Media Rusia Klaim Su-25 Baru Kebal Terhadap MANPADS

16
21
Jet tempur Sukhoi Su-25 Angkatan Udara Rusia. © Mil.ru via wikimedia.org

JakartaGreater.com – Rossiiskaya Gazeta menyebutkan bahwa para Insinyur dari Rusia telah mengembangkan sebuah sistem yang dapat menjamin perlindungan 100 persen terhadap MANPADS berhulu ledak pencari panas seperti Stinger dan Igla, sebagaimana dilansir dari laman Sputnik News.

Sistem baru yang disebut Vitebsk akan dipasangkan pada jet tempur Su-25SM3, yang akan meningkatkan efisiensi tempurnya menjadi tiga kali lebih baik daripada yang bisa ditawarkan oleh jet tempur “workhorse” Su-25.

Sistem tersebut saat ini telah tersedia di semua helikopter tempur Ka-52 dan juga Mi-8 Rusia yang saat ini ditempatkan di Suriah. Vitebsk telah membuktikan keandalannya di bulan Oktober 2016 ketika sebuah helikopter Mi-8 tetap kebal terhadap serangan rudal panggul anti pesawat terbang.

Dengan terintegrasinya sistem Vitebsk, Su-25SM3 akan mampu melakukan dogfights selain tugas utamanya untuk menghancurkan sasaran di darat.

Penggunaan sistem satelit penentuan posisi GLONASS memungkinkan pilot jet Su-25 untuk meningkatkan akurasi serangan hingga 10 meter serta menghancurkan sasaran bahkan dalam kondisi minim visibilitas.

Jet terbaru Su-25SM3 dilaporkan akan mampu membawa rudal yang lebih canggih, termasuk rudal self-homing, dan juga bom pintar.

Dan yang pasti, jet tempur Su-25SM3 baru ini akan memiliki kemampuan terbang pada berbagai tingkat kecepatan, mulai dari hampir 1.000 km/jam maupun di kecepatan 100 km/jam tanpa mengalami stall (mogok/gagal).

16 KOMENTAR