Sep 062016
 

BEIJING – Media Korea JoongAng Ilbo menerbitkan beberapa laporan akhir-akhir ini tentang kemajuan kapal induk buatan Cina dan jet tempur siluman.

Melaporkan pada 30 Agustus 2016 bahwa Cina dan Jepang meluncurkan penyebaran dari jet tempur siluman generasi kelima. Jet tempur F-35A yang diproduksi oleh perusahaan AS Lockheed Martin. Angkatan Udara Jepang (JASDF) telah melakukan uji penerbangan yang sukses pada 24 Agustus 2016, Jepang berencana untuk membeli 42 unit jet tempur F-35, yang akan berbasis di pangkalan udara Misawa di Prefecture Aomori.

Sehari sebelum itu (23 Agustus 2016), foto dari pesawat tempur siluman abu-abu terbang melakukan uji terbang dasar di provinsi Sichuan barat daya Cina yang muncul secara online.

Japan F-35A
Pesawat Tempur Generasi Ke-5 F-35A milik Angkatan Udara Jepang

Tidak ada konfirmasi resmi, tapi banyak ahli militer China percaya bahwa jet tempur J-20 siluman yang dikembangkan sendiri oleh China telah menyelesaikan Riset dan Pengembangan serta akan memasuki tahap produksi massal, dengan output kemungkinan dua pesawat tempur per bulan. Pada tingkat ini, China mungkin dapat menyebarkan 36 unit Jet Tempur J-20 awal 2018.

Hal ini melaporkan bahwa F-35 dan J-20 yang keduanya merupakan pesawat tempur generasi kelima paling mutakhir yang memiliki kinerja siluman. Tidak jelas apakah itu kebetulan atau sengaja, Cina dan Jepang hampir mulai penyebaran pesawat tempur tersebut pada waktu yang bersamaan.

ROK berencana untuk membeli F-35 pada 2018 dan Rusia juga akan segera menyebarkan generasi baru pesawat tempur siluman yang dikembangkan sendiri yaitu Sukhoi PAKFA T-50 sekitar waktu itu [2018], membawa Asia Timur Laut ke era baru ketika generasi pesawat tempur siluman akan bersaing untuk dominasi udara.

Rusia Sukhoi T-50 PAK FA
Sukhoi PAKFA T-50 akan mulai memasuki layanan pada tahun 2018

Cina memiliki motivasi terbesar karena dengan menyebarkan J-20 akan membantu mengubah keterbelakangan peralatan Angkatan Udara. Jet Tempur J-20 lebih unggul dari F-35 dalam hal kinerja siluman, manuver, pertempuran udara luar batas visual dan banyak aspek lain, memungkinkan Angkatan Udara PLA untuk mengubah tabel dalam pertempuran melawan JASDF.

Laporan pada 29 Agustus 2016 mengatakan bahwa kapal induk pertama buatan Cina akan dikerahkan ke Laut Cina Selatan dalam kurun waktu tiga tahun. Menurut set foto yang dirilis secara online pada awal Agustus lalu, kapal induk lainnya buatan China sedang diproduksi di Dalian Industri Kapal Co Ltd Pada saat ini, tubuh kapal induk hampir selesai dan sedang menunggu perakitan akhir.

Para analis mengatakan bahwa kapal induk buatan China bisa mulai masuk laut pada akhir tahun ini, tapi mungkin diperlukan waktu dua atau tiga tahun sebelum dapat digunakan untuk pertempuran nyata. Dibandingkan dengan foto satelit yang dirilis tahun lalu, kapal induk China telah berkembang jauh lebih cepat dari yang diharapkan.

China new carrier
Kapal Induk kedua yang sedang dalam pengerjaan di Galangan Kapal Dalian sudah hampir selesai

Sumber yang akrab dengan masalah yang bersikeras tak mau menyebutkan nama mengatakan “berdasarkan rilis foto dan kemampuan teknis China, kita dapat menduga bahwa kapal induk baru yang sedang dikerjakan di Dalian akan memiliki kemampuan tempur setara dengan kapal induk Ratu Elizabeth Inggris”.

Hal ini melaporkan bahwa kapal induk baru Cina sangat mungkin akan dikerahkan di Pangkalan Sanya, provinsi Hainan, China selatan dan operasinya akan fokus pada wilayah Laut Cina Selatan. Ahli militer Korea menyatakan bahwa setelah terbentuknya kapal induk baru China yang muncul di Laut Cina Selatan, itu akan menimbulkan ancaman besar bagi negara-negara sekitarnya.

“Kapal induk China tidak mampu bersaing dengan mitra Amerika, tetapi jika terjadi konflik lokal yang menyebabkan perang antara kedua belah pihak, China akan memiliki pencegahan penuh”.

Menurut laporan itu, AS menganalisis bahwa Cina berencana untuk membangun enam kapal induk pada tahun 2025 termasuk dua yang bertenaga nuklir. Selain itu, munculnya PLA Navy tidak sepenuhnya bergantung pada kapal induk. Ini akan membangun lebih dari 15 kapal besar Angkatan Laut termasuk frigat dan kapal landing setiap tahunnya sejak 2011, kecepatan tinggi memproduksi perlengkapan tempur belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah dunia.

Para pejabat militer Korea Selatan mengatakan “Cina memproduksi kapal secara massal seperti pabrik percetakan saja”. “Ini cukup menakutkan untuk melihat akan menjadi seberapa kuat Angkatan Laut Cina nantinya.”

Sumber: JoongAng Ilbo dan Defense Aerospace

  20 Responses to “Media Korea: China Telah Selesaikan R&D Jet Tempur Siluman J-20”

  1. kereeen

  2. Carin koplak gendeng spt siluman (pertamax) kah.?

  3. lama gk absen 🙂

  4. lama gk absen 🙂

  5. “Cina memproduksi
    kapal secara massal seperti pabrik
    percetakan saja”.

    Begitulah kalau uang berbicara…
    Ada uang abang ku sayang..gak ada uang abang nganggur di ranjang kata si @carin…xixxii

  6. cintailah ploduk2 congkok…hihihihiii

  7. Cina memproduksi kapal secara massal seperti pabrik percetakan saja”. “Ini cukup menakutkan untuk melihat akan menjadi seberapa kuat Angkatan Laut Cina nantinya.”

    hihihi, ane juga takut looo.

    • Beneran bung jumlah tentara, pesawat, kapal perang, rudal cepet bgt produksinya ( tp g tau klo kualitasnya)..

      G kebayang 10 tahun lagi bisa jd superpower geser posisi Amrik.. bisa tambah ancur dunia..

  8. sukanya jg ngeliat ini bentuk J-20, design perkawinan aliran blok timur(bagian belakang) dan barat(bagian depan)

  9. kita itu kendalanya ada banyak loyalitas karya dlm negeri kurang,kurang menghargai kemampuan sendiri, suka yg instan,mudah di suap pejabatnya. terlalu lama kita di nina bobokkan jepang.

  10. china selalu bikin pesawat dg design gado2

  11. Kalo dilihat dr sisi design pesawat siluman china singkek, sulit utk dikatakan lincah dalam hal manuver. Dari sisi body yg di design terlihat bongsor memanjang, sirip depan sebagai tambahan daya angkat krn mungkin berat intrumen radar yg digotong serta berfungsi untuk kestabilan pd saat kecepatan jelajah.

    Dari sisi mesin, blom ada mesin produk china yg memberikan daya dorong tinggi kecuali impor mesin dari Rusia.

    Seperti ciri khas pesawat eropa yg mempunyai sirip canard, ditujukan utk peasawat buru sergap, kelebihannya sangat stabil dikecepatan tinggi namun kelemahannya dr sisi kelincahan berkurang kecuali dilengkapi TVC seperti pesawat SU-30 MKI milik india.
    (cie…cie…cie….sok jd pengamat militer karbitan seperti Carin koplak….xixixixi)

  12. Dilihat Dari Disaign pesawat PAK FA kereeeeenn sangat….. menunjukan pak Fa lebih superior dibanding F22 apalagi sikalkun F35 carino…. wkwkwkwkwkwk

  13. Test..
    koment tapi ilang,.. ngelayap kemana koment saya..

  14. Ternyata pesawat buatan saya sudah mau terbanggggg

  15. Yang dikhawatirkan dengan banyaknya peralatan perang masuk dlm angkatan bersenjata tiongkok tentuny akan segera membutuhkan sumber daya utk mengoperasikannya,, blm lagi kebutuhan sumber daya utk industri2 di tiongkok.. dan Laut cina selatan lah satu2nya yg bs di harapkan dr tiongkok utk memenuhinya.. siap2 lah negara2 asean… sebentar lagi… seebentar lagi…

  16. kita terkesan jalan ditempat,,, ribet.. jatah.. pingin ikut tampil tp g mw kerja… sangat ingin marah aku

 Leave a Reply