfront

JakartaGreater.com – Angkatan Bersenjata Suriah berusaha untuk menonaktifkan senjata Israel tanpa perlu melakukan kontak dengan berinvestasi dalam pengembangan sistem pengacau atau jammer GPS, seperti dilansir dari laman Southfront.

Informasi tersebut diberitakan media Israel, yang berasal dari sumber-sumber intelijen, bahwa rudal-rudal Suriah dan Hizbullah mampu mengganggu Global Positioning System (GPS) AS untuk mendistorsi operasi militer Israel. Bukan hanya operasi di Suriah tetapi juga di Lebanon.

Beberapa ahli mengatakan bahwa navigasi GPS sering dipergunakan oleh militer Israel untuk menyerang target di Suriah. Senjata canggih itu membantu Israel secara akurat menyerang sasaran dari jarak yang aman.

Setelah pasukan Suriah dan Hezbollah dapat menjejaki sistem navigasi yang kompleks ini bahkan di wilayah yang terbatas, tentara Israel akan kehilangan keuntungan penting dan tidak dapat secara tepat menargetkan sasaran-sasaran di Suriah.

Jet tempur F-16 Angkatan Udara Israel © IAF/Israel MoD

Sebelumnya, DEBKAfile menyebutkan bahwa apa yang paling ditakuti oleh Israel dengan persenjataan yang dimiliki Suriah bukan sistem rudal permukaan-ke-udara S-300 yang baru diberikan oleh Rusia.

Israel melaporkan bahwa pada awal Oktober 2018, Rusia mengirim senjata super lainnya ke Suriah termasuk 10 unit truk transportasi lapis baja yang dilengkapi dengan sistem peperangan elektronika Borisoglebsk 2, yakni salah satu pernika paling modern di dunia.

Semua sistem ini akan diserahkan kepada pasukan Suriah untuk beroperasi dalam waktu dekat. Perangkat ini terletak di kota-kota pesisir Mediterania Suriah pada ketinggian 1562 meter.

Selain itu, antena dan pemancar yang kuat juga telah dikerahkan untuk memblokir dan menangkap setiap sinyal radio yang ditransmisikan dalam bentuk gelombang elektro-magnetik, baik yang dipancarkan radio militer maupun sipil.

Selain sistem ini, Rusia berencana untuk menambahkan kombinasi pernika lain seperti Richag-AV dan Moskow-1 untuk memonitrin wilayah udara Suriah, dan mentransfer data yang dikumpulkan ke sistem peperangan elektronika untuk menonaktifkan target.

Bagikan:

  4 Responses to “Media Israel: Suriah-Hizbullah Kembangkan Jammer”

  1.  

    Jammer aza peralatan Israel biar ga bisa semau nya menyerang

  2.  

    Efektifkah jammer tsb melawan teknologi Israel?

  3.  

    Jam mer berapa sekarang ???
    apa TNI sudah punya alat jammer darat ya

 Leave a Reply