Nov 222018
 

Sistem rudal pertahanan udara jarak jauh S-400 buatan Rusia ยฉ Kemenhan Rusia

JakartaGreater.com- Meskipun ancaman sanksi dari Amerika Serikat semakin meningkat dibawah CAATSA, Turki dan India tetap memilih sistem pertahanan udara buatan Rusia daripada sistem sejenis buatan AS. Menurut para ahli yang dimintai pendapatnya oleh media Jerman menyebut bahwa pilihan itu tidak hanya didasarkan pada karakteristik teknis S-400.

Alasan tumbuhnya minat internasional terhadap sistem pertahanan udara S-400 Rusia ini lebih dari sekadar keunggulan teknologi atas model saingan terdekat AS, tulis media Jerman, Die Welt yang mengutip para ahli persenjataan.

Menurut Ruslan Pukhov, kepala Pusat Analisis Strategi dan Teknologi Rusia menyebut, pasar senjata global tidak hanya didorong oleh pasokan dan permintaan, tetapi juga oleh motif politik tertentu.

“[Akuisisi sistem S-400] adalah pesan ke Washington dan Brussels”, menurut Pukhov.

Menurut ahli senjata, dengan membeli S-400 Rusia atau bahkan mengumumkan sebuah niat untuk melakukannya, hal itu menunjukkan bahwa mereka adalah negara independen dan tidak dibawah bayang-bayang Washington, yang terus-menerus mengingatkan pada mereka tentang ancaman sanksi sekunder bila lebih memilih persenjataan Rusia. Pakar itu menekankan salah satu contohnya adalah Turki, menurutnya Ankara sebenarnya tak membutuhkan sistem pertahanan udara canggih semacam itu.

Angkatan Darat AS menerima baterai pertama THAAD tahun 2009 ยฉ Lockheed Martin

Die Welt menunjukkan keuntungan lain membeli sistem S-400. Untuk membeli analog Amerika, negara asing harus melalui proses persetujuan yang ketat di Washington. Selain ini, mereka harus berhubungan baik dengan AS. Di sisi lain, proses persetujuan di Rusia jauh lebih praktis dan Moskow tidak menempatkan syarat tambahan pada penjualannya. Selain itu, Rusia juga mampu mengirimkan sistemnya lebih cepat daripada AS.

Dalam sebuah wawancara dengan Die Welt, ahli senjata lainnya, Siemon Wezeman dari lembaga think tank yang berbasis di Stockholm, SIPRI, mengatakan bahwa karakteristik teknis S-400 Rusia memang lebih unggul dari sistem sejens buatan AS.

Wezeman menambahkan bahwa secara historis Uni Soviet berada di belakang AS dalam hal jet tempur, tetapi semua itu dikompensasikan dengan pertahanan udara superior.

S-400 dikenal karena penyebarannya yang cepat dan kemampuan untuk menembak jatuh semua jenis sasaran, mulai dari rudal, pesawat yang terbang rendah hingga jet siluman di ketinggian hingga 30 km dalam radius 400 km menggunakan berbagai jenis rudal.

Sistem rudal patriot MIM-104 selama training pengerahan Patriot Advanced Capability-3 (PAC-3) di Iwakuni, Jepang. ยฉ USMC via Wikimedia Commons

Pada saat yang sama, sistem Patriot AS hanya menggunakan rudal dengan jangkauan 100 km, sementara sistem THAAD hanya dirancang untuk mencegat rudal, namun tidak bisa mencegat pesawat.

Pada bulan Oktober, Rusia dan India menandatangani kontrak senilai $ 5,4 miliar untuk memasok lima sistem S-400 mobile, meskipun AS memperingatkan bahwa mereka dapat menerapkan sanksi terhadap India. Menurut laporan, Washington mempertimbangkan untuk memberikan pengecualian atas akuisisi S-400 oleh New Delhi.

Bagikan:

  21 Responses to “Media Jerman: Tumbuhnya Minat Pada S-400 adalah Pesan Bagi AS”

  1.  

    Kalau turkey Tidak boleh beli S300/400/500 Dan BUK….lalu kompensasi nya dari USA itu apa ? Mau Diganti dengan apa ? Missile Hawk ? Stinger?
    Kalau India and turkey& Saudi Arabia bisa Beli S300/400/500 …peluang TNI untuk membeli Dan mengoperasikan semakin mudah ….karena Tidak Ada sanksi …semua sudah terlanjur punya..

  2.  

    Politik tertentu yg dimaksud adalah Real-Politik ๐Ÿ˜† dimana suatu negara lebih mengedepankan keamanan negaranya sendiri dibandingkan hubungan internasional.
    Semacam diplomasi isolasi tpi lebih elegan dan bertajuk Realisme ๐Ÿ™„
    Welcome to the jungle ๐Ÿ˜†

    •  

      mungkin lebih tepatnya Nasionalisme dimana adlah identitas sebuah bangsa dan alat ideologi politik yg paling kuat dan manjur seberapapun para neoliberal percaya dengan hak2 kebebasan individu yg berujng social engineering merubah institusi politik sebuah bangsa menjadi demokrasi demi perkembangan ekonomi kebergantungan dan meminimalisir konflik namun realitanya perbedaan dan munculnya tabrakan budaya malh menjrus ke konflik yg lebih besar.

      Negara kita jga pernah dijadikan bahan percobaan dgn hasil yg variatif

      •  

        Dengan keterbatasan sda dan sdm, Turki melakukan manuver yg terbatas, tujuannya adalah menghilangkan threat yang dihadapi oleh negaranya, dan kemudian diakhiri dengan berada dibawah payung rusky dan melakukan diplomasi isolasi.

        Klo saya rasa memang penembakan jatuh pesawat Su-24 dilakukan secara sengaja oleh turki, setelah itu turki mulai menjadi hubungan dengan rusky, jadi disini bukan erdogan yg jatuh ke tangan puten, melainkan sebaliknya ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜€

  3.  

    SAYA HANYA BERDOA YG MENGGUNAKAN JASA S.400 SEMOGA BISA TAMBAH MAKMUR DAN AMAN ……………Bhahahaaa

  4.  

    Gue heran anu setiap ngobrol sama iwan keliatan masuk akal dan keliatan lebih pinteran…kenapa bisa begitu…apa penyebab hal tersebut bisa terjadi…atau adakah penomena lain nya…???….entah lah…mungkin mereka diciptakan untuk saling berpasangan… ๐Ÿ˜ฎ ๐Ÿ˜ณ ๐Ÿ˜†

    •  

      karena sya dan dia melihat dunia dgn mata kepala yg sudah ditancepin radar AESA ,semntara engkau masih melihat dunia dgn hati yg dgn mudah membutakan mata kepala dan sangat rawan ketika berhadapan dgn sesorang yg sudah membagi hatinya dgn yg lain.

      •  

        Lah itu orang bercerita tentang hati yg terbagi, sperti aming yg msh merahasiakn pria trsebut yg katanya pria trsebut sudah mmiliki istri yg msh diakui keluarganya sehingga hati pria trsebut trbagi
        ๐Ÿ˜†

        aming yg msh merahasiakn pria trsebut, karna blm diakui, jika tdk demikian bisa rusak citaยฒ & tujuan aming, hanya krna mslh perbedaan & mslh lainnya, oleh karna itu msh dirahasiaknnya, sambil menunggu istri sipria & keluarganya tdk ada lg,
        begitu juga sipria yg msh merahasiakn aming lee dr keluarganya & istrinya

        Tapi peristiwa kemarin kasus angel lelga digrebek suaminya brsama warga, tapi entah lh mengenai aming lee jk blm trjadi penggrebekn oleh istri sipria, tapi yaa mudhยฒan aming lee tdk adu speed ama istri sipria
        ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

    •  

      GILE LU DRO………..Bhahahaaa

  5.  

    Eropa sudah menyadari jika S400 emang lebih bagus, bisa menghadang rudal dan pesawat beda dengan thood … ๐Ÿ˜€

 Leave a Reply